Qontak WhatsApp

11 Cara Menaikkan Engagement Rate Instagram

Cara Menaikkan Engagement Rate Instagram

Begini Cara Menaikkan Engagement Rate Instagram yang Perlu Anda KetahuI!

Bagi influencer dan merek bisnis, engagement rate merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan. Namun tak jarang interaksi di Instagram mengalami penurunan. Oleh karena itu, sangat penting bagi influencer dan bisnis untuk mempelajari bagaimana cara menaikkan engagement rate Instagram yang tepat untuk profil mereka.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah pembahasan tentang cara menaikkan engagement rate Instagram yang dapat Anda pelajari!

Panduan Lengkap Tentang Cara Menaikkan Engagement Rate Instagram

Apa Itu Engagement Rate Instagram?

Engagement rate adalah ukuran kuantitatif terkait bagaimana pengguna Instagram berinteraksi dengan konten di profil Anda. Dalam hal ini, engagement mencakup jumlah followers, like, komentar, dan share.

Secara umum engagement rate Instagram dihitung berdasarkan jumlah suka dan komentar yang Anda terima dalam setiap postingan, kemudian dibagi dengan jumlah pengikut yang Anda miliki.

Sederhananya, engagement rate digunakan untuk mengetahui seberapa sering pengikut Anda berinteraksi dengan konten Anda.

Bagaimana Cara Menghitung Engagement Rate Instagram?

Cara menghitung engagement rate Instagram sebenarnya tidak jauh dari jumlah pengikut, like, komentar, dan share yang berkaitan dengan konten dan profil Anda.

Namun dalam penerapannya terdapat dua perdebatan di antara para marketer tentang cara terbaik untuk menghitung tingkat keterlibatan Instagram Anda. Ini karena industri yang berbeda akan mendefinisikan kesuksesan dengan cara yang berbeda pula.

Berikut adalah 2 (dua) rumus engagement rate Instagram yang perlu Anda ketahui.

– Rumus Engagement Rate Instagram Influencer

Rumus Engagement Rate Instagram Influencer

Biasanya, sponsor akan melihat influencer di Instagram berdasarkan jumlah likes dan followers mereka. Oleh karena itu, Anda membutuhkan kedua hal tersebut untuk menghitung engagement rate Instagram influencer.

Di sisi lain, rumus ini juga bisa Anda gunakan untuk menghitung berapa engagement rate yang dimiliki oleh pesaing Anda.

– Rumus Engagement Rate Instagram Brand

Rumus Engagement Rate Instagram Brand

Berbeda dengan rumus engagement rate sebelumnya, rumus ini umumnya ditujukan untuk menghitung tingkat keterlibatan Instagram sebuah brand.

Rumus ini bertujuan untuk mempertimbangkan jumlah orang yang telah melihat konten daripada jumlah total pengikut. Sehingga cocok digunakan untuk menghitung engagement rate Instagram bisnis atau brand.

Sementara itu, sebuah brand atau bisnis umumnya akan mengonversi lebih banyak prospek melalui eksposur terlebih dahulu dibandingkan dengan jumlah pengikut.

Ketika konten pemasaran atau iklan mereka dilihat (impressions), maka engagement rate akan naik, terutama jika mereka mengikuti iklan tersebut ke profil Instagram dan kemudian memutuskan untuk mengikuti profil tersebut.

Namun perlu diingat bahwa sebelum melihat impressions, Anda harus memastikan bahwa profil Instagram Anda adalah Instagram Bisnis untuk melihat jumlah impressions di profil Anda.

Bagaimana Cara Menaikkan Engagement Rate Instagram yang Bagus?

Apakah Anda sudah menghitung engagement rate Instagram Anda? Jika iya, bagaimana hasilnya? Apakah itu memuaskan?

Jika hasil engagement rate Instagram Anda kurang memuaskan, Anda tidak perlu khawatir. Karena kini saat yang tepat untuk Anda mengetahui bagaimana cara menaikkan engagement rate Instagram yang bagus.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa cara meningkatkan engagement rate Instagram yang perlu Anda ketahui!

1. Pertahankan Branding yang Konsisten

Cara menaikkan engagement rate Instagram yang pertama adalah dengan mempertahankan branding yang konsisten.

