Qontak WhatsApp

Mengenal Jenis-Jenis CRM pada Bisnis

Mengenal Jenis-Jenis CRM pada Bisnis

Di tengah persaingan bisnis ketat saat ini, sangat penting bagi sebuah bisnis untuk bisa mengakses informasi yang tepat pada saat dibutuhkan. Software customer relationship management (CRM) adalah solusi yang membantu bisnis untuk berkomunikasi dengan prospek dan pelanggan lebih efisien. Maka dari itu, Anda dapat menemukan banyak jenis-jenis CRM di pasaran.

Jenis-jenis CRM yang berbeda dapat membantu tujuan bisnis Anda dari berbagai sudut. Memilih sistem CRM yang terbaik untuk perusahaan Anda harus melihat tujuan bisnis dan kendala utama yang harus diselesaikan. Lalu apa saja jenis-jenis CRM?

Terdapat 3 jenis-jenis CRM yang perlu Anda ketahui, yaitu sebagi berikut:

  1. CRM Operasional
  2. CRM Analitik
  3. CRM Kolaboratif atau Strategis

Image CTA aplikasi CRM


1. CRM Operasional

CRM operasional

Pengertian CRM Operasional adalah perangkat digital yang dapat memudahkan proses bisnis yang meliputi sales automation, marketing automation, dan service automation. CRM operasional merupakan jenis CRM yang paling umum dan populer di antara berbagai industri bisnis.

Tujuan utama dari jenis CRM ini adalah untuk mencari pelanggan potensial, mengubah mereka menjadi kontak, mengumpulkan seluruh data yang dibutuhkan, dan menyediakan produk selama siklus pelanggan.

Siapa yang Harus Menggunakan CRM Operasional?

CRM Operasional akan sangat cocok untuk Anda yang memiliki bisnis dengan proses penjualan linear, seperti bisnis kecil-menengah. Namun, ini bukan berarti perusahaan besar tidak bisa menggunakannya.

Jenis CRM ini tidak terbatas hanya untuk bisnis tertentu, semua jenis dari berbagai skala dan industri dapat menggunakannya. Intinya, jika Anda ingin melakukan otomatisasi cara kerja dan menghilangkan pekerjaan administratif yang monoton, jenis CRM ini cocok untuk bisnis Anda.

Apa Manfaat Menggunakan Operational CRM?

Berikut adalah manfaat operational CRM bagi bisnis:

  • Memiliki layanan pelanggan yang baik, karena semua data pelanggan disimpan dalam satu sistem. Data tersebut dapat dimanfaatkan untuk memahami pelanggan dan memberikan custome experience terbaik.
  • CRM operasional dapat memberikan Anda peluang besar untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dari data yang berhasil sistem kumpulkan. Dengan retensi pelanggan yang meningkat dan konversi yang lebih tinggi pada prospek baru, penjualan pasti akan bagus.

Contoh CRM Operasional

Sales Automation

Contoh CRM operasional pertama adalah sales automation atau otomatisasi penjualan. Contoh CRM operasional ini membantu perusahaan untuk mengotomatisasi proses penjualan. Tujuan utama dari sales automation adalah membuat standard dalam perusahaan dalam menghasilkan pelanggan baru serta dalam menghadapi pelanggan eksisting.

Contoh CRM operasional ini ini akan mengelola informasi sehingga bisnis Anda dapat memenuhi kebutuhan pelanggan serta meningkatkan penjualan menjadi lebih efektif dan efisien. Modul dalam CRM sales antara lain manajemen calon pelanggan, manajemen kontak, manajemen quote-to-order, dan sales forecasting.

Marketing Automation

Contoh CRM operasional kedua adalah marketing automation. Tujuan utama dari CRM marketing automation atau otomatisasi pemasaran adalah untuk mentukan cara terbaik dalam menawarkan produk dan melakukan pendekatan pada pelanggan potensial.

Modul utama dalam otomatisasi marketing adalah manajemen kampanye. Manajemen kampanye memungkinkan bisnis untuk menentukan cara paling efektif (misalnya email, telepon, atau sosial media) dalam meraih pelanggan potensial.

