Qontak WhatsApp

15 Faktor Penyebab Kegagalan Wirausaha dan Solusinya

Faktor Penyebab Kegagalan Wirausaha dan Solusinya

Bagi sebuah usaha, kegagalan merupakan momok yang menakutkan. Dimana hal ini dapat menurunkan semangat menjalankan usaha, bahkan bisa menyebabkan kerugian. Banyak faktor yang menyebabkan kegagalan wirausaha yang sebenarnya bisa diminimalisir.

Salah satu cara meminimalisir kegagalan dalam usaha adalah Anda perlu melakukan persiapan dengan matang. Termasuk bagaimana cara mengambil keputusan setiap menghadapi sebuah tantangan. Oleh karena itu, Anda perlu menyusun strategi bisnis yang bisa menjadi panduan dalam menjalankan usaha.

Namun sebelum itu, Anda perlu mengenali faktor apa saja yang menyebabkan kegagalan dalam menjalankan wirausaha. Dengan demikian, strategi bisnis yang Anda buat dapat meminimalisir kegagalan tersebut.

Berikut 15 faktor kegagalan wirausaha dan solusi untuk menghindarinya adalah:

Image CTA faktor kegagalan wirausaha

1. Tidak memiliki tujuan yang jelas

Tujaun Jelas-Faktor kegagalan wirausaha

Setiap menjalankan usaha, Anda harus memiliki tujuan yang jelas. Tanpa tujuan, Anda akan kesulitan dalam mengkomunikasikan nilai hingga solusi kepada target pasar Anda.

Sementara itu, dengan tujuan yang jelas bisa Anda jadikan panduan dalam menjalankan usaha seperti dalam mengambil keputusan bisnis. Oleh karenanya Anda perlu merancang tujuan dalam berbisnis. Sebagian besar menerapkan metode SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time) dalam membuat tujuan.

2. Tidak mengetahui target pasar Anda

target-market

Siapa klien Anda? Siapa pesaing Anda? Berapa target pasar Anda yang bersedia membayar untuk produk atau layanan Anda? Pengusaha harus dapat menjawab pertanyaan ini dan banyak lagi pertanyaan tentang pasar mereka untuk menjalankan bisnis yang sukses. Jika Anda tidak sepenuhnya memahami siapa pelanggan Anda, apa yang mereka inginkan dan di mana lagi mereka bisa mendapatkannya, Anda pasti akan gagal.

Oleh karena itu, tentukan dulu target pasar Anda. Kenali kebutuhan dan perilaku mereka. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menyusun strategi bisnis, termasuk strategi pendekatan dengan calon pelanggan Anda. Dengan begitu, produk atau kampanye Anda akan lebih efektif menarik pelanggan.

3. Minimnya soft skill terkait urusan manajerial

Manajemen

Faktor lainnya yang mempengaruhi kegagalan dalam wirausaha adalah kemampuan dan wawasan yang dimiliki pelaku usaha itu sendiri. Tanpa skill yang mumpuni, Anda akan kesulitan dalam mengelola usaha khususnya dalam mengatur keuangan, memetakan kebutuhan dan lainnya.

Skill terkait manajerial bisa didapatkan melalui proses panjang. Oleh karena itu, jangan ragu untuk membangun jejaring dengan orang yang ahli dibidang yang anda geluti. Perbanyak wawasan dari mereka agar keahlian Anda bertambah sehingga bisa melihat prioritas dan memutuskan strategi sesuai untuk memecahkan masalah.

4. Kurangnya riset

search-engine-optimization-research-Zero Moment Of Truth

Hal yang tak kalah penting dari pengalaman adalah riset. Sayangnya sebagian wirausaha kerap abai dengan tidak melakukan riset secara mendalam terkait program yang akan dijalankan. Hal ini dapat menjadi faktor penyebab kegagalan usaha.

Coba biasakan untuk melakukan riset setiap akan menjalankan suatu program. Misalnya Anda akan menjalankan kampanye digital marketing di Instagram. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah trend konten yang digemari audiens, buat konten yang interaktif dan banyak lagi.

