Qontak WhatsApp

Manfaat, Strategi, dan Contoh Implementasi CRM pada Bisnis

Kunci Sukses Implementasi CRM untuk Bisnis

Pernahkan Anda merasa kewalahan mengelola administrasi bisnis? Atau kesulitan dalam meningkatkan penjualan dan membangun loyalitas pelanggan? Mungkin ini sudah saatnya untuk Anda Implementasi CRM (Customer Relationship Management) pada bisnis.

Namun apa itu implementasi CRM? Apa manfaat implementasi CRM pada bisnis? Seperti apa contoh implementasi CRM yang berhasil?

Untuk mengetahui infromasi selengkapnya, yuk simak pembahasan tentang implementasi CRM berikut ini!

9 Strategi Implementasi CRM pada Bisnis:

    1. Memilih sistem CRM yang tepat
    2. Melakukan segmentasi pasar
    3. Memetakan customer journey melalui papan kanban
    4. Mengecek performa individu dan penjualan
    5. Melakukan komunikasi dengan tim satu sama lain
    6. Evaluasi mendalam melalui dashboard yang komprehensif
    7. Rencanakan anggaran yang komprehensif
    8. Persiapkan data CRM Anda
    9. Analisis data dan review

Image CTA aplikasi CRM


Apa itu Implementasi CRM?

Implementasi CRM adalah proses penerapan CRM pada organisasi seperti perusahaan atau bisnis, sehingga bisnis dapat mengelola hubungan pelanggan mereka secara efektif dan maksimal.

Dengan implementasi CRM yang berhasil, bisnis dapat dengan mudah menganalisis interaksi pelanggan, melacak prospek potensial secara efisien, dan merampingkan proses atau alur kerja yang harus dilakukan.

Tonton video mengenai aplikasi CRM berikut ini untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut:


Mengapa Implementasi CRM Penting untuk Bisnis?

Implementasi CRM sangat penting bagi bisnis karena dapat memungkinkan bisnis mengatur dan mengotomatiskan aspek-aspek tertentu dalam bisnis, sehingga proses bisnis dapat berjalan dengan seefisien mungkin.

Dalam penerapannya, implementasi CRM dapat mencakup seluruh proses bisnis, mulai dari proses penjualan, kampanye pemasaran, hingga analisis bisnis dan data pelanggan. Singkatnya, ini membantu bisnis untuk megotomatiskan dan menyederhanakan proses bisnis secara mudah.

Apa Tujuan Implementasi CRM?

Implementasi CRM bertujuan untuk menciptakan hubungan pelanggan dan bisnis yang baik. Dengan begitu akan terbangun customer loyalty pada merek bisnis Anda.

Selain itu, terdapat tiga tujuan utama dari implementasi CRM, antara lain:

  1. Menambah pelanggan baru dan meningkatkan penjualan. Implementasi CRM dapat membantu dan mempermudah bisnis melakukan konversi calon pelanggan atau prospek menjadi pelanggan.
  2. Meningkatkan kualitas hubungan bisnis dengan pelanggan yang sudah ada.
  3. Mempertahankan pelanggan lama dan meningkatkan loyalitas mereka atau customer loyalty.

Sales Report_Implementasi CRM


 Apa Manfaat Implementasi CRM dalam Bisnis?

Implementasi CRM tidak hanya bermanfaat untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan, tetapi juga dapat membantu mendorong perolehan profit yang lebih tinggi.

Selain itu, masih ada banyak manfaat implementasi CRM lainnya yang dapat diperoleh bisnis, antara lain:

  1. Membantu tim sales dan marketing memahami keinginan pelanggan, dengan menyuguhkan layanan yang lebih mumpuni, serta memperkuat hubungan dengan pelanggan.
  2. Memperbaiki sistem dan prosedur pada administrasi penjualan.
  3. Informasi pelanggan dapat dengan cepat dan mudah diakses dalam berbagai perangkat seperti via Pocket PC dan smartphone.
  4. Monitoring aktivitas penjualan dari setiap anggota tim penjualan.
  5. Memungkinkan perusahaan menawarkan produk yang spesifik sesuai kebutuhan masing-masing pelanggan.
  6. Mengurangi duplikasi informasi pelanggan dengan sentralisasi database yang dapat diakses oleh semua pengguna.
  7. Menyimpan data penjualan perusahaan pada sistem yang aman.
  8. Menyajikan laporan penjualan secara detail.

Apa Saja Tantangan Implementasi CRM pada Bisnis?

