Qontak WhatsApp

6 Penggunaan CRM Untuk Bisnis Kecil atau UMKM

6 Penggunaan CRM Untuk Bisnis Kecil_UMKM

Bisakah Menerapkan Aplikasi CRM untuk Bisnis Kecil/UMKM?

Apakah aplikasi CRM bisa diterapkan untuk bisnis kecil/UMKM? Penerapan CRM (customer relationship management) atau manajemen hubungan pelanggan merupakan hal yang penting untuk semua bisnis.

Namun, bagi pemilik bisnis yang masih merintis seperti UMKM mungkin bertanya-tanya: Perlukah bisnis saya menggunakan aplikasi CRM? Bukankah aplikasi CRM digunakan untuk bisnis skala besar saja?

Kenyataannya, bukan hanya perusahaan besar saja yang merasakan manfaat CRM. Saat ini, CRM bukan hanya untuk bisnis besar, tetapi juga sebagai aplikasi untuk bisnis kecil. Small business CRM dapat membantu bisnis kecil rumahan dan UMKM untuk menjaga hubungan pelanggan dan KPI yang ada.

Pada artikel ini akan membahas manfaat penerapan CRM dan bagaimana CRM dapat membantu bisnis kecil. Yuk, simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Image CTA CRM Untuk Bisnis Kecil


Apa itu Aplikasi CRM?

Aplikasi CRM memungkinkan Anda melakukan pengelolaan secara mendalam atau detail terhadap para pelanggan. Aplikasi CRM berfungsi sebagai sistem manajemen penjualan untuk melacak atau memantau penjualan, memantau KPI, dan lainnya.

Penggunaan aplikasi CRM untuk bisnis yang baru merintis (crm apps for small business) bisa membantu mengelola data pesanan dan informasi pelanggan. Selain itu, CRM juga membantu mengotomatisasi proses bisnis yang membosankan dan menghabiskan waktu seperti memasukkan data. Dengan demikian, bisnis bisa lebih fokus dalam meningkatkan penjualan dan berinteraksi dengan pelanggan.

Selengkapnya mengenai Apa itu CRM? CRM Adalah Apa?


Apa Fungsi Aplikasi CRM untuk Bisnis Kecil atau UMKM?

Bagi bisnis kecil/UMKM, konsumen adalah prioritas utama. Ketika baru memulai bisnis, mengelola informasi mengenai data pesanan dan kontak pelanggan bukanlah hal yang sulit. Data-data tersebut masih bisa dikelola sendiri dan dicatat secara manual. Namun, ketika bisnis semakin berkembang, jumlah pelanggan dan karyawan akan bertambah. Jika tidak dikelola dengan baik, data pesanan yang membludak bisa tercecer atau bahkan tidak tercatat.

– Manajemen kontak bisnis

CRM membantu dalam mengelola informasi mengenai seluruh data pelanggan. Hal ini akan memudahkan bisnis dalam melacak seluruh riwayat interaksi dengan pelanggan dan siapa yang bertanggung jawab menangani pelanggan tersebut. Informasi ini akan membantu proses penjualan berjalan lebih lancar.

– Hubungan dengan pelanggan yang lebih baik

Dengan informasi yang tersimpan dalam sistem CRM, bisnis dapat mengetahui lebih banyak tentang pelanggan mereka. Hal ini akan membantu bisnis dalam menjalin relasi yang lebih baik dan kuat dengan pelanggan dengan memberikan pelayanan yang lebih baik.

– Laporan penjualan

CRM mampu memberikan laporan dan analisis secara otomatis, seperti berapa jumlah deals terjadi, jumlah panggilan maupun chat yang dilakukan, total penjualan per bulan, hingga target penjualan. Laporan tersebut ditampilkan secara visual sehingga memudahkan bisnis dalam melihat kinerja penjualan secara keseluruhan.

– Transparansi data dan produktivitas tim

Dengan melacak kegiatan tim, pemilik bisnis dapat mengukur kinerja atau key performance indicator (KPI) tiap karyawan secara akurat yang akan membuat mereka bertanggung jawab untuk memenuhi target.

– Efisiensi proses bisnis

Dengan CRM, semua pekerjaan dan pesanan pelanggan dapat ditangani dengan baik tanpa terjadi tumpang tindih tanggung jawab antar karyawan. CRM membantu melihat mana pelanggan atau pesanan yang sudah tertangani dan siapa yang menanganinya.

– Meningkatkan penjualan dan keuntungan

Dengan manfaat yang telah disebutkan di atas, CRM membantu meningkatkan produktivitas bisnis secara keseluruhan. Dengan demkian bisnis mampu menyusun strategi bisnis yang lebih baik dan meningkatkan layanan yang diberikan kepada pelanggan. Hal ini akan bedampak pada meningkatnya penjualan dan keuntungan bagi bisnis.

Pelajari manfaat lengkap dari menggunakan aplikasi CRM adalah sebagai berikut:

Baca juga: 6 Kegunaan CRM Untuk Kesuksesan Perusahaan Anda dan 5 Keuntungan CRM bagi Bisnis Anda


Bagaimana CRM dapat Membantu Bisnis Kecil atau UMKM?

