Qontak WhatsApp

Inilah 3 Cara Mendongkrak SEO Dengan Media Sosial

SEO Strategy for Social Media

Di era digital saat ini setiap merek biasanya akan terfokus pada tingginya rankin Search Engine Optimization (SEO). Berbagai upaya dilakukan agar SEO mereknya tergolong tinggi. Namun biasanya cara meningkatkan SEO hanya terfokus pada penggunaan website. Berbagai keyword ditanamkan pada website, berbagai artikel dengan keyword pun dimasukkan ke website demi mendongkrak SEO.

Kenyataannya saat ini SEO tak hanya dapat dioptimalkan melalui website, tapi juga bisa dilakukan melalui media sosial. Sebab media sosial pada dasarnya memiliki dampak yang cukup besar terhadap hasil pencarian di internet. Sebab itu eksistensi di media sosial pun dapat membantu Anda mendongkran SEO merek Anda.

Namun tetap saja perlu adanya hal-hal yang Anda harus pahami lebih dulu agar dapat mendongkrak SEO dengan memanfaatkan media sosial.

1. Buat Konten yang Menarik dan Memicu Untuk Dibagikan

Perlu diingat bahwa konten yang menarik dapat memberikan banyak respon dari pengguna media sosial. Apalagi bila sampai memicu untuk dibagikan. Tentu Anda tak asing lagi bagaimana sebuah konten yang pernah viral di media sosial dapat dengan mudah Anda temukan saat mencarinya di Google.

Namun yang perlu Anda ingat bahwa konten menarik tak selalu hanya konten yang bersifat lucu atau pun sarkastis. Konten informatif pun dapat menarik selama itu sesuai dengan merek Anda dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh konsumen Anda.

Misalkan, sebuah merek susu anak tentu akan lebih banyak mendapatkan tanggapan saat media sosialnya memberikan informasi terkait gizi anak atau asupan makanan yang baik bagi anak. Sebab para pengikut media sosialnya cenderung mencari informasi tentang hal-hal tersebut. Tentu akan berbeda hasilnya bila tiba-tiba saja akun tersebut berbicara soal politik sekalipun sifatnya meledek. Tanggapan pasti akan sangat minim didapatkan.

SEO Strategy for Social Media
Sumber Gambar: glowing-global.co.uk

2. Manfaatkan Link URL Website

Tentu Anda sudah sering mendapati bagaimana akun-akun sering membagikan postingan yang sifatnya mengarah kepada link url website mereka. Hal itu memang berguna untuk meningkatkan traffic website.

Selain itu jangan lupa untuk menambahkan link url website pada profil akun Anda. Hal tersebut juga berguna untuk membangun sebuah jalur atau saling keterkaitan.

Dan agar dapat mengoptimalkan SEO, maka pastikan pemuatan link url pada setiap postingan disertai dengan konten menarik. Ingat, konten di media sosial janganlah dibuat panjang lebar. Justru akan lebih baik bila dibuat yang singkat namun padat. Bahkan bila perlu yang mampu mengundang rasa penasaran agar pengunjung mau mengklik link url yang disematkan.

SEO Strategy for Social Media
Sumber Gambar: techrevolve.com

3. Perbanyak Interaksi Dengan Followers

Akun dengan jumlah followers yang besar akan lebih mudah ditemukan pada sebuah pencarian. Sekalipun ada yang menyerupai username, namun pengguna media sosial pasti akan tahu mana akun yang asli berdasarkan jumlah followers.

Namun jumlah followers bukan menjadi satu-satunya kunci untuk meningkatkan SEO. Justru banyaknya jumlah followers yang berinteraksi menjadi pemicu tingginya SEO akun Anda. Karena itu tidak direkomendasikan bagi Anda untuk membeli followers. Sebab biasanya followers tersebut hanya bersifat pasif.

Bentuk interaksi di media sosial pun beragam, bisa dalam bentuk like, retweet, sharing maupun berkomentar. Kenapa interaksi bisa menjadi kunci meningkatnya ranking SEO? Sebab kegiatan sosial seperti itu adalah hal nyata yang dapat menarik SEO. Banyaknya orang yang berinteraksi dengan akun Anda akan membawa penelusuran selalu terpusat kepada akun Anda.

Google selama ini tak hanya mengurutkan sebuah konten berdasarkan penanaman keyword, melainkan juga berdasarkan jumlah traffic dan besarnya interaksi. Ini adalah tanda bahwa interaksi sosial secara ‘manusia’ masih lebih penting dan menjadi hal utama bagi sebuah mesin pencari dalam menditeksi dibandingkan penanaman keyword yang lebih terkesan hanya mengandalkan kerja sebuah ‘mesin’.

Bagaimanapun, media sosial menjadi salah satu alat marketing dan sales yang sangat baik. Apalagi bila Anda dapat memanfaatkannya dalam meningkatkan SEO. Dan pastikan Anda menjalankan hal-hal yang sudah disebutkan di atas agar bisa mendapatkan hasil maksimal untuk meningkatkan SEO.

You may also like

By