Qontak WhatsApp

Definisi Objectives & Key Results (OKR), Manfaat dan Contohnya

Bagi setiap perushaan, mengukur seberapa efektif kinerja bisnis sangatlah penting. Oleh karena itu, bisnis pada umumnya menggunakan Key Performance Indicator (KPI). Namun beberapa diataranya juga menerapkan Objective and Key Results (OKR) untuk mengukur keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuan yang lebih luas..

Berbeda dengan KPI (Key Performance Indicator), OKR juga mengukur kinerja semua karyawan, mulai dari perorangan, tim hingga tingkat pimpinan. Dengan begitu, Anda akan mengetahui kinerja bisnis secara keseluruhan. OKR adalah kerangka kerja yang menetapkan sebuah tujuan (objective), serta mengukur pencapaian tujuan tersebut melalui sejumlah hasil utama (key results) sebagai tolok ukur.

Lalu apa itu OKR? apa saja manfaatnya? Bagaimana juga cara membuatnya? Yuk, pelajari semuanya pada artikel dibawah ini.

Image CTA for OKR (Objective key and results)


Apa itu OKR?

OKR (Objective key and results) adalah suatu target yang dibuat untuk tim atau individu, menggunakan cara yang terukur. Artinya dengan adanya OKR, semua kinerja karyawan dapat diliat progressnya.

Salah satu tujuan bisnis membuat OKR adalah untuk mengukur kinerja karyawan, karena  bisnisbisa membuat membuat target yang cukup ambisius, namun dapat terukur segala pelaksanaannya.

Sesuai dengan kepanjangannya, OKR terdiri dua aspek penting yak objective dan key result. Apabila dijabarkan, objective artinya target yang dibuat harus bersifat ambisius, dan cenderung kualitatif. Sementara key results mewakili cara mencapai target diperlukan tindakan yang terukur dan kuantitatif.

Oleh karena itu, Objective key and results ini akan mengukur kinerja semua pihak yang terlibat pada bisnis mulai dari perorangan, tim hingga pimbinnya. Agar berjalan efektif, bisanya bisnis akan membuat metoder turunannya. Misalnya OKR pipmpinan merupakan turunan dari OKR bisnis, OKR tim merupakan turunan OKR pimpinan dan begitu seterusnya.


Mengapa OKR Penting bagi Bisnis?

Objective key and results sangat penting bagi bisnis karena kemampuanya dalam membantu bisnis untuk mencapai tujuan yang lebih luas. Metode ini memudahkan bisnis dalam menciptakan ide untuk pengambilan kebijakan yang lebih baik. Dalam penerapannya, OKR mendorong keterlibatan karyawan untuk meningkatkan kinerja mereka lebih tinggi.

Objective key and results bukanlah hal yang pasti. Artinya Anda bisa mengubah, menambahkan atau menghapus OKR yang Anda buat apabila Anda menilai tak sesuai atau tak relevan lagi. Hal ini bergantung apakah Anda tujaun Anda sudah tercapai atau belum.


Apa saja Elemen Penting yang harus Diperhatikan pada OKR?

OKR terdiri dari dua unsur penting yang perlu dipahami perusahaan. Berikur elemen penting yang harus diperhatikan adalah

Objective

Objective bersifat kualitatif dan harus bersifat SMART (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, Time-bound. Biasanya, tujuan ini harus singkat, menginspirasi, dan menarik. Selain itu, tujuan harus sedikit ambisius sehingga ketika gagal pun, pencapaian yang dihasilkan tetap substantial. Filosofi dibalik objective key and results adalah ketika perusahaan selalu mencapai 100% tujuan mereka, artinya tujuan tersebut terlalu mudah. Tujuan Objective key and results dikenal dengan istilah stretch goals. Biasanya, ketercapaian tujuan tersebut kurang lebih 60-70%.

smart-okr

Key results

Menentukan benchmark dan memantau bagaimana untuk mencapai objective tersebut. Key result yang efektif haruslah spesifik, memiliki rentang waktu, realistis, dan yang terpenting dapat diukur. Objective key and results terdiri dari 2 hingga 5 per objective. Objective key and results bersifat kuantitatif dan biasanya dinilai dengan menggunakan angka (misalnya skala 0-1.0)


Aturan dalam OKR

OKR adalah alat bantu untuk mengukur apakah yang dikerjakan sudah sesuai dengan target perusahaan. Makanya sering juga digunakan untuk menevaluasi kinerja bisnis dalam mencapai target.

Beberapa aturan yang harus ditaati dalam pembuatan objective key and results yang efektif adalah:

  • Tentukan dalam kurun waktu dimana biasa Anda gunakan untuk mengevaluasi perusahaan, misalnya dalam periode tahunan atau tiga bulan sekali.
  • Buat Objective key and results masimal 5 Objective dengan 4 Key Results per kuartal. Dengan begitu, Anda bisa fokus mengejar tujuan bisnis Anda.
  • Dorong karyawan Anda untuk meningkatkan kinerjanya dengan menetapkan target yang lebih tinggai. Dengan begitu, mereka akan berusaha setidaknya mencapai  70-80% untuk menjadi hasil yang bagus.
  • Key Results harus memiliki angka. Angka memungkinkan evaluasi yang obyektif dan menciptakan proses pembelajaran.

