Qontak WhatsApp

Contoh Customer Relationship Management Bisnis yang Baik

Contoh Customer Relationship Management yang tepat

Contoh Customer Relationship Management yang Menghasilkan Penjualan

Peran Customer Relationship Management (CRM) sangat penting bagi bisnis untuk meningkatkan penjualan. Implementasi CRM membantu menyederhanakan serta mengotomatiskan proses bisnis menjadi lebih efisien dan efektif.  Namun, bagaimana sebenarnya contoh customer relationship management (CRM) yang bisa menghasilkan penjualan untuk bisnis?

Pada artikel ini akan menjelaskan pengertian dan apa pentingnya customer relationship managemet untuk bisnis? Serta contoh customer relationship yang baik pada bisnis. Yuk pelajari selengkapnya dibawah ini.


Apa itu Customer Relationship Management?

Customer Relationship Management (CRM) adalah tools digital yang digunakan bisnis mengelola hubungan pelanggan. Implementasi CRM membantu bisnis membantu bisnis membangun hubungan lebih mendalam dengan pelanggan. Contoh customer relationship management pada sebagian bisnis berhasil meningkatkan layanan pelanggan dan penjualan.

Misalnya contoh customer relationship management pada industri perhotelan. Aplikasi CRM digunakan untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber, seperti data pelanggan, riwayat pemesanan, hingga layanan pelanggan dari berbagai saluran. Data ini digunakan untuk menyediakan informasi yang komprehensif terhadap perilaku dan kebutuhan pelanggan.  Dengan begitu, diharapkan mampu meningkatkan penjualan.

Informasi selengkapnya mengenai contoh customer relationship management dengan menonton video dibawah ini:


Apa Pentingnya Customer Relationship Management?

Contoh customer relationship management yang diterapkan dengan tepat bermanfaat untuk meningkatkan layanan pelanggan. Implementasi CRM ini membuat semua informasi pelanggan dalam satu platform yang mudah diakses. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk memberikan pengalaman pelanggan yang konsisten di setiap saluran bisnis.

Beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh bisnis dari implementasi CRM sebagai berikut:

– Meningkatkan customer experience

Melalui integrasi sistem CRM dengan slauran lain seperti Whatsapp API , membantu bisnis mememberikan pengalaman konsistem disemua saluran bisnis. Jadi pelanggan tidak perlu mengulangi informasi yang sama saat berpindah aplikasi. Sebab semua riwayat percakapan dan interaksi tersimpan secara otomatis pada sistem CRM. Hal ini dapat meningkatkan customer experience.

– Mengurangi kesalahan administrasi

Sistem CRM membantu mengurangi kesalahan administrasi dan memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan. Hal ini dilakukan dengan mengotomatisasi proses administrasi yang sering menjadi kendala dalam bisnis. CRM juga menyimpan seluruh informasi tiap pelanggan, termasuk catatan pesanan atau keluhan, sehingga pelanggan tidak perlu mengulang informasi yang sama.

– Melacak tiket dan deals

Memantau tiket dan deals berisi aktivitas hubungan dengan pelanggan serta penjualan sangat penting untuk memastikan tidak ada yang terabaikan. Kegiatan memantau lebih mudah dengan adanya CRM. Sebab seluruh aktivitas dalam tiket dan deals ditampilkan dalam satu dashboard yang mudah dimengerti.

– Memastikan keamanan data

Dengan sistem CRM, seluruh data pelanggan dan bisnis terjamin kerahasiaannya. Hal ini dilakukan di antaranya dengan data encryption, autentikasi berlapis, penggunaan tanda tangan digital, maupun akses pengguna multi-level ke database.

Rekomendasi: 5 Software CRM Terbaik di Indonesia Tahun 2022


Apa Saja Contoh Customer Relationship Management?

