Qontak WhatsApp

Cara Membuat Katalog Bisnis di WA

Cara Membuat Katalog Bisnis di WA

Seiring berkembangnya waktu, WhatsApp bukan hanya sebagai media komunikasi dua individu. Tapi juga sebagai media bisnis untuk berjualan. Hal ini didukung fitur WhatsApp Business yang memungkinkan pebisnis untuk melengkapi profil WA mereka dengan katalog.

Katalog ini akan menampilkan produk-produk berikut detail keterangannya. Hal ini memudahkan pelanggan untuk mengenali produk Anda tanpa menanyakan ke tim CS atau Sales terlebih dahulu. Oleh karena itu, banyak bisnis membuat dan menambahkan katalog di aplikasi WhatsApp mereka.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk membuat katalog di WA. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan selengkapnya pada artikel dibawah ini.

Image-CTA-Chatbot-AI-cara membuat katalog di WA

Cara Membuat Katalog yang Menarik

Seperti dijelaskan sebelumnya, katalog adalah cara bisnis mengenalkan produk atau jasa yang mereka jual. Katalog tersebut biasanya berisi gambar lengkap dengan informasi yang mempermudah pelanggan berinteraksi dengan bisnis Anda.

Sebagai salah satu media komunikasi dengan pelanggan, Anda juga bisa membuat katalog di akun WhatsApp Business Anda. Namun sebelum itu, tentu Anda harus membuat katalog produk yang bisa menarik perhatian pelanggan. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

– Buat Foto semenarik mungkin

Salah satu bagian yang paling penting pada katalog adalah foto. Dimana foto ini memberikan gambaran pelanggan jelas terkait produk Anda. Oleh karena itu, Anda harus membuat foto produk Anda terlihat menarik. Bisa dimulai dengan kualitas gambar yang bersih dan jelas.

Kalau bisa siapkan sesi foto khusus untuk produk yang Anda tawarkan. Anda juga bisa menyewa jasa profesional foto studio agar produk Anda terlihat lebih menggoda dibandingkan foto hasil jepretan smartphone.

Jangan lupa untuk foto dari berbagai sudut produk Anda agar terlihat lebih jelas. Perhatikan pula faktor pencahayaan agar produk terlihat lebih natural.

– Permudah pelanggan untuk mengenali produk Anda

Selain kualitas foto, Anda juga harus pintar dalam memilih foto yang akan ditampilkan pada katalog. Setelah itu, sisipkan keterangan produk detail dan mudah dipahami oleh pelanggan. Jangan lupa kategorikan foto-foto tersebut sesuai jenisnya untuk mempermudah pelanggan menemukan produk yang mereka cari.

Misalnya Anda menjual produk kosmetik. Coba kategorikan foto produk Anda sesuai dengan Skin Care, Make Up, Hair Treatment dan lainnya. Dengan mengkategorikan produk Anda, dapat menghemat waktu pencarian yang dilakukan oleh para pelanggan.

– Memudahkan Proses Pembelian

Tujuan utama pembuatan katalog adalah untuk mempermudah pelanggan melakukan pembelian. Namun sebelum itu, Anda perlu meletakkan katalog tersebut pada media yang mudah diakses oleh pelanggan. Salah satunya adalah WhatsApp.

Aplikasi WhatsApp Bisnis memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk menambahkan katalog di profil akun WA Anda. Cobalah untuk memanfaatkan fitur tersebut untuk memfasilitasi pelanggan Anda menemukan produk yang mereka inginkan.

– Rutin Memperbarui katalog

Hal yang tak kalah penting adalah Anda harus secara rutin memperbarui foto produk Anda, terutama saat ada produk baru. Selain itu, apabila ada produk yang sold out segera dihapus agar tidak menimbulkan kesalahpahaman dengan pelanggan.

Apabila Anda rutin memperbarui katalog, pelanggan akan melihat bahwa Anda aktif dan serius menjalankan bisnis. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan kredibilitas bisnis Anda.

Baca juga: Cara Membuat WhatsApp Bisnis, Cukup 5 Menit!

Cara Membuat Katalog di WA

Pada penjelasan sebelumnya telah disebutkan bahwa katalog produk dapat Anda tambahkan di WhatsApp. Tujuannya agar mempermudah pelanggan mengenali produk Anda melalui profil akun WhatsApp bisnis Anda.

Ada beberapa cara untuk membuat katalog di WA seperti berikut ini:

1. Cara menambahkan katalog di WA

Katalog di profil akun WhatsApp Business

Anda bisa menambahkan foto produk dan keterangannya untuk katalog di profil akun WhatsApp Anda. Berikut cara menambahkan katalog di WA:

  • Buka aplikasi WhatsApp Business
  • Klik “Pengaturan”
  • Pilih “Fitur Bisnis” kemudian klik “Katalog”
  • Klik ikon tanda “tambah baru” atau “Tambah item baru”
  • Lalu tekan “Tambah Gambar”
  • Klik “Pilih Foto” untuk mengunggah gambar dari galeri maksimal 10 foto
  • Tuliskan keterangan produk seperti nama, harga, deskripsi, tautan situs web, dan kode untuk produk atau layanan yang diunggah.
  • Klik Simpan

2. Cara menyembunyikan item katalog

Setelah Anda menambahkan katalog, mungkin dalam perjalannya Anda ingin menyembunyikan beberapa item produk disana. Misalnya saat produk sold out atau masih menunggu restock. Maka dari itu, Anda perlu menyembunyikan item tersebut pada katalog WhatsApp.

