Qontak WhatsApp

Cara Memastikan Anggota Tim Nyaman dan Puas di Tempat Kerja

Employees' Wellbeing

Kenyamanan dan kebahagiaan di tempat kerja merupakan hal yang seharusnya menjadi prioritas utama setiap perusahaan dan bisnis dengan banyak karyawannya. Salah satu penelitian yang diadakan oleh Departemen Bisnis, Inovasi dan Skills yang berasal dari Inggris di tahun 2014 menunjukkan adanya korelasi secara langsung antara kesejahteraan karyawan dengan performa kerjanya. Meski begitu, pada faktanya, di tempat kerja yang senantiasa saling berhubungan dengan dunia digital, sedikit sulit untuk memastikan kenyamanan dan kesejahteraan karyawan menjadi prioritas perusahaan.

Pada dasarnya, kesejahteraan karyawan yang terjamin merupakan kunci adanya kesejahteraan customer yang juga diprioritaskan. Karenanya, lakukanlah hal-hal berikut:

  1. Anda perlu menginisiasi hal ini jika Anda belum mengutamakannya. Lakukan kerjasama antara para pemilik perusahaan, para anggota manajemen, dan setiap anggota tim untuk mengusahakan terjadinya kesejahteraan bersama bagi semua karyawan ini.

Prakarsai program di mana para anggota tim dapat saling berinteraksi, berbagi satu sama lain dan saling mengenal satu sama lain untuk dapat merasa nyaman menjadi bagian dari perusahaan. Pastikan semua anggota tim dari level terendah sampai tertinggi sama-sama ikut ambil bagian dan mendapatkan keuntungan dari berbagai program tersebut.

  1. Motivasi setiap anggota tim Anda untuk dapat mengambil inisiatif untuk memastikan kesejahteraan dirinya secara personal terlebih dahulu

Setelah merasa nyaman, dorong setiap anggota tim untuk tidak ragu ambil bagian dalam program demi mengusahakan kesejahteraan dirinya sendiri. Perusahaan dengan jumlah tim yang tidak sedikit seringkali sulit memastikan adanya pemerataan pemenuhan kebutuhan bagi setiap anggota tim. Karenanya, jika dari awal sudah ditekankan akan pentingnya kesejahteraan masing-masing individu, mereka tidak ragu untuk memperjuangkan hal tersebut dengan pendekatan yang positif.

Employees' Wellbeing
Sumber Gambar: sheillaomalley.ie
  1. Para manajer harus secara konsisten memberikan izin dan bahkan aktif mengingatkan setiap anggota tim untuk beristirahat dan melepaskan diri sejenak dari berbagai peralatan elektronik

Selain itu, mereka yang ditempatkan di level manajer haruslah memiliki kepedulian terhadap kondisi kesehatan dan kebahagiaan anggota timnya. Para manajer juga harus proaktif membangun hubungan dengan anggota timnya sehingga ada keterbukaan dan perasaan nyaman serta didukung dari pimpinan tim terhadap anggota timnya.

  1. Memimpinlah dengan tindakan nyata

Para pemimpin yang ada pada level manajer haruslah merupakan orang-orang yang sanggup memberikan contoh nyata dari berbagai tindakan yang dilakukannya dan aktif terlibat dalam program yang diprakarsai perusahaan demi kepentingan karyawannya. Dengan demikian, anggota tim dapat melihat sendiri manfaat dari hal ini dan tidak ragu untuk ambil bagian juga.

Employees' Wellbeing
Sumber Gambar: employeebenefits.co.uk

Ada begitu banyak jenis kegiatan yang dapat membuat karyawan merasa ada di rumah sendiri serta merasa kesehatan dirinya secara mental dan fisik dijamin oleh perusahaan. Beberapa ide yang dapat dicoba adalah mengadakan kelas yoga bersama, meditasi, program makan sehat bersama dan sesi saling berbagi untuk dapat merasa ada di tengah-tengah keluarga sendiri.

Setiap perusahaan sebenarnya sudah tahu apa yang harus dilakukan untuk memastikan kesejahteraan karyawan tetap jadi prioritas, yang perlu dikerjakan sekarang adalah memastikan hal tersebut terwujud. Selamat mencoba!

You may also like

By