Qontak WhatsApp

15 Cara Ampuh Meningkatkan Penjualan Online Shop di Instagram

Cara Ampun Meningkatkan Penjualan Online Shop di Instagram

Begini Cara Efektif Meningkatkan Penjualan Online Shop di Instagram!

Cara meningkatkan penjualan di Instagram sangat penting dipelajari bisnis saat ini. Pasalnya sudah banyak bisnis yang menggunakan Instagram sebagai media pemasaran dan penjualan. Hal ini didukung oleh data 90% pengguna Instagram mengikuti setidaknya satu bisnis.

Sayangnya pada tahun 2016, Instagram mengubah algoritmenya untuk membuat postingan muncul di feed berdasarkan popularitas, bukan dalam urutan kronologis. Artinya, postingan dengan interaksi tinggi akan naik ke atas, dan postingan dengan interaksi rendah tidak akan pernah terlihat.

Jadi, jika brand Anda baru dan tidak memiliki banyak pengikut, bagaimana Anda bisa meningkatkan penjualan online shop di Instagram?

Berikut cara meningkatkan penjualan di Instagram meliputi:

  1. Buat profil Bisnis
  2. Posting Konten yang Berkualitas secara Kosisten
  3. Maksimalkan Hashtag di Setiap Postingan
  4. Manfaatkan Fitur-fitur Instagram
  5. Manfaatkan Instagram stories
  6. Kirim Direct Messager (DM) ke Followers
  7. Gunakan Instagram Masseger API
  8. Bom “Like” dan Rajin Beri Komentar di Postingan Orang Lain
  9. Manfaarkan konten yang dibuat pengguna (user-generated content)
  10. Gunakan Instagram ads
  11. Bekerjasama dengan Influencer
  12. Mintalah ulasan jujur ​​dari influencer
  13. Tawarkan Diskon atau Giveaway
  14. Bergabunglah dengan Instagram Pods
  15. Jangan memposting posting yang memaksa

Image CTA for online shop Instagram


Mengapa Online Shop harus Berjualan di Instagram?

Popularitas Instagram tidak diragukan lagi dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Tapi tahukah Anda bahwa platform berbagi foto ini tidak hanya untuk seniman, fotografer, atau semua orang yang menyukai seni digital?

Faktanya, Instagram adalah platform pemasaran yang sangat baik untuk bisnis terutama online shop pemula. Hal ini sesuai dengan fakta Instagram dibawah ini:

  • 90% pengguna Instagram mengikuti setidaknya satu merek.
  • 83% pengguna Instagram menemukan merek atau produk baru di platform.
  • 80% pengguna mengatakan Instagram membantu mereka ketika memutuskan untuk membeli suatu produk atau layanan.

Bagaimana Cara Meningkatkan Penjualan di Instagram?

Nah, agar Anda tidak sia-sia dalam menggunakan Instagram, coba perhatikan 10 cara meningkatkan penjualan di Instagram ini.

1. Buat profil Bisnis

membuat profil bisnis

Saat ini Instagram sudah memberikan kemudahan bagi para pelaku bisnis yang ingin memanfaatkan Instagram sebagai media promosi. Salah satunya dengan menyediakan akun IG khusus profesional atau bisnis. Akun tersebut dapat Anda maksimalkan untuk membuat profil bisnis yang menarik.

Untuk dapat menggunakan profil Bisnis ini cukup mudah. Sebelumnya Anda hanya perlu diharuskan membuat Fanspage lebih dulu di Facebook. Bila sudah ada, maka Anda hanya perlu ke pengaturan profil Anda, lalu cari kolom Account dan klik Switch to Business profil.

Setelah berhasil, nantinya di laman profil Anda dapat mengetahui kinerja setiap postingan Anda melalui fitur Insight yang ada di samping kolom option. Di dalamnya akan ada keterangan berupa Impression (jumlah postingan dilihat akun lain), reach (jumlah postingan dilihat oleh followers) dan profil views (jumlah akun yang melihat profil Anda).

2. Posting Konten yang Berkualitas secara Kosisten

Konten berkualitas- cara meningkatkan penjualan di Instagram

Memang tidak mudah untuk tidak mengikuti tren. Konsistenlah dengan konten yang berkualitas dan tidak pasaran salah satu kuncinya. Sebab  konten yang pasaran cenderung membosankan dan akan diabaikan. Meskipun cara ini tidak cepat mendatangkan Followers dan pembeli, namun dapat membangun image yang baik dan meningkatkan kepercayaan calon konsumen.

