Qontak WhatsApp

15 Ide Usaha Online Untuk Mengisi Waktu Luang

ide-usaha-online-untuk-mengisi-waktu-luang

Ide Usaha Online yang Ramah untuk Pemula dan Membutuhkan Biaya Rendah

Selama masa pandemi, sudah banyak orang yang memulai usaha online untuk mengisi waktu luang atau mencari pendapatan tambahan. Dengan kemudahannya, banyak orang yang mencari ide usaha online yang mudah dan memiliki modal yang cukup kecil.

Usaha online sudah didukung oleh banyak platform seperti aplikasi e-commerce yang mudah diakses. Media sosial juga tidak kalah saing untuk memberikan fasilitas pemasaran dan belanja online. Berikut ini adalah ide-ide yang dapat Anda lakukan untuk usaha online.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Ide Usaha Online Bidang Jasa

Selama masa pandemi hampir seluruh aktiftas dilakukan secara online, bahkan dibidang jasa sekalipun. Berikut ini adalah ide usaha online di bidang jasa:

1. Membuka jasa kursus online

Ide-usaha-online-kursus

Kegiatan pendidikan dan pengajaran selama masa pandemi dilakukan secara online. Dengan adanya fasilitas pertemuan seperti Zoom, Google Meet, dll, pengajaran secara online dapat dilakukan. Anda dapat memulai kursus online dari bidang yang  dikuasai, misalnya seperti kursus piano, guru les privat, kursus digital marketing dan masih banyak lagi.

Anda juga dapat menggunakan situs-situs belajar online untuk memulai usaha ini. Kursus online sudah sangat dibutuhkan selama masa pandemi, tidak hanya siswa bahkan karyawan pun membutuhkan keterampilan baru untuk bisa bersaing di dunia pekerjaan.

2. Membuka jasa pembuatan website

jasa buat website online

Apabila Anda berbakat dalam coding, usaha pembuatan website sangat cocok dilakukan. Sekarang perusahaan bahkan perorangan sudah menyadari pentingnya website dalam kegiatan bisnis, namun tidak mengerti cara membuat atau mendesainnya.

Buatlah portofolio yang menarik agar Anda bisa menarik pelanggan, sesuaikan juga tarif yang ditetapkan. Bisnis ini membutuhkan biaya yang cukup rendah namun berpotensi untuk mendapatkan keuntungan yang menjanjikan.

3. Menyediakan jasa SEO

SEO-ide-usaha-online

Jasa konsuktasi optimasi website juda sendag populer belakangan ini. Jika Anda memiliki kemampuan SEO, maka ini adalah ide usaha yang cocok untuk Anda.

SEO (Search Engine Optimization) adalah tindakan optimasi yang dilakukan agar website dapat muncul di halaman pertama mesin pencari. Namun Anda perlu mengetahui cara-cara optimasi yang benar dan salah agar tidak merugikan klien.

Portofolio Anda dapat dibuat dengan menulis blog sendiri dan mem-publishnya dalam website pribadi. Pastikan Anda menunjukkan hasil yang baik agar pelanggan makin tertarik

4. Jasa Copywriting atau Content Writing

Pembuatan konten sudah merupakan hal yang wajib dilakukan untuk pemasaran digital. Baik sosial media ataupun website, konten harus dibuat semenarik mungkin. Oleh karena itu banyak perusahaan yang membutuhkan jasa copywriter atau content writer.

Anda dapat memulai usaha online ini dengan mempelajari cara beriklan dan membuat konten yang menarik. Hal ini cenderung mudah untuk dipelajari asalkan mengetahui dasar-dasar pemasaran dan sering melihat konten pemasaran.

Buatlah portofolio yang menarik, sertakan kalimat yang persuasif dan CTA (Call to Action) yang kuat untuk pemasaran media sosial. Untuk konten artikel website, sediakan kalimat yang informatif dan menarik untuk dibaca.

