Qontak WhatsApp

8 Manfaat CRM Bagi Perusahaan

8 Manfaat CRM Bagi Perusahaan

Apa Saja Manfaat CRM bagi Perusahaan?

Manfaat CRM bagi perusahaan sudah tidak diragukan lagi. Terbukti banyak bisnis yang menerapkan CRM (Customer Relationship Management) berhasil membangun hubungan pelanggan lebih baik. Hal ini tentu dapat mendorong peningkatkan penjualan dan pendapatan perusahaan.

Sementara itu, Forbes mencatat ada 6 manfaat CRM bagi perusahaan seperti memusatkan data pelanggan, mengidentifikasi prospek, meningkatkan rasio retensi pelanggan, memudahkan dalam mengambil keputusan, mengotomatiskan tugas berulang dan menambah pendapatan.

Namun, manfaat CRM tidak hanya berhenti sampai di situ saja. Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan tentang manfaat CRM berikut ini!

8 manfaat CRM bagi perusahaan adalah sebagai berikut:

  1. Peningkatan transparansi dan produktivitas data
  2. Hubungan klien yang lebih baik
  3. Mempermudah kolaborasi tim
  4. Meningkatan pendapatan dan keuntungan
  5. Peningkatan efisiensi dalam melayani klien
  6. Kepuasan staf lebih tinggi
  7. Penghematan biaya
  8. Berkurangnya gesekan dengan klien

Apa itu CRM (Customer Relationship Management)?

CRM (Customer Relationship Management) adalah sistem yang dirancang untuk mengelola interaksi – interaksi yang terjadi terhadap pelanggan dan calon pelanggan Anda. Bagi perusahaan, salah satu manfaat CRM adalah membantu mengembangkan hubungan yang dapat bertahan lebih lama dengan para pelanggan. Hal ini dapat mendorong pertumbuhan bisnis dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Untuk penjelasan yang lebih interaktif mengenai apa itu CRM, Anda dapat melihat video berikut ini:


8 Manfaat CRM bagi Perusahaan

Manfaat CRM adakah mengelola hubungan pelanggan lebih baik. Jalinan hubungan pelanggan dengan perusahaan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan pendapatan perusahaan. Selain itu, masih banyak manfaat CRM adalah sebagai berikut:

1. Peningkatan transparansi dan produktivitas data

Qontak.com_Customer-Database-Software

Dengan melacak kegiatan tim penjualan dan tim bisnis, manajer dapat mengukur kinerja tiap-tiap individu secara akurat yang mana akan membuat mereka bertanggung jawab untuk memenuhi target.

2. Hubungan klien yang lebih baik

whatsapp-business-api-pricing-otomatis-menyimpan-data

Semakin banyak Anda tahu dan ingat mengenai klien (atau pelanggan) Anda, maka semakin klien Anda tahu bahwa Anda peduli tentang mereka. Ini memungkinkan Anda untuk menjalin koneksi yang lebih kuat. Hal tersebut berakibat meningkatkan hubungan yang lebih dalam dengan klien Anda.

3. Mempermudah kolaborasi tim

Membangun-Strategi-CRM-Kolaborasi-TIm

Banyak perusahaan yang gagal meminta eksekutif mereka untuk menggunakan sistem CRM kemudian gagal mendapatkan manfaat dari CRM. Manajer yang menggunakan sistem CRM dapat dengan mudah menginstruksikan staf dan memantau kinerja mereka sehingga terjadi banyak kolaborasi diantaranya.

4. Meningkatan pendapatan dan keuntungan

Call-Center-Peningkatan-Penjualan

Dengan melacak semua prospek, perusahaan dapat meningkatkan pendapatan. Setelah semua orang belajar dan menggunakan sistem CRM, produktivitas akan meningkat, siklus penjualan menjadi lebih singkat, dan Anda memiliki kemampuan untuk menyediakan produk dan layanan tambahan kepada klien sehingga membuat kepuasan klien meningkat.

5. Efisiensi dalam melayani klien

qontak-software-ticketing-omnichannel

Sekali lagi, semakin Anda tahu tentang klien, semakin baik kemampuan Anda untuk melayani mereka. Jika semua orang menggunakan sistem CRM untuk merekam interaksi dengan pelanggan mereka – SETIAP interaksi pelanggan, maka orang lain dalam perusahaan dapat melayani pelanggan dengan pengetahuan yang sama dengan apa yang telah dibahas sebelumnya.

6. Kepuasan staf lebih tinggi

Call-Center-Pelanggan-Puas

Semakin banyak pengetahuan yang dimiliki karyawan Anda, maka mereka akan semakin mereka diberdayakan dan terlibat. Memiliki sistem CRM yang akurat dan terkini yang digunakan setiap orang maka terdapat akses yang dapat membantu karyawan memecahkan masalah klien. Dengan demikian, perusahaan dapat membuat produktivitas karyawan meningkat dan klien senang.

7. Penghematan biaya

hemat-biaya

Pada saat memulai penggunaan, CRM akan terasa mahal dan memakan waktu, seiring berjalannya waktu keuntungan dari CRM akan jauh lebih besar daripada biaya. Anggota tim penjualan dapat menjadwalkan pertemuan dengan prospek yang lebih baik di wilayah geografis yang sama. Tim pelayanan pelanggan lebih mampu menyelesaikan masalah klien.

8. Berkurangnya gesekan dengan klien

penjualan-lebih-akibat-manfaat-crm

Ketika klien terlibat dengan hanya satu anggota perusahaan, risiko gesekan adalah 40%. Ketika terdapat 5 atau lebih orang terlibat dalam hubungan dengan klien, risiko gesekan turun menjadi kurang dari 5%.

Lalu, bagaimana jika manfaat dari CRM tidak dapat dirasakan atau implementasi CRM perusahaan mengalami kegagalan? Pelajari disini.

Baca juga: 10 Tantangan dan Kendala Bisnis Tanpa Aplikasi CRM


Dapatkan Manfaat CRM untuk Perusahaan Anda Sekarang!

Aplikasi Sales CRM Mekari Qontak

Bagaimana, ada banyak manfaat CRM yang dapat diperoleh perusahaan bukan? Semua manfaat itu bisa Anda dapatkan apabila Anda menggunakan CRM terbaik seperti aplikasi CRM Mekari Qontak.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM terbaik di Indonesia yang dapat Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan bisnis Anda, mulai dari pemasaran, penjualan, hingga layanan pelanggan. Selain itu, aplikasi CRM Mekari Qontak juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang dapat merampingkan tahapan bisnis Anda.

Sementara itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk membantu meningkatkan bisnis mereka. Tidak hanya itu, Mekari Qontak telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, coba demo gratis aplikasi CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari!

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau dengan mengisi form coba gratis dibawah ini:

 

You may also like

By