Qontak WhatsApp

E-CRM: Kelebihan dan Cara Membangunnya!

Apa itu E-CRM_ Pelajari Kelebihan dan Cara Membangunnya!

E-CRM adalah apa sih? Apakah berbeda dengan CRM biasa?

Apa itu E-CRM?  E-CRM adalah solusi mampu mengelola sales, marketing, dan customer service dalam satu platform. Tools ini berbasis internet telah membantu bisnis dalam mengurangi biaya, meningkatkan penjualan, dan membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan.

Sebagian besar orang yang terjun di dunia bisnis tentu sudah paham apa itu CRM. Customer relationship management atau CRM adalah istilah yang merujuk pada penerapan, strategi, atau teknologi yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola dan menganalisis interaksi dan data pelanggan selama siklus pelanggan berlangsung. Lalu apa itu e-CRM? Pelajari selengkapnya disini!

Image CTA for E-CRM adalah

Apa itu E-CRM?

Electronic customer relationship management (E-CRM) adalah aplikasi teknologi berbasis internet seperti email, website, aplikasi pesan, dan media lainnya untuk mencapai tujuan sistem CRM. Tujuan CRM yaitu mengembangkan hubungan bisnis dengan pelanggan, mempertahankan pelanggan, dan meningkatkan penjualan.

Penggunaan electronic customer relationship management didasarkan pada kemudahan akses internet melalui berbagai macam platform seperti laptop, perangkat mobile, dan computer. Istilah E-CRM sendiri bukanlah software-CRM, melainkan penggunaan internet untuk melakukan manajemen hubungan pelanggan. Namun, prosesnya merupakan kombinasi dari software, hardware dan komitmen manajemen dalam mendukung strategi bisnis CRM dalam perusahaan secara luas.

Sales force automation (SFA) yang merupakan otomatisasi proses sales dengan sebuah software yang terhubung dengan internet adalah bagian dari e-CRM, sebab SFA sendiri biasanya tergabung dalam sistem CRM.

Apa Perbedaan antara CRM dan E-CRM?

Perbedaan utama antara CRM dan E-CRM terletak pada saluran komunikasi. CRM berinteraksi dengan pelanggan melalui telepon, saluran distribusi, atau faks. Sementara, E-CRM menghubungi pelanggan melalui Internet, email, dan teknologi terbaru.

Berikut perbedaan lainnya antara CRM dan E-CRM adalah

– Customer contacts

  • CRM: Kontak dengan pelanggan dilakukan melalui toko ritel, telepon, dan faks.
  • E-CRM: Semua metode tradisional digunakan ditambah dengan teknologi Internet, email, nirkabel, dan PDA.

-System interface

  • CRM: Menerapkan penggunaan sistem ERP dengan penekanan pada back-end.
  • E-CRM: Lebih diarahkan ke front end, yang berinteraksi dengan back-end melalui penggunaan sistem ERP, gudang data, dan data mart.

– System overhead (client computers)

  • CRM: Klien harus mengunduh berbagai aplikasi untuk melihat aplikasi yang mendukung web. Mereka harus ditulis ulang untuk platform yang berbeda.
  • E-CRM: Tidak memiliki persyaratan ini karena klien menggunakan browser.

– Customization and personalization of information

  • CRM: Tampilan berbeda berdasarkan audiens, dan tampilan yang dipersonalisasi tidak tersedia. Personalisasi individu membutuhkan perubahan program.
  • E-CRM: Tampilan individu yang dipersonalisasi berdasarkan riwayat pembelian dan preferensi. Individu memiliki kemampuan untuk menyesuaikan tampilan.

– System focus

  • CRM: Sistem (dibuat untuk penggunaan internal) dirancang berdasarkan fungsi pekerjaan dan produk. Aplikasi web yang dirancang untuk satu departemen atau unit bisnis.
  • E-CRM: Sistem (dibuat untuk penggunaan eksternal) dirancang berdasarkan kebutuhan pelanggan. Aplikasi web yang dirancang untuk penggunaan di seluruh perusahaan.

