Qontak WhatsApp

Tutorial Broadcast WhatsApp Terkirim ke Semua Kontak

Cara Broadcast WhatsApp ke Semua Kontak!

Begini Cara Mengirim Broadcast di WhatsApp, Dijamin Anti Gagal!

WhatsApp menyedikan beberapa fitur unggulan yang mendukung aktifitas bisnis. Salah satunya adalah broadcast WhatsApp. Fitur ini bisa Anda gunakan untuk menyebarkan pesan masal ke banyak kontak pelanggan sekaligus. Lantas bagaimana cara broadcast WhatsApp ke semua kontak?

Cara broadcast WhatsApp cukup dengan sekali klik, pesan akan otomatis terkirim ke semua kontak pelanggan. Jadi Anda tidak perlu repot lagi mengirimkan pesan ke kontak pelanggan satu per satu.

Yuk, simak ulasan dibawah ini untuk mengetahui bagaimana cara broadcast di whatsapp dengan mudah!

Ingin mengirimkan broadcast ke banyak kontak bersamaan


Apa itu Broadcast WhatsApp?

Broadcast WhatsApp adalah pesan siaran yang dikirimkan ke banyak kontak dalam waktu bersamaan. Anda bisa mengirimkan pesan yang Anda buat ke semua kontak secara otomatis hanya dengan sekali klik.

Namun sebelum itu, Anda perlu membuat daftar siaran. Daftar siaran broadcast WA adalah daftar kontak yang tersimpan dengan tujuan untuk mengirimkan pesan broadcast secara berkala. Daftar siaran memudahkan Anda melakukan broadcast, dimana Anda tidak perlu memilih ulang penerima setiap kali akan mengirim pesan siaran.

Mengirim pesan dengan cara broadcast WhatsApp tentu lebih efektif dibandingkan mengirimkan pesan secara manual atau satu per satu ke kontak pelanggan. Pesan broadcast yang diterima pelanggan akan terlihat sama dengan pesan WhatsApp pada umumnya. Begitu pula balasan pelanggan akan terlihat sama seperti pesan personal pada layar chat Anda.

Pada dasarnya Anda dapat mengirim pesan broadcast melalui WhatsApp biasa maupun WhatsApp API. Apa saja syaratnya? Bagaimana cara mengirim pesan melalui keduanya? simak penjelasannya di bawah ini!


Apa saja Syarat Mengirimkan Pesan Broadcast WhatsApp?

Sayangnya pesan broadcast tidak bisa Anda gunakan sembarangan. Sebab ada beberapa ketentuan yang WhatsApp terapkan untuk mengirimkan broadcast.

Syarat broadcast WhatsApp diatur secara khusus oleh WhatsApp, yaitu:

  • Daftar kontak yang ingin Anda kirim perlu disimpan pada perangkat yang akan digunakan.
  • Pesan broadcast hanya dapat mengirimkan pesan ke 256 kontak dalam sekali klik.
  • Pada dasarnya WhatsApp tidak mengatur berapa banyak jumlah pesan yang Anda kirim, namun mengirimkan banyak pesan broadcast dalam waktu berdekatan berpotensi diblokir.
  • Waktu pesan diterima tidak sama.

Dari persyaratan broadcast WA di atas terdapat risiko yang merugikan pebisnis. Misalnya, mengirim pesan ke banyak pelanggan berisiko akun Anda diblokir. Hal tersebut tidak akan terjadi apabila Anda mengirimkan broadcast menggunakan WhatsApp Business API.

Dengan WA API, Anda dapat mengirim pesan tanpa syarat apapun. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir akan pemblokiran oleh WhatsApp, karena WhatsApp API hanya dapat diperoleh dari mitra resmi WhatsApp API.


Bagaimana Cara Mengirimkan Broadcast di WhatsApp Biasa?

Pesan broadcast bermanfaat untuk menyebarkan pengumuman penting. Pengguna WhatsApp dapat mengirimkan pesan yang sama ke banyak orang dalam sekali klik saja. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot menulis ulang atau meneruskan pesan ke kontak satu persatu.

1. Cara broadcast di WhatsApp melalui Perangkat Androidcara-broadcast-whatsapp-android

Cara broadcast di WA melalui perangkat android adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp dari perangkat Android Anda,
  • Pada laman chat, klik ikon titik tiga yang terletak pada bagian kanan atas,
  • Pilih opsi ‘New Broadcast’ atau ‘Siaran baru’,
  • Setelah itu, Pilih kontak yang ingin dikirimi pesan broadcast maksimal 256 kontak, kemudian klik ikon centang,
  • Tampilan akan dialihkan ke chat room pesan broadcast
  • Buat pesan yang diinginkan, Anda bisa juga mencantumkan foto, video, kontak, maupun lokasi,
  • Terakhir klik tombol send.

