Qontak WhatsApp

Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Customer Service

Customer Service Strategy for Sales

Pelajari Cara Meningkatkan Penjualan (Sales) dengan Memanfaatkan Customer Service

Customer Service merupakan garda terdepan suatu bisnis. Karena customer service merupakan bagian dari penjaga citra perusahaan di mata pelanggan. Tak ayal kesuksesan suatu bisnis dapat terukur dari bagaimana customer service dapat melayani pelanggan. Dengan menciptakan pengalaman pelanggan yang positif, perusahaan dapat mempertahankan pelanggan lama dan membuka peluang mendapatkan pelanggan baru dengan mudah. Namun tahukah Anda bahwa cara meningkatkan penjualan bisa melalui customer service?

Salah satu tolak ukur kesuksesan suatu bisnis juga dapat dilihat dari pemasukan hasil penjualan (sales).  Tim sales juga merupakan garda terdepan perusahaan, dan cara meningkatkan penjualan tentu dengan mendapatkan pelanggan baru. Namun demikian pada artikel ini kami akan mengulas bagaimana cara meningkatkan penjualan melalui customer customer service.

Cara meningkatkan penjualan melalui customer service

Apa Peranan Customer Service Terhadap Penjualan?

Customer service memiliki peranan yang lebih daripada sekedar mendengar keluhan maupun menjawab pertanyaan pelanggan. Customer service memiliki potensi berperan penting dalam meningkatkan penjualan. Salah satu potensi peranan customer service terhadap penjualan adalah bagaimana tim CS memiliki skill komunikasi dengan pelanggan yang sama baiknya dengan tim sales. Inilah salah satu poin penting mengapa customer service perlu dioptimalkan dalam meningkatkan penjualan.

Customer service juga kerap menjadi barisan problem solver atau pemecah masalah yang kadang dihadapi oleh konsumen. Mereka juga yang dapat menentukan win-win solution saat menghadapi keluhan konsumen. Inilah salah satu peranan penting customer service dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang positif. Karena ketika pelanggan telah membeli produk, yang selanjutnya akan dihubungi bukanlah tim sales melainkan customer service. Inilah sekali lagi mengapa cara meningkatkan penjualan melalui customer service sangat penting.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Bagaimana Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Customer Service?

Ada beberapa cara meningkatkan penjualan melalui customer service yang dapat Anda terapkan dalam bisnis. Beberapa cara tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Tetap Tanamkan Pinsip Problem Solver

Cara meningkatkan sales melalui customer service problem solver

Sebelum mengoordinasi tim customer service untuk ikut mengoptimalkan penjualan, maka perlu untuk Anda tekankan lagi bahwa mereka tidak boleh kehilangan prinsip problem solver. Sebab, justru prinsip itulah yang menjadi pondasi mereka agar dapat meningkatkan penjualan kepada pelanggan.

Dengan memberikan solusi di setiap permasalahan akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis. Pada momen tersebutlah yang dapat dimanfaatkan oleh customer service untuk memberikan solusi lain dalam bentuk penawaran.

2. Tingkatkan Product Knowledge dan Ilmu Sales

Cara meningkatkan penjualan dengan product knowledge

Cara meningkatkan penjualan melalui customer service selanjutnya adalah dengan memiliki pengetahuan produk atau product knowledge yang baik agar dapat memberikan solusi bagi pelanggan. Dengan memiliki pengetahuan produk yang baik, maka customer service dapat menggali kebutuhan pelanggan. Sehingga mereka pun nantinya dapat menawarkan hal-hal tersebut sebagai bentuk solusi atas permasalahan yang dihadapi pelanggan.

Namun itu saja tidak cukup. Anda pun harus mengedukasi bagaimana seorang sales melakukan langkah-langkahnya saat akan menjual produk. Misal seperti seorang sales pasti akan memperkenalkan dulu sebuah produk, lalu menuturkan manfaat dan kegunaannya, setelah itu baru melakukan penjualan. Bahkan di tahap tersebut pun, customer service masih perlu diajarkan bagaimana meyakinkan konsumen yang masih ragu untuk mengambil penawaran yang diberikan. 