5. Jasa Desain Grafis

Desain-grafis

Desain dalam bisnis juga merupakan suatu kewajiban. Mulai dari logo, poster, kemasan produk merepresentasikan suatu bisnis. Bila Anda menguasai bidang ini, maka ide usaha online desain grafis sangat cocok.

Anda dapat bergabung dalam komunitas dan platform freelance untuk bisa memulainya. Usaha ini memiliki potensi yang sangat besar jadi portofolio Anda juga harus menarik. Buatlah jenis desain yang beragam namun jangan lupakan spesialisasi yang mebuat desain Anda berbeda dari yang lain.

6. Membuka jasa penerjemah

ide usaha online penerjemah

Anda menguasai bahasa asing? ide usaha online ini memiliki potensi yang besar. Akses informasi melalui internet seringkali didapatkan dari luar negeri sehingga penerjemah dibutuhkan untuk bisa mengartikan sumber tersebut.

Bergabunglah dengan komunitas seperti HPI (Himpunan penerjemah Indonesia) dan berikan usaha terbaik Anda untuk menghasilkan hasil yang luar biasa. Perhatikan tata letak kalimat dan juga kata-kata kiasan yang seringkali menjebak. Penerjemah seringkali dibutuhkan untuk mengartikan sumber informasi, proses negosiasi atau bahkan untuk membuat subtitle dalam film.

Baca Juga: 18 Aplikasi Bisnis Online yang Wajib Dimiliki Tahun 2021


Ide Usaha Online Bidang Produk Barang

1. Usaha Makanan

Usaha-makanan ide usaha online

Setiap orang pasti membutuhkan makanan, jangan heran jika peluang bisnis ini sudah terbukti menjanjikan. Untuk memulai bisnis makanan online ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu.

Jenis makanan seperti makanan beku atau makanan yang siap saji sangat cocok untuk dijual secara online. Saat ini sudah banyak jasa pengiriman makanan yang dapat membantu Anda memulai usaha ini. Berikan keunikan dan cita rasa yang sesuai dengan target pasar Anda.

Baca juga : 7 Cara Memulai Bisnis Makanan Online Agar Laris Manis

2. Berjualan Pakaian, Aksesoris kebutuhan fashion

fashion ide usaha online

Pakaian, tas, aksesoris merupakan hal yang digemari banyak orang. Bisnis ini cenderung sangat mudah dan memiliki keuntungan yang besar. Barang jenis ini dapat disimpan untuk waktu yang sangat lama, tidak mudah rusak dan memiliki banyak penggemar.

Anda bisa mendaftarkan toko di platform belanja online atau menggunakan media sosial untuk kegiatan bisnis dan transaksi. Media sosial juga bisa digunakan sebagai sarana pemasaran Anda. Kemaslah produk serapi mungkin agar tidak terjadi kerusakan.

3. Berjualan barang

ide usaha online

Tidak hanya kebutuhan untuk fashion, Anda juga dapat menjual barang-barang seperti buku, alat musik atau barang lainnya. Layaknya menjual pakaian, ide usaha online ini juga sangat mudah dilakukan, barang tahan lama dan tidak mudah rusak.

Jangan lupa untuk menggunakan platform belanja online dan media sosial untuk pemasaran dan aktivitas bisnis. Anda juga harus memiliki pelayanan yang baik untuk merespon pelanggan dan menarik minat mereka.

4. Dropshipping

Ide bisnis ini cenderung tidak membutuhkan modal sama sekali. Dropshipping adalah bentuk bisnis dimana Anda menjual produk orang lain.

Sistemnya adalah Anda dapat bekerjasama dengan supplier untuk memasarkan produk mereka melalui website, media sosial atau lainnya. Saat ada pembeli, Anda akan menerima uang dari pembeli tersebut. Lalu, Anda membayarkan uang tersebut kepada supplier sesuai harga barang dan meminta mereka langsung mengirim barang tersebut.