2. Cara broadcast di WhatsApp melalui Perangkat iOS

cara-broadcast-whatsapp-iOS

Cara broadcast di WA melalui perangkat iOS adalah sebagai:

  • Buka aplikasi WhatsApp di perangkat iOS,
  • Klik opsi ‘Broadcast Lists’ pada bagian kiri atas pada laman ‘Chats’,
  • Klik ‘New List’ untuk membuat daftar kontak yang ingin dikirimi pesan dan pilih kotak-kotak tersebut,
  • Tampilan akan dialihkan ke chat room baru untuk pesan broadcast,
  • Buat pesan yang diinginkan atau copy paste pesan yang sudah diketik sebelumnya,
  • Klik ikon send, pesan akan dikirim.

3. Cara Edit Daftar Siaran Broadcast WhatsApp?

Setelah Anda berhasil membuat daftar siaran WhatsApp untuk mengirimkan pesan broadcast, mungkin Anda ingin mengubahnya. Hal ini tidaklah sulit, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp Messenger
  2. Klik Daftar siaran
  3. Ketuk ikon “i” di samping daftar yang ingin Anda edit.
  4. Pada layar Info Daftar, Anda dapat:
  • Mengubah nama daftar siaran.
  • Menambah atau menghapus penerima dari daftar dengan mengetuk Edit daftar…

Sementara apabila Anda ingin menghapus daftar siaran, cukup dengan klik “EDIT“, lalu ikon “” di samping daftar siaran yang akan dihapus, terakhir ketuk Hapus. Untuk informasi lebih jelas, buka pusat bantuan WhatsApp.

4. Cara menghapus broadcast WA

Mungkin Anda merasa ada daftar siaran yang sudah tidak akan digunakan. Oleh karena itu, Anda ingin menghapus daftar kontak tersebut. Berikut cara menghapus broadcast WA adalah:

Jika dirasa Anda sudah tidak akan mengirim pesan siaran ke daftar kontak tersebut, Anda dapat menghapus daftar kontak untuk broadcast WhatsApp. Berikut ini caranya:

  • Tekan beberapa detik  daftar WA broadcast yang Anda buat
  • Setelah itu, akan muncul beberapa ikon instruksi di pojok kanan atas
  • Pilih “Delete/Hapus” untuk menghapus daftar siaran Anda

Baca juga: 6 Cara Mudah Mengirimkan Bulk WhatsApp Sender


Apa Kelebihan Broadcast WhatsApp?

Ada beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan dengan mengirimkan broadcast WA adalah sebagai berikut:

– Sarana pemasaran yang efektif

Salah satu jalan untuk meningkatkan penjualan adalah melakukan pemasaran. Namun tidak semua pemasaran berjalan lancar sesuai harapan. Berbeda halnya apabila Anda menggunakan broadcast WA. Dengan mengirimkan pesan promosi massal berisi pengumuman tentang produk baru, diskon, voucher, dan lainnya lebih efektif. Sebab peluang pesan ini dibaca oleh pelanggan lebih besar dibandingkan media pemasaran lain. Terlebih Anda tidak perlu repot mengirimkannya satu per satu.

– Menghemat waktu

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, dengan menggunakan WhatsApp broadcast Anda tidak perlu mengirimkan pesan satu per satu. Cukup dengan sekali klik, pesan akan otomatis terkirim ke banyak kontak. Hal ini tentu dapat menghemat waktu Anda, sehingga bisa dimaksimalkan untuk aktivitas penjualan lainnya yang lebih penting.

– Interaksi langsung dengan pelanggan

Meski pesan yang Anda kirimkan secara masal, namun balasan broadcast yang Anda terima dari pelanggan sama seperti pesan WA pada umumnya. Begitu juga pesan broadcast yang diterima pelanggan sama seperti yang dikirimkan WhatsApp Messenger. Hal ini memudahkan Anda untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan membicarakan kebutuhan mereka.

– Lebih murah dan mudah

Cara untuk membuat pesan broadcast sama dengan pesan WhatsApp Messsenger pada umumnya. Hal ini menandakan bahwa Anda tidak perlu membayar lebih untuk mengirimkan broadcast. Artinya biaya yang dikeluarkan untuk pemasaran melalui broadcast WA lebih murah dibandingkan dengan media pemasaran lainnya, seperti pamflet, media cetak, dan lainnya.


