Qontak WhatsApp

Cara Memotivasi Produktivitas dalam Tim

team productivity

Meski terlihat sepele dan lebih diperuntukkan bagi pribadi lepas pribadi, namun produktivitas anggota tim Anda merupakan sesuatu yang bisa dibentuk dengan adanya perasaan bahagia dan terkoneksi masing-masing individu dengan sekitarnya atau lingkungan kerjanya. Menurut penelitian dari University of Warwick, kebahagiaan berpotensi menaikkan produktivitas hingga 12%. Sayangnya, hingga kini hanya terdapat sekitar 13% pegawai yang sungguh-sungguh terkoneksi dengan lingkungan kerjanya, dan hal tersebut tidak ada kaitannya dengan gaji yang ditambah.

Lalu bagaimana sebaiknya Anda menambah kebahagiaan anggota tim afar lebih produktif?

1. Bekerjalah secara lebih cepat dan akurat
Salah satu kunci produktivitas seseorang ada pada kecepatan dan efektivitasnya dalam bekerja. Untuk memfasilitasi anggota tim Anda dengan hal ini, pastikan Anda menjadi sumber jawaban tepat yang dapat diakses dengan cepat. Pastikan Anda menjadi contoh produktivitas yang Anda harapkan dimiliki oleh anggota tim Anda.

2. Utamakan kolaborasi dan inovasi
Agar anggota tim semakin terinspirasi untuk menjadi lebih produktif, sediakanlah sebuah struktur untuk mengadakan diskusi dan aktivitas bagi keseluruhan organisasi, terutama dalam platform mobile. Ciptakan grup untuk berkomunikasi, untuk event yang tengah direncanakan atau kampanye yang akan dijalankan, atau untuk ide-ide baru. Di dalam grup ini, semua data sharing dapat dilakukan dan semua informasi dapat diakses.

team productivity
Sumber Gambar: blog.lynkos.com

3. Simpan data-data secara rapi dan agar mudah ditemukan
Pastikan pula anggota tim Anda mengetahui ke mana mereka harus mengakses semua hal ini dan apakah mereka tahu harus membuka file yang mana untuk keperluan yang mana.

4. Berikan anggota tim Anda akses untuk memperoleh update dari mana saja dan jika memungkinkan dari satu pintu.
Jika iklim tim Anda adalah iklim kolaborasi, maka sudah sewajarnya semua anggota tim memperoleh update secara merata dan dengan informasi yang akurat serta seragam.

5. Perbaikilah support HR atau human resources bagi anggota tim Anda
Perlakukan anggota tim Anda sebaik Anda memperlakukan orang-orang yang menjadi customer Anda. Pastikan semua anggota tim merasa dihargai dan didukung oleh perusahaan, dan dengan cara inilah mereka dapat merasa bahagia untuk menjadi lebih produktif sejak hari pertama bergabung dengan tim Anda.

team productivity
Sumber Gambar: acclux.com

6. Secara reguler, lakukan update mengenai pencapaian tim
Pastikan Anda mengapresiasi mereka yang sudah bekerja keras dan dorong mereka untuk berinteraksi dengan melakukan hal yang sama, yaitu mengapresiasi rekannya.

Di atas segalanya, berikanlah kepercayaan yang dibutuhkan anggota tim untuk merasa percaya diri sehingga terpacu untuk menjadi lebih efektif dan produktif lagi.

You may also like

By