Qontak WhatsApp

Pengertian Sales Force, Manfaat, dan Tugasnya

Panduan Lengkap Sales Force

Semua Hal Tentang Sales Force yang Perlu Anda Ketahui!

Sales force merupakan tim penjualan yang berperan penting dalam kelangsungan bisnis, khususnya terkait pencapaian penjualan seperti closing deals. Selain itu, sales force juga berfungsi untuk menciptakan loyalitas pelanggan yang akhirnya dapat menghasilkan repeat order.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan lengkap tentang sales force berikut ini!

Image CTA for Pengertian SF


Apa itu Sales Force?

Sales force adalah sebuah tim yang bertanggung jawab dalam melakukan penjualan produk atau service, ini termasuk mengunjungi atau menelpon pelanggan dan calon pelanggan. Sederhananya, sales force dapat diartikan sebagai tim sales atau tenaga penjualan.

Sementara sales force management adalah istilah yang mengacu pada manajemen penjualan secara keseluruhan, ini termasuk tim, strategi, dan teknologi yang digunakan untuk proses penjualan. Adapun tujuannya adalah untuk

Dalam penerapannya, sales force management membutuhkan sebuah software CRM atau yang dikenal juga dengan istilah salesforce CRM, untuk memaksimalkan produktivitas sales force sebuah bisnis atau perusahaan.

Apa Perbedaan Sales Force dengan CRM?

CRM (Customer Relationship Management) adalah adalah teknologi untuk mengelola semua hubungan dan interaksi perusahaan Anda dengan pelanggan dan pelanggan potensial. Sistem CRM membantu perusahaan tetap terhubung dengan pelanggan, merampingkan proses, dan meningkatkan profitabilitas.

Sales Force dan CRM tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Aplikasi CRM diperlukan agar sales force berjalan dengan efektif dan efisien sehingga dapat menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas pekerja. Sales force bertujuan untuk mengembangkan dan mengotomatisasi bisnis.

Otomatisasi bisnis dapat diperoleh dengan melakukan Sales Force Automation (SFA). Sales force automation dapat membantu bisnis bertumbuh tanpa banyak campur tangan. Beberapa yang dapat diotomatisasi di antaranya adalah:

  • Pelaporan dan analisis
  • Pelacakan KPI (key performance indicator) dan GPS sales
  • Otomatisasi data entry dan dokumen

Menemukan sales force management yang tepat memang memerlukan waktu serta trial and error. Namun, hal ini sepadan untuk dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan bisnis Anda.

Untuk info lebih lanjut mengenai apa itu CRM, Anda dapat menonton video berikut ini:


Apa Saja Fungsi Sales Force?

Setelah mengetahui apa itu sales force dan tugasnya, kini saatnya untuk Anda mengetahui apa saja fungsi sales force bagi bisnis. Berikut adalah fungsi sales force:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Sales force dapat menggunakan kemudahan yang ditawarkan salesforce CRM untuk meningkatkan brand awareness prospek dan pelanggan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menyediakan informasi yang perlu diketahui atau dibutuhkan oleh prospek maupun calon pelanggan.

Dalam hal ini, sales force dapat menggunakan CRM yang telah terintegrasi dengan WhatsApp API. Di mana terdapat fitur pesan pada Whatsapp Business API berupa template message yang dapat membantu memberikan informasi umum dan FAQ (frequently asked questions) kepada pelanggan.

2. Menambah Loyalitas Pelanggan

Fungsi sales force yang kedua adalah untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan melakukan komunikasi yang dipersonalisasi.

Salesforce dapat memanfaatkan informasi yang diperoleh dari riwayat transaksi pelanggan pada CRM untuk membuat pesan yang dipersonalisasi.

Dengan demikian, pelanggan akan merasa lebih berarti dan merasa senang untuk kembali melakukan transaksi pada bisnis Anda.

3.  Meningkatkan Penjualan dan Pendapatan

Fungsi sales force yang berikutnya adalah yang terpenting dan terutama, yaitu meningkatkan penjualan dan pendapatan bisnis.

Untuk meningkatkan penjualan, sales force harus membangun kepercayaan pelanggan dan meningkatkan layanan pelanggan.

Baca Juga: 10 Alasan Pentingnya Sales CRM untuk Bisnis


Bagaimana Fungsi Sales Force Berdasarkan Perannya?

Selain itu, fungsi sales force juga dibedakan berdasarkan peran masing-masing tim penjualan. Berikut ini adalah 5 fungsi sales force management berdasarkan perannya:

Inside Sales

Tim inside sales bertanggung jawab untuk menjaga hubungan dengan pelanggan yang sudah ada dan membangun hubungan bisnis yang kuat dengan mereka. Di mana inside sales akan lebih efektif dan efisien jika ditandemkan dengan strategi inbound marketing.

Dalam hal ini, sistem CRM dapat membantu inside sales untuk menyimpan data dan riwayat pelanggan guna memberikan kegunaan CRM dalam meningkatkan komunikasi dengan pelanggan dan mempertahankan pelanggan dengan lebih baik.

sales-force-qontak-aplikasi

– Outside Sales

Outside sales merupakan cara tradisional penjualan secara face-to-face, yaitu dengan melakukan interaksi langsung dengan pelanggan di luar kantor.