Contoh customer relationship pada setiap bisnis berbeda-beda. Memilih CRM yang tepat dapat membantu bisnis mengelola hubungan dengan pelanggan secara lebih efisien. Berikut ini adalah contoh penerapan customer relationship management:

1. Mengumpulkan Informasi Pelanggan

contoh customer relationship management-Mengumpulkan Informasi Pelanggan

Informasi pelanggan sangat penting bagi bisnis untuk memahami kebutuhan atau tren pasar. Dari informasi pelanggan tersebut, Anda juga dapat dengan mudah mengetahui aktivitas mereka selama berinteraksi. Misalnya produk yang sering dilihat, produk yang dipesan, total belanjaan mereka hinggan preferensi produk yang mereka inginkan. Informasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk menyusun strategi pengembangan bisnis lebih baik.

2. Mendorong Loyalitas dengan Program Reward

Mendorong Loyalitas dengan Program Reword

CRM dapat Anda manfaatkan untuk memilih pelanggan setia melalui riwayat interaksi mereka. Untuk meningkatkan loyalitas mereka, Anda bisa memberikan reward atau penghargaan sebagai bentuk terimakasih. Selain itu, hal ini mendorong mereka untuk menjadi lebih loyal terhadap brand Anda bahkan mempromosikan brand Anda ke kolega mereka. Hal ini tentu menguntungkan Anda kerena meningkatkan penjualan serta pendapatan Anda. Reward yang diberikan bisa berupa potongan harga atau voucher gratis.

3. Pemasaran Tepat Sasaran

Pemasaran Tepat Sasaran

Selama ini, banyak bisnis menghabiskan waktu dan uang untuk melakukan pemasaran yang terkadang tidak sebanding dengan hasil yang didapatkan. Salah satu penyebabnya adalah target pasar yang tidak sesuai. Hal ini akan berbeda hasilnya apabila Anda menggunakan CRM.

Contoh penggunaan customer relationship management yang tepat adalah membantu bisnis memahami pelanggan atau target pasar bisnis Anda. Segmentasikan pelanggan menurut demografis, riwayat pembelian, dan preferensi pribadi. Hal ini bisa lebih memudahkan Anda dalam mengirimkan pesan ke pelanggan yang tepat. Setelah itu, Anda dapat mengirimkan pesan promosi yang telah dipersonalisasi ke pelanggan.

4. Manfaatkan laporan Analisis CRM

contoh customer relationship management-Manfaatkan laporan Analisis CRM

CRM dilengkapi dengan laporan analisis akurat secara real-time. Dari laporan tersebut, Anda dapat melihat kondisi real bisnis Anda. Hal ini memudahkan Anda untuk mengidentifikasi masalah lebih cepat dan langsung memperbaikinya. Laporan akurat juga bisa meningkatkan kredibilitas serta transparansi bisnis Anda yang memudahkan dalam pengambilan keputusan.

5. Membangun Kolaborasi Tim

contoh customer relationship management-Membangun Kolaborasi Tim

Pada sebuah bisnis, sebuah tim tidak selamanya bisa berdiri sendiri untuk menyelesaikan masalah. Maka dari itu, dibutuhkan kolaborasi dengan tim lainnya. CRM memudahkan tim satu dengan yang lainnya untuk berkolaborasi tanpa berpindah aplikasi. Setiap tim dapat dengan mudah berbagi informasi dan dokumen, bahkan bisa mendistribusikan tugas hanya dengan @ mention notifikasi untuk rekan tim. Hal ini membuat permasalahan pelanggan lebih cepat diselesaikan.

Baca juga: 8 Rekomendasi Tools CRM Terbaik untuk Bisnis Anda


Terapkan Customer Relationship Management yang Baik Sekarang!

Terapkan Customer Relationship Management Terbaik Sekarang!

Seiring dengan semakin ketatnya persaingan bisnis, CRM memegang peranan penting dalam berbagai hal untuk rumah sakit. Dengan contoh customer relationship management, bisa dilihat banyak manfaat yang akan didapatkan oleh bisnis, salah satu peningkatan layanan pelanggan dan penjualan.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM terbaik di Indonesia yang telah dipercaya lebih dari 3000+ bisnis dari berbagai kalanggan. Teknologi CRM Mekari Qontak didukung dengan fitur lengkap seperti intagrasi WhatsApp Business API dan WhatsApp blast untuk membantu bisnis mengelola sales, marketing, dan customer service.

Miliki hubungan yang lebih baik dengan pelanggan dan kembangkan bisnis Anda bersama kami.

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

You may also like

By