Qontak WhatsApp

9 Cara Mudah Promosi Makanan di WhatsApp

Cara Promosi Makanan di WhatsApp

Aplikasi chatting populer WhatsApp kini tidak hanya digunakan sekadar untuk bertukar pesan saja. Ada banyak bisnis yang menggunakannya untuk mempermudah operasional bisnis dan layanan pelanggan. Salah satunya adalah untuk promosi makanan di WhatsApp.

Kemudahan yang ditawarkan WhatsApp membuat banyak bisnis makanan yang memanfaatkan fitur-fitur WhatsApp untuk memaksimalkan operasional bisnis dan layanan pelanggan mereka. Termasuk untuk kebutuhan penjualan dan promosi.

Namun, bagaimana cara promosi makanan di WhatsApp?

Untuk mengetahui caranya, yuk simak pembahasan lengkap tentang cara promosi makanan di WA berikut ini!

9 cara promosi makanan di WhatsApp yang laris manis:

  1. Isi nama dan profil bisnis dengan jelas
  2. Buat daftar kontak pelanggan
  3. Siapkan katalog produk
  4. Pastikan foto yang Anda gunakan menarik
  5. Tuliskan deskripsi yang sesuai
  6. Manfaatkan fitur WhatsApp blast atau broadcast
  7. Gunakan kalimat promosi yang menarik
  8. Kirimkan pesan yang dipersonalisasi
  9. Gunakan fitur WhatsApp story

Qontak.com

Image CTA API WhatsApp


Apakah Bisnis Makanan Bisa Melakukan Promosi di WhatsApp?

Tentu saja bisa! WhatsApp, khususnya WhatsApp Business API, memiliki berbagai fitur canggih yang dapat mendukung bisnis. Misalnya seperti, fitur profil bisnis, katalog, auto reply, blast atau broadcast, chatbot, dan masih banyak lagi.

Semua fitur tersebut dapat bisnis manfaatkan untuk memaksimalkan promosi bisnisnya di WA. Tidak hanya terbatas untuk bisnis makanan, tetapi juga untuk berbagai industri bisnis lainnya yang sesuai dengan syarat dan ketentuan WhatsApp.

Baca Juga: 11 Cara Jualan Online Laris di WhatsApp, Pasti Untung!


Bagaimana Cara Promosi Makanan di WhatsApp?

Food Promotion

1. Isi nama dan profil bisnis dengan jelas

Cara promosi makanan di WA yang pertama adalah dengan memastikan nama dan profil akun WhatsApp bisnis telah sesuai dan jelas. Mengapa demikian?

Ini karena profil bisnis dapat memberikan informasi yang jelas kepada calon pelanggan atau pelanggan tentang bisnis Anda.

Dalam hal ini, Anda juga dapat menggunakan centang hijau WhatsApp untuk meningkatkan akuntabilitas dan kredibilitas bisnis Anda di mata pelanggan.

2. Buat daftar kontak pelanggan

Cara yang kedua adalah dengan membuat daftar nomor pelanggan. Bagaimana cara membuat daftar nomor pelanggan ini?

Umumnya, bisnis akan mencantumkan nomor WhatsApp bisnisnya pada bio media sosial seperti Instagram, Twitter, atau Facebook. Kemudian, pelanggan akan menghubungi bisnis melalui nomor yang tertera.

Ketika pelanggan menghubungi nomor WA tersebut untuk bertanya atau memesan. Nah, dai situ bisnis dapat mengumpulkan data dan database pelanggan untuk membuat daftar kontak pelanggan.

Daftar kontak tersebut nantinya dapat dimanfaatkan untuk mengirimkan pesan siaran yang berisikan pengunguman informasi atau promosi menarik kepada pelanggan.

3. Siapkan katalog produk

Cara promosi makanan di WhatsApp yang ketiga adalah dengan menyiapkan katalog produk. Namun perlu diingat, bahwa fitur katalog ini hanya dapat digunakan oleh bisnis yang menggunakan WhatsApp Business atau WhatsApp Business API saja.

