Qontak WhatsApp

Apa Itu Diferensiasi Produk? Definisi, Manfaat, dan Strategi

Pelajari Semua Tentang Diferensiasi Produk!

Diferensiasi produk atau product differentiation merupakan strategi yang digunakan oleh bisnis untuk membedakan antara produknya dengan produk pesaing.

Dalam penerapannya, strategi diferensiasi produk tidak hanya dapat membantu bisnis untuk membedakan produk, tetapi juga memiliki manfaat lainnya yang menguntungkan bisnis.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan lengkap tentang diferensiasi produk di bawah ini!

Image CTA for diferensiasi produk

Apa Itu Diferensiasi Produk?

Diferensiasi produk adalah strategi yang dirancang bisnis untuk membuat produk atau layanan Anda menonjol bagi target audiens bisnis Anda. Sederhananya, diferensiasi produk adalah strategi untuk membedakan produk Anda dari pesaing.

Dalam penerapannya, Anda perlu mengidentifikasi dan mengkomunikasikan kualitas unik yang dimiliki produk Anda. Di saat yang bersamaan, Anda juga harus membuat perbedaan yang jelas antara produk Anda dan kompetitor.

Adapun tujuan dari dilakukannya diferensiasi produk adalah untuk mengembangkan proposisi nilai yang kuat terkait produk atau layanan Anda, sehingga dapat menarik target audiens yang sesuai.

Mengapa Diferensiasi Produk Penting untuk Bisnis?

Peningkatan persaingan telah membuat para pemain pasar harus berusaha lebih keras untuk menjangkau target audiens mereka.

Oleh karena itu, diferensiasi produk menjadi sangat penting bagi bisnis karena dapat memungkinkan bisnis atau perusahaan untuk memperoleh keunggulan kompetitif yang berbeda di pasar.

Selain mampu membuat produk bertahan di pasar, product differentiation juga penting karena alasan-alasan berikut ini:

Apa Manfaat dan Keuntungan Diferensiasi Produk bagi Bisnis?

Manfaat utama diferensiasi produk adalah membantu bisnis untuk menonjolkan produk agar dapat bersaing dengan kompetitor. Namun, manfaat menguntungkan product differentiation tidak hanya itu saja.

Berikut adalah beberapa keuntungan diferensiasi produk bagi bisnis:

– Menciptakan nilai produk

Penonjolan fitur, kelebihan, dan manfaat produk dapat membantu bisnis untuk menciptakan bagaimana produk akan dinilai oleh pelanggan nantinya.

– Membantu mempertahankan harga produk

Dengan menggunakan product differentiation, Anda dapat memberikan alasan mengapa bisnis anda menetapkan harga tinggi untuk produk yang Anda tawarkan.

– Menciptakan loyalitas merek

Strategi diferensiasi produk yang sukses mampu menciptakan loyalitas merek di antara pelanggan dan prospek potensial Anda.

– Membantu dalam persaingan non-harga

Product differentiation dapat memungkinkan bisnis atau perusahaan untuk bersaing di bidang lainnya selain harga.

– Menciptakan persepsi tentang tidak ada pengganti yang mendekati

Strategi diferensiasi produk yang sukses dapat menciptakan persepsi di antara pelanggan bahwa tidak ada pengganti yang sesuai yang tersedia di pasar.

– Mempersempit target audiens

Semakin banyak riset yang Anda lakukan untuk mencari pembeda produk, maka akan semakin baik Anda memahami siapa yang sebenarnya membeli produk atau layanan Anda.

Kemudian Anda dapat mengulangi prosesnya untuk lebih merampingkan audiens target Anda.

Meningkatkan penjualan dan laba usaha

Berfokus pada kelompok pelanggan tertentu dapat membantu Anda untuk menghasilkan penjualan dan return on investment (ROI) yang lebih baik untuk pengeluaran pemasaran daripada mencoba memasarkan ke masyarakat umum.

Baca Juga: Profit Margin: Pengertian, Fungsi, Contoh dan Cara Menghitungnya

Bagaimana Cara Membuat Strategi Diferensiasi Produk yang efektif?

1. Ketahui pasar

Cara Membuat Strategi Diferensiasi Produk_Ketahui pasar

Cara membuat strategi diferensiasi produk yang pertama adalah dengan mengetahui pasar Anda. Ini termasuk siapa saja yang berada di pasar Anda, siapa saja yang akan menjadi pesaing Anda, dan apa saja yang akan mereka tawarkan.