Hubungan pelanggan adalah kunci pertumbuhan bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda memerlukan kemampuan untuk mengukur interaksi yang dipersonalisasi dan menciptakan pengalaman yang konsisten di seluruh organisasi.Berikut adalah cara sistem CRM dapat membantu mengembangkan bisnis kecil Anda:

1. Terhubung dengan pelanggan

Aplikasi CRM membantu dalam mengelola seluruh informasi pelanggan. Hal ini akan memudahkan bisnis dalam melacak seluruh riwayat interaksi pelanggan dan siapa yang bertanggung jawab menangani pelanggan tersebut. Informasi ini akan membantu proses penjualan berjalan lebih lancar.

Lalu bagaimana tim Anda mengetahui peluang mana yang paling menarik? Peluang datang dalam berbagai ukuran. Oleh karena itu, penting untuk memiliki strategi untuk memeliharanya secara berbeda. Sistem CRM yang terintegrasi membantu memberikan banyak departemen pandangan lengkap tentang prospek dan prospek sehingga mereka dapat menciptakan keterlibatan yang ditargetkan atau pelanggan.

2. Secara proaktif mengelola hubungan pelanggan

Kembangkan pemahaman mendalam tentang bisnis pelanggan, dimulai dengan pandangan lengkap tentang riwayat interaksi mereka dengan perusahaan Anda. Hal ini memudahkan Anda untuk membangun hubungan yang kuat.

Sistem CRM dapat membantu perusahaan dalam mengelola hubungan pelanggan seperti berikut:

  • Pelajari dengan cepat apa yang penting bagi pelanggan Anda seperti tujuan, tantangan, dan preferensi mereka. Kemudian kirimkan rekomendasi yang telah disesuaikan secara otomatis kepada mereka.
  • Kumpulkan data tentang kebutuhan bisnis. Mendorong tim pemasaran dan layanan untuk bersama merekomendasikan promosi yang sesuai, atau konten edukasi yang membantu pengambilan keputusan bisnis pada waktu yang tepat.
  • Sebagai bisnis kecil, pelanggan menyukai pengalaman pribadi yang Anda berikan. Platform CRM dapat menghosting email template, mengatur pengingat tugas, dan mengaktifkan satu tampilan 360 derajat dari seluruh siklus hidup pelanggan.

3. Mengurangi biaya penjualan

Pelanggan baru adalah unsur utama dari pertumbuhan yang berkelanjutan, tetapi mereka tidak mudah didapat. Kabar baiknya adalah Anda dapat mengimbangi biaya akuisisi pelanggan baru melalui penjualan ke basis pelanggan Anda yang sudah ada. Dapatkan visibilitas yang lebih besar ke dalam peluang upsell, cross-sell, dan pembaruan dalam portofolio pelanggan dan Anda akan melihat peningkatan penjualan berulang berkat kepercayaan yang telah Anda peroleh.

Berikut adalah beberapa fitur utama dari sistem CRM untuk dipertimbangkan:

  • Optimalkan siklus transaksi: Prioritaskan prospek dan peluang yang kemungkinan besar akan dikonversi dan ditutup berdasarkan interaksi pelanggan dengan perusahaan Anda.
  • Tingkatkan titik kontak pelanggan: Ketahui pelanggan mana yang terlibat dan waktu yang tepat untuk menjangkau respons yang optimal.
  • Memperjelas peluang upsell dan cross-sell: Dapatkan tampilan dasbor dari semua peluang yang cocok untuk penawaran tambahan yang sedang berlangsung.
  • Mengungkap bisnis rujukan: Temukan peluang yang belum dimanfaatkan dalam hubungan yang ada alih-alih membayar prospek buntu atau membuang waktu menelepon.
  • Mengurangi waktu untuk menutup: Sejajarkan tim Anda secara instan pada langkah berikutnya untuk menutup kesepakatan saat Anda memiliki pandangan 360 derajat dari pelanggan Anda.

4. Meningkatkan produktivitas karyawan

Mengadopsi teknologi yang tepat, membebaskan tim Anda dari tugas-tugas berat dan memberi mereka lebih banyak waktu untuk terhubung dengan pelanggan. Operasi manual seperti mencari informasi kontak atau memasukkan data dapat diotomatisasi atau dihilangkan dari proses terkait pelanggan dengan aplikasi CRM. Dengan otomatisasi di seluruh penjualan, layanan, dan pemasaran akan membebaskan karyawan Anda untuk berbicara dengan calon pelanggan dan memperkuat hubungan dengan yang sudah ada.

5. Memberikan layanan pelanggan yang lebih baik

Tujuh puluh enam persen pelanggan mengharapkan interaksi yang konsisten di seluruh departemen. Pada tahun 2020, 52% pelanggan mengharapkan penawaran untuk selalu dipersonalisasi. Angka ini naik dari 49% pada tahun 2019.