Anda dapat melakukan berbagai tindakan untuk membuat branding Anda tetap konsisten. Misalnya seperti menggunakan nama pengguna yang sama dengan nama pengguna media sosial Anda yang lainnya.

Ini akan membantu audiens Anda untuk menemukan akun-akun media sosial Anda dengan mudah. Apabila nama yang sama tidak tersedia, maka Anda dapat menggunakan nama yang mirip.

Selain itu, Anda juga harus memerhatikan konten yang diunggah. Usahakan untuk mengunggah konten yang selaras atau memiliki tema yang sama. Sehingga ini akan membuat audiens Anda merasa senang melihat postingan Anda.

Hal ini juga didukung oleh penelitian WebDam, di mana 60% brand dengan performa terbaik di Instagram menggunakan filter yang sama dalam setiap postingan mereka.

2. Pahami Audiens Anda

Cara yang kedua adalah dengan memahami audiens Anda. Anda tidak dapat membuat konten yang tepat tanpa mengetahui target Audiens Anda.

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan persona Instagram untuk membuat konten yang tepat dan meningkat engagement rate bisnis Anda.

Persona Instagram sebenarnya tidak jauh berbeda dengan buyer persona yang mengharuskan Anda mengetahui kehidupan pelanggan Anda, bedanya Anda diminta untuk melihat kehidupan Instagram audiens Anda.

Mengetahui siapa pengikut Anda akan membantu Anda untuk mengetahui konten seperti apa yang mereka inginkan.

Selain itu, Anda juga dapat memantau statistik audiens Anda dan memperbarui persona yang Anda miliki dengan data tersebut.

3. Memposting Secara Teratur

Setelah mengetahui siapa target audiens Anda, kini saatnya Anda menyuguhkan mereka dengan konten yang menarik secara teratur.

Dalam hal ini, jumlah postingan Anda dalam sehari akan bergantung pada strategi pemasaran Anda. Namun, rata-rata brand akan memposting sbenayak 1,5x dalam sehari.

Akan tetapi angka ini tidak dapat menjadi acuan untuk bisnis dan merek Anda. Alih-alih mengikuti rata-rata yang dilakukan oleh kebanyakan brand, Anda bisa mencoba bertanya kepada audiens kapan waktu yang tepat bagi Anda memposting konten brand Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mengetahui waktu terbaik untuk memposting melalui Insight Instagram yang dapat membantu Anda.

4. Membuat Caption  yang Lebih Menarik

Salah satu hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan saat memposting sebuah konten ialah caption yang menarik.

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan tone brand yang Anda kembangkan agar terdengar konsisten dan diingat oleh target audiens Anda. Ini bisa menjadi teks singkat yang ringan atau serius sekalipun.

Selain itu, Anda juga dapat membuat teks yang lebih panjang, dengan menceritakan dan turut melibatkan followers Anda dapat perjalanan tersebut.

Lebih lanjut, Anda juga bisa menggunakan hashtag atau tagar untuk mencapai jangkauan audiens yang lebih luas. Target tersebut bisa berisikan campuran dari beberapa kata kunci populer dan spesifik yang sesuai dengan konten dan brand Anda.

5. Terlibat Dengan Followers Anda

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan setelah memposting konten adalah terlibat dengan pengikut Anda.

Anda bisa terlibat dengan pengikut Anda dengan cara membalas setiap komentar yang dibuat oleh mereka. Selain itu, Anda juga bisa mengajukan pertanyaan atau menjawab pertanyaan yang mereka berikan kepada Anda.

Di sisi lain, Anda dapat menyelenggarakan sesi tanya jawab di Instagram story secara teratur, di mana mereka dapat mengajukan pertanyaan atau menjawab pertanyaan Anda di Instagram story mereka.

Lebih lanjut, Anda juga dapat me-repost postingan yang mereka tandai ke akun Anda. Ini akan membantu meningkatkan keterlibatan followers Anda dengan merek atau bisnis Anda.

6. Terlibat dengan Akun Serupa

Akun serupa di sini mengarah kepada akun yang juga memiliki jumlah pengikut yang cukup besar. Dalam hal ini, Anda dapat bekerja sama dengan influencer di industri yang sama untuk meningkatkan engagement rate Instagram Anda.