  • Buka aplikasi WhatsApp Business
  • Klik “Pengaturan”
  • Pilih “Fitur Bisnis” kemudian klik “Katalog”
  • Klik item produk atau layanan yang ingin disembunyikan
  • Pilih “Lainnya”, kemudian klik “Edit”
  • Nyalakan Sembunyikan item ini
  • Klik “Simpan”

Alternatif cara menyembunyikan item katalog lainnya bisa dengan gesek ke kiri item tersebut di Manajer Katalog. Lalu ketuk Sembunyikan > Sembunyikan.

Item yang disembunyikan akan tetap ditampilkan dalam manajer katalog dengan ikon di atas gambar item tersebut. Jika membuka halaman detail produk, Anda juga akan melihat catatan yang menyatakan bahwa Anda telah menyembunyikan item ini.

3. Cara menampilkan kembali item katalog yang disembunyikan

Ada tiba waktunya Anda ingin menampilkan kembali item katalog yang disembunyikan sebelumnya. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp Business
  • Klik “Pengaturan”
  • Pilih “Fitur Bisnis” kemudian klik “Katalog”
  • Pilih produk atau layanan yang ingin Anda tampilkan kembali Lainnya > Edit.
  • Matikan Sembunyikan item
  • Klik Simpan.

Alternatif lainnya, gesek ke kiri item tersebut di Manajer Katalog. Lalu pilih Tampilkan dan klik Tampilkan.

4. Cara menghapus produk atau layanan dari katalog Anda

Apakah Anda ingin menghapus produk tertentu dari katalog WA? Jika iya, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp Business
  • Klik “Pengaturan”
  • Pilih “Fitur Bisnis” kemudian klik “Katalog”
  • Gesek ke kiri produk atau layanan yang ingin Anda hapus
  • Kemudian pilih Hapus dan klik Hapus.

Alternatif lainnya, pilih gambar produk atau layanan yang ingin Anda hapus. Kemudian ketuk Edit > Hapus > Hapus.

5. Cara Membuat Katalog dengan Chatbot di WA

cara membuat katalog di-WhatsApp-Chatbot

Selain ditampilkan di profil akun WhatsApp Anda, katalog produk pada halaman percakapan pelanggan. Hal ini tentu lebih mudah untuk pelanggan, sebab mereka tidak perlu membuka laman profil akun WhatsApp Anda. Selain itu, mereka juga bisa langsung melakukan pemesanan tanpa berpindah halaman.

Agar katalog muncul dihalaman percakapan pelanggan, Anda perlu menggunakan chatbot. Robot virtual ini akan secara otomatis menampilkan katalog produk Anda sesuai trigger atau kata kunci tertentu yang dimasukkan oleh pelanggan. Setelah itu, pelanggan bisa melakukan percakapan jual beli dengan chatbot layaknya seorang sales.

Namun sebelum itu, Anda perlu meningkatkan WhatsApp Business Anda menjadi WhatsApp API. Selanjutnya Anda bisa mengatur fitur chatbot untuk menampilkan katalog produk. Berikut penjelasan selengkapnya cara membuat katalog dengan Chatbot di WA adalah:

  • Daftar ke mitra resmi WhatsApp Business API seperti Mekari Qontak
  • Ajukan verifikasi Facebook Business Manager
  • Login ke chat panel Mekari Qontak
  • Buat alur percakapan yang akan menampilkan katalog produk
  • Submit alur percakapan
  • Lakukan uji coba apakah chatbot memberikan jawaban seperti yang Anda buat
  • Setelah berhasil, gunakan untuk membalas permintaan pelanggan

Baca juga: Cara Mudah Membuat WhatsApp Chatbot

Buat Katalog Produk di WhatsApp Sekarang!

Chatbot-Mekari Qontak

Ulasan diatas menyebutkan bahwa katalog membantu pelanggan untuk mengenali produk yang Anda jual. Hal ini dapat menghemat waktu pelanggan. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat katalog produk di WA.

Salah satu cara yang memudahkan pelanggan adalah dengan menggunakan Chatbot. Dimana dengan chatbot, pelanggan tidak perlu membuka profil akun WhatsApp Anda untuk melihat katalog produk yang Anda jual.

Sementara itu, untuk membuat chatbot, Anda harus menggunakan WhatsApp Business API. Hal ini bisa Anda peroleh dari mitra resmi WhatsApp seperti Mekari Qontak. Selanjutnya, Mekari Qontak akan membantu Anda melakukan verifikasi Facebook Business Manager.

Selain itu, Mekari Qontak juga akan membantu Anda untuk membuat alur percakapan Chatbot hingga menampilkan katalog produk. Anda juga dapat menikmati fitur WhatsApp Business API lainnya untuk mendukung interaksi Anda dengan pelanggan di WA.

Mekari Qontak juga telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan terkemuka di Indonesia untuk mengembangkan usahannya. Bahkan Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau COBA GRATIS dengan mengisi form di bawah ini:

You may also like

0 comments

By