Apa Perbedaan OKR dan KPI?

KPI atau key performance indicator merupakan indikator kinerja yang digunakan untuk mengevaluasi keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuannya. KPI dapat diukur melalui aplikasi KPI seperti Qontak.com. Jika dilihat sekilas, Objective key and results juga menerapkan konsep yang sama dengan KPI yaitu SMART goal.

Perbedaan OKR dan KPI adalah pertama OKR tidak hanya diberikan pada tingkat perusahaan saja, tetapi hingga tingkat pimpinan, tim, dan perorangan. Kedua Objective key and results memiliki jangka waktu tertentu, biasanya tiga bulan hingga satu tahun. Dalam penerapannya, Objective key and results lebih dari sekadar menentukan tujuan dan mengukurnya secara spesifik. Terakhir Objective key and resultsdapat membentuk mindset dalam cara kerja sehari-hari dengan berfokus pada prioritas kerja dalam mencapai tujuan dan bagaimana memantau eksekusinya.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Baca juga: Mengenal Apa itu Key Performance Indicator (KPI)


Apa Tujuan OKR?

Tujuan OKR adalah melakukan aktivitas bisnis untuk mencapai target tertentu dalam jangka waktu yang telah ditetapkan. Berbeda dengan KPI yang tidak memiliki batasan waktu. Tujuan lainnya adalah sebagai berikut:

– Agility

Tujuan dengan rentang waktu yang lebih pendek memungkinkan penyesuaian yang lebih cepat dan adaptasi yang lebih baik untuk berubah, meningkatkan inovasi, dan mengurangi risiko.

– Mempercepat proses penentuan tujuan

Metode OKR yang lebih simpel membuat proses penentuan tujuan menjadi lebih cepat dan mudah. Hal ini dapat mengurangi waktu dan sumber daya yang dihabiskan dalam menentukan tujuan secara drastis

– Komunikasi yang lebih jelas

Transparansi dan kesederhanaan Objective key and results memungkinkan tim untuk memahami tujuan dan prioritas perusahaan serta bagaimana tiap individu dapat berkontribusi dalam mencapainya.

– Menyatukan perusahaan dan meningkatkan kerja sama antar tim

Objective key and results bersifat menurun dan saling terkait antar tim. Hal ini dapat menyatukan perusahaan dan meningkatkan kerja sama antar tim yang berbeda. Komunikasi dapat terjalin lebih baik dan meminimalisir adanya ego tiap tim.

– Meningkatkan fokus dan disiplin

Tujuan yang lebih singkat dapat meningkatkan fokus perusahaan dan lebih disiplin dalam berusaha dan inisiatif. Tim menerima arahan dengan jelas dan bebas dalam menentukan bagaimana mencapai Objective key and results mereka. Hal ini membuat mereka lebih bertanggung jawab dengan tujuan mereka.

OKR goals


Apa Manfaat OKR bagi perusahaan?

Manfaat Objective key and results (OKR) adalah sebagai berikut:

1. Menyelaraskan tim

OKR adalah mengabungkan tujuan dan aktivitas bisnis dengan misi strategis perusahaan. Pada proses pembuatannya, setiap individu terlibat. Dengan begitu mereka akan berusaha untuk mencapai tujuan perusahaan dan individu yang ditetapkan bersama berdasarkan OKR departemen.

2. Fleksibel

OKR bersifat fleksibel bisa diubah sesuai denga kebutuhan. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi mengurangi risiko dan pemborosan, serta mengurangi waktu untuk perencanaan.

3. Membuat tim lebih fokus

Objective dan key results biasanya dibuat relatif sederhana. Hal ini memudahkan karyawan untuk fokus mencapai tujuan. Dimana meereka hanya perlu memusatkan perhatian pada 2-5 hasil utama yang harus dicapai.

4. Mendukung otonomi dan akuntabilitas

Setidaknya 60% OKR ditetapkan oleh anggota tim itu sendiri, bukan oleh manajer mereka. Dengan pendekatan seperti itu, setiap orang memiliki akuntabilitas pribadi untuk tujuan mereka, yang diselaraskan dengan tujuan organisasi.

5. Melibatkan karyawan

OKR adalah metode yang memungkinkan setiap karyawan berkontribusi secara pribadi untuk tujuan yang penting, sehingga dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi mereka. Keterlibatan karyawan yang lebih tinggi akan menaikkan kepuasan kerja dan produktivitas.


Bagaimana Membuat OKR dengan tepat?

