Qontak WhatsApp

Mengapa Harus Riset Sebelum Mengirimkan Email Networking?

email-networking

Mengapa Anda Harus Memulai dengan Riset Sebelum Mengirimkan Email Networking?

Salah satu tahapan yang sering dilewatkan begitu saja sehubungan dengan kegiatan networking adalah riset. Tahapan melakukan riset ini bisa mengenai latar belakang, ketertarikan, potensi kesamaan, serta gaya berkomunikasi dari prospek yang tengah didekati. Padahal, riset selama 10 menit ini bisa membantu Anda selaku salesperson untuk memperbesar kemungkinan memperoleh respon yang positif. Untuk memaksimalkan riset Anda sebelum memulai networking via email, berikut ini cara-cara efektifnya.

3 Cara Melakukan Riset Sebelum Mengirimkan Email Networking:

  1. Sebelum mengirimkan email pada orang yang belum Anda kenal namun berpotensi menjadi klien, gunakan referal dari orang yang sama-sama dikenal

Menggunakan dan menyebutkan nama orang yang memberikan email prospek tersebut dapat menambah kredibilitas Anda secara profesional. Terutama jika apa yang Anda tawarkan memang adalah sesuatu yang mereka butuhkan. Jika Anda tidak memiliki koneksi yang sama antara satu dengan yang lainnya, dapatkan alamat email dari orang tersebut secara spesifik untuk memastikan email networking Anda diterima dan dibaca. Dengan begitu, Anda memperbesar kesempatan untuk direspon. Jangan mengirimkan email networking ke alamat email umum sebuah perusahaan. Cobalah menelepon ke perusahaan untuk mendapatkan email personal.

email networking

  1. Temukan keberadaan prospek Anda di dunia maya

Riset berikutnya yang harus dilakukan adalah untuk menemukan keberadaan target Anda ini di media sosial, seperti di Twitter, Quora, LinkedIn atau dalam blog pribadi. Anda dapat juga menggunakan tool produktivitas email seperti Sidekick untuk dapat menemukan informasi mengenai target Anda di dunia maya dan di mana mereka paling aktif. Hasilnya, akan muncul sidebar yang menunjukkan link ke mana Anda dapat menemukan identitas dan aktivitas serta profil sosial mereka. Anda dapat juga melakukan pencarian di Google.

email networking

  1. Pahami apa yang menarik minat target Anda tersebut

Ketika Anda berhasil menemukan aktivitas online mereka, cek postingan, tweets dan profil mereka untuk dapat memahami apa hal yang menarik minat mereka dalam level personal dan profesional. Kemudian, tantangan apa yang mungkin sedang dihadapi dan dapat dibantu dengan penggunaan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Anda dapat mengecek pertanyaan apa yang mereka postingkan di Twitter dan apa yang paling sering mereka bahas. Anda juga dapat mengecek artikel serta link seperti apakah yang sering mereka share. Selain itu, cek pilihan ‘About’ untuk melihat alumni sekolah mereka serta asal mereka. Anda dapat mengecek pengalaman kerja mereka dan posisi apa yang sedang mereka sedang duduki, serta skill apa yang paling mereka kuasai.

Riset merupakan bagian krusial yang sayang jika sampai terlewatkan. Dengan melakukan riset sebelum melakukan suatu email networking, Anda dapat membuka percakapan dan membangun hubungan yang jauh lebih mendalam bahkan dalam level personal. Dengan demikian, Anda pun sudah menambah network Anda.

Gunakan Aplikasi Pendukung Email Networking Anda!

Kegiatan sales maupun marketing yang tidak tepat sasaran akan memberikan hasil yang tidak maksimal. Aplikasi pendukung marketing dan sales seperti aplikasi CRM menyediakan fitur email marketing yang dapat digunakan untuk mengirimkan promosi langsung tanpa aplikasi tambahan kepada prospek atau pelanggan yang telah tersimpan rapi datanya dalam sistem. Isi dari promosi tersebut juga dapat disesuaikan dengan prospek atau pelanggan yang ditargetkan. Hal tersebut dapat menarik minat dari penerimanya sehingga dapat meningkatkan sales.

Pastikan aplikasi marketing yang dipilih mudah digunakan, sesuai dengan kebutuhan bisnis, dan sesuai dengan budget. Anda dapat memulai dengan aplikasi CRM Qontak.com yang dapat membantu Anda melakukan marketing automation dengan email campaigns. Fitur Aplikasi CRM ini memungkinkan Anda mengirimkan email marketing dalam jumlah besar secara otomatis kepada prospek dan pelanggan Anda dengan personalisasi nama maupun data-data yang tersedia di database pelanggan Anda. Anda juga dapat memfilter berdasarkan jabatan, departemen, industri, ukuran perusahaan, dan lainnya, sebelum melakukan kampanye email.

Hubungi tim Qontak.com untuk konsultasi atau coba GRATIS aplikasi CRM untuk email marketing Anda sekarang juga!

You may also like

By