Dalam penerapannya, implementasi CRM bukanlah hal mudah yang dapat dilakukan. Anda atau perusahaan mungkin akan menemui sejumlah tantangan yang dihadapi.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena kami akan menjabarkan apa saja tantangan mengaplikasikan CRM dan apa solusinya di bawah ini:

– Meyakinkan tim Anda untuk berubah

Salah satu tantangan utama implementasi CRM adalah meyakinkan orang-orang untuk berubah dan beralih menggunakan teknologi CRM. Mengingat tidak semua orang mungkin akan siap dengan inovasi dan perubahan. Beberapa mungkin akan khawatir bahwa pekerjaan mereka malah menjadi terancam dengan keberadaan CRM.

Solusinya adalah dengan memupuk budaya pembelajaran dan inovasi digital. Hal ini dapat dilakukan oleh manajer dan para petinggi lainnya, karena untuk beralih ke teknologi dibutuhkan dorongan dari atas ke bawah.

Dengan belajar sebagai tim untuk saling membantu meningkatkan keterampilan pada proses baru dan fungsionalitas CRM, perusahaan Anda dapat bergerak maju sebagai satu kesatuan.

– Mendapatkan persetujuan dari manajemen

Anda mungkin sudah berhasil memotivasi dan mendorong tim Anda untuk beralih ke teknologi CRM, namun bagaimana dengan manajemen perusahaan Anda?

Mendapatkan persetujuan dari manajemen adalah salah satu tantangan terbesar dari implementasi CRM. Tim penjualan mungkin berpikir perusahaan akan mendapat manfaat dari peralihan CRM yang terintegrasi penuh, tetapi para petinggi mungkin tidak berpikir yang sama.

Untuk membujuk para eksekutif senior, Anda perlu menyampaikan pesan yang tepat sama seperti Anda mengedukasi tim terkait pembelajaran dan inovasi digital.

– Meninggalkan program dan software yang disukai

Apakah Anda dan tim memiliki program atau software yang disukai? Ini mungkin bisa menjadi tantangan tersendiri untuk beralih ke sistem CRM yang sukses.

Jika demikian, Anda dapat menjelaskan bahwa saat ini implementasi CRM tidak berarti melepaskan program atau software Anda yang sudah ada. Sebaliknya, ia menawarkan perusahaan Anda cara untuk menyatukan mereka semua.

– Berurusan dengan waktu dan biaya

Proses transformasi digital mungkin terlihat sederhana, namun ini tidak berarti dapat terjadi dalam waktu semalam saja. Sistem akan membutuhkan wkatu dan banyak bandwidth untuk memindahkan data, terutama jika Anda memiliki banyak informasi untuk dipindahkan.

Di sisi lain, Anda mungkin merasa biaya yang dikeluarkan untuk sistem CRM mungkin bukanlah angka yang sedikit. Akan tetapi, Anda perlu mengingat bahwasanya sistem tersebut Anda beli tidak hanya untuk digunakan satu atau dua hari saja, tetapi selama yang Anda bisa.

Lalu apa solusinya? Sama seperti proyek pemasaran dan penjualan lainnya, Anda dapat menghitung return of investment (ROI) terlebih dahulu sebelum memutuskan berpindah ke sistem CRM.

– Mempercayai teknologi

Bagi beberapa orang, mempercayai teknologi bukanlah hal yang mudah. Terutama ketika dikatikan dengan keamanan data dan operasi bisnis. Jangan sampai peralihan teknologi malah berdampak buruk pada pengalaman pelanggan Anda.

Oleh karena itu, sebelum beralih ke sistem teknologi seperti CRM, ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu guna memeroleh gambaran lengkap tentang apa yang akan ditawarkannya.

– Memilih CRM yang salah

Tantangan terberat dari implementasi CRM lainnya adalah memilih CRM yang salah. Anda mungkin melihat beberapa kenalan Anda membayar biaya yang besar untuk sistem yang pada akhirnya mereka tidak senangi. Hal itu kemudian membuat Anda takut untuk beralih ke sistem CRM.

Padahal tidak semua sistem CRM sama, Anda perlu melakukan proses seleksi yang teliti terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan CRM mana yang akan Anda gunakan. Bagaimanapun juga, memilih alat yang tepat sangatlah penting bagi kesuksesan perusahaan mana pun.

Strategi Implementasi CRM yang Tepat

Anda mungkin merasa bingung tentang bagaimana cara implementasi CRM yang tepat agar dapat berhasil untuk bisnis. Namun, Anda tidak perlu khawatir.

Contoh implementasi CRM yang berhasil dapat diperoleh dengan mengikuti beberapa tips implementasi untuk pengembangan bisnis berikut ini.