Service Automation

Contoh CRM operasonal ketiga adalah service automation atau otomatisasi layanan. CRM operasional ini membantu bisnis untuk mempertahankan pelanggan dengan menyediakan pelayanan terbaik dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan.

Sistem ini termasuk manajemen keluhan pelanggan, manajemen customer call untuk menangani telepon masuk dan keluar, dan manajemen untuk memantau kualitas layanan berdasarkan key performance indicator (KPI).

Baca Juga: Mengenal Proses CRM dalam Bisnis


2. CRM Analitik

CRM analitik

Pengertian CRM analitik adalah sistem CRM yang dapat membantu manajemen atas, marketing, sales, dan customer service dalam menentukan cara terbaik melayani pelanggan. Fungsi utama CRM jenis ini adalah analisis data.

CRM jenis ini menganalisis data pelanggan yang berasal dari berbagai sumber. Data ini kemudian digunakan untuk memperoleh insight mengenai status terkini perusahaan. Data tersebut akan membantu manajemen atas dalam mengambil keputusan yang lebih baik serta memahami efektivitas kampanye.

Selain itu, data ini juga membantu sales executive untuk meningkatkan penjualan dan customer service dalam meningkatkan kualitas layanan dan membangun hubungan pelanggan yang baik.

Siapa yang Harus Menggunakan CRM Analitik?

CRM analitik cocok untuk bisnis yang ingin memanfaatkan data untuk memperoleh gambaran bagaimana alur pelanggan mereka.

Dengan demikian, Anda dapat mengevaluasi kinerja dan produktivitas bisnis secara keseluruhan, mengambil keputusan yang lebih baik, meningkatkan strategi pemasaran dan penjualan, serta meningkatkan pendapatan bisnis Anda.

Apa Manfaat CRM Analik bagi Bisnis?

Manfaat utama CRM analitik adalah memberikan hasil analisis yang komprehensif terkait bisnis dan pelanggan. Namun, manfaat CRM analitik tidak hanya itu saja.

Berikut adalah beberapa manfaat CRM analitik bagi bisnis:

  • Membantu menganalisis pasar dan mengevaluasi bisnis secara keseluruhan.
  • Memberikan peramalan dan perencanaan keuangan yang lebih akurat, serta menentukan metodologi terbaik untuk sales, marketing, dan support.
  • Memahami prospek dan pelanggan dengan lebih bai dengan cara menganalisis data secara terstruktur.
  • Meningkatkan efektivitas sistem CRM dan menganalisis KPI yang ditentukan oleh perusahaan.

Contoh CRM Analitik

– Memetakan informasi secara akurat

Pada dasarnya CRM Analitik menggunakan teknik data mining untuk memetakan informasi terkait prospek, pelanggan, tren, dan bisnis secara akurat. Ini nantinya akan memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang perjalanan dan pengalaman pelanggan.

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat menggunakan CRM analitik untuk mengelompokkan pelanggan berdasarkan kategori atau atribut tertentu, seperti demografi, kelompok usia, dan masih banyak lagi.

– Melakukan analisis online

Penggunaan CRM analitik dapat memungkinkan Anda untuk melakukan analisis online secara mudah. Proses analisis ini tidak hanya mencangkup aspek-aspek bisnis secara individual, tetapi juga secara menyeluruh atau komprehensif.

Dengan demikian, Anda dan tim dapat melihat bagaimana pelanggan berkomunikasi dan berinteraksi dengan situs atau saluran bisnis lainnya dalam rentang waktu tertentu.

– Mengoptimalkan aktivitas pemasaran dan penjualan

Meskipun optimalisasi aktivitas pemasaran dan penjualan merupakan contoh keuntungan dari CRM operasional, namun CRM analitik juga dapat melakukannya dengan hasil analisis yang dihasilkan dari CRM analitik itu sendiri.

