Qontak WhatsApp

Toko Online! Ini 4 Tips Menghadirkan Customer Baru

toko online

Mengapa Perlu Membangun Toko Online?

Membangun toko fisik dapat menjadi aktivitas yang rumit dan berlapis-lapis dengan banyak tahapan. Mulai dari mendesain tampilan depan toko, memasukkan produk yang dijual, hingga mendesain logo dan identitas toko untuk menarik orang yang lalu lalang, semua harus dilakukan. Itu lah mengapa banyak bermunculan toko-toko online yang jauh lebih mudah dibangun.

Toko fisik memiliki sifat penjualan yang menunggu, menunggu adanya customer melangkah masuk sekalipun toko berada di tempat yang ramai sekalipun. Karenanya, banyak toko yang sudah memiliki keberadaan fisik yang bisa didatangi customer memikirkan ulang strategi mendatangkan customer secara online. Saat toko online sudah di-setting, lantas bagaimana cara membuat para penjelajah dunia maya “mampir” ke toko online? Berikut beberapa tipsnya!

4 Tips Menghadirkan Customer Baru ke Toko Online Anda

toko online

1. Pilihlah marketplace

Untuk bisnis yang tergolong bisnis kecil, marketplace adalah tempat yang tepat untuk memasarkan produk dan menjaring audiens yang loyal. Situs-situs seperti Amazon, Lazada, Tokopedia, Bukalapak dan lainnya memungkinkan pemilik bisnis kecil membuka toko online dan berjualan produk secara langsung di sana. Di mana pencarian sesuai kata kunci produk yang dimasukkan dapat membantu penemuan toko online Anda secara lebih efektif.

Kini, marketplace semacam ini bahkan memungkinkan Anda mendesain sendiri seperti apa interface toko Anda saat muncul di layar calon customer. Anda bahkan dapat memanfaatkan platform macam Shopify untuk membuat sendiri kupon penjualan yang menarik customer.

2. Dengan memanfaatkan jasa influencer

Siapa, sih yang tidak kenal istilah influencer? Influencer sebagai sosok yang memiliki banyak pengikut di dunia media sosial karena kepopuleran atau suatu industri yang mereka wakili menjadi media promosi yang baru bagi pemilik bisnis yang relevan. Dengan memanfaatkan jumlah followers loyal dan sangat terinspirasi dari influencers ini, Anda dapat dengan mudah memasukkan iklan tanpa terkesan terlalu berjualan. Secara bawah sadar Anda menarik para followers setia ini untuk membeli produk yang seakan digunakan oleh idolanya.

Tidak hanya dalam bentuk foto mati, video kini juga menjadi media promosi populer di media sosial seperti YouTube. Review produk Anda dapat dilakukan secara lebih lama, mendetail dan menyeluruh. Anda pun dapat membangun konten cerita yang menarik seputar produk Anda, mengundang follower atau khalayak luas untuk menonton video berisikan produk Anda.

toko online

3. Pastikan tampilan toko online Anda profesional

Kebanyakan orang di manapun mereka berada dan apa saja latar belakangnya pasti akan menyukai atau secara psikologis memilih sesuatu yang tampak profesional. Hal ini pun berlaku dalam dunia maya. Jika situs tempat Anda berjualan tampak amatir, tidak jarang orang hanya mampir sejenak dan tidak yakin untuk melakukan transaksi.

Karena itu, memotret produk secara profesional dengan kualitas baik yang mewakili kualitas produk di dunia nyata sangatlah penting untuk meyakinkan customer potensial. Tidak hanya foto produk, alamat dan verifikasi yang menunjukkan keaslian dan keberadaan bisnis Anda juga harus jelas di dalam situs, berikut dengan kebijakan pengembalian barang. Anda juga dapat memasukkan pertanyaan-pertanyaan yang biasa ditanyakan customer berikut dengan jawabannya yang tergabung dalam FAQ.

4. Adakan kontes

Ingin toko Anda cepat diketahui keberadaannya? Anda dapat mengadakan kontes di media sosial yang dapat mempercepat dikenalnya bisnis Anda dalam hitungan hari. Pastikan kontes Anda menjanjikan hadiah menarik. Bentuklah peraturan kontes yang jelas serta memudahkan Anda untuk melakukan tracking jumlah peserta dan kesesuaian peserta dengan ketentuan. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan hashtag pada Instagram atau Twitter.

Tujuan dari pengadaan kontes seperti ini adalah adanya rasa penasaran mengenai bisnis dan brand produk Anda. Karenanya, sertakan visual pada kontes Anda yang memperjelas dan mewakili brand Anda.

Gunakan Aplikasi Pendukung Toko Online Anda!

newsjacking

Jika Anda merupakan pemilik bisnis online, Anda tentu mengharapkan adanya kehadiran customer yang loyal dan pasti melakukan transaksi, serta trafik situs yang tinggi. Dengan konsisten melakukan tips-tips di atas dan terus menyesuaikan bisnis Anda dengan tren, Anda akan tetap menjaga loyalitas customer. Jangan lupa untuk selalu menghadirkan produk-produk berkualitas dan konten menarik agar terus mengundang customer baru dan mengembangkan bisnis online Anda.

Selain itu, Anda perlu mempertimbangkan penggunaan aplikasi yang dapat mendukung toko online atau online shop Anda. Pesatnya penambahan jumlah toko online berpengaruh pada munculnya aplikasi-aplikasi baru yang khusus diciptakan untuk bisnis online. Aplikasi tersebut hadir dengan fitur yang berbeda-beda sehingga agak sulit untuk memilih aplikasi mana dan aplikasi apa saja yang sesuai dengan kebutuhan.

Diantara banyaknya jenis aplikasi untuk toko online, aplikasi CRM termasuk dalam aplikasi dengan fitur lengkap yang sangat dibutuhkan dalam bisnis online. Sistem CRM pada toko online akan memberikan banyak keuntungan jika digunakan dengan maksimal. Anda dapat memulai dengan aplikasi CRM Qontak.com yang dapat terintegrasi dengan sistem internal atau aplikasi pendukung bisnis seperti WhatsApp API yang dilengkapi dengan fitur WhatsApp blast untuk memaksimalkan penjualan Anda.

Hubungi tim Qontak.com untuk konsultasi atau coba GRATIS aplikasi CRM untuk kegiatan bisnis online Anda sekarang juga!

 

You may also like

By