Qontak WhatsApp

10 Cara Membuat Email Marketing untuk Pemula

10 Cara Membuat Email Marketing

Panduan Lengkap Cara Membuat Email Marketing untuk Bisnis!

Email marketing masih menjadi strategi pemasaran yang efektif saat ini, karena berhasil menarik pelanggan 40 kali dari sosial media. Tidak hanya menarik, pelanggan yang melakukan pemesanan 17 persen atau tiga kali lebih tinggi dibandingkan media sosial. Fakta tersebut membuat email marketing masih diminati banyak bisnis.

Artikel ini akan membahas alasan apa yang membuat email marketing masih banyak digunakan oleh bisnis modern. Kami juga memberikan panduan untuk Anda cara membuat email marketing yang efektif menghasilkan penjualan. Semuanya dapat Anda temukan dalam artikel dibawah ini.

10 Cara membuat email marketing yang efektif sebagai berikut:

  1. Pilihlah penyedia layanan Email Blast
  2. Kumpulkan kontak atau alamat email prospek dan pelanggan
  3. Siapkan template email marketing
  4. Tulis Email Marketing Anda Lebih Personal
  5. Buatlah isi email marketing Keep it Short and Sweet
  6. Masukkan sentuhan kisah personal di antara barisan kata-kata email
  7. Beri perhatian khusus pada baris subjek
  8. Review sebelum dikirimkan
  9. Pilih waktu tepat untuk mengirimkan email
  10. Evaluasi

Apa itu Email Marketing?

Email marketing adalah strategi pemasaran digital yang menawarkan produk melalui pesan email. Strategi ini termasuk salah satu cara efektif untuk meningkatkan penjualan bisnis.

Ada beberapa jenis email marketing yang disesuaikan dengan tujuannya. Sebab selain untuk penjualan, email marketing juga berfungsi untuk membangun loyalitas pelanggan. Salah satu caranya dengan mengirimkan pesan khusus berisi ucapan selamat ulang tahun atau memberikan reward spesial.


Kenapa Email Marketing Penting?

Email marketing tetap menjadi pilihan bisnis dalam strategi pemasaran. Hal ini dikarenakan email marketing teruji mampu menarik lebih banyak pelanggan dibanding metode lainnya.

Selain hal itu, berikut beberapa alasan membuat email marketing penting digunakan bisnis dalam aktivitas promosinya:

  • Menghemat biaya pemasaran
  • Memiliki jangkauan target pasar yang lebih luas karena tidak terbatas lokasi
  • Peluang target untuk membaca email marketing yang Anda kirim cukup besar, karena hampir setiap hari orang mengecek email
  • Lebih efektif dibandingkan media sosial
  • Dapat dipersonalisasi sesuai kebutuhan pelanggan
  • Mudah diakses dari perangkat berbeda

Bagaimana Cara Membuat Email Marketing yang Menarik Pelanggan?

Email marketing merupakan salah satu cara untuk menarik pelanggan. Kehadiran email marketing dapat meningkatkan konversi penjualan yang signifikan. Meski terkesan kuno, strategi pemasaran ini ternyata masih ampuh mendatangkan pelanggan untuk bisnis.

Berikut cara membuat email marketing untuk menarik pelanggan:

1. Pilihlah penyedia layanan Email BlastPilihlah penyedia layanan Email Blast terbaik-membuat email marketing

Anda akan kerepotan jika harus mengirimkan email marketing ke satu persatu kontak pelanggan Anda. Selain repot, hal ini juga akan memakan banyak waktu. Solusi paling tepat adalah dengan memanfaatkan blast.

Namun untuk bisa blast email marketing, Anda harus memilih penyedia layanan tersebut seperti Qontak.com. Blast Qontak.com memungkinkan Anda untuk mengirimkan email marketing yang dipersonalisasi sesuai kebutuhan Anda. Selain itu juga masih banyak fitur yang ditawarkan Qontak.com untuk menyukseskan strategi pemasaran Anda. Pelajari selengkapnya disini.

2. Kumpulkan kontak atau alamat email prospek dan pelanggan

data pelanggan-membuat email marketing

Hal terpenting dari email marketing adalah Anda harus memiliki kontak pelanggan. Kumpulkan kontak pelanggan melalui berbagai saluran bisnis Anda seperti website, media sosial, webinar atau lainnya. Simpan kontak tersebut dalam satu database yang akan memudahkan Anda untuk mengirim email.

Qontak.com menawarkan aplikasi CRM Omnichannel yang mampu menyimpan seluruh data pelanggan dalam satu saluran secara otomatis. Aplikasi CRM Qontak.com juga terintegrasi dengan aplikasi lainnya (media sosial, WhatsApp, telepon, Email dan banyak lagi). Anda biasa langsung mengimport dokumen data pelanggan dari aplikasi CRM untuk blast email marketing tanpa berpindah aplikasi.

3. Siapkan template email marketing

tamplates -membuat email marketing

Anda tidak perlu menulis ulang setiap kali akan mengirimkan email marketing. Caranya Anda cukup membuat template yang bisa digunakan berulang. Saat memilih template, cari tata letak yang bersih, menarik dan akan menyampaikan pesan Anda dengan cepat.