– System maintenance and modification

  • CRM: Lebih banyak waktu yang terlibat dalam implementasi dan pemeliharaan lebih mahal karena sistem ada di lokasi yang berbeda dan di berbagai server.
  • E-CRM: Pengurangan waktu dan biaya. Implementasi dan pemeliharaan dapat berlangsung di satu lokasi dan di satu server.

Mengapa Menggunakan E-CRM?

Salah satu alasan perusahaan menggunakan E-CRM adalah meningkatnya loyalitas pelanggan dan dapat mempertahankan pelanggan dengan meningkatkan kepuasan pelanggan. Hal tersebut selaras dengan tujuan sistem CRM itu sendiri.

Sistem CRM atau E-CRM yang efektif dapat melacak riwayat pelanggan secara real time melalui berbagai media. Hal ini digunakan untuk menganalisis database pelanggan dan mengoptimalkan hubungan pelanggan.

E-CRM membantu bisnis memahami pelanggan lebih baik, dan hasil kinerja sales menggunakan informasi real time.

Kelebihan E-CRM:

  • Seluruh metode pada CRM tradisional dilakukan dengan internet, email dan mobile, tanpa harus melalui kantor atau fax
  • Dapat terintegrasi dengan software CRM internal perusahaan maupun aplikasi lain seperti Whatsapp Business API, Facebook, atau email
  • Klien tidak harus mengunduh beragam aplikasi atau platform untuk dapat mengakses seluruh fungsi CRM
  • Sebagai aplikasi tracking dengan melacak keberadaan tim sales dengan fitur live check-in GPS, bahkan secara offline
  • Sebagai key performance indicator atau KPI software karyawan dan sales
  • Implementasi dan maintenance dapat dilakukan di satu lokasi dan pada satu server sehingga dapat mengurangi waktu dan biaya. Berbeda dengan CRM tradisional di mana sistem CRM elektronik berada di lokasi dan server yang beragam sehingga pemasangan dan perawatan akan lebih mahal dan memakan waktu.
  • Sistem CRM elektronik didesain berdasarkan kebutuhan pelanggan dan dapat digunakan untuk semua unit dalam bisnis. Desain software CRM tradisional biasanya terbatas pada penggunaan satu departemen atau unit bisnis.
  • Melakukan sales monitoring dan memantau pelanggan kapan pun dan di mana pun dengan mobile software CRM

Manfaat E-CRM adalah:

1. Peningkatan layanan pelanggan

Penggunaan database yang terintegrasi membantu memberikan respon kepada pelanggan secara konsisten dan lebih baik

2. Pertumbuhan pendapatan

E-CRM membantu mengurangi biaya dengan berfokus dalam mempertahankan pelanggan dan meningkatkan penjualan

Pertumbuhan pendapatan-e-crm adalah

3. Produktivitas

Prosedur penjualan dan pelayanan yang konsisten menciptakan proses kerja yang lebih efisien

4. Kepuasan pelanggan

Mempermudah melacak pelanggan dan memastikan kebutuhan mereka terpenuhi serta masalah mereka tertangani dengan baik. Hal ini dapat memperbaiki customer experience terhadap bisnis secara keseluruhan

5. Membantu bisnis untuk Work From Home

Sebagai aplikasi berbasis internet, E-CRM membantu bisnis untuk bekerja secara remote atau work from home. Selengkapnya:  Alasan Pentingnya CRM!