2. Bekerja dengan seluruh tim

Cara Membuat Strategi Diferensiasi Produk_kerja sama

Setelah mengetahui siapa pasar Anda, Anda perlu bekerja dengan seluruh tim untuk menetapkan cara agar Anda memiliki potensi yang kuat dalam membedakan produk Anda dari produk lainnya di pasaran.

Anda perlu mencatat manfaat dan nilai yang diberikan produk atau layanan Anda kepada pelanggan. Lalu, tentukan betapa pentingnya nilai-nilai tersebut bagi pelanggan Anda.

3. Identifikasi peluang

Cara Membuat Strategi Diferensiasi Produk_Identifikasi Peluang

Cara membuat strategi diferensiasi produk berikutnya adalah dengan mengidentifikasi peluang yang mungkin Anda. Tujuannya adalah untuk membedakan produk Anda dari kompetitor lainnya.

Kemudian, lanjutkan dengan menilai di mana mereka berada dalam peta jalan produk strategis bisnis Anda.

Identifikasi peluang untuk membedakan produk dari yang lain lebih jauh. Kemudian, menilai di mana mereka berada dalam peta jalan produk strategis organisasi Anda.

Apa Saja Strategi Diferensiasi Produk yang Dapat Digunakan oleh Bisnis?

Berikut adalah beberapa strategi paling umum yang digunakan bisnis untuk membedakan produk atau layanannya:

– Diferensiasi Harga

Dalam hal ini, harga dapat digunakan oleh bisnis untuk membedakan suatu produk dengan dua cara. Yang pertama adalah dengan menggunakan harga terendah untuk menarik pembeli yang sadar dengan biaya.

Cara yang kedua adalah dengan memberikan harga tinggi untuk menyatakan kualitas dan kemewahan produk.

– Diferensiasi Lokasi dan Layanan

Strategi ini dapat dilakukan dengan menonjolkan lokasi dan layanan yang lebih dekat dengan pelanggan.

Misalnya Anda pemilik bisnis lokal, maka Anda dapat membedakan diri dengan pesaing nasional dan internasional dengan cara menekankan lokasi toko Anda yang dekat dan Anda mendukung komunitas lokal.

Di sisi lain, Anda juga dapat menonjolkan layanan terbaik yang dapat dilakukan bisnis Anda. Sehingga prospek dan pelanggan nantinya akan merasa senang dan puas dengan pelayanan bisnis Anda.

– Diferensiasi Performa dan Keandalan

Performa dan keandalan produk bisa menjadi salah satu strategi diferensiasi yang paling ampuh untuk bersaing dengan kompetitor bisnis Anda. Ini karena kualitas dan performa yang baik sering kali menjadi acuan dan alasan mengapa pelanggan terus ingin melakukan pembelian berulang.

– Diferensiasi Vertikal

Pengertian diferensiasi vertikal adalah ketika pelanggan memberi peringkat produk berdasarkan faktor terukur, seperti harga atau kualitas, dan kemudian memilih item yang paling tinggi peringkatnya.

– Diferensiasi Horizontal

Berbeda dengan diferensiasi vertikal, diferensiasi horizontal adalah ketika pelanggan memilih antara produk berdasarkan preferensi pribadi daripada pengukuran objektif.

– Diferensiasi Campuran

Strategi diferensiasi campuran merupakan gabungan dari diferensiasi vertikal dan horizontal yang lebih kompleks. Dalam hal ini, pelanggan akan mempertimbangkan keseluruhan aspek sebelum akhirnya memutuskan membeli produk yang Anda tawarkan.

Baca Juga: Manajemen Persediaan: Pengertian, Fungsi, dan Metode

Aplikasikan Strategi Diferensiasi Produk dan Tingkatkan Penjualan Bisnis Anda!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Itu dia pembahasan lengkap tentang strategi diferensiasi produk. Di mana dalam bisnis sangat penting untuk menerapkan product differentiation agar dapat bersaing dengan kompetitor di pasaran.

Namun, melakukan analisis perbedaan produk secara manual bisa menjadi hal yang merepotkan untuk dilakukan, terlebih ketika Anda memiliki bisnis dengan skala besar. Untuk itu, Anda dapat menggunakan aplikasi pendukung CRM untuk membantu Anda.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM terbaik yang terintegrasi dengan Omnichannel dan dilengkapi dengan berbagai fitur canggih pendukung bisnis. Dengan menggunakan aplikasi CRM Mekari Qontak, Anda dapat melakukan pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan dengan mudah dalam satu platform.

Sementara itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk membantu mereka meningkatkan tahapan bisnis secara keseluruhan. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi?Yuk, coba demo Aplikasi CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau dengan mengisi form coba gratis di bawah ini:

0 comments

By