Qontak WhatsApp

Ini Dia Skill Hubungan yang Menentukan Kesuksesan Anda

Kemampuan Berhubungan

Sebagai pelaku sales dan marketing, keuntungan perusahaan, brand serta klien merupakan objektif utama dalam berbisnis. Memastikan ketiga pihak sama puasnya dengan kinerja dan hasil yang diberikan membutuhkan skill atau kemampuan berhubungan yang spesifik serta terukur.

Beberapa kemampuan berhubungan yang harus dimiliki oleh karyawan Anda yang berlevel manajer dalam berhubungan dengan klien, sesama kerywan serta perusahaan secara general antara lain:

  1. Adanya rasa empati yang tinggi

Memiliki kemampuan berempati membuat orang di sekitar Anda merasakan dampak positif dengan bekerja sama dengan Anda. Seseorang yang memiliki sifat empati akan secara otomatis rela berkorban untuk orang di sekitarnya. Seorang pemimpin dengan rasa empati yang tinggi memiliki kemampuan untuk mengerti posisi customer serta karyawannya sehingga sanggup mengantisipasi dan segera membenahi isu yang terjadi sebelum bertambah serius dan membahayakan relasi. Empati bisa tampak dari adanya kemauan untuk mendengarkan orang lain, terutama customer, dengan ketulusan yang tidak dibuat-buat. Detail kecil seperti mampu mengingat nama customer dan hal yang mereka sukai hanya dari percakapan sebelumnya dapat menandakan hati seseorang yang memang berempati.

  1. Kemampuan berkomunikasi

Delegasi kepada bawahan saja tidak cukup, pemimpin yang baik harus mampu memberikan informasi penting sekaligus memiliki kemampuan mendengarkan sebagai bagian dari praktek komunikasi dua arah. Tidak hanya itu, kemampuan membaca Bahasa tubuh dan tanda-tanda nonverbal lainnya juga penting untuk dimiliki dalam berkomunikasi. Membaca ekspresi lawan bicara, nada suara dan kata-kata yang diucapkan juga merupakan dari bagian berkomunikasi. Kemampuan berkomunikasi yang baik akan sangat membantu dalam penyampaian pesan secara lebih jelas, cepat dan profesional.

Kemampuan Berhubungan
Sumber Gambar: astrogle.com
  1. Kemampuan untuk menyelesaikan konflik

Agar kerjasama dan kolaborasi terjadi secara harmonis, dibutuhkan kemampuan berhubungan yang satu ini. Sebelum strategi yang sudah disusun diimplementasikan, diperlukan kemampuan untuk mengesampingkan perbedaan dan bekerja sama memecahkan konflik yang ada. Mengidentifikasi dan mengklarifikasi isu yang sedang terjadi membuat resolusi akan lebih mudah dicapai. Kemampuan untuk menegosiasikan dan mengompromikan keuntungan bagi masing-masing pihak secara adil juga diperlukan.

  1. Adanya rasa percaya

Kepercayaan yang terbangun dalam diri setiap anggota tim terhadap pemimpinnya merupakan kunci penting untuk lebih mudah memecahkan konflik. Layaknya komunikasi, kepercayaan juga harus terjadi secara dua arah di antara perusahaan, karyawan hingga customer. Kepercayaan sendiri hanya dapat terbentuk dengan adanya aksi yang membangun reputasi, sekaligus mempercayai orang yang sudah Anda pilih dan setuju untuk bekerja sama dengan Anda. Dengan adanya rasa dipercayailah Anda akan mendapatkan timbal balik yang sama.

  1. Adanya kesabaran

Dibutuhkan kesabaran yang tinggi jika Anda merupakan salah satu pemain tim yang memanggul beban kelangsungan bisnis Anda. Kemampuan untuk menahan diri, menanti dan mengontrol emosi akan menjamin keberlangsungan bisnis serta relasi yang Anda bangun.

Kemampuan Berhubungan
Sumber Gambar: ardine-training.co.uk
  1. Adanya pikiran yang terbuka

Saat Anda melakukan kesalahan dan Anda tidak menyadarinya, diperlukan pikiran yang terbuka untuk bisa mengatasi hal ini dan tetap bersikap rendah hati. Pikiran yang terbuka juga akan lebih membantu customer dan karyawan untuk memberikan masukan bagi perusahaan Anda dan membuka kesempatan untuk terjadinya perbaikan dan perkembangan.

  1. Adanya rasa humor yang tinggi

Memiliki rasa humor yang tinggi bukan berarti Anda adalah orang yang paling suka bercanda atau paling iseng. Memiliki rasa humor yang tinggi sama artinya dengan adanya kemampuan untuk membiarkan sesuatu yang negatif beralih dengan sendirinya dan Anda bisa segera tertawa kembali.

Untuk menjadi sosok komunikator yang lebih baik, pastikan Anda selalu menjadi pendengar yang baik dan selalu mau belajar dari kesalahan Anda. Terbukalah dengan proses yang Anda lalui, dan Anda akan menjadi pemimpin dan pebisnis yang lebih baik.

You may also like

By