Qontak WhatsApp

3 Tools Cek Kecepatan Website dengan Mudah

Page Loading Time

Hal teknis adalah hal fundamental dalam usaha digital marketing yang Anda lakukan. Support dalam hal-hal teknis seperti waktu loading situs yang lebih cepat akan berujung pada kemudahan prospek Anda mengakses brand dan produk serta jasa yang ditawarkan karena situs yang user friendly. Adanya loading yang lama jelas membuat pengalaman user alias user experience yang melakukan browsing lebih terhambat karena beratnya situs Anda. Hal ini adalah hal mendasar yang harus Anda perhatikan, terutama jika situs dan brand Anda mempraktekkan SEO. Semakin baik proses loading situs Anda, semakin baik performa situs Anda, perolehan trafik dan akhirnya, peningkatan dalam penjualan.

Menurut survey, 40% dari browsers dan users akan langsung meninggalkan website yang memiliki waktu loading lebih lama dari 3 detik. Berikut beberapa tool untuk mengecek kecepatan dan analisa performa website Anda.

  1. PageSpeed Insights

Terasosiasi dengan Google, PageSpeed Insights membantu melokalkan masalah kecepatan loading situs Anda dan akan memperlihatkan sistem ranking dari 0 hingga 100, dan 100 adalah ranking tertinggi untuk tingkat kecepatan loading situs Anda. PageSpeed membantu Anda mendeteksi apa yang paling mendesak untuk diperbaiki dari situs Anda dan bagaimana sebaiknya Anda memperbaikinya.

Sumber gambar: developers.google.com

  1. YSlow

YSlow merupakan fitur add-on untuk browser yang Anda gunakan yang berguna untuk membantu Anda menemukan cara memperbaiki performa situs berdasarkan nilai yang diberikan oleh add-on ini. YSlow juga berfungsi untuk memberikan Anda perkiraan ukuran komponen berdasarkan tipe-tipenya untuk membantu memperbaiki performa situs Anda.

Sumber gambar: cyberciti.biz

  1. GTmetrix

Tool tidak berbayar yang satu ini juga menyediakan berbagai usulan untuk memperbaiki kecepatan loading website secara lebih efisien karena adanya kombinasi dari kedua tool yang sudah disebutkan di poin-poin  sebelumnya. Dilengkapi juga dengan chart model waterfall dan tiga chart lainnya yang membantu mengukur performa sebuah situs.

Beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk memperbaiki performa situs Anda selain menganalisanya di tiga tool tersebut antara lain dengan menggunakan YUI Compressor untuk mengurangi ukuran CSS, HTML dan file JavaScript. Kurangi juga permintaan HTTP ke situs Anda dan kurangi file external yang diperlukan untuk loading, seperti style sheets, scripts dan foto-foto. Perbaiki juga waktu respon server Anda yang biasanya tertunda karena adanya routing yang lambat, kekurangan memori dan database queries yang lamban. Gunakan caching browser sehingga jika ada kunjungan berulang ke situs Anda, browser visitor tersebut tidak perlu me-reload ulang seluruh halaman dan hanya beberapa komponen saja. Pastikan juga image-image yang digunakan dalam situs Anda tidak terlalu besar atau terlalu kecil dan gunakan format yang tepat sesuai dengan tujuan keberadaan image, seperti format JPEG untuk foto-foto dan PNG untuk grafik.

You may also like

By