Keuntungan ide usaha ini berasal dari margin harga jual ke pelanggan dikurangi dengan harga beli dari supplier  yang ditambah dengan ongkos kirim. Saat ini banyak platform dropshipping dan produknya sangat beragam.

5. Jual produk kecantikan

Ide usaha ini membawa keuntungan yang besar. Dengan target utama wanita, pasti mereka menginginkan produk kecantikan untuk merawat diri mereka. Usaha ini bisa dibilang tidak ada matinya karena pasti akan ada wanita atau pria yang ingin membeli produk kecantikan.

Namun perlu diketahui bahwa persaingan di pasar ini sangat berat sehingga harus berhati-hati. Ketahui seluk beluk produk dengan baik dan juga awasi tipe kulit atau alergi dari pelanggan. Ikuti juga tren yang ada agar bisa menarik pelanggan.

Baca Juga: Mengenal Karakteristik Audiens Berdasarkan Pemakaian Media Sosialnya

6. Perlengkapan bayi

Perlengkapan bayi juga bisa dibilang tidak ada matinya. Kebutuhan bayi juga beragam mulai dari perlengkapan perawatan seperti kereta bayi, pakaian, susu, botol, dll. Bahkan produk untuk ibu hamil juga sangat dibutuhkan. Potensi pasar ini sangatlah besar dan beragam. Pastikan Anda melakukan pemasaran ke target yang tepat.


Ide Usaha Online lainnya

1. Menjadi Youtuber

Setiap orang pasti membutuhkan hiburan. Saat ini konten hiburan dapat diunggah melalui sosial media dan juga Youtube. Anda hanya membutuhkan kamera dan ide konten yang menarik. Seorang Youtuber bisa mendapat pendapatan hingga puluhan bahkan ratusan juta bila channelnya ramai.

Anda bisa memulai dengan ide apa saja, misalnya konten memasak, vlog atau review barang. Semua bisa dilakukan di Youtube, hanya perlu tahu tren dan ise yang menarik untuk pengguna. Ingatlah usaha ini membutuhkan waktu yang cukup panjang jadi bersabarlah.

2. Influencer sosial media

Influencer juga dibutuhkan oleh banyak produk untuk memasarkan produk mereka. Jangan heran jika pendapatan influencer juga menjanjikan karena exposure yang mereka berikan pada produk terbilang besar. Pahami tingkatan influencer seperti nano, mikro, makro atau premium agar Anda dapat melakukan pekerjaan secara tepat. Bergabunglah ke platform influencer seperti SociaBuzz.

Baca Juga: Pelajaran dari Kardashian dalam Melakukan Influencer Marketing

3. Menjadi blogger

Blogging adalah kegiatan menulis atau membuat artikel dalam blog pribadi. Konten bisa beragam dan informatif. Kegiatan ini membutuhkan modal yang rendah namun menuntut konsistensi. Banyak orang yang sudah berprofesi menjadi blogger dan terbukti dapat membawa keuntungan.


Ide Usaha Online Membutuhkan Layanan yang Online Juga!

Karena aktivitas usaha dilakukan secara online, pelanggan akan menghubungi Anda melalui pesan lewat media sosial atau email. Dengan banyaknya platform media yang digunakan, Anda bisa kewalahan dalam menanganinya. Qontak sebagai penyedia aplikasi omnichannel CRM dapat membantu Anda.

Aplikasi omnichannel CRM Qontak menggabungkan berbagai media yang Anda gunakan kedalam satu aplikasi yang terkoordinasi. Anda juga akan mendapatkan informasi seputar tren bisnis, personalisasi pelanggan dan juga fitur otomatis lain yang dapat membantu menyusun strategi pemasaran. Fitur chatbot juga dapat membalas pesan pelanggan secara otomatis. Sangat membantu untuk usaha online Anda bukan?

Qontak.com menawarkan implementasi gratis, pengaturan gratis, dan uji coba gratis selama 14 hari tanpa risiko apa pun. Klik disini untuk mencoba penawaran kami hari ini. Atau dengan mengisi form di bawah ini:

You may also like

By