Qontak WhatsApp

Pengertian dan Cara Menghitung Market Share

Cara-Menghitung-Market-Share-yang-Wajib-Bisnis-Ketahui

Pernahkan Anda mendengar istilah market share? Jika iya, pasti Anda tahu bahwa pangsa pasar atau market share merupakan salah satu indikator keberhasilan dalam persaingan bisnis. Di mana semakin besar Angka market share, maka bisa dikatakan bisnis Anda lebih mendominasi dibanding yang lain. Lalu bagaimana cara menghitung market share?

Cara menghitung market share juga tergolong mudah. Anda bisa mengetahui selengkapnya dengan membaca artikel di bawah ini!

Berikut adalah cara menghitung market share:

  1. Tentukan kapan periode waktu yang akan dianalisis
  2. Hitung total pendapatan perusahaan
  3. Cari total market sales
  4. Bagi total pendapatan bisnis Anda dengan total market sales

mau coa aplikasi crm terbaik


Apa itu Market Share?

Market share adalah indikator yang digunakan untuk mengukur seberapa besar bisnis Anda mendominasi pangsa pasar tertentu. Hal tersebut dapat diketahui dengan membandingkannya dengan ukuran pasar.

Cara menghitung market share bisa dengan membagi jumlah penjualan bisnis Anda dengan total penjualan industri dalam periode yang sama. Hasil tersebut dapat digunakan sebagai ukuran perusahaan Anda menguasai pasar. Semakin besar nilai Anda maka bisa dipastikan Anda lebih unggul daripada kompetitor.

Market share bisa menandakan bahwa bisnis Anda unggul dibandingkan kompetitor. Contohnya ada dua produsen yang bernilai sama, maka besarnya pangsa pasar yang dikuasai akan menunjukan keuntungan yang didapatkan.

Sayangnya untuk dapat menguasai pangsa tidak selamanya menghasilkan keuntungan. Beberapa bisnis mengambil resiko untuk tidak untung instan. Harapannya bisa mendapatkan hasil yang lebih besar di kemudian hari.


Apa Pentingnya Market Share bagi Bisnis?

Memahami pasar dan persaingannya menjadi hal yang sangat penting bagi perusahaan, informasi seperti itu dinilai penting sehingga memungkinkan perusahaan untuk mengubah strateginya menjadi lebih baik. Oleh karena itu, mengukur market share sangat penting untuk bisnis.

Meski angka yang diberikan pangsa pasar tidak pasti secara profitabilitasnya, tapi angkat tersebut lumayan membantu dalam memberikan wawasan terkait pendapatan, pertumbuhan dan keuntungan bersih perusahaan Anda. Dari wawasan tersebut, perusahaan dapat menyusun strategi yang lebih efisien untuk menyediakan produk dan layanan pelanggan.

Pangsa pasar dapat digunakan untuk memberitahu porsi yang harus Anda ambil alih, saat pasar dalam keadaan jenuh. Untuk mengetahui hal tersebut, Anda perlu melakukan riset pasar secara mendalam. Kemudian, Anda bisa menyusun strategi yang efektif.

Apabila bisnis berhasil memonopoli atau mendominasi pangsa pasar tertentu, maka kebijakan yang mereka buat akan menjadi tren yang diikuti bisnis lainnya. Contohnya, Google sebagai search engine berhasil menguasai pasar hingga 90% lebih dan kini Google bisa menerapkan kebijakan apa pun seolah-olah kebijakan seluruh search engine.


Rumus Market Share

Berikut adalah rumus market share atau pangsa pasar:

Market share = (Total Pendapatan Perusahaan ÷ Total Market Sales) x 100%


Bagaimana Cara Menghitung Market Share?

Cara menghitung market share adalah sebagai berikut:

1. Tentukan kapan periode waktu yang akan dianalisis

Pilih rentang waktu penjualan yang akan diukur. Tujuannya agar hasil perbandingan yang Anda lakukan valid. Contohnya Anda mengambil data penjualan selama satu kuartal, setahun atau beberapa tahun.

2. Hitung total revenue atau pendapatan

Setiap perusahaan pasti memiliki laporan penjualan dalam periode tertentu. Di mana biasanya dalam laporan tersebut berisi total pendapat dari hasil penjualan produk terperinci.

Misalnya per jenis produk. Hindari menggunakan data total penjualan yang bisnis capai. Ambilah data tersebut untuk digunakan menghitung market share.

