Qontak WhatsApp

5 Cara Mudah Meningkatkan Layanan Customer Service

5 Cara Tingkatkan Layanan Customer Service

Panduan Membangun Layanan Customer service yang lebih Baik!

Layanan customer service kerap dimanfaatkan oleh pelanggan untuk menyampaikan keluhan ke sebuah bisnis. Tugas bisnis adalah memberikan solusi atas setiap keluhan pelanggan melalui customer service. Oleh karena itu, layanan pelanggan memiliki sangat penting bagi bisnis untuk menjalin komunikasi dan membangun kepuasan pelanggan.

Sayangnya tidak semua layanan pelanggan yang disediakan oleh bisnis berjalan mulus. Beberapa diantaranya mengalami kendala teknis atau menerapkan strategi yang tidak tepat. Lantas, strategi seperti apa yang bisa meningkatkan layanan customer service Anda? Berikut ini kami siapkan tips yang bisa Anda terapkan, baca yuk!

5 Cara Meningkatkan Layanan Customer Service sebagai berikut:

  1. Permudah pelanggan mengakses layanan pelanggan
  2. Jadikan kolom review sebagai kanal support customer Anda
  3. Bantu customer lewat pesan pendek
  4. Dukung customer Anda secara proaktif
  5. Pantau semua aktivitas layanan customer service

Apa yang Dimaksud Layanan Customer Service?

Layanan customer service adalah sebuah pelayanan yang disediakan bisnis untuk memberikan kepuasaan pelanggan. Tidak hanya menerima keluhan, pelanggan juga bisa mengajukan pertanyaan seputar produk kepada customer service. Customer Service (CS) bertugas sebagai garda terdepan yang menjalin hubungan langsung dengan pelanggan. Oleh karena itu, CS harus bisa menjaga citra atau branding perusahaan.


Apa saja Tugas Layanan Customer Service?

Tugas utama layanan customer service adalah menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Dimana dalam prosesnya, CS harus bisa menyelesaikan semua permintaan pelanggan hingga merasa puas.
Beberapa tugas customer service penting lainya sebagai berikut:

– Penghubung pelanggan dengan bisnis

Layanan pelanggan berperan sebagai perantara yang menghubungkan pelanggan dengan bisnis. Semua informasi baik yang ingin didapatkan atau diberikan oleh pelanggan ke sebuah bisnis disampaikan melalui CS. Tugas customer service membantu bisnis membangun hubungan baik pelanggan.

– Melakukan penjualan

Meski bukan tugas utama layanan pelanggan untuk menjual produk, tapi layanan pelanggan yang baik mampu memberikan solusi pelanggan dengan menjual produk bisnis. Misalnya saat pelanggan menghubungi untuk menyampaikan keluhan terhadap produk A, CS bisa menawarkan solusi permasalahan tersebut dengan membeli produk B.

– Membangun kepercayaan pelanggan

Customer service berhubungan langsung dengan pelanggan. Selama interaksi berlangsung, CS harus bisa membangun kepercayaan pelanggan terhadap brand bisnis. Tujuannya agar tercipta loyalitas pelanggan, sehingga mereka akan menjadi pelanggan tetap dan bersedia membayar lebih untuk produk yang dapat dibeli dengan harga lebih murah di tempat lain.

– Sumber informasi

Salah satu tujuan layanan pelanggan adalah mendapatkan informasi pelanggan, seperti kritik, permintaan atau kebutuhan dan lainnya. Informasi tersebut harus disimpan dan bisa diakses oleh tim lainnya. Dari informasi itu, bisnis memahami keinginan pelanggan sehingga memudahkan dalam menyusun strategi pengembangan bisnis lebih baik dan efektif.


Bagaimana Cara Membangun Layanan Customer Service Lebih Baik?

Peran layanan customer service sangat penting bagi bisnis. Selain menjaga menghubungkan bisnis dengan pelanggan, CS juga harus bisa melakukan penjualan sehingga bisa meningkatkan pendapatan. Oleh karena itu, penting bagi bisnis untuk membangun layanan pelanggan yang baik.