Rekomendasi: 15 Aplikasi Digital Marketing Terbaik untuk Bisnis Online

5. Pengelolaan keuangan tidak rapi

Faktor Keuangan

Faktor yang menyebabkan kegagalan wirausaha selanjutnya adalah kurang piawai dalam mengelola keuangan. Hal ini berpotensi besar mengantarkan Anda pada jurang kehancuran. Maka dari itu, sangat penting untuk memperhatikan keuangan dan prospek perkembangan bisnis.

Misalnya agar tidak terlilit dengan hutang, sangat penting bagi Anda untuk mengenali jenis pinjaman modal usaha atau program pendanaan yang ditawarkan. Tujuannya agar tidak menimbulkan kredit macet saat Anda tidak bisa melunasinya.

6. Menyalin bisnis lain

Mengopi orang lain-Faktor kegagalan wirausaha

Apa yang berhasil untuk Bisnis A tidak harus bekerja untuk bisnis B. Banyak orang telah terjun ke bisnis atau membuat pilihan bisnis karena mereka melihat orang lain melakukannya dan berpikir bahwa mereka dapat berhasil di dalamnya jika mereka mencobanya.

Ada baiknya Anda menambahkan ide Anda sendiri setelah berkonsultasi dengan benar, yang akan membedakan Anda dari orang lain. Menyalin tanpa konsultasi mengarah ke jalan buntu.

7. Mencoba menjadi segalanya bagi semua orang

Strategi Manajemen Hubungan Pelanggan - automation

Banyak bisnis baru dengan cepat mengejar uang atau penjualan dengan menambahkan produk atau layanan yang tidak benar-benar menjadi spesialisasi mereka. Hal ini justru bisa menjadi boomerang buat perusahaan tersebut.

Perusahaan yang tahu apa yang mereka lakukan dengan baik (dan apa yang tidak mereka lakukan) dan bertahan lebih lama daripada bisnis yang mencoba menjadi jack-of-all-trade namun tidak menguasai apa pun. Maka dari itu, daripada melakukan ekspansi ke bidang lainnya, mending fokus pada bidang yang Anda geluti saja.

Baca juga: 15 Peluang Usaha yang Belum banyak Pesaing, Cocok untuk Pemula

8. Lokasi usaha yang tidak strategis

Lokasi-Faktor kegagalan wirausaha

Ada sebuah pepatah mengatakan lokasi usaha menentukan keberhasilan bisnis. Misalnya Anda menjual sembako, maka usaha Anda tidak akan berhasil jika berada di lokasi yang jauh dari pemukiman atau pusat kota dan fasilitas umum.

Maka sebelum mulai berjualan, cobalah untuk survei lokasi untuk melihat seberapa strategi tempat tersebut. Perhatikan secara seksama lingkungan sekitar prospek usaha yang menguntungkan.

9. Proses pengawasan bisnis kurang maksimal

Mantainence-Faktor kegagalan wirausaha

Faktor lainnya penyebab kegagalan wirausaha adalah proses pengawasan terhadap peralatan dan aset bisnis tidak maksimal. Hal ini dapat berimbas pada menurunya produktivitas dan efisiensi usaha. Misalnya disebabkan oleh peralatan yang tidak berfungsi dengan baik.

Cobalah membuat jadwal pengawasan dan pengecekan secara rutin. Pastikan semua peralatan dan aset bisa berfungsi dengan baik. Jika tidak, segera diperbaiki dana lakukan peremajaan. Hal ini bisa membuat pelanggan juga merasa lebih nyaman.

Rekomensdasi: Sales Monitoring: Pengertian dan Manfaatnya

10. Terlalu fokus mengejar keuntungan

Fokus keuntungan-Faktor kegagalan wirausaha

Setiap bisnis tentu mengharapkan usahanya mendapat keuntungan sebanyak mungkin. Segala upaya dilakukan untuk mencapai ambisi tersebut. Salah satunya dengan menawarkan harga cukup tinggi yang tidak bersahabat dengan kantong target audiens. Sayangnya keputusan tersebut justru bisa menyebabkan usaha Anda gagal mendapatkan keuntungan atau tidak laku.

Cobalah fokus pada nilai dan kualitas produk atau layanan Anda. Bandingkan dengan kompetitor dan harga di pasaran. Saat produk Anda memiliki kualitas produk yang unggul, pelanggan Anda tidak akan keberatan untuk membeli dengan harga sedikit lebih mahal.

