Qontak WhatsApp

8 Cara Membuat Analisis Kompetitor Bisnis

Panduan Lengkap Cara Membuat Analisis Kompetitor yang Wajib Anda Ketahui!

Persaingan merupakan hal yang sudah tidak asing lagi di dunia bisnis. Agar mampu bersaing, Anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan pesaing Anda. Ini dapat Anda lakukan dengan mengetahui cara membuat analisis kompetitor yang tepat.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya, simak pembahasan tentang cara membuat analisis kompetitor bisnis di bawah ini!

8 cara membuat analisis kompetitor:

    1. Mengidentifikasi pesaing Anda
    2. Melakukan analisis SWOT pesaing
    3. Memeriksa situs web dan pengalaman pelanggan pesaing Anda
    4. Menentukan posisi pasar pesaing Anda
    5. Melihat harga dan penawaran yang diberikan oleh pesaing
    6. Meninjau review dan media sosial pesaing
    7. Mempelajari teknologi yang digunakan oleh pesaing Anda
    8. Menggunakan alat dan metode tertentu

Panduan Lengkap Cara Membuat Analisis Kompetitor

Apa Itu Analisis Kompetitor?

Pengertian analisis kompetitor adalah strategi yang melibatkan penelitian terkait pesaing. Adapun tujuan analisis kompetitor ialah mendapatkan wawasan tentang produk, penjualan, dan taktik pemasaran pesaing bisnis Anda.

Selain itu, ini juga dapat membantu Anda mengidentifikasi pemain pasar utama, menentukan strategi apa yang mereka gunakan untuk mencapai keberhasilan, dan mengidentifikasi sumber daya yang dapat digunakan oleh bisnis Anda untuk mendominasi pasar.

Lebih lanjut, analisis kompetitor dapat membantu Anda untuk membuat strategi bisnis yang lebih kuat dan mendapatkan pangsa pasar yang sesuai.

Apa Manfaat Analisis Kompetitor?

Analisis kompetitor sangat penting untuk memahami bagaimana cara memasuki pasar yang sedang tumbuh, bergejolak, namun semakin kompetitif.

Selain itu, analisis kompetitor juga memiliki beberapa manfaat lainnya yang menjadikannya penting untuk bisnis.

Berikut adalah beberapa manfaat analisis kompetitor:

  • Menemukan celah pasar dan peluang untuk memperbaikinya.
  • Menemukan potensi risiko dan kelemahan dalam strategi pemasaran Anda.
  • Mengidentifikasi harapan konsumen, yang ditetapkan oleh orang lain.
  • Memperkirakan hambatan untuk masuk ke pasar yang ditargetkan.
  • Memberitahukan posisi pasar Anda dalam hal proposisi nilai dan pembeda.

Bagaimana Cara Membuat Analisis Kompetitor?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tujuan dari analisis kompetitor adalah untuk memberikan Anda wawasan yang dapat digunakan untuk pengembangan produk dan keputusan pemasaran bisnis Anda.

Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang analisis kompetitor, berikut ini adalah cara membuat analisis kompetitor:

1. Mengidentifikasi pesaing Anda

Mengidentifikasi pesaing Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat analisis kompetitor adalah mengidentifikasi siapa pesaing Anda.

Dalam hal ini, Anda dapat membagi pesaing Anda ke dalam 3 (tiga) kategori, yaitu persaingan langsung, persaingan tidak langsung, dan kompetitor pengganti.

Persaingan langsung adalah kompetitor utama yang harus Anda analisis untuk mengevaluasi kelayakan produk dan memperkirakan hambatan masuk.

Sementara persaingan tidak langsung adalah penjual online yang menawarkan produk yang berbeda dalam beberapa hal, tetapi dapat memenuhi permintaan pelanggan yang sama. Anda dapat menganalisis mereka untuk mengevaluasi ide produk dan pasar baru.

Adapun kompetitor pengganti ialah bisnis dengan potensi yang dapat mengganti produk Anda dengan sesuatu yang sangat berbeda. Misalnya seperti Uber, Gojek, dan Grab yang menggantikan taksi standar atau Airbnb yang mengikis  pasar hotel.

Baca Juga: 5 Cara Membangun Brand Equity Bisnis yang Baik

2. Melakukan analisis SWOT pesaing

cara membuat analisis kompetitor_Melakukan analisis SWOT pesaing

Analisis SWOT merupakan salah satu cara terbaik untuk memvisualisasikan bagaimana Anda dapat menghadapi pesaing bisnis Anda.

Dalam hal ini, Anda dapat menganalisis perspektif kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki oleh pesaing Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan analisis SWOT untuk menganalisis perspektif bisnis Anda sendiri.

Dengan mengetahui seluruh perspektif tersebut, Anda dapat membuat perencanaan pemasaran dan penjualan yang lebih spesifik serta efektif untuk bisnis Anda.

3. Memeriksa situs web dan pengalaman pelanggan pesaing Anda

Memeriksa situs web dan pengalaman pelanggan pesaing Anda

Pengalaman dan perjalanan pelanggan merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan suatu bisnis. Menurut sebuah studi, 59% konsumen AS akan memilih untuk meninggalkan merek setelah beberapa pengalaman buruk dan 17% hanya akan mentolerir dengan satu teguran.

Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa dan menganalisis situs web serta pengalaman pelanggan pesaing Anda. Sehingga Anda dapat menjadikannya peluang untuk menutup celah pada roadmap desain situs web dan perencanaan penjualan Anda.

4. Menentukan posisi pasar pesaing Anda

cara membuat analisis kompetitor_Menentukan posisi pasar pesaing Anda

Cara membuat analisis kompetitor berikutnya adalah dengan menentukan posisi pasar pesaing Anda, apakah mereka adalah pesaing langsung atau tidak langsung.

Hal ini dapat membantu Anda untuk mengetahui proposisi nilai unik mereka dan bagaimana Anda dapat memanfaatkan posisi tersebut untuk meningkatkan bisnis Anda.

5. Melihat harga dan penawaran yang diberikan oleh pesaing

Melihat harga dan penawaran yang diberikan oleh pesaing

Pemetaan persepsi dapat membantu Anda mengidentifikasi bagaimana pesaing yang berbeda memberi harga pada produk mereka, dan bagaimana Anda dapat menyesuaikan diri.

Informasi ini akan memberikan Anda beberapa angka dasar tentang seberapa banyak orang bersedia membayar untuk berbagai jenis barang dari merek yang berbeda.

Selain mengetahui harga dan penawaran, Anda juga perlu mengetahui faktor objektif lainnya, seperti kualitas atau jangkauan fitur yang dapat memengaruhi sensitivitas harga yang ingin dibayar oleh konsumen.

6. Meninjau review dan media sosial pesaing

cara membuat analisis kompetitor_ Meninjau review dan media sosial pesaing

Melalui media sosial, Anda dapat mengetahui voice of customer (VOC) yang dapat Anda manfaatkan untuk pengembangan produk dan penentuan posisi merek.

Dalam hal ini, Anda dapat menganalisis bagaimana pesaing Anda merespons permintaan dukungan, menanggapi pertanyaan produk, serta desain dan pola yang mereka lakukan di media sosial.

Selain itu, Anda juga dapat menjelajahi topik dan tagar untuk mengevaluasi keseluruhan informasi yang ingin Anda dapatkan.

Baca Juga: Customer Engagement: Definisi, Strategi, & Contohnya

7. Mempelajari teknologi yang digunakan oleh pesaing Anda

Mempelajari teknologi yang digunakan oleh pesaing Anda

Teknologi merupakan salah satu aset nyata yang perlu dimiliki oleh bisnis mana pun. Namun ini bukan hanya tentang seberapa canggih teknologi yang dimiliki oleh pesaing Anda, tetapi juga tentang bagaimana itu digunakan.

Anda perlu mencari tahu tentang bagaimana mereka dapat mengonfigurasi dan memperluas teknologi tersebut untuk menciptakan pengalaman merek yang unik.

8. Menggunakan alat dan metode tertentu

Cara membuat analisis kompetitor_Menggunakan alat dan metode tertentu

Apakah cara membuat analisis kompetitor di atas terlihat cukup merepotkan? Jika iya, Anda dapat menggunakan bantuan alat atau metode tertentu yang dapat membantu Anda menganalisis kompetitor Anda.

Misalnya seperti menggunakan template analisis SWOT, kerangka kerja Resource-Based View (RBV), template pemetaan persepsi, atau analisis lima kekuatan porter.

Contoh Analisis Kompetitor yang Perlu Anda Ketahui!

Untuk membantu Anda memahami cara membuat analisis kompetitor, Anda dapat melihat tabel analisis kompetitor berikut ini.

Contoh tabel analisis kompetitor

Sumber: Venngage

Dari contoh analisis kompetitor itu Anda dapat mengetahui kelebihan produk yang ditawarkan oleh pesaing, harga, kekurangan, serta kelebihan produk merek bisnis Anda. Lebih lanjut, Anda dapat menyesuaikan tabel analisis kompetitor sesuai dengan kebutuhan Anda.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Pahami Cara Membuat Analisis Kompetitor dan Tingkatkan Bisnis Anda!Qontak.com

Analisis kompetitor merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pesaing. Di mana nantinya Anda dapat memanfaatkan informasi dan pengetahuan yang diperoleh untuk membuat strategi marketing dan penjualan yang seefektif mungkin.

Untuk melakukan analisis kompetitor, Anda perlu melakukan beberapa cara membuat analisis kompetitor yang sudah dijelaskan di atas.

Selain membuat analisis kompetitor, Anda juga dapat menggunakan aplikasi CRM omnichannel terbaik untuk mengevaluasi variabel SWOT bisnis Anda, serta mengatur pemasaran dan penjualan Anda dalam satu platform terpadu.

Qontak by Mekari menyediakan aplikasi CRM omnichannel terbaik di Indonesia, untuk membantu Anda meningkatkan bisnis Anda. Sementara itu, Qontak by Mekari telah dipercaya lebih dari 1000+ perusahaan terkemuka untuk membantu mengelola hubungan bisnisnya secara efisien dan efektif.

Jadi tunggu apa lagi? Coba gratis aplikasi CRM selama 14 hari dari Qontak by Mekari atau konsultasikan kebutuhan bisnis Anda bersama tim support Qontak by Mekari.

Hubungi Qontak by Mekari sekarang atau dengan mengisi form coba gratis dibawah ini:

0 comments

By