1. Memilih sistem CRM yang tepat

Aplikasi CRM Qontak

Langkah pertama yang perlu diperhatikan saat implementasi CRM adalah memilih sistem yang tepat untuk bisnis Anda.

Pastikan sistem CRM Anda terkonfigurasi dengan baik, memiliki mobile application, dan terjangkau. Yang terpenting, Anda harus memastikan bahwa sistem CRM yang dipilih dapat memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan aplikasi CRM terbaik dari Qontak by Mekari. Aplikasi CRM Qontak dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang dapat mengotomatiskan dan meningkatkan bisnis Anda secara keseluruhan.

Saya Mau Coba Gratis CRM Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Qontak Sekarang!

2. Melakukan segmentasi pasar

Penggunaan aplikasi CRM dapat membantu Anda untuk melakukan segmentasi pasar berdasarkan informasi dan data pelanggan yang ada pada database CRM.

Dengan demikian, Anda dapat memiliki strategi pemasaran dan penjualan yang sesuai dengan bisnis Anda.

3. Memetakan customer journey melalui papan kanban

Untuk implementasi CRM yang berhasil, Anda perlu memetakan customer journey melalui papan kanban yang tersedia pada aplikasi CRM

Customer journey mapping ini berfungsi untuk mengetahui perjalanan pelanggan dan implementasi bisnis Anda secara keseluruhan.

Apabila ada tahapan yang dirasa masih kurang, maka Anda dapat memperbaikinya untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

4. Mengecek performa individu maupun penjualan

Kemudian Anda perlu mengecek performa individu maupun penjualan secara keseluruhan. Hal ini bertujuan untuk melihat bagaimana perkembangan tim dan bisnis Anda.

Lebih lanjut, Anda dapat menggunakan fitur live GPS pada aplikasi CRM untuk mengetahui bagaimana performa sales Anda di lapangan.

Mengetahui performa tim dan penjualan dapat membantu Anda untuk nantinya melakukan evaluasi bisnis guna meningkatkan bisnis Anda.

5. Melakukan komunikasi dengan tim satu sama lain

Sama halnya dengan ERP (Enterprise Resource Planning), permasalahan terbesar saat implementasi adalah pengguna tidak terlibat dalam perkembangan sistem CRM.

Perlu diketahui, bahwasanya keterlibatan dan komunikasi tim sejak awal sistem berjalan sangatlah penting. Di mana diperlukan masukan atau feedback dari tim untuk melihat bagaimana efektivitas sistem berjalan.

Selain itu, komunikasi ini juga berfungsi untuk meningkatkan kinerja dan operasional bisnis secara keseluruhan.

6. Evaluasi mendalam melalui dashboard yang komprehensif

Langkah penting yang tidak boleh Anda lewatkan adalah melakukan evaluasi mendalam melalui dashboard yang komprehensif.

Dengan dasbor laporan yang canggih, Anda dapat memiliki laporan terkait penjualan, layanan pelanggan, dan proyek dengan mudah melalui satu platform terpadu.

Kemudian Anda dapat mengevaluasi seluruh laporan tersebut untuk meningkatkan bisnis Anda, termasuk pemasaran, penjualan, dan pendapatan.

7. Rencanakan anggaran yang komprehensif

CRM yang hebat tentuk akan membantu Anda untuk bekerja dengan lebih efisien dan menghemat uang Anda dalam jangka panjang. Namun demikian, Anda tetap membutuhkan pembayaran di muka untuk memeroleh CRM yang hebat tersebut.

Untuk itu, Anda perlu merencakan anggaran atau budget yang komprehensif terkait sistem CRM yang ingin Anda gunakan. Dalam hal ini, Anda juga dapat menggunakan perhitungan ROI untuk mengetahui CRM mana yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

8. Persiapkan data CRM Anda

Jika Anda sebelumnya tidak pernah menggunakan sistem CRM, kemungkinan data pelanggan Anda berada pada kertas fisik atau spreadsheet yang masih berantakan.

Dalam hal ini, Anda perlu memilah data mana saja yang akan bisnis Anda gunakan dan mana yang akan dibuang. Di sisi lain, Anda juga dapat melakukan beberapa segmentasi data sebelumnya untuk memudahkan migrasi data ke sistem CRM.

9. Analisis data dan review

Biasanya penyedia CRM akan memberikan akun demo atau uji coba gratis. Anda dapat memanfaatkan hal tersebut untuk mengetahui seberapa puas Anda dengan sistem CRM yang disediakan dan bagaimana itu bekerja dengan data Anda.

