Qontak WhatsApp

Peran dan Pentingnya CRM pada Digital Marketing

Peran Pentingnya CRM Digital Marketing pada Perusahaan

Mengenal Pentingnya CRM Digital Marketing dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

CRM merupakan komponen terpenting untuk marketing bisnis di era digital saat ini. Hal ini tak lepas dari kemampuan CRM dalam mengelola database pelanggan, interaksi pelanggan atau segala sesuatu yang berkaitan dengan pelanggan.

Dari informasi yang dikumpulkan CRM tersebut, memberikan wawasan komprehensif untuk bisnis menjalankan kampanye pemasaran digital. Bisnis dapat fokus menargetkan pelanggan dengan memberikan kampanye pemasaran yang dipersonalisasi. Hal ini meningkatkan peluang untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Lalu apa saja peran CRM dalam pemasaran? Apa saja keuntungan yang akan Anda dapatkan setelah menerapkan CRM in digital marketing? Apa saja penyedia aplikasi CRM terbaik untuk bisnis Anda. Temukan semua jawabannya pada artikel dibawah ini.

Image CTA for crm digital marketing


Sebelum itu.. Apa itu CRM?

CRM adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk mengelola seluruh interaksi atau data pelanggan dalam satu database. Dari data terkumpul memudahkan Anda untuk menyusun strategi yang berkaitan dengan pelanggan seperti kampanye pemasaran digital yang efektif.

CRM dalam digital marketing sangat dibutuhkan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan atau trend pasar. Hal ini memudahkan Anda untuk meluncurkan kampanye digital marketing yang lebih efektif atau tepat sasaran.


Lalu, Apa Peran Penting CRM pada Digital Marketing?

CRM berperan penting dalam mengumpulkan data pelanggan. Data tersebut dapat dimanfaatkan untuk digital marketing.

Berikut peran penting CRM dalam digital marketing adalah

– Mengembangkan strategi pemasaran efektif

CRM membantu Anda mengumpulkan data pelanggan yang menjelajahi web dan mencari barang tertentu. Data ini sangat untuk mengetahui minat mereka.

Bisnis dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk memunculkan iklan penjualan saat mereka berada di Facebook atau Twitter. Iklan tersebut akan mengingatkan pelanggan tentang barang yang mereka butuhkan. Hal ini dapat mendorong mereka untuk kembali ke situs website Anda

– Personalisasi kampanye pemasaran

Dari data yang dikumpulkan CRM, Anda dapat mengetahui apa yang disukai dan tidak disukai pelanggan. Selain itu, CRM juga memberikan Anda identitas pelanggan (usia, jenis kelamin, tempat tinggal dan lainnya) serta riwayat penelusuran online mereka.

Semua informasi tersebut dapat Anda manfaatkan untuk membuat kampanye pemasaran digital yang dipersonalisasi. Hal ini mendorong pelanggan agar tertarik dengan iklan yang Anda buat.

– Koneksi digital

Anda dapat menggunakan CRM untuk membuat koneksi dari pelanggan Anda. Anda bisa memilih koneksi pelanggan untuk menemukan prospek. Kemudian Anda bisa mendekati mereka dengan kampanye digital secara personal.

Kirimkan email pribadi menyarankan produk serupa dengan riwayat pembelian pelanggan sebelumnya. Selain itu, Anda dapat membuat blog atau artikel mengenai hal-hal yang mungkin diminati pelanggan Anda dari data yang tersimpan di CRM.

Ketika Anda memiliki informasi yang relevan di halaman Anda, pelanggan akan tertarik untuk lebih jauh menelusuri website atau toko online Anda.

– Dapatkan kepuasan pelanggan

Dengan aplikasi CRM, Anda memiliki semua riwayat interaksi pelanggan. Dari riwayat tersebut, Anda dapat mengetahui apa yang disukai atau tidak disukai pelanggan, dan hal-hal apa yang Anda lakukan untuk memuaskan pelanggan.

Selanjutnya, Anda dapat membuat strategi pemasaran untuk setiap perwakilan layanan pelanggan Anda yang akan memungkinkan mereka untuk membuat pelanggan yang puas dari setiap panggilan.

Infograpic peran CRM dalam Digital marketing

Baca juga: Fungsi dan Fitur CRM Wajib Dimiliki Perusahaan!


5 Rekomendasi CRM Terbaik untuk Digital Marketing

1. Mekari Qontak

Mekari Qontak

Mekari Qontak penyedia aplikasi CRM lokal terbaik yang dapat digunakan untuk otomatisasi marketing. Aplikasi CRM Qontak dapat menyimpan data pelanggan secara otomatis. Hal ini memudahkan Anda untuk melakukan kampanye pemasaran yang dipersonalisasi.

Terlebih CRM Qontak mudah dihubungkan dengan chat panel seperti WhatsApp Business API, media sosial, dan berbagai saluran lainnya yang dimiliki bisnis. Dengan demikian, Anda dan tim marketing dapat melakukan berbagai tugas lebih mudah. Termasuk dalam tugas pengumpulan database prospek, berinteraksi dengan prospek , mengirimkan promosi, dan banyak lagi.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Harga: Rp200.000/bulan untuk setiap pengguna. Harga ini terbilang seimbang dengan fitur serta manfaat yang ditawarkan pada aplikasinya.