Sementara itu, penggunaan katalog dapat memudahkan pelanggan untuk memperoleh informasi tentang produk dengan lebih jelas. Misalnya seperti daftar menu dan harga dari produk makanan yang dijual.

Baca Juga: Cara Membuat Katalog Bisnis di WA

4. Pastikan foto yang Anda gunakan menarik

Selain menyiapkan katalog, Anda juga perlu menyiapkan foto produk yang menarik. Mengingat, pelanggan tidak dapat mencium atau merasakan cita rasa makanan secara langsung.

Oleh karena itu, Anda perlu membuat foto produk makanan yang menarik dan menggugah selera makan pelanggan Anda.

Dalam hal ini, Anda juga dapat menggunakan jasa fotografer profesional untuk menghasilkan foto makanan yang diinginkan.

5. Tuliskan deskripsi yang sesuai

Apakah Anda sudah menyiapkan foto makanan yang nikmat? Jika iya, foto makanan saja tidak cukup.

Anda juga harus menuliskan deskripsi makanan yang sesuai dan dapat menjelaskan kepada pelanggan tentang cita rasa apa yang akan mereka rasakan ketika memakanan makanan yang Anda jual.

Pastikan deskripsi Anda jelas, detail, dan tidak berbelit-belit untuk membantu memudahkan pelanggan dalam memahaminya.

6. Manfaatkan fitur WhatsApp blast atau broadcast

Cara promosi makanan di WhatsApp yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur-fitur canggih seperti WhatsApp blast.

Dengan menggunakan fitur tersebut, Anda dapat mengirimkan pesan siaran yang berisikan promosi menarik ke banyak kontak secara sekaligus dengan mudah.

Jadi, Anda tidak perlu lagi repot-repot mengirimkan pesan secara manual ke pelanggan satu-persatu. Semuanya dapat Anda lakukan secara otomatis menggunakan templat pesan yang telah dibuat sebelumnya.

Baca Juga: WhatsApp Blast: Pengertian dan Cara Mendapatkannya

7. Gunakan kalimat promosi yang menarik

Saat melakukan promosi, pastikan Anda menggunakan kalimat promosi yang menarik dan mendorong pelanggan untuk tergerak membeli produk makanan Anda.

Dalam hal ini, Anda juga dapat menggunakan kalimat call-to-action yang membantu Anda untuk menarik minat pelanggan.

8. Kirimkan pesan yang dipersonalisasi

Umumnya pelanggan akan lebih senang dan merasa dihargai ketika diperlakukan secara personal. Misalnya seperti dikirimkan pesan yang tertulis nama mereka.

Anda dapat memanfaatkan pesan yang dipersonalisasi untuk menarik minat pelanggan terhadap produk atau bisnis makanan Anda.

9. Gunakan fitur WhatsApp Status

Cara melakukan promosi makanan di WA yang terakhir adalah dengan menggunakan fitur WhatsApp Status. Anda dapat memperbarui status WhatsApp dengan informasi terkait produk makanan baru atau promosi menarik lainnya.

Baca Juga: 12 Tips dan Cara Agar Jualan Online Laris bagi Pemula!


Manfaatkan WhatsApp untuk Promosi Bisnis Makanan Anda!

Logo Mekari Qontak

Itu dia beberapa promosi makanan di WhatsApp yang dapat Anda coba pada bisnis Anda. Bagaimana, cukup mudah bukan?

Selain menggunakan cara-cara di atas, Anda juga dapat menggunakan WhatsApp Business API, versi upgrade dari WhatsApp Business yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih pendukung bisnis.

Dengan menggunakan WhatsApp Business API, Anda dapat memanfaatkan fitur blast, autoreply, chatbot, dan lainnya untuk memaksimalkan bisnis Anda.

Anda dapat memperoleh WhatsApp Business API di mitra resmi WhatsApp seperti Mekari Qontak. Selain menyediakan WhatsApp API, Mekari Qontak juga menyediakan solusi end-to-end untuk bisnis Anda.

Jadi tunggu apa lagi?

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau dengan mengisi form coba gratis dibawah ini:

0 comments

By