11. Terburu-buru

Personalized Marketing_Membuat Buyer Persona

Dalam bisnis, tidak bisa dilakukan secara instan. Begitu Anda melihat ada peluang pada pasar tertentu, bukan berarti Anda bisa memenangkan pasar tersebut. Sebab usaha yang dilakukan secara terburu-buru biasanya tidak akan bertahan lama.

Sebaiknya Anda harus memikirkan cash flow terlebih sumber pendanaan hingga sumber daya manusia saat menjalankan bisnis. Terpenting Anda harus memiliki sumber daya manusia yang terampil. Dengan demikian, mereka bisa berinovasi agar bisnis terus berkembang.

Baca juga: 4 Cara Analisis Peluang Usaha Agar Bisnis Berkembang!

12. Tidak menerima kritik yang membangun

Mendorong keterilbatan audiens

Biarkan kritik menjadi kesempatan untuk melakukan usaha lebih baik. Sayangnya beberapa pengusaha kerap merasa tersinggung dengan kritik. Hal ini dikarenakan mereka terlalu emosional dalam hal bisnis mereka.

Tidak ada kesuksesan tanpa kegagalan dan kesalahan. Sebagai seorang pengusaha, Anda harus menemukan pelajaran dan belajar dari kritik.

13. Terlalu cepat menyerah

fungsi crm

Terakhir, Anda harus tahu bahwa bisnis apapun yang dilakukan di tengah jalan tidak akan pernah berhasil. Anda harus berjuang melawan segala rintangan untuk membuat bisnis berdiri. Masalah lain yang menutup banyak bisnis segera setelah mereka memulai adalah pendanaan yang tidak memadai atau kekurangan dana.

Banyak pengusaha melakukan kesalahan fatal dengan memulai bisnis dengan dana operasional yang tidak mencukupi. Bisnis seperti itu tidak bertahan lama karena penggagasnya akan mudah putus asa terutama ketika ada pesaing besar.

Maka dari itu, sebelum Anda memulai bisnis apapun, sebaiknya memiliki pola pikir positif. Hal tersebut adalah awal dari kesuksesan Anda. Pola pikir itu akan membantu Anda memperluas cakupan bisnis Anda.

14. Lupa untuk mengembangkan diri

Mengembangkan kemampuan -Faktor kegagalan wirausaha

Jika berbicara bisnis, tidak selamanya selalu berkaitan dengan pengalaman, perencanaan, pendanaan hingga eksekusi. Penting juga bagi pengusaha untuk melakukan evaluasi demi mengembangkan diri.

Semakin sering, pebisnis melakukan evaluasi, maka semakin dalam mereka mengetahui kesalahan dalam menjalankan bisnis. Hal ini memudahkan Anda untuk melakukan perbaikan ke arah yang lebih baik

15. Mengabaikan teknologi

Mengabaikan teknologi-Faktor kegagalan wirausaha

Di era digital saat ini, kecanggihan teknologi dapat mempermudah Anda dalam mengembangkan usaha. Terlepas dari apapun jenis usaha atau bisnis Anda, cobalah untuk memanfaatkan teknologi yang Anda. Misalnya platform media sosial sebagai digital marketing

Sementara untuk manajemen perusahaan, Anda bisa menggunakan aplikasi CRM. Dimana aplikasi ini mampu secara otomatis mengelola interaksi bisnis dengan pelanggan. Hal ini memudahkan Anda dalam mengenali pelanggan dan memberikan pengalaman yang bermakna.


Minimalisir Kegagalan Usaha Anda Sekarang!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Banyak faktor yang penyebab kegagalan dalam wirausaha, diantaranya kurang cakapnya dalam mengelola manajemen bisnis dan kurangnya manajemen bisnis. Hal tersebut sebenarnya bisa dihindari jika Anda bisa memanfaatkan teknologi dengan tepat.

Salah satunya dengan menggunakan aplikasi CRM dari Mekari Qontak. Aplikasi CRM Qontak akan membantu Anda untuk mengelola manajerial bisnis Anda. Selain itu, aplikasi ini juga mudah digunakan oleh siapapun, bahkan yang tidak memiliki keahlian dibidang TI.

Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan bisnis lebih baik. Qontak juga telah telah tersertifikasi ISO 27001 yang memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda.

Hubungi Qontak atau COBA GRATIS dengan mengisi form di bawah ini:

0 comments

By