Qontak WhatsApp

8 Tips Membangun Networking untuk Bisnis

Membangun Networking Untuk Bisnis

Ketahui Cara Membangun Networking untuk Bisnis

Dalam bisnis, networking atau membangun jaringan merupakan hal yang wajib. Membangun networking untuk bisnis memiliki banyak manfaat seperti perluasan bisnis, mempermudah pemasokan bahan, meningkatkan penjualan, menambah wawasan dan masih banyak lagi.

Sederhananya, bisnis tidak dapat berdiri sendiri. Pemilik usaha harus membangun relasi agar proses bisnis berjalan lebih mudah dan memiliki probabilitas kesuksesan yang lebih besar. Jika Anda ingin membangun relasi, simaklah beberapa cara membangun networking untuk bisnis ini.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

8 Tips Membangun Networking untuk Bisnis

Berikut ini adalah tips membangun networking untuk bisnis:

1. Bergabung dengan Organisasi atau Komunitas Bisnis

Bergabung-dengan-Komunitas-atau-Organisasi

Organisasi atau komunitas merupakan tempat yang sempurna bagi Anda untuk membangun jaringan. Dengan berada di komunitas atau organisasi, visi misi Anda akan sejalan dengan orang-orang yang berada disitu. Pilihlah organisasi yang sesuai dengan tujuan dan bisnis Anda. Jangan merasa malu untuk melakukan perkenalan dan mebangun kemitraan bersama mereka.

2. Mengikuti Seminar/Webinar

ikuti seminar atau webinar

Selain untuk menambah ilmu, mengikuti seminar/webinar merupakan kesempatan yang cocok bagi Anda yang ingin membangun networking untuk bisnis. Orang-orang yang berada dalam satu webinar/seminar dengan Anda kemungkinan besar memiliki tujuan yang sama dengan Anda, maka manfaatlah momen ini untuk berkenalan dan membangun jaringan.

3. Tukar Kartu Nama

tukar kartu nama

Kartu nama merupakan hal penting dalam membangun networking untuk bisnis. Hal ini dikarenakan kartu nama yang berisi tentang informasi kontak Anda. Saat berkenalan dengan rekan bisnis baru, pastikan untuk memberikan kartu nama Anda. Walau tampak sederhana, kartu nama akan mempermudah rekan baru untuk menghubungi Anda.

4. Ikuti Acara Sosial

Anda dapat menjalin networking dengan menghadiri acara-acara seperti gathering kantor, kegiatan amal perusahaan, acara olahraga dan masih banyak lagi. Selain mendapatkan rekan baru, acara sosial juga bisa menjadi tempat untuk mempertahankan networking yang telah Anda miliki. Manfaatkan dengan lebih baik jika acara-acara tersebut bersifat informal karena Anda bisa lebih santai dan ramah.

5. Percaya Diri

Kurangnya kepercayaan diri seringkali menjadi penghambat dalam membangun networking. Rasa malu untuk berkenalan menjadi faktor utama yang menahan diri untuk menjalani relasi, oleh karena itu harus dikalahkan. Ubahlah rasa malu menjadi motivasi untuk meraih tujuan yang lebih baik. Bila Anda terus malu untuk berkenalan, maka relasi yang potensial tidak akan terjalin dan berujung pada kegagalan bisnis.

6. Mendukung Rekan Bisnis

Bisnis tidak dapat berdiri sendiri, oleh karena itu segala bentuk dukungan akan sangat berarti. Ketika rekan Anda mengalami masalah bisnis, bantulah mereka agar tidak makin terpuruk. Rekan bisnis akan merasa senang dengan dan tidak akan ragu untuk membantu Anda di kemudian hari. Namun perlu diketahui kalau Anda juga harus strategis dalam membantu, jangan sampai dimanfaatkan senak hati oleh orang lain.

7. Saling Berbagi

Sharing membangun networking

Berbagi tidak akan merugikan Anda, justru akan mendekatkan rekan bisnis lagi. Anda dapat berbagi apa saja dengan rekan bisnis seperti tips&trik, info seputar pasar, atau hal sederhana lainnya. Ini merupakan langkah yang baik dalam membangun networking untuk bisnis karena akan makin mendekatkan Anda dengan jaringan yang telah Anda bangun.

8. Gunakan Aplikasi untuk Membangun Networking

Aplikasi seperti sosial media, internet dapat menghubungkan Anda dengan orang lain tanpa batasan ruang dan waktu. Sekarang banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk Anda untuk mencari orang yang sehobi dengan lebih mudah. Lengkapi prodil lengkap Anda di aplikasi agar lebih mudah dihubungi dan ditemui orang lain.

Baca Juga: 12 Aplikasi Bisnis untuk Memperluas Koneksi

Membangun Networking untuk Bisnis dengan Pelanggan

Pelanggan berasal dari banyak golongan dengan latar belakang profesi yang berbeda-beda. Pastikan Anda mengenali pelanggan Anda dan ketahui informasi tentang mereka, barangkali Anda bisa menambah relasi baru yang lebih dekat. Memang betul pelayanan pelanggan yang baik wajib dilakukan kepada siapa saja, namun bila salah satu dari pelanggan berpotensi menjadi mitra maka itu akan sangat menguntungkan bagi bisnis Anda.

Aplikasi Qontak dapat membantu Anda menjalin hubungan dengan pelanggan secara efektif. Aplikasi omnichannel CRM Qontak telah terintegrasi dengan berbagai media sosial, email, dan media yang Anda gunakan dalam melayani pelanggan. Selain itu fitur personalisasi pelanggan akan membantu Anda untuk mengenali pelanggan dengan lebih baik. Data pelanggan akan tersimpan dan teranalisis secara otomatis sehingga menghemat waktu Anda untuk membangun relasi.

Jalani hubungan yang baik dengan pelanggan Anda sekarang juga! Qontak.com menawarkan implementasi gratis, pengaturan gratis, dan uji coba gratis selama 14 hari tanpa risiko apa pun. Klik disini untuk mencoba penawaran kami hari ini. Atau dengan mengisi form di bawah ini:

You may also like

By