Fitur yang dimiliki Mekari Qontak di antaranya:

  • Segmentasi pelanggan yang lebih baik dan spesifik.
  • Akses data pelanggan yang mudah kapan pun dan di mana pun.
  • Email marketing yang personal dan terotomatisasi.
  • Menciptakan pengalaman pelanggan menjadi lebih baik
  • Pelacakan interaksi dengan pelanggan dari awal hingga akhir.
  • Analisis pemasaran yang lengkap dan akurat untuk menentukan strategi pemasaran selanjutnya yang lebih efektif

Kelebihan Mekari Qontak (Pros)

Kekurangan Mekari Qontak (Cons)

  • Dapat menentukan dan menarik pelanggan tertarget sehingga promosi dan kampanye yang dilakukan melalui WhatsApp Blast misalnya, tidak akan sia-sia.
  • Data dapat disimpan dan diletakkan sesuai kategori yang tepat secara otomatis.
  • Tim marketing dapat mengakses data kapan saja dan dimana saja dengan mudah.
  • Memiliki e-mail marketing yang bersifat personal dan terotomatisasi.
  • Dengan penanganan keluhan serta pemberian respon yang lebih cepat dan professional, pengalaman pelanggan terhadap bisnis Anda menjadi lebih baik.
  • Pelacakan interaksi antara perusahaan dengan pelanggan tersedia sejak awal hingga akhir.
  • Memberikan laporan dan analisis bisnis yang lengkap dan akurat sehingga dapat dijadikan sebagai acuan dalam menentukan strategi pemasaran selanjutnya.
 

  • Dengan fitur yang lengkap tersebut, sayangnya Qontak.com masih fokus pada market lokal.

2. Keap

Keap

Keap menawarkan solusi all in one untuk penjualan, pemasaran hingga layanan pelanggan. CRM Keeps membantu Anda meningkatkan efisiensi alur kerja bisnis. Aplikasi ini mengelola semua interaksi pelanggan secara otomatis dalam satu platform. Keeps dilengkapi dengan fitur pelaporan luar biasa yang memudahkan Anda menjalankan analisis pada kampanye email, kinerja saluran penjualan, dan data ROI.

Harga: mulai dari $ 56 per bulan.

Kelebihan Qontak.com (Pros)

Kekurangan Qontak.com (Cons)

  • Solusi CRM total lengkap dengan otomatisasi penjualan dan alat pemasaran.
  • Akses riwayat percakapan pelanggan, integrasi formulir prospek untuk mengubah pengunjung situs web menjadi kontak, dan mengelompokkan prospek dan pelanggan dengan cara yang canggih (termasuk industri, nilai seumur hidup, dan lokasi).
  • Fitur urutan email pribadi sangat membantu penjual, tampilan peta, panggilan dan perekaman telepon dalam aplikasi, rangkaian otomatisasi penjualan, dan alat pelaporan yang dapat disesuaikan sepenuhnya.
 

  • Log kesalahan tidak terlalu membantu.
  • Jika Anda salah mengonversi prospek menjadi kontak, Anda tidak dapat menurunkannya kembali menjadi prospek.
  • Customer support terkadang tidak responsif.

3. Freshworks

freshworks

Freshworks adalah aplikasi CRM yang dilengkapi dengan fitur analitik terperinci. Aplikasi ini memudahkan Anda untuk memahami pelanggan, penilaian prospek potensial, segmentasi pasar, dan sebagainya.

Dari informasi yang terkumpul, memudahkan Anda dalam menjalankan strategi pemasaran yang dipersonalisasi kepada setiap pelanggan. Dengan begitu, meningkatkan klik, konversi, dan keterlibatan pelanggan secara keseluruhan untuk aktivitas pemasaran perusahaan.

Harga: mulai dari $ 29 per bulan

Kelebihan Qontak.com (Pros)

Kekurangan Qontak.com (Cons)

  • Customer life cycle dapat dengan mudah dilacak melalui metrik yang didukung AI.
  • Umpan aktivitas sangat komprehensif dan tidak memerlukan add-on pihak ketiga yang mahal.
  • Bidang pelanggan diisi secara otomatis berdasarkan email prospek/kontak.
  • Filter tampilan bisnis dapat dengan mudah dibuat dan dimodifikasi.
  • Pengujian A/B, peta panas, dan alat pengoptimalan lainnya memudahkan untuk menutup pelanggan.
 

  • Log kesalahan tidak terlalu membantu.
  • Jika Anda salah mengonversi prospek menjadi kontak, Anda tidak dapat menurunkannya kembali menjadi prospek.
  • Dukungan terkadang tidak responsif.

4. ActiveCampaign

activecampaign

ActiveCampaign adalah tools yang menghubungkan Anda dengan pelanggan untuk menawarkan produk lebih efektif. Aplikasi ini dapat digunakan untuk melacak setiap interaksi pelanggan secara real time. ActiveCampaign didukung dengan otomatisasi pemasaran, yang membantu meningkatkan produktivitas tim dan penjualan bisnis.