Metode OKR dapat berjalan efektif jika unsur pimpinan sudah menerapkan Objective key and resultsdengan jelas. Berikut langkah-langkah untuk menyusun OKR adalah:

– Buat tujauan sederhana dan spesifik

Objective key and results mengizinkan Anda untuk membuat target yang menantang, tapi tetap harus sederhana atau realitis. Dengan Anda dapat lebih mudah untuk mencapainya. Selain itu, Anda juga harus membuatnya dengan detail agar mudah dipahami. Sebab bukan hanya Anda yang akan menjalinnya.

Cobolah buat OKR yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Gambarkan rencana atau strategi yang akan digunakan untuk mencapai tujuan yang Anda buat. Jangan lupa untuk diskusi dengan orang-orang yang akan terlibat nantinya untuk mencapai tujuan Anda.

– Presentasikan tujuan Anda

Bagikan tujuan Anda ke manajer atau karyawan yang akan menjalankan strategi OKR yang dibuat. Untuk mempermudah Anda bisa membuat OKR turunan. Tujuannya agar karyawan memiliki sudut pandang yang lebih jelas tentang tujuan yang harus mereka capai dalam waktu tertentu. Dengan begitu, mereka bisa lebih fokus bekerja untuk mencapai tujuan tersebut.

– Buat parameter yang jelas

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa OKR haruslah terukur. Maka dari itu, saat Anda menyusunya harus dilengkapi dengan paramater yang jelas. Tujuanya untuk mengetahui sejaug mana kinerja karyawan berkontribusi pada tujuan. Gunakan gunakan parameter dengan skala angka 1-10 , huruf a-e, dan sebagainya.

Contohnya, Google menggunakan skala 0-1.0 dalam OKR-nya.

– Tentukan tool yang akan digunakan

Untuk mengukur dan mengetahui ketercapaian Objective key and results, diperlukan sebuah tool untuk memantau dan mengelolanya. Tool yang digunakan beragam, mulai dari spreadsheet hingga aplikasi atau software. Pastikan tool tersebut dapat diakses dengan mudah oleh semua orang.

– Menyusun OKR secara bertahap

Seperti yang telah disebutkan di atas, OKR menurun mulai dari perusahaan hingga perorangan. Untuk itu, penyusunan Objective key and results juga harus dilakukan bertahap dengan dimulai dari perusahaan. Dua pertanyaan utama yang menjadi acuan yaitu:

  • Apa tujuan yang ingin dicapai?
  • Bagaimana cara mencapai tujuan tersebut?

Penyusunan Objective key and results sebaiknya melibatkan semua pihak, bukan paksaan dari atasan saja.

– Mengevaluasi OKR

Objective key and results harus dievaluasi untuk mengetahui sejauh mana ketercapaiannya. Biasanya, pencapaian yang sukses berada di rentang 60-70%. Hal ini sesuai dengan konsep stretch goals seperti yang telah disebut sebelumnya.

Saya Mau Coba Gratis Mekari Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Qontak Sekarang!


Contoh Penerapan OKR pada Perusahaan

Penerapan OKR dapat membantu perusahaan untuk lebih berkembang, sekaligus meningkatkan performa karyawan. Berikut adalah contoh penerapannya adalah:

Misalnya Objective perusahaan: menjadikan perusahaan berskala global
Maka key result yang perlu dicapai sebagai berikut:

  • Jumlah penjulan harus mencapai minimal Rp. 100 miliar per tahun
  • Menjalin kerjasama dengan 1.000 pelanggan baru dalam satu tahun
  • Membuka cabang baru sebanyak 7 outlet baik diluar negeri dalam satu tahun
  • Meminimalisir kesalahan produksi sebesar 30%

Selanjutnya, Anda bisa menjabarkan lagi dari poin-poin diatas untuk setiap departemen, misalnya dengan key result seperti dibawah ini:

object departemen marketing: mendapatkan 400 pelanggan baru dalam satu tahun

Maka key resultnya menjadi:

  • Minimal menghubungi 150 prospek setiap minggunya
  • Melakukan pitching dengan calon klien sebanyak 20 dalam tiap minggu
    Begitu seterusnya hingga pada level personal.

Pantau OKR Bisnis Anda Sekarang!

CRM-Qontak.com_

Objective key and results adalah metode yang digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan selain KPI. Apapun metode yang digunakan, salah satu yang penting yang tidak boleh dilupakan oleh bisnis adalah pelanggan. Tanpa hubungan yang baik dengan pelanggan, perusahaan tidak akan bertahan. Pastikan Anda menggunakan software CRM untuk meningkatkan layanan pelanggan dan penjualan Anda.

Aplikasi CRM yang ditawarkan oleh Mekari Qontak memiliki fitur lengkap serta berbasis Omnichannel sehingga dapat diintegrasi dengan aplikasi bisnis lain dengan mudah. Kombinasi aplikasi CRM dan aplikasi bisnis lainnya dapat mengoptimalkan manfaatnya untuk perkembangan bisnis Anda.

Terlebih lebih dari 3000++ perusahan telah bekerjasama dengan Mekari untuk mengembangkan usahanya. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

By