Fitur sistem E-CRM

E-CRM memiliki beberapa fitur sebagai berikut:

  • Manajemen pelanggan: Berikan akses ke semua informasi pelanggan, yang berisi status permintaan dan informasi serupa lainnya
  • Manajemen akun: Menyediakan akses ke data dan riwayat pelanggan, mendukung tim penjualan agar berfungsi secara efektif
  • Pelaporan dan analisis: Buat laporan tentang perilaku pelanggan dan kriteria bisnis
  • Manajemen administratif: Basis data terpusat yang mengelola dan berbagi informasi pelanggan
  • Manajemen kasus: Beritahu pertanyaan, kasus prioritas, dan masalah yang belum terselesaikan ke departemen manajemen
  • Integrasi back-end: Integrasikan dengan sistem lain seperti penagihan, inventaris, dan logistik melalui situs web dan pusat panggilan

Langkah-langkah membangun E-CRM

Terdapat beberapa faktor yang berperan dalam memastikan kesuksesan implementasi E-CRM. Salah satu cara paling efektif dalam mengukur kesuksesan tersebut adalah bagaimana kemampuan sistem CRM/E-CRM dapat memberikan nilai tambah pada bisnis yang sudah ada.

Terdapat 4 langkah implementasi eCRM untuk kesuksesan bisnis:

  1. Membangun strategi yang berpusat pada pelanggan
  2. Mendesain ulang sistem manajemen alur kerja yang sudah ada
  3. Merombak proses kerja keseluruhan
  4. Menggunakan teknologi yang tepat

Bagaimana menerapkan E-CRM secara efektif?

Berikut adalah beberapa faktor yang harus kita pertimbangkan untuk menerapkan E-CRM secara efektif:

  • Tentukan pentingnya hubungan pelanggan Anda dan ciptakan pola pikir yang berfokus pada pelanggan bukan teknologi. Teknologi tersebut hanya digunakan untuk mengoptimalkan layanan pelanggan dan membuat pelanggan ingin mempertahankan komitmen jangka panjang terhadap perusahaan Anda.
  • Miliki rencana terperinci dan perangkat lunak yang baik untuk memfasilitasi tugas. Pasalnya memiliki rencana untuk semua segmen pelanggan dan solusi teknologi yang sesuai akan membantu bisnis Anda memenangkan tujuan.
  • Ajukan pertanyaan bagus untuk membantu pelanggan memecahkan masalah. Pertanyaan bagus dapat membantu Anda menemukan masalah pelanggan. Selain itu, Anda dapat mempelajari pasar, positioning Anda serta produk dan layanan Anda untuk memiliki pedoman terbaik bagi pelanggan Anda.
  • Mengadopsi manajer proyek yang baik. Sebab manajer proyek memiliki peran penting. Mereka adalah kapten permainan. Mereka memverifikasi apakah setiap langkah strategi diambil tepat waktu dan tujuan tercapai.
  • Tetapkan pedoman penggunaan umum dan pelatihan jika diperlukan. Sebab Sistem E-CRM hanyalah informasi yang kami masukkan ke dalamnya. Jadi penting untuk mengetahui setidaknya bagaimana memasukkan data perusahaan atau pelanggan. Pedoman penggunaan umum akan memudahkan tugas untuk semua orang yang tidak tahu cara menggunakannya.

Dapatkan E-CRM Terbaik Sekarang!

Mekari-Qontak

Penggunaan teknologi E-CRM yang tepat dapat meningkatkan efisiensi proses bisnis serta  memperbaiki interaksi dengan pelanggan. Bisa dikatakan sebagian besar aplikasi CRM yang berada di pasaran saat ini adalah E-CRM, yaitu CRM yang berbasis internet. Salah satu E-CRM Indonesia terbaik dengan fitur terlengkap adalah Mekari Qontak.

Mekari Qontak merupakan software social CRM yang dapat membantu bisnis dalam mengembangkan dan mengotomatisasi bisnis dengan mengelola hubungan pelanggan yang lebih baik dan meningkatkan penjualan.

Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan bisnis lebih baik. Qontak juga telah telah tersertifikasi ISO 27001 yang memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda.

Hubungi Qontak atau COBA GRATIS E-CRM dengan mengisi form di bawah ini:

You may also like

By