Harga : mulai dari $ 9 per bulan

Kelebihan Qontak.com (Pros)

Kekurangan Qontak.com (Cons)

  • Segmentasi otomatis membantu membuat kampanye bertarget.
  • Opsi penjawab otomatis membantu meningkatkan komunikasi dengan pelanggan.
  • Otomatisasi pemasaran yang fleksibel mengurangi beban kerja dalam melakukan tugas yang berbeda.
  • Dukungan integrasi dengan aplikasi pihak ketiga.
 

  • Tampilan UX sulit dipahami.
  • Fitur Manajemen prospek tidak lengkap

5. EngageBay

engagebay-marketing-and-sales-tools

ngageBay adalah aplikasi CRM yang terintegrasi untuk membantu penjualan, pemasaran dan layanan pelanggan. Aplikasi pemasaran online ini berbasis cloud memungkinkan bisnis untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan serta mempertahankannya untuk seterusnya.

Harga: mulai dari $ 8.99 per bulan untuk setiap pengguna.

Kelebihan Qontak.com (Pros)

Kekurangan Qontak.com (Cons)

  • Cepat dan mudah digunakan
  • Memiliki banyak fitur pilihan dengan harga yang mampu bersaing
  • Terintegrasi dengan aplikasi lainnya dengan mudah
  • Mudah untuk mengirimkan email marketing
 

  • Beberapa fitur kurang lengkap seperti Google Meet dan calendar events
  • Optimalisasi mobile harus dilakukan secara manual
  • Tidak mendukung marketing lewat SMS
  • Terkadang terjadi masalah saat menggunakannya, tapi panduan untuk menyelesaikan masalah tersebut terbatas

Rekomendasi: Sales CRM: 10 Aplikasi CRM Penjualan Terbaik


Apa Keuntungan CRM untuk Digital Marketing?

CRM akan otomatis mengelompokkan pelanggan berdasarkan proses interaksi yang sedang mereka jalani. Dari pengelompokkan tersebut, Anda dapat memantau atau melakukan aksi yang tepat sesuai dengan tahapan mereka. Misalnya, mengirimkan email follow up untuk pelanggan yang ada dalam tahapan negosiasi.

Keuntungan yang akan Anda dapatkan setelah menggunakan CRM in digital marketing adalah

– Manajemen Prospek

CRM membantu Anda melakukan mendapatkan pelanggan baru melalui manajemen prospek. Sistem CRM akan melacak respons dan interaksi target prospek. Sistem ini juga menyajikan data melalui alat seperti penilaian prospek untuk menunjukkan kontak mana yang layak di follow up berdasarkan kemungkinan mereka untuk berkonversi. Hal ini memungkinkan tim penjualan Anda lebih produktif.

Marketing Automation

CRM menyederhana alur kerja marketing dengan sistem otomatisasi. Aplikasi ini juga secara otomatis mengumpulkan data pelanggan terkait informasi dan interaksi pemasaran. Hal ini membantu Anda untuk menciptakan pengalaman pemasaran yang dipersonalisasi, tersegmentasi, dan tepat untuk prospek atau pelanggan.

– Analisa mendalam

Pengguna CRM dapat melihat semua riwayat interaksi pelanggan dalam satu dasbor yang telah diatur dengan rapi sesuai jenisnya. Semua informasi tersebut ditampilkan dalam satu dashboard. Hal ini memudahkan Anda dalam melihat data-data yang tersimpan untuk melakukan analisa mendalam mengenai kebutuhan pelanggan dan kampanye pemasaran yang tepat untuk menjangkau mereka.

– Melacak aktivitas pemasaran secara real time

Aplikasi CRM dilengkapi dengan papan kanban yang akan menampilkan semua interaksi pelanggan pada setiap tahapannya. Dari visualisai tersebut, Anda dapat melacak secara real time progress kampanye pemasaran yang Anda jalani. Dengan begitu, bisa diketahui tingkat keberhasilan kampanye pemasaran Anda dan mengidentifikasi kendala yang dihadapi.

Baca juga: 15 Marketing Tools yang Wajib Digunakan Bisnis


Gunakan CRM untuk Strategi Digital Marketing Anda Sekarang!

Penggunaan CRM dalam pemasaran sudah wajar di era digital saat ini. Hal paling menonjol dari penggunaan CRM adalah meningkatkan kepuasan pelanggan. Dikarenakan CRM mampu membangun hubungan baik dengan pelanggan melalui pengalaman yang dipersonalisasi.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM nomor satu di Indonesia. Aplikasi CRM Qontak mampu menyederhanakan proses pemasaran Anda melalui fitur marketing automation. Sebagai partner resmi WhatsApp Business API, Qontak memudahkan Anda untuk melakukan broadcast kampanye pemasaran Anda.

Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan di Indonesia untuk melakukan pemasaran bisnis yang lebih efektif. Qontak juga telah telah tersertifikasi ISO 27001 yang memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

You may also like

0 comments

By