Qontak WhatsApp

Ini Dia Rahasia Mendapatkan Waktu Meeting dengan Eksekutif

Sales Meeting with Executives

Melakukan networking dengan pihak-pihak penting dalam dunia bisnis yang Anda geluti merupakan salah satu bagian krusial dari melakukan closing sales. Tanpa adanya networking secara virtual maupun face to face, maka brand Anda akan stuck dan tidak mengalami perkembangan yang signifikan baik dari segi penjualan maupun perbaikan sistem internal.

Dalam melakukan networking dan terlibat dalam sebuah percakapan dan negosiasi, dengan pihak mana Anda berbicara juga akan menjamin berhasil tidaknya suatu prospek menjadi klien Anda. Pihak terpenting adalah para decision maker, pembuat keputusan dalam suatu bisnis yang biasanya adalah pihak eksekutif. Untuk menghemat waktu dan langsung memiliki janji interview dengan pihak eksekutif senior yang biasanya hanya memiliki waktu yang sangat terbatas dengan Anda, berikut ini hal-hal yang dapat Anda lakukan.

  1. Hubungi pihak eksekutif hanya ketika mereka siap

Kesiapan pihak eksekutif untuk Anda hubungi dan Anda tawarkan kerjasama adalah “jendela” yang harus Anda temukan. Untuk mengenali timing yang pas menjadi “jendela” kesempatan Anda bertemu langsung dengan para pembuat keputusan ini, selalu awasi setiap kesempatan yang ada untuk menjadwalkan janji temu. Anda dapat juga melacak ketertarikan orang-orang ini dengan mengecek apakah email kampanye Anda dibuka oleh pihak mereka lebih dari sekali dengan berbagai tool email marketing yang tersedia atau dengan memasang inbox plugins.

Sales Meeting with Executives
Sumber gambar: trissaconsulting.com

2. Saat Anda mendapatkan respons, segeralah mengunci dan mengamankan waktu temu Anda dengan pihak eksekutif tersebut

Anda perlu menyadari sedikitnya waktu yang ada dalam kesempatan yang langka tersebut. Dengan demikian, Anda tidak merisikokan batalnya janji temu tersebut hanya karena Anda tidak kunjung menjadwalkan waktu temu yang pas dengan ketersediaan pihak eksekutif tersebut. Jangan bertanya, tapi sediakanlah alternatif. Segera list jadwal di mana Anda dapat bertemu dengan pihak eksekutif ini dan ungkapkan bahwa Anda dapat menyesuaikan waktu temu dengan ketersediaan waktu pihak eksekutif tersebut. Dengan demikian, Anda dapat menunjukkan bahwa Anda mengutamakan kepentingan dan kenyamanan mereka, serta menghindari saling berbalas email yang tidak kunjung mencapai keputusan temu final, membuat pihak mereka tergoda untuk membatalkan janji temu dengan Anda.

Sales Meeting with Executives
Sumber gambar: entrepreneur.com

3. Jangan membiarkan kesempatan bertemu ini terlewat begitu saja

Sebagai pelaku sales, wajar jika inbox Anda dipenuhi oleh berbagai email sehingga mudah bagi Anda untuk melewatkan kesempatan yang sebenaranya sudah tersaji di depan mata Anda. Jika Anda mengirimkan email sales dalam jumlah puluhan, bahkan ratusan setiap harinya, Anda akan semakin kesulitan untuk melacak siapa saja yang sudah merespon email Anda dan mana saja pihak yang sudah Anda prospek dan siap untuk masuk ke proses penjualan selanjutnya. Untuk mengatasi hal ini, gunakanlah software email yang memang didesain untuk menghindari keruwetan dan tumpang tindihnya email yang penting dan berpotensi menjadi klien Anda.

Lakukan tiga tips ini untuk proses pendekatan Anda pada klien selanjutnya dan ukurlah seberapa efektifnya hal ini untuk pengembangan bisnis Anda dari segi penjualan.

You may also like

By