Cara ini umumnya juga disebut dengan istilah influencer marketing, atau bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikan dan meningkatkan brand awareness merek Anda.

Selain bekerja sama dengan influencer, Anda juga bisa melakukan kerja sama dengan pihak-pihak lainnya. Misalnya seperti membuat kolaborasi dengan merek lain yang dapat meningkatkan jangkauan audiens Anda.

7. Buat Konten Campuran

Konten campuran yang dimaksud ialah konten yang dibuat dalam berbagai bentuk. Saat ini Instagram tidak hanya memiliki fitur posting foto dan video saja, melainkan terdapat Instagram Stories, Instagram TV atau IGTV, dan Instagram Reels.

Anda perlu memanfaatkan kelima hal tersebut untuk membuat konten yang maksimal, yang dapat menaikkan engagement rate Instagram Anda.

8. membuat Konten Topikal

Konten topikal merupakan konten yang dibuat berdasarkan topik hangat yang tengah dibahas oleh banyak orang. Misalnya seperti hari Valentine, mendekati Valentine, Anda dapat membuat konten yang berhubungan dengan kasih sayang.

Selain itu, Anda juga bisa mengikuti tren-tren yang sedang diminati banyak orang, seperti konten membuat kopi dalgona, atau konten yang berkaitan dengan film atau drama yang sedang populer.

9. Tingkatkan Postingan Anda

Menampilkan postingan Anda hanya di depan followers bukanlah cara yang efektif untuk menaikkan engagement rate Instagram Anda. Untuk itu, Anda harus menampilkan postingan Anda di depan lebih banyak orang. Tetapi, bagaimana caranya?

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan Adalah menggunakan iklan Instagram atau postingan yang dipromosikan. Ini bisa menjadi cara strategis untuk menampilkan profil Anda di depan orang yang tepat.

10. Menggunakan CTA

Call-to-action (CTA) merupakan ajakan bertindak yang dapat Anda buat dalam teks, gambar, tagar, atau tautan yang menarik audiens Anda.

Ajakan bertindak yang menarik dapat memicu aktivitas, likes, tanggapan, atau berbagi jika dilakukan dengan tepat. Untuk itu, Anda harus membuat CTA dengan hati-hati dan memikirkan posisi audiens Anda.

11. Menganalisis Statistik Profil Anda

Melacak kemajuan proses yang Anda lakukan adalah salah satu hal penting harus Anda perhatikan dan perlu menjadi fokus Anda.

Menganalisis statistik profil Instagram Anda dapat membantu Anda mengetahui apa yang menjadi kekurangan dan kelebihan profil Anda selama ini.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan hasil statistik untuk melakukan perubahan yang dapat menaikkan engagement rate Instagram bisnis Anda.

Pahami Cara Menaikkan Engagement Rate Instagram dan Terapkan Pada Akun Anda!

Qontak.com

Sebagai seorang influencer atau pemilik merek bisnis, engagement rate Instagram merupakan salah satu hal penting yang patut diperhatikan. Mengingat saat ini Instagram menjadi salah satu platform media sosial yang tak lepas dari kehidupan banyak orang.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda, baik brand atau influencer, untuk mengetahui bagaimana cara menaikkan engagement rate Instagram yang tepat untuk akun Anda.

Namun, banyaknya followers atau audiens mungkin akan menjadi tantangan tersendiri bagi Anda untuk terlibat dan berinteraksi langsung dengan mereka. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan Instagram API yang berfungsi untuk mengotomatiskan workflow yang ada di akun Instagram Anda.

Salah satu partner resmi Instagram di Indonesia yang dapat membantu Anda memperoleh Instagram API adalah Qontak.com.

Qontak.com tidak hanya menyediakan Instagram API, tetapi juga dapat membantu pemilik bisnis untuk memperoleh dan menggabungkan WhatsApp Business API pada Instagram bisnis Anda agar kinerja bisnis Anda semakin optimal.

Selain itu, Qontak.com juga hadir sebagai penyedia Omnichannel dan CRM terbaik di Indonesia dengan harga terjangkau di kelasnya.

Coba aplikasi Omnichannel Qontak.com selama 14 hari atau konsultasikan dulu secara gratis dengan mengisi form dibawah ini:

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form coba gratis dibawah ini:

0 comments

By