Qontak WhatsApp

Mengenal Apa itu Customer Loyalty dan Cara Meningkatkannya

Mengenal Apa itu Customer Loyalty dan Cara Meningkatkannya

Pelajari Cara Meningkatkan Customer Loyalty!

Bisnis saat ini menyadari bahwa customer loyalty (kesetiaan pelanggan) sangat penting. Pasalnya loyalitas pelanggan mendatang beberapa keuntungan buat bisnis seperti meningkatkan pendapatan. Oleh karena itu, banyak bisnis berupaya untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

Pelajari pengertian dan cara meningkatkan customer loyalty selengkapnya pada ulasan dibawah.


Apa yang Dimaksud Customer Loyalty?

Customer loyalty adalah pelanggan yang melakukan pembelian produk pada sebuah brand terus menerus. Biasanya faktor yang mempengaruhi pelanggan untuk membeli produk terus menerus adalah dari pengalamanan berbelanja berkesan, kepuasa pelanggan, serta pelanggan merasa mendapatkan value dari produk tersebut.

Loyalitas pelanggan tersebut tentu menguntungkan bisnis. Dimana produk Anda akan terus terjual pada pelanggan yang sama. Bahkan pelanggan loyal akan merekomendasikan produk yang mereka sukai ke kolega. Hal ini membuka peluang bisnis untuk mendapatkan pelanggan baru.


Apa Perbedaan Customer Loyalty dan Customer Satisfaction?

Pebisnis pasti tidak asing lagi dengan customer loyalty dan customer satisfaction. Dimana keduanya sering dihubung-hubungkan. Akibatnya beberapa pelaku usaha mungkin bingung perbedaan diantara keduanya.

Customer loyalty bukan hanya sebatas kepuasan pelanggan. Sebab loyalitas pelanggan akan tetap berjalan terus menerus. Pelanggan yang loyal cenderung merekomendasikan produk kepada orang lain.

Sementara customer satisfaction (kepuasan pelanggan) adalah pelanggan yang merasa puas setelah menggunakan suatu produk. Dimana customer satisfaction ini dapat diukur.

Biasanya untuk menciptakan loyalitas pelanggan, bisnis fokus memberikan pengalaman berbelanja menyenangkan dan menjaga kualitas produk tetap bagus. Diharapkan pelanggan akan puas dengan usaha bisnis tersebut.

Jika customer satisfaction berhenti disitu, berbeda customer loyalty. Untuk membangun loyalitas pelanggan, masih banyak yang perlu dilakukan seperti terus menjalin hubungan baik dengan mereka atau membuat program customer loyalty.


Apa Keuntungan Membangun Customer Loyalty?

Customer loyalty ini memberikan beberapa manfaat bagi bisnis. Manfaat yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Mendatangkan prospek atau pelanggan baru
  • Memberi lebih banyak pendapatan untuk bisnis
  • Pelanggan yang loyal membantu memasarkan produk secara sukarela
  • Memberikan motivasi untuk karyawan meningkatkan kinerjanya
  • Mengurangi biaya layanan pelanggan

Apa saja Tahapan Customer Loyalty?

Untuk membangun customer loyalty ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan bisnis. Tahapan tersebut meliputi:

  • Suspect: orang yang mungkin akan bertransaksi atau membeli produk Anda
  • Leads potensial: orang yang membutuhkan dan mampu membeli produk Anda
  • Leads diskualifikasi: leads yang tidak mampu untuk membeli produk Anda
  • Pelanggan baru: orang yang baru pertama kali membeli produk Anda
  • Repeat order: orang yang membeli produk sama lebih dari satu kali
  • Klien: orang yang memiliki hubungan cukup kuat sehingga tidak tertarik dengan produk kompetitor Anda
  • Advocat: orang yang senantiasa membeli produk apapun yang Anda tawarkan dan membelinya secara teratur. Pada tahap ini biasanya seorang advocat akan membicarakan/mempromosikan produk Anda ke kolega
  • Pelanggan hilang: orang yang pernah menjadi pelanggan atau klien tetapi tidak kembali bertransaksi

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Bagaimana Cara Meningkatkan Customer Loyalty?