Berikut tips membuat konten Instagram yang berkualitas adalah:

  • Buatlah storytelling pada caption dibawah postinggan
  • Membuat konten berupa infografis, slideshow, foto atau video yang bermanfaat untuk pelanggan di feed Instagram
  • Mengikuti tren yang sedang viral di media sosial
  • Buat konten spesial untuk hari-hari penting seperti kemerdekaan, hari raya, tahun baru dan lainnya
  • Buat konten kampanye bermacam-macam. Misalnya, membuat film pendek yang berisi soft-selling produk Anda atau video testimoni pelanggan Anda.

3. Maksimalkan Hashtag di Setiap Postingan

Hashtag atau tanda pagar (#) merupakan salah satu fitur menguntungkan yang terdapat pada Instagram. Pasalnya, dengan mencantumkan hashtag yang relevan pada postingan Anda, maka postingan tersebut akan dengan mudah menjangkau target market Anda. Namun Anda tidak dapat asal-asalan mencantumkan hashtag di postingan Anda bila ingin postingan Anda tepat sasaran ke target market.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk hashtag adalah:

  • Disarankan hanya boleh mencantumkan hashtag paling banyak 20 hashtag. Bila lebih dari itu maka penelusuran hashtag tidak akan optimal.
  • Letakkan hashtag di caption yang relevan dengan merek atau postingan Anda. Usahakan tidak lebih dari 10 hashtag agar akun Anda tidak terkesan murahan. Dan cantumkan 10 hashtag sisanya di kolom komentar postingan tersebut. Untuk 10 hashtag sisanya itu Anda dapat mencantumkan hashtag yang sedang populer.

4. Manfaatkan Fitur-fitur Instagram

fitur-fitur IG-cara meningkatkan penjualan di Instagram

Saat ini Instagram telah banyak meluncurkan fitur-fitur yang mendukung aktifitas bisnis, seperti Instagram Shop. Fitur ini berguna pengguna mengunjungi berada di toko, orang-orang dapat menelusuri produk, menjelajahi koleksi, dan membeli produk dengan lancar melalui browser dalam aplikasi kami atau tanpa meninggalkan aplikasi dari toko dengan checkout.

Selain Instagram shop, Anda juga bisa memanfaatkan fitur lainnya seperti Instastory untuk memasarkan produk. Banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pemasaran yang melibatkan followers.

Fitur lain Instagram yang dapat Anda manfaatkan sebagai bisnis antara lain:

  • Instastory: melalui fitur ini, Anda bisa melakukan interaksi langsung dengan followers melalui polling, mini quiz, dan juga mini content.
  • Highlight: memberikan informasi yang lebih detail kepada pelanggan. Misal dengan membuat highlight berupada testimoni, daftar harga, dan promo pada hari tertentu.
  • Instagram Ads: memfasilitasi Anda untuk beriklan di Instagram melalui feeds, story, atau seluruh akun Anda.
  • Direct purchase: memungkinkan pelanggan untuk membeli produk langsung melalui feeds yang terhubung platform lain seperti facebook atau website.

5. Manfaatkan Instagram stories

Instagram telah merilis fitur Instagram Stories mereka, di mana Anda dapat memposting dan berbagi video dan gambar dengan pengikut setia Anda. Merek benar-benar dapat memanfaatkan fitur ini untuk meningkatkan penjualan mereka.

Tapi bagaimana Anda bisa menggunakannya secara efektif?

Berikut adalah beberapa saran yang dapat membantu Anda membuat Cerita Instagram yang efektif dan berdampak. Jika diterapkan dengan benar, kiat-kiat ini dapat meningkatkan penjualan Anda secara signifikan:

Jika Anda memiliki tangan yang gemetar, belilah tripod. Tripod akan menjaga smartphone atau kamera Anda stabil dan stabil saat merekam video dan mengambil foto.
Tangkap dan bagikan kisah atau perjalanan merek dengan pengikut Anda di Instagram Stories Anda.
Gunakan gambar produk Anda untuk membuat video dan bagikan di Stories Anda. Pastikan Anda menggunakan pencahayaan alami.
Tangkap dan bagikan pengalaman pelanggan Anda menggunakan produk atau layanan Anda.
Ambil beberapa foto dan video di balik layar, yang relevan dengan produk atau layanan Anda, dan sertakan dalam Cerita Anda.

6. Kirim Direct Messager (DM) ke Followers

Kirim DM-cara meningkatkan penjualan di Instagram

Direct messeger (DM) Instagram berperan sebagai media perckapan langsung di Instagram. Secara fungsi mirip dengan percakapan di WhatsApp. Oleh karena itu, Anda bisa mengirimkan DM ke followers secara rutin. Dimana pesan yang dikirimkan bisa berupa pesan promosi.