Bahkan produk terbaik pun hanya bagus jika dibarangi layanan yang konsistensi. Ketika departemen lintas fungsi memiliki akses langsung ke riwayat lengkap pelanggan, setiap orang dapat dengan cepat memberikan pesan dan solusi yang dipersonalisasi, dengan sumber daya yang tepat. Sederhananya, hal ini akan mencipkan interaksi yang lebih lancar sehingga membangun kepercayaan dan mendorong bisnis yang berulang.

6. Meningkatkan retensi pelanggan

Visibilitas di semua hubungan Anda dapat membantu tim Anda secara proaktif menangani akun yang berisiko dan memberikan pelanggan yang puas dengan peluang baru pada saat yang tepat. Dengan transparansi tentang riwayat pelanggan, kampanye aktif, atau kasus terbuka, Anda dapat memberikan pengalaman pembelian dan layanan yang lebih memuaskan untuk membuat mereka kembali lagi. Investasikan waktu Anda dengan bijak sekarang, dan bangun hubungan pelanggan yang kuat untuk membuahkan hasil dalam jangka waktu lama.

Baca juga: 8 Manfaat CRM Bagi Perusahaan


Mengapa aplikasi CRM Qontak merupakan pilihan terbaik untuk bisnis kecil/UMKM?

Sistem CRM Qontak telah digunakan oleh berbagai jenis bisnis, mulai dari bisnis UMKM hingga bisnis skala besar. Berbagai fitur dan modul CRM yang dimiliki Qontak sangat fleksibel dan mudah digunakan sehingga penggunaannya tidak terbatas untuk jenis usaha tertentu saja.

Selain berbagai manfaat CRM yang telah disebutkan di atas, berikut ini adalah kelebihan yang dimiliki CRM Qontak:

1. Mudah digunakan dan disesuaikan

Aplikasi CRM Qontak memiliki tampilan yang mudah digunakan sehingga dapat digunakan tanpa harus membutuhkan waktu lama untuk mempelajarinya. Aplikasi CRM Qontak juga dapat disesuaikan dengan mudah sesuai dengan kebutuhan bisnis. Anda tidak perlu memahami teknis yang sulit sebab pengaturannya sangat mudah.

2. GPS tracking

Aplikasi CRM Qontak dilengkapi dengan sistem live GPS sehingga bagi bisnis yang memiliki tim sales di lapangan dapat dengan mudah melacak keberadaan mereka. Tidak perlu khawatir jika internet sedang down sebab sistem GPS Qontak dapat melacak bahkan dalam keadaan offline.

aplikasi crm untuk bisnis oleh qontak

3. Sistem mobile

Anda dapat dengan mudah mengakses penggunaan aplikasi CRM Qontak melalui smartphone sehingga monitoring bisnis dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun tanpa harus berada di kantor atau membuka laptop/komputer. Tim sales di lapangan pun dapat dengan mudah mengakses data pelanggan tiap saat.

aplikasi crm untuk bisnis - qontak contacts mobile

4. Pelatihan dan support

Tim kami akan memberikan pelatihan dan pendampingan secara gratis hingga bisnis Anda dapat menggunakan aplikasi CRM. Dengan kemudahan CRM Qontak, klien biasanya dapat mempelajarinya hanya dengan 1-2 kali pertemuan. Maintenance juga akan dilakukan untuk memastikan server dapat berjalan lancar.

5. Integrasi dengan aplikasi lain

Aplikasi CRM Qontak terintegrasi dengan berbagai aplikasi lain yang telah digunakan dalam proses bisnis Anda, mulai dari integrasi email dengan Gmail dan Microsoft, integrasi Micrososft Excel dan PDF untuk mempermudah dalam memberikan pelaporan, hingga integrasi dengan WhatsApp API.

Qontak.com merupakan salah satu official partner WhatsApp yang dapat mengintegrasikan bisnis Anda dengan WhatsApp Business API.

Beberapa fitur yang dapat Anda miliki dengan mengintegrasikan WhatsApp API dengan bisnis Anda melalui CRM Qontak:

  • Kemampuan mengakses WhatsApp dari berbagai perangkat
  • Kemampuan untuk mengirim blast notification WhatsApp
  • Otomatisasi chatbot dan AI (artificial intelligence)
  • Menyalurkan pesan ke agen yang diatur (Misalnya: Tekan ‘1’ untuk Cabang A; Tekan ‘2’ untuk Cabang B, dsb)
  • Template pesan dan pembayaran pada WhatsApp

Rekomendasi: 10 Software CRM Terbaik untuk Semua Bisnis


Masih Bingung dengan Pilihan Aplikasi CRM yang Cocok untuk Bisnis Kecil/UMKM Anda?

Dari penjelasan diatas, banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi CRM untuk bisnis Kecil Anda. Keuntungan tersebut tentu sayang untuk dilewatkan terlebih ditengah persaingan bisnis super ketat seperti sekarang.

Namun, tentu Anda tidak bisa menggunakan aplikasi CRM sembarangan. Untuk mendapatkan hasil optimal, Anda perlu menggunakan aplikasi CRM terbaik seperti Mekari Qontak. Aplikasi CRM Qontak dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang mempermudah Anda mengelola bisnis.

Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah telah dipercaya lebih dari 3000 perusahaan terkemuka di Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya. Terlebih tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah!

You may also like

By