Analisis data Anda dengan sistem CRM tersebut dan berikan pendapat Anda tentangnya. Apakah Anda menyukainya atau tidak, dan yang tidak kalah penting, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda atau belum. Tanyakan juga pada tim lainnya yang turut akan menggunakan sistem tersebut.

Contoh Implementasi CRM

Untuk membantu Anda lebih memahami seperti apa implementasi CRM pada bisnis, berikut kami jabarkan 5 contoh implementasi CRM pada bisnis:

– Mengelola umpan balik pelanggan

Dengan menggunakan sistem CRM, Anda dapat mengumpulkan, mengelola, dan menyimpan umpan balik pelanggan secara mudah dan efektif. Sehingga nantinya umpan balik tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pengembangan produk atau layanan pada perusahaan Anda.

Tidak hanya itu saja, pengelolaan umpan balik pelanggan dengan CRM juga dapat membantu Anda untuk mengukur wawasan pelanggan terkait bisnis, meningkatkan strategi pemasaran dan penjualan, meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan, mengukur kepuasan pelanggan, dan masih banyak lagi.

– Melacak aktivitas pelanggan

Contoh implementasi CRM berikutnya adalah untuk melacak aktivitas atau kegiatan pelanggan. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan CRM untuk melacak aktivitas pelanggan sepanjang siklus atau perjalanan mereka. Aktivitas ini dapat mencakup seluruh proses, mulai dari prospek hingga penjualan dengan pelanggan yang sudah ada.

Dengan melacak aktivitas pelanggan, Anda dapat memahami apa yang penting bagi pelanggan dan apa yang tidak. Sehingga kedepannya, Anda dapat memiliki strategi dan keputusan bisnis yang lebih baik dan efektif untuk bisnis Anda.

– Mengelola database pelanggan

Database pelanggan merupakan salah satu aset penting bagi perusahaan. Untuk itu, pengelolaan database pelanggan menjadi sangat penting dan membutuhkan perhatian khusus dari pihak-pihak yang terlibat. Namun, pengelolaan database secara manual bisa menjadi pekerjaan yang melelahkan, karena dapat menyita waktu dan tenaga yang besar.

Oleh sebab itu, Anda dapat menggunakan implementasi CRM untuk mengotomatiskan pengelolaan database pelanggan secara mudah berdasarkan timeline historis pelanggan. Sehingga, Anda dan tim nantinya dapat mencari berbagai informasi dan data terkait pelanggan secara cepat dan mudah untuk berbagai kebutuhan.

– Memudahkan analisis bisnis

Contoh implementasi CRM selanjutnya adalah dengan memudahkan analisis bisnis. Anda dapat menggunakan sistem CRM untuk melakukan analisis bisnis secara akurat dan real time berdasarkan data serta informasi bisnis yang terdapat pada sistem CRM Anda.

Dengan demikian, Anda dan tim dapat memiliki wawasan serta perspektif holistik terkait bisnis Anda. Di sisi lain, Anda juga dapat menggunakannya untuk mengevaluasi kinerja serta produktivitas bisnis, sehingga dapat membuat keputusan yang lebih baik lagi.

– Integasi antar aplikasi

Contoh implementasi CRM lainnya yaitu mengintegrasikan aplikasi CRM Anda dengan aplikasi bisnis lainnya, seperti Omnichannel dan WhatsApp API. Sehingga, Anda dapat meningkatkan bisnis secara mudah dan efektif dalam satu genggaman saja.

Lebih lanjut, memiliki CRM yang sesuai dengan tujuan bisnis Anda tidak hanya dapat meningkatkan bisnis, tetapi juga meningkatkan pengalaman pelanggan. Di saat yang bersamaan, ini juga dapat menyinkronkan data di seluruh aplikasi yang dapat membantu mengurangi duplikat pekerjaan yang tidak efektif.


Sukseskan Implementasi CRM Anda Bersama Mekari Qontak!

Logo Mekari Qontak

Kunci sukses implementasi CRM adalah memberikan informasi yang tepat kepada tim pemasaran dan penjualan pada waktu yang tepat. Semua itu dapat Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi CRM terbaik.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM terbaik yang dapat diintegrasikan dengan sistem omnichannel. Dengan menggunakan aplikasi CRM Mekari Qontak, Anda dapat mengelola semua aktivitas terkait pelanggan, seperti penjualan, pemasaran, dan customer service dalam satu dashboard terpadu.

Sementara itu, aplikasi Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan terkemuka untuk membantu mengelola bisnisnya secara efisien dan efektif. Tak hanya itu, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Yuk, coba demo untuk lebih tahu tentang aplikasi CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau dengan mengisi form coba gratis dibawah ini:

You may also like

By