Apa Kekurangan Broadcast di WhatsApp Biasa?

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan cara broadcast WhatsApp biasa? Sebelum itu, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja kekurangan yang dimiliki broadcast WA adalah:

– Terdapat batas kontak

Batasan jumlah penerima WhatsApp broadcast biasa hanya 256 kontak. Hal ini tentu membatasi bisnis untuk menyebar luaskan pesan broadcast ke lebih banyak pelanggan. Artinya bisnis haru membuat segmentasi pasar tertentu saja untuk menerima pesan tersebut.

Meskipun WhatsApp Broadcast hanya komunikasi satu arah, pelanggan menuntut tingkat personalisasi yang lebih besar dari merek. Artinya Anda harus membagi daftar siaran menjadi kelompok yang lebih kecil lagi. Dengan begitu, Anda perlu membuat beberapa daftar siaran

– Nomor Anda harus ada di daftar kontak penerima

Perlu diketahui, bahwasanya Anda memang dapat mengirimkan pesan broadcast ke banyak nomor. Namun, hanya mereka yang menyimpan nomor Anda saja yang dapat menerima pesan broadcast Anda.

Oleh karena itu, sebelum mengirimkan pesan, Anda perlu memastikan terlebih dahulu apakah mereka menyimpan nomor Anda di kontak mereka atau tidak. Jika tidak, maka pesan tidak akan terkirim.

– Pesan tidak dapat dihapus

Poin penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah bahwa tidak seperti mode komunikasi lainnya di WhatsApp, pesan yang dikirim melalui WhatsApp Broadcast tidak dapat dihapus. Jadi Anda harus berhati-hati dengan isi pesan yang akan Anda publikasikan ke daftar siaran.

Kekurangan tersebut tidak akan Anda temui apabila Anda menggunakan broadcast dari WhatsApp API. Justu sebaliknya, Anda akan mendapatkan banyak kelebihan yang menguntungkan. Selain itu, fitur canggih WhatsApp API akan mempermudah aktivitas bisnis Anda.


Sebelum itu.. Apa Perbedaan WhatsApp Bisnis Biasa dengan WhatsApp API?

Sebagian besar orang mungkin sudah mengetahui bahwa WhatsApp memiliki versi khusus untuk bisnis, yaitu WhatsApp for Business. Namun, masih banyak belum mengetahui bahwa terdapat dua versi dalam WhatsApp for Business, yaitu WhatsApp Business biasa dan WhatsApp Business API.

WhatsApp Business biasa dapat diunduh gratis melalui AppStore atau PlayStore. Sementara WhatsApp API hanya dapat diperoleh melalui kerja sama dengan mitra resmi WhatsApp di Indonesia, seperti Mekari Qontak.

Lebih lanjut, kedua jenis WhatsApp bisnis ini memiliki fitur yang berbeda. Anda dapat memeroleh fitur yang ada pada WhatsApp Bisnis biasa di WhatsApp API, tapi tidak sebaliknya. Ini karena WhatsApp Business API memiliki fitur yang lebih luas dan canggih, salah satunya adalah fitur broadcast whatsApp.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah perbedaan WhatsApp Business API dan WhatsApp Business Biasa:

Perbedaan Akun WhatsApp Business API & WhatsApp Business_WhatsApp Verified


Lalu, Bagaimana Cara Mengirim Pesan Broadcast ke Semua Kontak dengan WhatsApp API?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penggunaan cara broadcast melalui WA biasa memiliki banyak keterbatasan, terutama bagi Anda yang menggunakannya untuk kebutuhan bisnis. Lalu, apa solusinya?

Solusi yang tepat untuk memastikan hal-hal yang disebutkan di atas tidak terjadi adalah dengan mempelajari cara melakukan broadcasr WhatsApp menggunakan WA API.

Cara Mengirim Broadcast di WhatsApp API dengan Mudah:

  1. Daftarkan Bisnis Anda ke Mitra Resmi WhatsApp
  2. Lakukan Verifikasi Akun Facebook Business Manager
  3. Daftar Nomor yang Ingin Anda Gunakan
  4. Buat Daftar Kontak yang ingin Anda Broadcast
  5. Buat Template Pesan Broadcast WhatsApp Anda

1. Daftar ke Mitra Resmi WhatsApp Mekari Qontak

WhatsApp API Qontak by Mekari

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah  mendaftarkan bisnis Anda menjadi WA API melalui Business Solution Provider (BSP) resmi WhatsApp.

