Qontak WhatsApp

7 Cara Meningkatkan Customer Retention yang Efektif

Cara Meningkatkan Customer Retention

Customer retention berperan dalam memberikan insight kepada perusahaan terhadap kinerja mereka. Mempertahankan pelanggan dapat menghemat biaya 5 hingga 25 kali lebih sedikit dibandingkan mencari yang baru. Selain itu, membangun hubungan yang baik dengan pelanggan baru bisa 16 kali lebih sulit dibandingkan dengan pelanggan lama. Inilah yang membuat loyalitas pelanggan menjadi sangat penting.

Namun, bagaimana cara mempertahankan pelanggan yang sudah ada? Untuk mengetahuinya, yuk simak pembahasan tentang customer retention di bawah ini!

 

Strategi meningkatkan customer retention yang efektif untuk bisnis:

  1. Membangun brand value
  2. Meningkatkan kepercayaan pelanggan
  3. Menerapkan strategi cross-selling dan upselling
  4. Membuat program loyalitas pelanggan
  5. Personalisasi perjalanan pelanggan
  6. Tawarkan langganan berulang
  7. Temui pelanggan di mana mereka berada

Image CTA for Cara Meningkatkan Customer Retention

Apa Itu Customer Retention?

Customer retention adalah kemampuan perusahaan untuk mempertahankan pelanggannya agar tetap loyal pada bisnis. Ini merupakan metrik berbasis persentase yang mengukur berapa banyak pelanggan yang berhasil dipertahankan perusahaan pada akhir periode waktu tertentu.

Retensi pelanggan dipengaruhi oleh berapa banyak pelanggan baru yang diperoleh bisnis dan berapa pelanggan yang memutuskan untuk berhenti atau membatalkan langganan, tidak melakukan repeat order, atau bahkan menutup kontrak.

Dengan demikian, sangat penting bagi bisnis untuk mempertahankan customer retention-nya di angka yang tinggi. Sehingga bisnis dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, penjualan, dan pendapatan secara keseluruhan.

Mengapa Customer Retention Penting untuk Bisnis?

Menurut sebuah studi, 68% penjualan berasal dari pelanggan yang sudah ada. Di mana pelanggan yang loyal akan lebih mungkin untuk berbagai pengalaman mereka dengan perusahan dan melakukan pembelian kembali. Sehingga, sangat penting bagi bisnis untuk meningkatkan customer retention.

Tidak hanya itu saja, berikut adalah beberapa alasan pentingnya customer retention untuk bisnis:

  • Pelanggan yang setia akan terus mendukung merek dan meningkatkan penjualan.
  • Mereka juga akan memberikan ulasan positif dan merekomendasikan merek dan produk Anda kepada kerabat mereka.
  • Pelanggan yang loyal cenderung akan membeli lebih banyak produk merek Anda.
  • Anda dapat memeroleh Return on Investment (ROI) yang lebih besar.
  • Margin keuntungan meningkat lebih tinggi.

Bagaimana Cara Meningkatkan Customer Retention yang Efektif?

Bagaimana Cara Meningkatkan Customer Retention

Setelah mengetahui apa itu customer retention dan apa pentingnya untuk bisnis, retensi pelanggan kini saatnya untuk Anda mengetahui bagaimana cara meningkatkan customer retention yang efektif untuk bisnis.

Berikut adalah strategi meningkatkan customer retention yang perlu Anda coba:

1. Membangun brand value

Cara meningkatkan customer retention yang pertama adalah membangun brand value yang baik dan positif. Ini termasuk proses bisnis, kualitas produk, dan bagaimana Anda akan memperlakukan pelangan Anda. Semua ini akan menjadi penilaian merek Anda di mata pelanggan.

Di sisi lain, brand value akan mencerminkan kepercayaan pelanggan dan meningkatkan loyalitas mereka terhadap merek Anda. Mengingat nilai positif yang Anda miliki sama seperti apa yang mereka inginkan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk membangun brand value yang positif di mata pelanggan dan target audiens Anda. Namun Anda perlu ingat, hal tersebut bukanlah slogan nilai semata tetapi bukti nyata yang merek Anda lakukan.

2. Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Kepercayaan pelanggan merupakan dasar dari hubungan yang baik dengan pelanggan. Oleh karena itu, kepercayaan menjadi kunci untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan data pelanggan untuk mengetahui apa kebutuhan pelanggan Anda dan berikan mereka pengalaman positif yang luar biasa. Biarkan hal tersebut menjadi cara terbaik untuk berkomunikasi dan mendapatkan kepercayaan mereka.

