Qontak WhatsApp

Apa Itu Paid Media? Pengertian dan Contohnya!

Panduan lengkap Paid Media

Dalam dunia pemasaran, ada banyak strategi dan taktik yang dapat digunakan untuk meningkatkan dan memaksimalkan pemasaran. Adapun salah satunya adalah paid media atau yang dikenal juga dengan media berbayar atau iklan berbayar.

Namun, apa itu paid media? Seperti apa contohnya?

Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak pembahasan tentang pengertian paid media, lengkap dengan contohnya di artikel berikut ini!

Image CTA Omnichannel


Apa Itu Paid Media?

Paid media adalah metode pemasaran yang digunakan untuk mempromosikan konten melalui media berbayar, seperti sponsor posting media sosial, PPC, iklan video, pop-up, display ads, dan masih banyak lagi.

Marketer dapat memanfaatkan paid media untuk memperluas jangkauan merek dan bisnis, mendapatkan lebih banyak klik, dan menghasilkan lebih banyak traffic.

Baca Juga: Earned Media: Definisi, Contoh, dan Strategi


Mengapa Paid Media Penting bagi Bisnis?

Dengan menggunakan media berbayar, bisnis dapat menjangkau audiens yang mungkin belum pernah ditemuinya. Namun demikian, ternyata alasan mengapa media berbayar masih dianggap penting bagi bisnis tidak hanya itu saja lho.

Meskipun mungkin terasa seperti strategi periklanan tradisional, media berbayar adalah salah satu cara yang bagus untuk mendapatkan prospek yang tepat dengan cepat.

Yang terpenting, ini adalah cara yang bagus untuk mempromosikan konten yang telah Anda kembangkan, dan memperkuat pesan yang dimiliki merek atau perusahaan Anda.

Di sisi lain, media berbayar juga sangat berguna ketika Anda memiliki konten yang belum mendapatkan keterlibatan organik yang Anda harapkan, dan membutuhkan sedikit dorongan untuk meningkatkannya.

Mengingat, iklan media berbayar dibuat untuk segmentasi dan penargetan yang sesuai dengan merek bisnis Anda. Jadi, tidak heran apabila Anda dapat memeroleh hasil yang memuaskan dari penggunaan paid media.


Contoh Paid Media

Berikut adalah beberapa contoh paid media yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kesadaran dan keterlibatan merek bisnis Anda.

1. PPC (Pay-per-Click)

Contoh paid media yang pertama adalah pay-per-click (PPC), yaitu strategi hasil pencarian berbayar yang membebankan biaya untuk setiap klik yang diterima kepada pengiklan.

PPC dinilai cukup efektif untuk meningkatkan pemasaran, terutama dalam hal meningkatkan brand awareness dan mendorong traffic ke website bisnis.

Ini karena iklan PPC selalu diletakkan di bagian teratas hasil pencarian mesin pencari. Biasanya, PPC akan ditemukan dengan tanda “Ad” di samping kirinya oleh orang-orang yang mencari keyword yang sudah ditargetkan.

2. Display Ads

Iklan bergambar atau dikenal juga dengan display ads adalah contoh media berbayar yang mungkin paling dikenal banyak orang. Iklan ini dapat berupa pop-up, wallpaper, spanduk, dan iklan video yang dapat ditemukan di hampir setiap halaman website di internet.

Jenis paid media ini umumnya cukup terjangkau apabila dinilai berdasarkan biaya per klik nya. Selain itu, display ads juga banyak dianggap sebagai salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesadaran dan pengakuan merek.

Namun sayangnya, iklan bergambar ini sangatlah produktif, dan cenderung dianggap mengangganggu oleh pengguna atau pengunjung halaman situs pada umumnya. Sehingga, banyak dari mereka yang memilih untuk mengabaikan atau bahkan memblokirnya.