7. Gunakan Instagram Masseger API

Instagram-API-cara meningkatkan penjualan di Instagram

API Instagram merupakan sebuah fitur yang diluncurkan Instagram untuk meningkatkan layanan pelanggan pemilik bisnis toko online (shop) di Instagram. Dengan API Instagram , Anda dapat mengintegrasikan Instagram Shop dan IG Direct Message (DM) dengan aplikasi penjualan CRM sehingga proses sales dalam bisnis Anda lebih terotomatisasi. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan bot Instagram sehingga dapat memberikan balasan otomatis (auto reply) pada setiap Instagram DM yang masuk.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

8. Bom “Like” dan Rajin Beri Komentar di Postingan Orang Lain

Cobalah sesekali ke kolom Explore yang biasanya berlogo kaca pembesar, lalu tujukan ke kolom Top. Anda harus rajin-rajin memberikan like ke postingan yang termasuk dalam kategori Most Recent. Tidak harus memfollow, cukup memberikan like.

Apa ini berguna? Ya, karena bagi postingan yang baru saja terupdate dan Anda menjadi akun yang memberikan like di awal, maka ada kemungkinan akun tersebut mencaritahu tentang akun Anda. Bahkan dengan melakukan ini sudah membuka peluang Anda untuk memperkenalkan akun dan produk Anda. Followers akun Anda pun dapat bertambah dengan cara ini.

9. Manfaarkan konten yang dibuat pengguna (user-generated content)

Contoh User Generated Content produk starbucks
Sumber: Instagram Starbucks

User-generated content adalah bentuk lain dari iklan dari mulut ke mulut.  Dimana tekni marketing ini memanfaatka pelanggan Anda yang membuat konten dengan menampilkan produk Anda. Hal ini secara tidak langsung membantu Anda mempromosikan produk atau layanan kepada pelanggan baru atau pengikut mereka.

Namun, beberapa pelanggan mungkin tidak langsung membagikan gambar produk Anda tanpa ‘reward’. Untuk mendorong mereka melakukan ini, Anda perlu menawarkan hadiah atau insentif, seperti kesempatan untuk memenangkan voceher jika mereka memposting foto yang menampilkan produk Anda.

Misalnya, Anda dapat menawarkan kesempatan untuk memenangkan hadiah gratis atau kartu hadiah. Pastikan Anda mendorong mereka untuk menggunakan tagar tertentu untuk membantu Anda melacak keefektifan upaya Anda.

Konten dari pelanggan sebagai semacam bukti sosial hidup bagi calon pelanggan yang masih ragu untuk membeli produk Anda. Maka dari itu, menampilkan kuser-generated content adalah cara terbaik untuk menunjukkan kepada pelanggan betapa Anda menghargai mereka.

10. Gunakan Instagram ads

Instagram-Ads-cara meningkatkan penjualan di Instagram

Salah satu keunggulan dari Instagram adalah fitur iklannya yang terafiliasi dengan Facebook. Jadi bisa dikatakan cukup dengan sekali iklan di Facebook, maka iklan tersebut juga akan muncul di Instagram. Hal ini dapat Anda manfaatkan dengan baik karena dengan sekali iklan Anda sudah dapat menggaet banyak target market dari dua media sosial sekaligus. Usahakan untuk mempersiapkan desain banner yang minim tulisan, karena Facebook akan lebih menganjurkan desain banner yang minim tulisan agar terlihat lebih menarik bagi target market. Bahkan bila perlu persiapkan bahan promo dengan sebuah video

Survei Socialinsider mengungkapkan lebih dari 137 ribu kampanye iklan Facebook dan Instagram untuk mengetahuinya, dan meskipun ada banyak variabel yang memengaruhi hasil kampanye, data di sini mungkin memberikan beberapa indikator umum untuk pendekatan Anda.

11. Bekerjasama dengan Influencer

Selanjutnya, Anda bisa berkolaborasi dengan influencer untuk memantu memasarkan produk Anda.  Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan penjualan produk. Selain itu juga membantu membangun brand awarness. Tawarkan harga spesial untuk followers influencer tersebut. Misalnya masukkan kode nama influencer untuk mendapatkan potongan harga khusus.

12. Mintalah ulasan jujur ​​dari influencer

honest reviews from influencers

Sebagian besar orang-orang mempercayai influencer karena mereka seperti konsumen sehari-hari. Jadi pendapat dan saran mereka tampak lebih asli daripada selebritas acak yang mempromosikan produk Anda.

Brand yang bekerja dengan influencer banyak melakukannya terutama karena mereka ingin melibatkan kepercayaan dari target audiens mereka.

Oleh karena itu, cara terbaik adalah dnegan meminta influencer untuk jujur ​​dalam memberikan ulasan, bahkan jika mereka menemukan beberapa aspek negatif pada produk Anda. Ketika seorang influencer dengan jujur ​​membagikan beberapa fitur yang tidak mereka sukai, feedback positif mereka tentang fitur lain tampaknya jauh lebih asli.