3. Cari total market sales

Total market sales (total penjualan pasar) bisa diketahui melalui public report yang dikeluarkan oleh Asosiasi Perdagangan Industri yang terkait. Jika Anda tidak bisa menemukannya, Anda bisa menggunakan jasa yang menawarkan informasi khusus perihal penjualan dalam sektor pasar nasional atau internasional.

Dari laporan penjualan pasar didapatkan, Anda dapat memilih jumlah penjualan perusahaan terbesar untuk total market sales. Namun jika yang mendominasi pasar merupakan perusahaan-perusahaan kecil yang tidak signifikan, maka Anda bisa menggunakan total penjualan dari perusahaan tersebut untuk mewakili total market sales industri tersebut.

4. Bagi total pendapatan bisnis Anda dengan total market sales

Setelah Anda mengumpulkan semua data yang dibutuhkan, Anda bisa mulai menghitung pangsa pasar dengan menggunakan rumus market share, yaitu dengan cara membagi total revenue dibagi dengan total market sales industri. Cara menghitung menghitung market share dengan membagi kedua data tersebut.

Berikut adalah contoh cara menghitung market share:

Misalnya, penjualan produk perusahaan A sebesar Rp50.000.000 pada kuartal I. Sementara total penjualan dari semua perusahaan di industri tersebut sebesar Rp. 250.000.000. Maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

Market Share = (50.000.000 ÷ 250.000.000) x 100%

= 0,2 x 100

= 20%

Jadi, market share perusahaan A sebesar atau 20%.


Bagaimana Cara Meningkatkan Market Share?

Sebagai pemilik bisnis, Anda tentu ingin memiliki angka pangsa pasar yang tinggi. Sebab angka tersebut menunjukkan dominasi Anda pada segmen pasar tertentu.

Berikut tips yang bisa Anda ikuti untuk meningkatkan market share adalah

– Gunakan teknologi terbaru

Tidak ada salahnya untuk transformasi digital. Dengan menerapkan teknologi baru banyak efisiensi yang bisa Anda lakukan. Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk melakukan penjualan lebih banyak.

Contohnya aplikasi CRM (Customer Relationship Management) yang mampu menyederhanakan proses bisnis, khususnya yang berhubungan dengan pelanggan. Aplikasi CRM akan otomatis menyimpan interaksi dengan pelanggan, sehingga tim sales dapat fokus melakukan penjualan lebih banyak.

aplikasi-CRM-Cara-menghitung-market-share

Bangun loyalitas pelanggan

Jalin hubungan lebih dekat dengan pelanggan akan berpengaruh positif pada market share. Hal ini mampu mempertahankan pelanggan agar tidak berpindah ke kompetitor. Sementara pelanggan loyal akan membantu marketing dengan merekomendasikan produk Anda ke orang lain.

Cara untuk membangun loyalitas adalah terus meningkatkan kualitas produk dan layanan. Untuk mempermudahnya, Anda bisa menggunakan aplikasi CRM. Di mana aplikasi ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih untuk Anda membangun hubungan lebih dekat dengan pelanggan.

loyalitas-pelanggan-cara-menghitung-market-share

– Tingkatkan produktivitas karyawan

Salah satu faktor yang mempengaruhi penjualan adalah karyawan. Oleh karena itu, Anda perlu membekali karyawan dengan skill yang berkualitas. Anda juga bisa memberikan motivasi ke mereka dengan memberikan reward. Hal ini akan mendorong peningkatan performance sales.

tingkat-produktivitas-cara-menghitung-market-share


Hitung Market Share Bisnis Anda Sekarang!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Dari ulasan diatas, dapat dipahami bahwasany pangsa pasar mampu menunjukan seberapa besar perusahaan mendominasi pasar tertentu. Hal ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa perusahaan Anda lebih unggul dibanding kompetitor.

Cara menghitung market share juga relatif mudah. Di mana dengan membagikan pendapatan perusahaan Anda dengan total penjualan pasar tertentu. Dari hasil tersebut, Anda bisa menilai seberapa besar perusahaan Anda menguasai pasar.

Apabila hasil yang Anda dapatkan kurang memuaskan, Anda perlu meningkatkannya. Salah satu cara adalah dengan menggunakan aplikasi CRM. Anda bisa mendapatkan aplikasi CRM terbaik di Indonesia melalui Mekari Qontak.

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau COBA GRATIS dengan mengisi form di bawah ini:

0 comments

By