Sesuaikan template dengan warna atau logo merek Anda, sekaligus untuk membangun brand awareness. Setelah Anda selesai membuat template, buatlah salinan email Anda dan simpan sebagai template yang akan digunakan kembali.

4. Tulis Email Marketing Anda Lebih Personaltips-membuat-marketing-email-no-promotion

Cara membuat email marketing lebih personal adalah dengan menggunakan kata ganti orang yang tepat. Pastikan nada email Anda menggunakan nada atau cara bicara yang seolah Anda langsung bercakap-cakap dengan si penerima email. Dengan demikian, orang yang menerima email Anda dapat merasakan adanya perlakuan spesial yang diberikan bagi mereka.

Dalam membuat email personal, yang terpenting masih tetap mencantumkan nama asli Anda sebagai penulis email lengkap dengan wajah Anda pada id email Anda. Dengan demikian, orang yang menerima email Anda pun dapat perlahan namun pasti mengenal siapa Anda, dan jika email pertama yang mencantumkan nama Anda saja sudah memberikan mereka banyak manfaat, maka email selanjutnya pun akan dengan mudah dan sukarela mereka buka dan baca.

5. Buatlah isi email marketing Keep it Short and Sweetfollow up-cara membuat email marketing

Istilah yang biasa disingkat KISS menuntut Anda untuk membuat email marketing yang langsung pada intinya seolah Anda sedang menulis untuk sahabat dekat Anda. Anda tidak akan bertele-tele dan akan langsung pada intinya jika Anda mengalamatkan email tersebut ke teman Anda. Segera beritahukan tujuan dari email ini dan persingkat penggunaan kalimat agar menjadi lebih jelas dan menghemat waktu orang yang membacanya.

6. Masukkan sentuhan kisah personal di antara barisan kata-kata emailTestimoni-Strategi membuat Email Marketing

Anda dapat membagikan kisah Anda pribadi sehubungan dengan apapun itu yang Anda tawarkan dalam email Anda. Bagaimana kesuksesan atau kesulitan yang Anda alami dan solusi apa yang Anda praktekkan dan temukan untuk masalah yang Anda alami dapat menjadi kisah yang menarik dan membuat orang yang menerima email Anda dapat merasa lebih dekat dengan brand Anda.

7. Beri perhatian khusus pada baris subjekSupject line-tips-membuat-email marketing

Subjek email merupakan satu baris teks terpenting menarik perhatian pelanggan. Sebab subjek adalah bagian yang pertama dilihat bahkan saat membuka pesan Anda. Maka dari itu, Anda harus memberikan kesan yang baik dan orang tertarik untuk membuka Email Anda. Buatlah baris subjek Anda pendek dan tajam maksimal 40 karakter seperti kalimat yang berupa pertanyaan, beri tenggat waktu yang mendesak atau hanya pesan menggoda.

8. Review sebelum dikirimkanInovatioan-Strategi membuat Email Marketing

Bagian terpenting lainnya membuat email marketing adalah melakukan peninjauan. Baca seluruh isi email yang Anda buat, pastikan juga tidak ada kalimat atau perkataan yang salah. Sebab jika ada ejaan yang salah dapat mencoreng atau menurunkan kredibilitas bisnis Anda.

9. Pilih waktu tepat untuk mengirimkan emailmemilih waktu yang tepat

Setelah yakin dengan email yang Anda buat, tentukan waktu terbaik. Setiap pelanggan memiliki waktu terbaik kapan membuka email mereka. Misalnya jika Anda ingin mengirimkan buletin, waktu terbaik adalah tanggal satu setiap bulan. Tujuan pemilihan waktu agar email Anda hadir tepat saat pelanggan membutuhkannya.

10. EvaluasiEvaluasi

Setelah email dikirim, bukan berarti tugas Anda selesai. Langkah selanjutnya, Anda perlu melacak tingkat keberhasilan email marketing Anda. Hal ini sangat penting untuk mengidentifikasi strategi pemasaran Anda berhasil atau tidak. Jika Anda nilai tidak berhasil, Anda bisa langsung memperbaiki strategi pemasaran. Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan konversi penjualan.

Baca juga: 10 Aplikasi Pemasaran Produk Gratis Terbaik, No. 1 Wajib! dan 10 Aplikasi Marketing Terbaik, No. 1 Wajib Dimiliki!


Tingkatkan Keberhasilan Email Marketing Anda Sekarang!

omnichannel-crm-qontak

Email marketing merupakan salah satu cara efektif untuk menarik pelanggan. Dimana hal ini tentu menguntungkan bisnis karena meningkatkan pendapatan. Untuk membuat email marketing Anda berhasil, Anda perlu melakukan berbagai strategi. Salah satu cara membuat email marketing berhasil adalah dengan bekerja sama dengan penyedia email blast terbaik.

Qontak.com merupakan aplikasi CRM Omnichannel terbaik di Indonesia yang menyediakan email blast. Aplikasi CRM Qontak.com memudahkan Anda untukmembuat email marketing kebanyak kontak sekaligus (blast). Selain itu, aplikasi CRM Qontak.com juga didukung fitur canggih yang membantu Anda mengelola strategi pemasaran keseluruhan.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form coba gratis dibawah ini:

You may also like

By