Ketika pelanggan mempercayai Anda, maka Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk meyakinkan mereka agar membeli produk atau layanan bisnis Anda.

3. Menerapkan strategi cross-selling dan upselling

Cara meningkatkan customer retention yang berikutnya adalah dengan menerapkan strategi cross-selling dan upselling pada bisnis Anda, baik secara online maupun offline.

Misalnya, Anda dapat menempatkan produk terkait di samping satu salam lain untuk menarik perhatian pelanggan dan mendorong pembelian impulsif

4. Membuat program loyalitas pelanggan

Program loyalitas pelanggan atau loyalty program merupakan salah satu cara efektif untuk mempertahankan pelanggan Anda. Dalam hal ini, Anda dapat menawarkan berbagai manfaat atau insentif yang dapat menarik pelanggan agar kembali ke bisnis Anda.

Misalnya, Anda dapat membuat loyalty program berupa pengumpulan poin dengan tingkatan tertentu, semakin tinggi tingkat yang mereka miliki, maka akan semakin banyak manfaat yang akan diperoleh.

Namun, Anda perlu ingat untuk membuat program loyalitas pelanggan yang tetap sederhana dan permudah mereka untuk memahami setiap langkah yang diperlukan guna memeroleh reward.

5. Personalisasi perjalanan pelanggan

Strategi meningkatkan customer retention lainnya adalah dengan mempersonalisasi perjalanan dan pengalaman pelanggan Anda. Ini akan membuat mereka merasa lebih hargai dan menjadi puas dengan layanan yang Anda berikan.

Anda dapat mendorong pengunjung atau pelanggan Anda untuk melakukan pendaftaran melalui formulir cerdas yang nantinya menyimpan semua informasi tentang pelanggan Anda.

Kemudian gunakan informasi tersebut untuk membuat customer journey yang dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan perangkat seperti CRM untuk memudahkan Anda dapat mengumpulkan, mengelola, dan menyimpan informasi pelanggan Anda.

6. Tawarkan langganan berulang

Menawarkan program langganan adalah cara sederhana untuk meningkatkan retensi pelanggan Anda. Beritahukan kepada pelanggan Anda tentang promosi atau manfaat apa yang dapat mereka peroleh apabila mengikuti langganan berulang dari merek bisnis Anda.

Cara ini menjadi win-win solution untuk Anda dan pelanggan. Di mana Anda dapat mempertahankan retensi pelanggan, dan di saat yang bersamaan, pelanggan akan memperoleh manfaat untuk mereka.

7. Temui pelanggan di mana mereka berada

Apakah Anda benar-benar memahami siapa pelanggan Anda? Jika iya, maka Anda seharusnya tahu siapa mereka, apa yang mereka butuhkan, tantang apa yang mereka hadapi, dan di mana mereka menghabiskan waktu. Ini akan membantu Anda untuk menemui mereka di mana pun mereka berada.

Anda dapat membuat jenis konten yang mereka inginkan dan butuhkan, kemudian membagikannya di mana pun mereka berada, baik itu di media sosial, situ web, dan lainnya.

Dengan melakukan hal ini, Anda dapat menawarkan dukungan penuh kepada pelanggan, bahkan ketika mereka mungkin tidak menyadari bahwa mereka membutuhkan. Di saat yang bersamaan, ini akan menunjukkan kepada pelanggan, betapa Anda memahami dan menghargai mereka.

Tingkatkan Customer Retention Anda Sekerang!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Itu dia beberapa cara meningkatkan customer retention yang dapat Anda coba untuk mempertahankan pelanggan Anda. Selain menggunakan strategi di atas, Anda juga dapat menggunakan perangkat pendukung seperti CRM yang dilengkapi berbagai fitur canggih untuk menjaga hubungan pelanggan Anda.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM terbaik yang terintegrasi dengan Omncihannel, sehingga dapat Anda gunakan untuk meningkatkan komunikasi, interkasi, dan menjaga hubungan pelanggan Anda di berbagai saluran yang berbeda. Dengan Omnichannel CRM, Anda juga dapat mengotomatiskan pemasaran, penjualan, dan layanana pelanggan dalam satu platform terpadu.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk membantu mereka meningkatkan tahapan bisnis secara keseluruhan. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi?Yuk, coba demo Aplikasi CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau dengan mengisi form coba gratis di bawah ini:

 

You may also like

By