Pelanggan tahu bahwa setiap produk memiliki beberapa pro dan kontra. Jadi undang influencer Anda untuk memposting ulasan untuk membantu Anda mendapatkan kepercayaan dari target audiens Anda.

Misalnya Influencer kecantikan Adri secara teratur memposting ulasan jujur ​​​​tentang pengalamannya menggunakan produk kecantikan tertentu. Dia berbicara tentang hasil yang dia dapatkan dari setiap produk, serta apakah hasil tersebut sesuai dengan klaim produk atau tidak.

Pada tangkapan layar di bawah, dia menyebutkan bahwa pengalamannya menggunakan produk tertentu secara keseluruhan positif. Tetapi dia tidak ragu untuk menyebutkan bahwa produk tersebut gagal memenuhi klaim bahwa itu mengurangi pori-pori setelah 28 hari.

13. Tawarkan Diskon atau Giveaway

cara meningkatkan penjualan di Instagram-Diskon-dan-promosi

Cara ini sudah biasa diterapkan pada strategi pemasaran dimana saja, termasuk Instagram. Buatlah kampanye special dengan memberikan diskon atau giveaway. Tujuannya untuk meningkatkan Engagement Rate Instagram.

14.  Bergabunglah dengan Instagram Pods

Baru mengenal pemasaran Instagram dan tidak memiliki banyak pengikut? bergabunglah dengan Instagram Pods berkualitas untuk meningkatkan interaksi Anda.

Di blog mereka, Hootsuite menyebut peretasan keterlibatan terbaru Pods Instagram.

Berikut cara kerjanya:

Temukan Pod Instagram kecil. Pod adalah grup pengguna Instagram yang bersatu untuk meningkatkan pengikut dan keterlibatan satu sama lain. Ikuti panduan keterlibatan Pod. Anda biasanya harus menyukai, mengomentari, dan membagikan postingan anggota Pod lainnya.

Sebagai imbalannya, postingan Anda sendiri akan menerima suka, komentar, dan berbagi dari anggota lain.
Ingat:

  • Pilih pod kecil dengan 15-20 pengguna.
  • Hindari Pod spam raksasa dengan ribuan pengguna.
  • Jauhkan Anda dari tawar-menawar! Kegagalan untuk menyukai, membagikan, dan mengomentari kiriman dapat membuat Anda dikeluarkan dari Pod.
  • Pod hanya bagus untuk memulai. Saat kehadiran brand Anda semakin matang, Anda pasti ingin mendapatkan suka, komentar, dan berbagi Anda sendiri alih-alih yang dihasilkan Pod.

15. Jangan memposting posting yang memaksa

Don’t post pushy or salesy posts

Anda harus ingat bahwa Instagram bukanlah platform untuk jual beli. Orang-orang disana bukan untuk membeli produk melainkan untuk bersosialisasi secara virtual. Jadi, Anda harus memposting konten yang tidak terlalu memaksa atau menjual produk.

Jika Anda ingin memanfaatkan Instagram untuk menjual produk Anda, maka Anda harus melakukannya dengan cara yang kreatif. Artinya, Anda perlu memberikan prospek yang berharga, konten yang menarik.

Untuk melakukannya, Anda dapat memposting gambar yang terinspirasi oleh situasi kehidupan nyata atau membagikan gambar pelanggan yang menggunakan produk Anda. Anda juga dapat memposting foto dan video dengan tips atau resep termasuk produk Anda.

Tips: 7 Cara Promosi di Instagram Efektif untuk Pemula dan 10 Cara Jualan di Instagram Shop Anda Biar Laris


Tingkatkan Penjualan Anda di Instagram Sekarang!

Instagram-API-Qontak-3

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, melakukan penjualan di Instagram di era digital saat ini sangatlah penting untuk online shop. Sebab Instagram membantu Anda untuk menjangkau pelanggan lebih luas melalui konten yang menarik.

Sayangnya, cara meningkatkan penjualan di Instagram cukup tricky. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengikuti tips 15 cara meningkatkan penjualan diatas. Salah satu caranya adalah menggunakan messenger API Instagram.

Untuk mendapatkan API Instagram harus mendaptarkan ke mitra resmi Facebook di Indonesia seperti Mekari Qontak. Instagram API yang Qontak dilengkapi fitur canggih yang membantu Anda untuk membalas pesan secara otomatis.

Selain itu, Anda dapat menghubungkan Instagram Anda dengan aplikasi bisnis lainnya untuk memudahkan Anda menjual produk tanpa berpindah aplikasi. Qontak juga telah dipercaya lebih dari 3000 perusahaan dan Qontak tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Hubungi Qontak.com sekarang atau COBA GRATIS dengan mengisi form dibawah ini:

You may also like

By