Berikut cara membangun layanan pelanggan lebih baik adalah

1. Permudah pelanggan mengakses layanan pelanggan

Permudah pelanggan mengakses layanan customer service

Waktu merupakan hal yang sangat berharga dalam berbagai bisnis yang dilakukan sehari-hari. Karenanya, untuk mempertajam dan membuat customer experience lebih efisien, tawarkanlah opsi yang menghemat waktu mereka dalam bentuk akses support yang lebih mudah. Tambahkan link menuju ke halaman support, tambahkan juga button khusus (Widget chat) pada halaman website Anda. Buat customer untuk mungkin menemukan semua jawaban sendiri seperti menyiakan FAQ pada website Anda.

2. Jadikan kolom review sebagai kanal support customer Anda

Review layanan customer service

Anda tidak lagi hanya bisa memberikan support via Twitter dan Facebook. Customer di masa kini sudah jauh lebih pintar dan beropini dalam hal apapun di media sosial. Salah satu cara memanfaatkan hal ini adalah dengan membuatnya menjadi kanal support bagi setiap pertanyaan yang mungkin diajukan dan dialami oleh customer. Jika platform yang Anda siapkan memudahkan customer untuk memberikan reviews, tidak jarang customer Anda tersebut juga akan meninggalkan tips yang ditemukannya sendiri. Di sinilah Anda dapat menghubungkannya dengan sistem customer support Anda.

3. Bantu customer lewat pesan pendek

Bantu customer lewat pesan pendek

Anda dapat memanfaatkan aplikasi chatting serta berkirim pesan untuk berkomunikasi secara langsung dengan customer yang memiliki pertanyaan atau membutuhkan bimbingan dalam menggunakan jasa atau produk dari bisnis Anda. Terlebih saat ini pelanggan lebih menyukai cara instan dan cepat. Aplikasi chatting jadi pilihan tepat untuk menyampaikan keluhan pelanggan. Manfaatkan juga Chatbot untuk membalas otomatis setiap pesan pelanggan dalam hitungan detik.

4. Dukung customer Anda secara proaktif

Dukung customer Anda secara proaktif

Jangan membiarkan pesan dari customer dan telepon yang masuk menumpuk. Sekarang bukan lagi eranya customer Anda menunggu, karena koneksi yang cepat harusnya mengakomodasi Anda untuk melayani customer secara lebih sigap. Dengan adanya sistem omnichannel, Anda dapat menghubungkan berbagai saluran bisnis dalam satu platform terpadu. Bahkan Anda dapat mengetahui apa keluhan customer Anda tanpa berpindah aplikasi.

5. Pantau semua aktivitas layanan customer service

Pantau semua aktivitas layanan customer service

Bagian terpenting dari layananpelanggan adalah Anda harus memantau aktivitas layanan pelanggan Anda. Hal ini penting untuk memastikan layanan pelanggan Anda berjalan dengan baik. Selain itu, memudahkan Anda untuk mengidentifikasi apabila terjadi kendala.

Aplikasi customer service memudahkan Anda memantau aktivitas layanan pelanggan. Semua kinerja CS ditampilkan dalam satu dashboard yang mudah dimengerti. Aplikasi customer service juga dapat diakses melalui perangkat mobile, sehingga Anda bisa memantau kinerja CS darimana saja.


Tingkatkan Layanan Customer Service Anda Sekarang!

Qontak.com by mekari

Layanan customer service berperan penting sebagai penghubung pelanggan dengan bisnis. Pentingnya peran CS ini, membuat bisnis harus memberikan layanan terbaik sehingga tercipta kepuasan pelanggan. Cara efektif untuk meningkatkan layanan pelanggan adalah dengan menerapkan aplikasi customer service.

Qontak.com menyediakan aplikasi customer service terbaik di Indonesia. Aplikasi CS Qontak.com terintegrasi dengan sistem omnichannel yang menghubungkan WhatsApp, Facebook, Instagram, Email, Telepon dan lainnya dalam satu platform terpadu. Aplikasi Qontak.com juga didukung laporan analitik yang bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form coba gratis dibawah ini:

You may also like

By