1. Pelajari kebutuhan pelanggan

Pelajari kebutuhan pelanggan-Customer loyalty

Langkah pertama meningkatkan customer loyalty adalah menentukan target pasar yang berpotensi untuk membeli produk Anda. Kemudian cobalah untuk membuat segmentasi pasar. Setelah itu identifikasi kebutuhan masing-masing segmen pasar. Kemudian sesuaikan dengan strategi pemasaran Anda

2. Buatlah program loyalitas pelanggan

Buatlah program loyalitas pelanggan-Customer loyalty

Untuk membangun loyalitas pelanggan, ada beberapa program yang perlu Anda tawarkan. Misalnya dengan memberikan penghargaan khusus untuk pelanggan yang setia. Salah satunya dengan membagikan produk Anda cuma-cuma, alias gratis. Tapi tentunya Anda tidak bisa sembarangan memberikan produk Anda begitu saja. Apalagi sudah pasti untuk melakukan hal ini Anda harus siap rugi besar di awal.

3. Mintalah Testimoni, Kritik & Saran

Mintalah Testimoni, Kritik & Saran-Customer loyalty

Testimoni sangat berguna untuk brand image di mata target pasar Anda nantinya. Karena itu mintalah testimoni kepada mereka yang sudah pernah menggunakan produk Anda. Selain itu, minta juga kritik dan saran karena testimoni biasanya bersifat yang membanggakan, lain hal dengan kritik dan saran.

Dari kritik dan saran itulah Anda bisa mengevaluasi produk Anda. Sudah bisa memuaskan pelanggan atau belum. Bila masih banyak kekurangan maka ada baiknya untuk mengembangkan produk Anda lagi sebelum memilih menjualnya langsung. Karena bisa jadi justru komplain yang terus berdatangan atau produk Anda akan terasingkan.

Kumpulkan testimoni dari pelanggan secara lebih mudah dengan membagikan survei melalui WhatsApp blast. Di mana difitur WhatsApp Business API ini dapat menjangkau banyak pelanggan sekaligus.

4. Memaksimalkan Media Sosial

Memaksimalkan Media Sosial

Untuk hal satu ini bukan sesuatu yang asing lagi. Memaksimalkan media sosial untuk memasarkan produk dan mendapatkan pelanggan sudah menjadi keharusan. Tapi memang tak mudah untuk bisa melakukannya. Karena itu Anda perlu aktif mengikuti perkembangan media sosial dan menjalankan berbagai tips mengelola media sosial untuk kepentingan komersial.

5. Optimalkan Blog/Website

Optimalkan Blog/Website-customer loyalty

Memiliki website atau minimal blog bagi sebuah bisnis sudah menjadi keharusan di era yang serba digital ini. Selain berguna untuk pusat informasi, website atau blog juga berguna sebagai kanal pemasaran Anda. Dengan memiliki website atau blog yang sudah tertanam search engine optimization (SEO) atau sudah dipenuhi oleh artikel yang human friendly, maka bukan hal mustahil bila kanal Anda tersebut berada di halaman 1 pencarian Google.

6. Utamakan Kepuasan Pelanggan

Utamakan Kepuasan Pelanggan-customer loyalty

Dari seluruh upaya yang sudah disebutkan di atas jangan lupakan keutamaan dalam berbisnis, yakni kepuasan pelanggan. Pastikan Anda dapat memuaskan pelanggan Anda agar loyalitas terbangun. Karena mau menggunakan cara apa pun untuk mendapatkan pelanggan, bila pelayanan maupun produk Anda tidak sanggup memuaskan pelanggan, maka jangan harap bisnis Anda dapat bertahan lama.


Tingkatkan Customer Loyalty Anda Sekarang!

Aplikasi CRM Qontak

Loyalitas pelanggan adalah hal utama. Karena bila sudah begitu Anda tidak perlu repot-repot lagi promosi demi mendatangkan pelanggan. Dengan senang hati pelanggan Anda akan mereferensikan produk Anda kepada kolega mereka.

Selain keenam tips diatas, jangan lupa bahwa penting menjaga hubungan baik dengan pelanggan jika tidak mau kehilangan pelanggan setia. Salah satu tools yang bisa membantu Anda menjalin hubungan baik dengan pelanggan adalah aplikasi CRM (Customer Relationship Management). Aplikasi CRM akan mengelola semua interaksi pelanggan secara otomatis dalam satu platform.

Qontak.com menyediakan aplikasi CRM terbaik di Indonesia. Aplikasi Qontak.com didukung fitur canggih yang membantu Anda membangun customer loyalty. Integrasi CRM Qontak.com dengan aplikasi lainnya memudahkan Anda untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

You may also like

By