3. YouTube

Saat ini YouTube tengah menjadi salah satu platform populer yang tengah digandrungi banyak orang. Dalam penerapannya YouTube memiliki berbagai jenis paid media yang bisa dimanfaatkan oleh bisnis.

Misalnya seperti iklan bumper (iklan enam detik), Google Preferred (iklan yang tidak dapat dilewati, berukuran sedang), TrueView InStream (iklan format panjang yang dapat dilewati), atau TrueView Action (format video dengan CTA).

Namun tidak hanya itu saja, Anda juga dapat melakukan paid media dengan menggunakan influencer marketing atau bekerja sama dengan pembuat konten seperti influencer dan KOL di YouTube untuk mempromosikan merek bisnis Anda.

4. Facebook

Facebook memiliki berbagai media berbayar yang dapat Anda gunakan. Misalnya, Anda dapat bereksperimen dengan iklan bertarget berbayar yang muncul di umpan berita pengguna. Atau, Anda dapat membeli iklan carousel yang tersedia.

Selain memilih opsi iklan yang digunakan, Anda juga dapat memilih opsi penempatan iklan yang berbeda, seperti Kotak Masuk Messenger, Kolom Kanan Facebook, Suggested Video, hingga Facebook Marketplace.

5. LinkedIn

LinkedIn menawarkan iklan berbayar berupa konten bersponsor atau pembaruan iklan di dalam dan di sekitar umpan pengguna di seluruh perangkat.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Sponsored InMain, di mana Anda dapat megirimkan konten ke target audiens Anda secara mudah melalui fitur pesan yang mereka sediakan.

Namun, pesan tersebut hanya akan terkirim saat pengguna aktif di LinkedIn, yang artinya pesan berbayar akan muncul di kotak chat yang terletak di bagian bawah layar. Ini bisa menjadi pemicu untuk menarik perhatian audiens ke penawaran Anda dan meningkatkan peluang untuk memperoleh lebih banyak perhatian dari mereka.

6. Twitter

Contoh paid media yang terakhir adalah Twitter yang memiliki beberapa kampanye iklan yang berbeda. Setiap iklan Twitter dirancang untuk memecahkan masalah tertentu.

Misalnya seperti meningkatkan kesadaran atau keterlibatan merek, meningkatkan jumlah pengikut,  memberi insentif klik website, meningkatkan pemasangan aplikasi, atau bahkan mempromosikan penawaran baru dengan cepat.

Jadi, apabila Anda ingin menggunakan Twitter sebagai media berbayar, Anda perlu menetapkan apa tujuan Anda, lalu memilih audiens yang ditargetkan, menawar biaya per interaksi, dan memilih tweet mana yang akan disponsori.

Baca Juga: 10 Contoh Media Promosi Saat Memulai Bisnis


Manfaatkan Paid Media untuk Mengembangkan Bisnis Anda Sekarang Juga!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Itu dia pembahasan lengkap tentang paid media atau media iklan berbayar yang dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan kesadaran dan keterlibatan merek bisnis Anda.

Selain menggunakan paid media, Anda juga dapat memaksimalkan kesadaran dan keterlibatan pelanggan Anda dengan cara menggunakan alat pendukung seperti CRM yang terintegrasi dengan Omnichannel.

Mekari Qontak menyediakan Omnichannel CRM terbaik yang dapat membantu Anda untuk memaksimalkan pemasaran Anda di berbagai saluran dalam satu platform. Terlebih, Mekari Qontak sudah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk meningkatkan pemasaran mereka.

Selain itu, Omnichannel CRM Mekari Qontak juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang tidak hanya dapat membantu mengoptimalkan upaya pemasaran bisnis Anda, tetapi juga penjualan, layanan pelanggan, serta operasional bisnis secara keseluruhan. Sangat menarik bukan?

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, dapatkan COBA GRATIS Omnichannel CRM terbaik dan dapatkan FREE TRIAL sekarang juga!

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau COBA GRATIS dengan mengisi form dibawah ini:

0 comments

By