Qontak WhatsApp

5 Ungkapan Inspiratif untuk Membangun Kultur Bisnis

Company Culture

Kultur yang terbentuk di sebuah perusahaan memiliki efek langsung pada kesuksesan dari bisnis yang dijalankan, karena kultur yang tercipta di dalam suatu perusahaan ikut mempengaruhi setiap orang yang menjadi anggotanya, bahkan hingga ke berbagai partner bisnis yang bersinggungan dengan perusahaan.

Rich Karlgaard, Editor-at-Large dan Global Futurist di Forbes Media, berbagi mengenai pentingnya pembentukan kultur perusahaan pada iklim ekonomi global di masa kini. Berikut ini berbagain ungkapan inspiratif mengenai pentingnya kultur perusahaan yang sesuai dalam suatu perusahaan:
1. Sadarilah keberadaan kultur perusahaaan
Organisasi harus berhenti berpikir mengenai seberapa besar perusahaan mereka atau berapa banyak orang yanh mereka gaji. Jika perusahaan terlalu mengurusi setiap pengambilan keputusan hingga ke departemen terkecil, perusahaan tengah memperlambat laju pergerakan dan perkembangan perusahaan. Kenalilah dan sadarilah apa yang tepat menjadi kultur perusahaan Anda. Tuliskan dan perkenalkan, sosialisasikan, arahkan perusahaan Anda di seputar kultur Anda tersebut.
2. Bangunlah kultur perusahaan tanpa memandang seberapa besar perusahaan.
Pengaruh dari kondisi ekonomi global saat ini memotivasi semua bisnis untuk selalu berhati-hati dalam menyikapi situasi tempat bisnis mereka berada, masalah yang tengah dihadapi dan di mana saja terletak kesempatan mereka tersebut. Jangan panik atau stres mengenai hal-hal ini, bersatulah sebagai tim untuk mengejar berbagai kesempatan tersebut dan memecahkan masalah yang ada.
Company Culture
Sumber Gambar: BCW.com
3. Memperhatikan sistem imun dari perusahaan
Contoh terbaik dari pembentukan kultur adalah sistem imun pada organisme hidup. Sistem imun ada di dalam tubuh manusia dan merawat serta melindungi manusia. Bayangkan jika sistem imun tubuh bekerja dengan sangat baik. Sama halnya dengan kultur dalam sebuah organisasi. Imun sistem yang tinggi dalam sebuah perusahaan akan memastikan adanya tingkat kepercayan yang tinggi, kerjasama tim yang baik, apresiasi pada keberagaman, dan talenta unik yang dibawa oleh setiap anggota timnya ke dalam organisasi.
4. Karakteristik yang seimbang dengan harapan
Perusahaan yang bergerak dari bisnis ke bisnis sama halnya dengan pergerakan orang ke orang. Bekerja dengan sesama kita yang ada di dalam dunia bisnis memiliki tujuan yang sama, yaitu mendapatkan customer, mempertahankan mereka, dan memastikan kepuasan mereka sebagai pelanggan. Dalam hal ini, sisi rasional dan emosional sama-sama penting. Bawa hal ini ke dalam produk atau layanan yang ditawarkan. Mereka yang memperkenalkan produk atau layanan perusahaan Anda pada customer harus memiliki karakteristik yang seimbang dengan harapan ini.
Company Culture
Sumber Gambar: linkedin.com
5. Bangun tim yang penuh dengan keahlian dan kemampuan otak di berbagai sisi
Untuk menciptakan tingkat kepercayaan dan dorongan diri yang tinggi di dalam sebuah organisasi, bentuklah tim yang secara spontan memiliki pola pikir memecahkan masalah atau mengejar kesempatan dari hari ke hari. Tim yang demikian disebut sebagai tim berotak penuh, dengan anggota-anggota yang memiliki keberagaman pola pikir, para introverts, para extroverts, pemikir otak kiri, dan pemikir otak kanan, yang semuanya dapat melihat gambaran besar. Orang-orang yang analitis dan intuitif juga dibutuhkan.
Selain dari kelima ungkapan inspiratif di atas, kultur sebuah perusahaan dapat terbentuk hanya jika kultur perusahaan mudah disesuaikan dan diadaptasikan. Rasa takut akan ketidakpastian juga tentu selalu diperlukan, selama hal itu tidak sampai melumpuhkan operasi perusahaan. Kultur perusahaan Anda tersebut juga haruslah memiliki pergerakan yang selalu mewaspadai dan mengamati tren. Dengan demikian, kultur perusahaan yang tercipta akan membentuk tim bisnis yang kuat serta memajukan perusahaan.

You may also like

By