Pilihlah BSP yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Selain itum Anda juga bisa memilih BSP yang memiliki banyak pengalaman seperti Mekari Qontak. WhatsApp API Mekari Qontak tidak hanya menawarkan fitur broadcast saja, tetapi juga terdapat teknologi  Chabot WA Business yang dapat Anda gunakan untuk otomatisasi layanan pelanggan Anda.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Berkonsultasi Ke Sales Qontak Sekarang!

2. Lakukan Verifikasi Akun Facebook Business Manager

Kemudian, Anda perlu melakukan verifikasi akun bisnis pada Facebook Business Manager. Hal ini bertujuan untuk membuktikan bahwa akun Anda telah memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh pihak WhatsApp.

Sebagai tambahan, Anda juga perlu menyiapkan data sebagai berikut:

  • Nama perusahaan
  • URL website perusahaan
  • E-mail resmi bisnis
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena Tim Mekari Qontak akan membantu Anda dalam proses verifikasi, sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk melakukannya.

3. Daftar Nomor yang Ingin Anda Gunakan

cara-broadcast-whatsapp-available-at-whatsapp-api

Pilih satu nomor telepon yang akan digunakan sebagai kontak bisnis Anda hingga ke depannya. Tambahkan informasi bisnis dengan mengisi alamat, tentang, jam operasional, dan website Anda untuk meningkatkan kredibilitas dan brand image di mata pelanggan.

Anda akan mendapatkan tanda centang hijau apabila nomor bisnis berhasil terverifikasi. Selain itu, prospek atau pelanggan yang belum menyimpan nomor Anda juga bisa melihat nama bisnis Anda dengan centang hijau pada kolom chat WhatsApp.

4. Buat Daftar Kontak yang ingin Anda Broadcast

cara-broadcast-whatsapp-contacts

Pada tahapan membuat kontak siaran ini, Anda sudah masuk ke sistem chat panel Qontak.com. Pada opsi ‘Lists’, Anda bisa unggah daftar nomor yang ingin Anda kirim lalu klik ‘save’. Daftar nomor tersebut bisa Anda unggah dalam format CSV atau Excel.

5. Buat Template Pesan Broadcast WhatsApp Anda

cara-broadcast-whatsapp-template

Selanjutnya buka ‘Create WhatsApp Templates’, buat format pesan broadcast WhatsApp Anda minimal sehari sebelum waktu pengiriman. Pihak WhatsApp akan memeriksa terlebih dahulu apakah isi pesan telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Perlu Anda diketahui bahwa isi pesan broadcast tidak boleh mengandung unsur jualan secara terbuka.

Setelah mendapat persetujuan dari WhatsApp, Anda bisa mengirim pesan broadcast ke semua kontak dengan klik ‘New Broadcast Message‘, lalu pilih ‘Kampanye’. Kemudian isi nama kampanye, kontak penerima, dan daftar format template pesan Anda. Setelah itu pesan broadcast bisa terkirim dengan klik tombol ‘submit’. Mudah bukan?

Tonton video YouTube di bawah ini untuk mempelajari lebih banyak tentang cara broadcast WhatsApp Business API:

Baca Juga: Aplikasi Broadcast WhatsApp: 7 Cara Kirim WA ke Banyak Nomor


Apa Manfaat Mengirim Pesan Broadcast melalui WhatsApp API?

Manfaat yang akan Anda dapatkan mengirimkan broadcast melalui WhatsApp API adalah sebagai berikut:

– Tidak Membatasi Jumlah Kontak

Anda dapat mengirimkan pesan broadcast ke semua pelanggan. Mereka akan tetap menerima pesan tersebut sebagai pesan WA biasa meski tidak menyimpan nomor Anda.

– Personalisasi Pesan

Pesan broadcast WA Business bersifat dinamis. Dimana Anda dapat mengatur pesan tersebut lebih personal seperti dengan menyebut nama pelanggan. Proses ini dapat dilakukan secara otomatis tanpa Anda perlu mencantumkan nama satu per satu. Hal ini akan meninggalkan kesan akrab bagi pelanggan.

– Report

Semua pesan yang Anda kirim dengan WhatsApp Business API dapat dilihat laporannya seperti jumlah pesan yang terkirim maupun tidak, hingga pesan tersebut apakah telah dibaca atau belum dibaca.

– Pesan Diterima secara Real-time

Pesan yang dikirim dengan cara broadcast WhatsApp akan diterima pelanggan secara real-time. Hal ini membuat informasi yang disampaikan terkini yang membantu pelanggan mengetahui perkembangan bisnis Anda.