Penggunaan software CRM seperti Qontak by Mekari yang dilengkapi dengan fitur Live GPS, dapat membantu outside sales untuk melacak tim secara real-time. Selain itu, Anda juga dapat memastikan keberadaan tim sales dengan melakukan check-in dan check-out pada lokasi pertemuan dengan klien.

mantauan-Jarak-jauh-Sales-Monitoring

Sales Support

Sales support bekerja di belakang layar dengan menangani detail untuk membantu tim sales melakukan close deal lebih cepat. Fungsi sales support meliputi investigasi calon pelanggan dan membuat profil pelanggan, menganalisis data, dan melakukan research.

Fungsi ini akan sangat terbantu dengan penggunaan software CRM yang dapat menyimpan seluruh data pelanggan, merekam interaksi dengan pelanggan, serta menganalisisnya dalam satu platform.

Sales support akan semakin mudah dalam melakukan fungsinya untuk melakukan research pelanggan dan menyediakan data yang diperlukan dengan satu platform terpadu.

qontak-data-management-platform

Client Service

Client service berfungsi untuk memastikan kebutuhan pelanggan terpenuhi dan memupuk hubungan bisnis yang baik. Dengan memastikan kepuasan pelanggan, peran ini dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis melalui pelanggan eksisting.

Fungsi peran ini akan dipermudah dengan adanya integrasi sistem CRM untuk layanan pelanggan. Penggunaan aplikasi customer service dapat meningkatkan customer experience menjadi lebih baik, salah satunya adalah dengan membangun Whatsapp untuk customer service.

Client-Service-Fungsi-Sales-Force

Lead Generation/Development

Peran ini berfungsi dalam melakukan penelitian dan membangun jaringan untuk membuat koneksi bisnis yang baru. Penelitian yang tepat dapat membawa bisnis menemukan pelanggan potensial.

Selain itu, lead generation/development juga bertanggung jawab menilai apakah calon klien tersebut akan memberikan manfaat untuk perusahaan.

Lead-generation-Fungsi-Sales-Force


Apa Manfaat Memiliki Sales Force?

Ada begitu banyak manfaat yang dapat diperoleh bisnis dengan memiliki sales force, salah satunya meningkatkan pertumbuhan bisnis.

Selain itu, sales force management juga memiliki banyak manfaat lain yang dapat menguntungkan bisnis, antara lain:

  1. Mengotomatisasi proses komunikasi dengan pelanggan
  2. Mendapatkan laporan penjualan secara analitis
  3. Mendapatkan real-time update mengenai customer journey
  4. Meningkatkan pelayanan pelanggan
  5. Memonitor KPI dari tim sales
  6. Merampingkan proses administrasi tim sales dan marketing

Apa saja Tugas Sales Force?

Tugas utama sales force management adalah meningkatkan penjualan produk atau jasa. Oleh karena itu, seorang sales harus memiliki wawasan terkait produk, bisnis, hingga pelanggan mereka.

Selain itu, sales force juga memiliki beragam tugas lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Untuk selengkapnya, berikut adalah tugas sales force:

– Melakukan Penjualan

Sebagai seorang sales, tentu harus melakukan penjualan terkait produk atau layanan yang ditawarkan. Di mana semakin banyak produk yang terjual, maka akan semaikin berimbas positif juga pada bisnis.

Selain berjualan, seorang sales juga harus memastikan bahwa produk tersebut telah sampai dengan baik di tangan pelanggan. Sehingga dapat memicu kepuasan dan loyalitas pelanggan.

– Memenuhi target KPI

Setiap bisnis memiliki target KPI sales yang harus dicapai. Metriks KPI biasanya berisi target-target  yang ingin dicapai oleh bisnis.

Maka dari itu, sales force harus bekerja untuk memenuhi target KPI yang ada, sehingga bisnis akan menjadi lebih mudah untuk mengukur performanya.

–  Membangun Komunikasi dengan Pelanggan

Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan. Mengingat keberadaan pelanggan sangatlah penting bagi keberlangsungan sebuah bisnis.

Tanpa pelanggan, bisnis tidak dapat mempertahankan usahanya. Oleh sebab itu, sales force harus mampun menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggannya.

Baca Juga: 10 Aplikasi CRM Populer di Indonesia, No.1 Wajib Dimiliki Bisnis


Pahami Fungsi Sales Force dan Tingkatkan Penjualan Anda Sekarang!

CRM QOntak

Sales force memiliki banyak fungsi yang dapat meningkatkan bisnis secara keseluruhan. Namun, banyaknya tugas yang harus diselesaikan membuat fungsi sales force menjadi kurang maksimal.

Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan aplikasi sales force management seperti CRM untuk menyederhanakan dan mengotomatiskan tugas sales force. Sehingga dapat memaksimalkan performa dan penjualan bisnis Anda.

Qontak by Mekari menyediakan aplikasi CRM terbaik yang dapat terintegrasi dengan omnichannel dan WhatsApp API. Selain itu, aplikasi CRM Qontak juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang dapat meningkatkan penjualan.

Sementara itu, Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk meningkatkan penjualan dan bisnis mereka. Tak hanya itu saja, Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Yuk, coba demo aplikasi CRM Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Hubungi Qontak by Mekari sekarang atau dengan mengisi form coba gratis dibawah ini:

You may also like

By