Dengan demikian, itulah mengapa pengetahuan produk dan dasar ilmu sales memiliki keterkaitan satu sama lain.

3. Ciptakan Cross & Up-Selling

cross selling dan up selling

Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, customer service perlu menjadi problem solver dan pemberi solusi guna meningkatkan kepercayaan pelanggan. Disinilah cara meningkatkan penjualan melalui customer service juga cukup krusial, dimana melakukan teknik cross dan up-selling. Cross selling adalah teknik menjual suatu produk yang berbeda dari yang dibeli oleh pelanggan, namun sifat produk yang dijual sebagai komplementer (pelengkap).

Sedangkan up-selling adalah teknik menjual suatu produk yang kelasnya di atas produk yang saat ini pelanggan miliki. Perlu dicatat pada saat up-selling, customer service dapat memberikan solusi kepada pelanggan berupa edukasi terkait fitur, layanan, promo, maupun produk yang dapat digunakan oleh konsumen agar dapat membantunya keluar dari permasalahannya.

Inilah pentingnya customer service yang memiliki skill komunikasi, product knowledge, dan dasar ilmu sales yang baik. Sehingga pelanggan yang semula tidak mengetahui tentang fitur, layanan, promo maupun produk tertentu menjadi paham bahwa hal-hal tersebut dapat menjadi solusi bagi kesulitannya.

4. Perlakukan Pelanggan Seperti Teman

customer service sebagai teman

Ketika seorang teman dekat menelepon, Anda tidak bereaksi seperti ini: “Halo, ada yang bisa saya bantu?” Anda biasanya akan bertanya kepada teman bagaimana keadaannya sebelum lanjut pada hal lain. Oleh karena itu, Anda juga harus melakukan hal yang sama dengan pelanggan Anda. Buat mereka merasa seperti bagian dari keluarga. Dengan memperlakukan pelanggan layaknya keluarga atau teman, mereka akan apresiasi dan menjadi klien setia untuk jangka waktu yang lama.

5. Belajar dari Feedback Negatif

cara meningkatkan sales evaluasi feedback negatif

Mendapat komplain atau feedback negatif dari pelanggan adalah hal yang lumrah dalam customer service. Selain tetap profesional dalam menyikapi komplain pelanggan, customer service harus dapat mengambil pelajaran dari permasalahan yang terjadi.

Disinilah pentingnya customer service untuk evaluasi dari feedback negatif. Bagaimana customer service dapat mengasah skill problem solving melalui evaluasi dari masalah yang telah terjadi. Dengan begitu, cara meningkatkan penjualan melalui customer service menjadi efektif.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Tingkatkan Penjualan Anda Melalui Layanan Customer Service Terbaik

Dengan memahami cara meningkatkan penjualan melalui customer service, diharapkan bisnis dapat menjadi semakin memahami bahwa untuk mendapatkan penjualan tidak hanya melalui tim sales. Bisnis dapat meningkatkan penjualan melalui customer service apabila tim CS bisa memahami 5 hal yang telah disebutkan diatas seperti menjadi problem solver, paham product knowledge dan dasar ilmu sales, mampu melakukan cross dan up-selling, perlakukan sebagai teman, dan bisa mengevaluasi dari feedback negatif.

Jika Anda membutuhkan sebuah Aplikasi Customer Service yang dapat terintegrasi dengan sistem CRM yang terotomatisasi, maka Anda dapat memperolehnya dengan mudah di Qontak.com, dan Anda bisa memperoleh uji coba GRATIS selama 14 hari. Jadi, tunggu apalagi? Cobalah sekarang juga!

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di samping kanan!

 

You may also like

By