Anda dapat menggunakan CRM analitik untuk mmaksimalkan pemasaran dan penjualan, dengan cara berfokus pada prospek potensial, dan menganalisis apa yang mereka sukai dan apa yang tidak. Sehingga, tim marketing dan sales Anda dapat mempelajarinya untuk membuat strategi yang lebih efektif.


3. CRM Kolaboratif atau Strategis

CRM kolaboratif

Pengertian CRM kolaboratif adalah sistem CRM yang dapat membantu perusahaan untuk membagikan informasi pelanggan antar unit bisnis seperti tim sales, marketing, pendukung, dan teknis.

Lebih lanjut, CRM kolaboratif membantu menyatukan semua tim untuk mencapai satu tujuan, yaitu menggunakan informasi tersebut untuk meningkatkan kualitas customer service sehingga menghasilkan loyalitas pelanggan dan mendapat pelanggan baru untuk meningkatkan penjualan.

Siapa yang Harus Menggunakan aplikasi CRM Kolaboratif?

Bisnis yang memiliki beberapa cabang atau lokasi akan sangat cocok dengan jenis ini. CRM dapat membuat sinkronisasi antar unit bisnis. CRM kolaboratif juga cocok untuk perusahaan yang sangat mengandalkan komunikasi antar departemen.

Jenis ini akan kurang sesuai bagi perusahaan yang tidak ingin membagikan informasi pelanggan secara bebas ke seluruh organisasi.

Apa Manfaat CRM Kolaboratif bagi Bisnis?

Manfaat utama CRM kolaboratif adalah membantu Anda untuk memperoleh semua kebutuhan dalam satu sistem terpadu. Selain itu, CRM kolaboratif juga memiliki beberapa manfaat menguntungkan lainnya, seperti:

  • Mengurangi biaya layanan pelanggan.
  • Meningkatkan nilai tambah produk Anda.
  • Memberikan up-selling yang lebih baik kepada klien yang sudah ada.
  • Meningkatkan tingkat retensi pelanggan dan loyalitas.
  • Membantu berkomunikasi dengan, mempertahankan, dan melayani lebih banyak pelanggan dengan lebih sedikit sumber daya.
  • Meningkatkan interaksi saluran.

Contoh CRM Kolaboratif

– Manajemen interaksi

Manajemen interaksi merupakan proses yang melacak seluruh interaksi antara bisnis dan pelanggan, baik melalui email, sosial media, maupun media lainnya.

Perusahaan dapat untuk menyimpan seluruh log percakapan dengan pelanggan. Unit bisnis lain dapat membagikan informasi ini ke seluruh organisasi.

– Manajemen channel

Manajemen channel merupakan lanjutan dari manajemen interaksi. Dalam proses ini, informasi dari manajemen interaksi digunakan untuk mengidentifikasi saluran komunikasi mana yang sesuai dengan preferensi pelanggan.

Baca Juga: Manfaat, Strategi, dan Contoh Implementasi CRM pada Bisnis


Dapatkan CRM yang Tepat untuk Bisnis Anda Sekarang!

Aplikasi Sales CRM Mekari Qontak

Itu dia jeni-jenis CRM yang dapat digunakan bisnis. CRM operasional, CRM analitik, dan CRM kolaboratif memiliki fitur dan keuntungan yang berbeda-beda. Ini dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Namun, apabila Anda ingin memperoleh semua manfaat CRM dalam satu platform, Anda dapat memilih aplikasi CRM terbaik dari Mekari Qontak. Aplikasi CRM Mekari Qontak merupakan solusi end-to-end yang dapat Anda gunakan untuk kebutuhan operasional, analitik, dan kolaboratif dalam satu platform terpadu.

Selain itu, Aplikais CRM Mekari Qontak juga dilengkapi berbagai fitur canggih pendukung bisnis dan dapat integrasikan dengan Omnichanel dan WhatsApp API, sehingga dapat meningkatkan bisnis Anda secara maksimal.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk menangani layanan dan hubungan pelanggan mereka. Tidak hanya itu, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan. Jadi tunggu apa lagi?

Yuk, coba demo aplikasi CRM terbaik dari Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau dengan mengisi form coba gratis dibawah ini:

You may also like

By