– Memudahkan Aktivitas Marketing

Bot WhatsApp Business terkoneksi dengan tools marketing lainnya yang sangat membantu Anda meningkatkan penjualan Produk. Selain itu, Anda juga tidak perlu berpindah aplikasi untuk melakukan proses pemasaran.

– Anda Dapat Menyebarkan Pengumuman Menarik

Bot WhatsApp memiliki kemampuan mengirimkan pesan broadcast ke semua kontak pelanggan. Kemampuan ini dapat dimanfaatkan untuk membuat pengumuman menarik seperti promosi, pengenalan produk baru, maupun info dan tips yang menarik untuk pelanggan bertransaksi dengan bisnis Anda.

– Mempersingkat Waktu

Metode ini mampu mengirimkan pesan ke banyak nomor hanya dengan 1 kali pengiriman. Hal ini hanya memakan waktu kurang dari satu menit, artinya lebih efektif dibandingkan menggunakan metode penyebaran informasi lainnya

– Lebih Dekat dengan Pelanggan

Bukan hanya mampu menyebarkan informasi saja, pesan broadcast juga bisa digunakan untuk terus berinteraksi dengan pelanggan yang membalas pesan tersebut. Tidak hanya itu, Anda juga bisa lebih dekat dengan pelanggan jika semakin sering berinteraksi dengan mereka.

– Mudah dan Murah

Pesan yang dikirim Bot WhatsApp akan muncul pada notifikasi di aplikasi pelanggan layaknya pesan pada umumnya. Dengan begitu, mereka dapat dengan mudah mengetahui pesan tersebut dan membacanya. Cara ini lebih hemat dibanding menggunakan iklan, pamflet atau lainnya.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Baca juga: Inilah 5 Kelebihan WhatsApp Business dan Kekurangannya

Pelajari Cara Broadcast di WhatsApp dan Raih Lebih Banyak Pelanggan Sekarang!

Logo Mekari Qontak

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat dua cara broadcast WhatsApp yang dapat Anda gunakan, yakni melalui WhatsApp biasa dan WhatsApp Business API. Sayangnya broadcast di WhatsApp biasa memiliki beberapa kekuranga yang bahkan berisiko merugikan bisnis jika tidak mematuhuinya. Sementara cara broadcast WhatsApp melalui WhatsApp Business API lebih aman dan memiliki banyak manfaat tambahan bagi bisnis Anda.

Namun, WhatsApp API hanya dapat Anda peroleh dari Official Business Partner of WhatsApp API di Indonesia seperti Mekari Qontak. Semua proses akan dibantu sepenuhnya oleh tim Mekari Qontak, sehingga Anda tidak perlu khawatir!

Selain itu, WhatsApp API Mekari Qontak juga dapat diintegrasikan dengan omnichannel dan sistem bisnis lainnya. Anda juga akan memiliki satu dashboard yang menampilkan seluruh analisis dan touch point pelanggan. Dengan demikian, Anda dapat memiliki kemudahan bisnis dalam satu platform terpadu.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk menangani layanan dan hubungan pelanggan mereka. Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Hubungi Mekari Qontak sekarang dengan mengisi form coba gratis dibawah ini:


Frequently Asked Question tentang Cara Broadcast WhatsApp

Apakah membutuhkan API untuk fitur broadcast ini?
    • Cara broadcast WA yang lebih menguntungkan bagi bisnis adalah dengan menggunakan WhatsApp API. Mekari Qontak akan membantu proses pendaftaran dan juga upgrade akun Anda, sehingga Anda tidak perlu repot melakukannya.
Apa perbedaan antara WhatsApp Business dan WhatsApp API?
    • Tidak ada API di WhatsApp Business biasa, oleh karena itu Anda tidak dapat mengintegrasikan WhatsApp API Anda dengan sistem lain atau melakukan otomatisasi apa pun di dalam WhatsApp Business. Sedangkan pada WhatsApp API, Anda dapat mengintegrasikannya dan memiliki sistem broadcast yang lebih baik.
Dapatkah saya melakukan upgrade dari WhatsApp Business saya ke WhatsApp Business API?
    • Ya, Anda dapat melakukan upgrade WhatsApp Business ke WhatsApp Business API dengan menggunakan nomor yang sudah Anda punya.
Bisakah saya melakukan broadcast promosi dengan WhatsApp API?
    • Anda hanya diizinkan untuk memberikan info promosi / kampanye ketika diminta oleh pelanggan.

You may also like

By