Qontak WhatsApp

Cara Membuat Pesan Balas Cepat WhatsApp, Dijamin Berhasil!

Cara Membuat Pesan Balas Cepat WhatsApp

Aplikasi chatting populer WhatsApp kini telah mengeluarkan fitur quick reply WhatsApp yang dapat digunakan oleh pengguna WhatsApp Bisnis untuk membalas pesan pelanggannya secara cepat dan mudah. Namun, bagaimana cara membuat pesan balas cepat WhatsApp ini?

Untuk mengetahuinya, yuk simak pembahasan tentang cara membuat WhatsApp balas cepat di artikel berikut ini!

Image CTA for Cara Membuat Pesan Balas Cepat WhatsApp


Apa Itu WhatsApp Quick Replies?

WhatsApp Quick Replies adalah fitur WhatsApp Bisnis yang memungkinkan penggunanya untuk membalas pesan masuk dari kontak dengan pesan yang disimpan.

Dengan demikian, pelaku bisnis dapat membalas pesan pelanggan mereka secepat mungkin dan tidak membuat pelanggan menunggu lama untuk mendapatkan respons.

Akan tetapi, fitur WhatsApp Quick Reply ini tidak tersedia untuk pengguna aplikasi WhatsApp biasa, karena ini ditujukan untuk pengguna WhatsApp Bisnis baik dalam sistem Android maupun iOS.


Bagaimana Cara Membuat Pesan Balas Cepat WhatsApp?

Sebelum mengetahui cara membuat pesan balas cepat WhatsApp, Anda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa akun WhatsApp yang Anda miliki adalah WA bisnis dan bukan WA biasa.

Sementara itu, fitur balas cepat WhatsApp ini dapat mencakup pesan media, seperti gambar dan video. Namun, jumlah maksimum pesan balas cepat yang dapat disimpan oleh satu akun WhatsApp Bisnis adalah 50 pesan.

Adapun cara membuat pesan balasan cepat di WhatsApp dapat dilakukan dengan dua cara yang berbeda, yakni melalui Quick Replies atau Default Replies.

Cara Membuat Quick Reply WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp Bisnis yang ada pada perangkat Anda
  2. Pilih menu ‘Opsi Lainnya’ atau titik tiga > Fitur Bisnis > Balas Cepat > Tambah
  3. Ketuk ‘Pesan’ untuk membuat pesan balas cepat yang Anda inginkan
  4. Lalu lanjutkan dengan memilih ‘Pintasan’ untuk menyetel pintasan keyboard yang akan digunakan untuk melakukan quick reply WhatsApp
  5. Ketuk ‘Simpan

Jika sudah, maka Anda dapat mencobanya dengan membalas chat yang masuk dengan pintasan keyboard yang telah Anda pilih. Apabila pesan berhasil muncul ketika Anda memilih pintasan, maka Anda telah sukses membuat WhatsApp quick reply.

Sebagai informasi, fitur ini tidak mendukung file media apabila Anda menggunakan WhatsApp Web atau Desktop.

Cara Membuat Default Replies WhatsApp

Dalam penerapannya,  Default Replies WhatsApp sedikit berbeda dengan cara membuat pesan balas cepat WhatsApp sebelumnya yang dapat dilakukan dengan membuat pesan sesuai yang diinginkan.

Anda dapat mengirimkan pesan balas cepat berdasarkan informasi di profil bisnis, seperti jam kerja, alamat, atau bahkan profil Anda sendiri, untuk mempermudah komunikasi dengan pelanggan.

Berikut adalah cara membuat balas cepat default di WhatsApp:

  1. Buka chat yang ingin di balas
  2. Ketuk ‘Pesan’ dan ketik  “/“, atau Anda juga dapat mengetuk ‘Lampirkan’ dan pilih ‘Balas Cepat

Namun demikian, Anda perlu memastikan bahwa setiap bagian profil bisnis Anda sudah terisi dengan baik agar dapat menghasilkan default replies yang dapat Anda gunakan.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Multichat WhatsApp!


Aplikasikan Cara Membuat Pesan Balas Cepat WhatsApp pada Akun WA Bisnis Anda Sekarang!

WhatsApp API Qontak by Mekari

Itu dia dua cara membuat pesan balas cepat WhatsApp yang dapat Anda coba pada akun WhatsApp Bisnis Anda. Selain menggunakan cara di atas, Anda juga dapat membuat pesan balas otomatis secara mudah dengan WhatsApp API yang diperoleh melalui Business Solution Partner resmi seperti Mekari Qontak.

WhatsApp API memiliki fitur auto reply yang dilengkapi dengan chat template. Sehingga dapat digunakan untuk menjawab pesan masuk yang disesuaikan dengan pertanyaan pelanggan secara otomatis.

Mekari Qontak tidak hanya menyediakan WhatsApp API resmi, tetapi juga berbagai solusi all-in-one penunjang bisnis seperti CRM dan Omnichannel yang telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, coba demo WhatsApp API Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL sekarang!

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau dengan mengisi form coba gratis di bawah ini:

0 comments

By