Qontak WhatsApp

Bentuk, Contoh, dan Tips Partnership Marketing yang Efektif

Panduan Lengkap Partnership Marketing

Apkah Anda pernah mendengar istilah partnership marketing atau program kemitraan? Partnership marketing saat ini menjadi trending topic yang paling dicari oleh perusahaan maupun para pelaku usaha dengan basis UMKM. Bagaimana tidak, strategi pemasaran dan penjualan ini ternyata mampu mendongkrak angka penjualan secara signifikan.

Dalam penerapannya, program kemitraan ini melibatkan dua pelaku usaha yang saling bekerja sama demi mencapai tujuan penjualan untuk memeroleh laba. Dengan sistem ini maka penjualan dikatakan lebih mudah di mana kedua partner saling mendukung satu sama lain.

Lalu, apa yang sebenarnya dimaksud dengan program kemitraan? Mengapa banyak pelaku usaha sehingga perusahaan besar menerapkan strategi pemasaran ini? Dan seberapa efektifkah penerapannya? 

Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak pembahasan lengkap tentang partnership marketing di bawah ini!

Image CTA Omnichannel

Apa Itu Partnership Marketing?

Apa Itu Partnership Marketing

Pengertian partnership marketing adalah suatu bentuk kerja sama antara dua pelaku usaha dalam dunia bisnis, yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan mencapai target keuntungan bersama.

Dalam penerapannya, dua pelaku usaha akan melakukan modifikasi tertentu sehingga memeroleh angka penjualan yang signifikan. Pada strategi ini diperlukan satu tujuan yang sama sehingga penerapannya pun menjadi lebih mudah.

Baca Juga: Marketing Plan: Definisi, Contoh, & Cara Membuatnya

Bentuk Partnership Marketing

Bentuk partnership marketing yang ditemukan di dunia bisnis ada banyak macamnya. Tidak jarang bentuk kerja sama ini bahkan berasal dari dua pelaku usaha yang berbeda produknya.

Sepanjang tujuan yang diinginkan adalah sama di mana sama-sama saling mendapatkan peningkatan angka penjualan, maka kolaborasi dari dua pelaku usaha tersebut dianggap sah-sah saja dari segi kemitraan.

Berikut adalah bentuk partnership marketing yang sering ditemukan dalam dunia bisnis:

1. Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan salah satu bentuk partnership marketing yang cukup popular. Bentuk ini mengedepankan afiliasi pada suatu produk dari kerja sama dua pelaku usaha.

Biasanya program kemitraan ini sering ditemukan pada kolaborasi review pada artikel, blog, maupun podcast-nya yang kemudian terdapat link khusus atas produk yang dimaksud.

2. Influencer

Bentuk partnership marketing yang sangat populer akhir-akhir ini adalah kerja sama dengan influencer. Dengan mempertimbangkan tren belanja online saat ini, konsumen cenderung lebih percaya terhadap review influencer dibandingkan dengan media lainnya.

Akibatnya, penggunaan program kemitraan menjadi salah satu cara efektif yang dapat memudahkan proses penjualan bisnis untuk mencapai laba yang diinginkan.

3. Program Reward

Program reward merupakan salah satu bentuk kemitraan yang cukup popular. Konsumen cenderung lebih bersemangat apabila pembelian mereka mendapatkan reward. Misalnya dalam pembelian produk perusahaan A akan mendapatkan promo diskon untuk pembelian di perusahaan produk B.

4. Kampanye Sosial

Kampanye sosial merupakan salah satu bentuk program kemitraan yang sering ditemukan dalam dunia bisnis. Jenis kampanye sosial ini biasanya konsumen dilibatkan untuk pembelian produk dari perusahaan A yang kemudian dari hasil pembeliannya terdapat biaya yang akan dikontribusikan ke yayasan sosial.

5. Sponsorship

Sponsorship merupakan salah satu bentuk kerja sama yang paling sering ditemukan dalam dunia bisnis. Misalnya pada ajang pertandingan voli nasional, melibatkan perusahaan isotonic Pocari Sweat dan bank BNI 46 sebagai sponsorship utama pertandingan. Adapun tujuan dari kerja sama tersebut ialah untuk meningkatkan penjualan hingga jangka panjang ke depannya.

6. Distribusi

Misalnya, perusahaan obat A memiliki stok produk yang tidak dimiliki perusahaan B. Kedua perusahaan tersebut akan melakukan kerja sama untuk saling melengkapi penjualan mereka. Dengan demikian masing-masing perusahaan pun mampu mendapatkan keuntungan atas penjualan yang dilakukan.

Manfaat Partnership Marketing

Manfaat Partnership Marketing

Manfaat partnership marketing yang sering dijumpai dalam dunia bisnis sebenarnya cukup beragam. Berikut terdapat beberapa di antaranya.

– Meningkatkan Jumlah Produksi

Menerapkan program kemitraan dengan rekan yang tepat cenderung memberikan dampak yang positif. Terlebih lagi dari segi produksi di mana penjualan akan meningkat sesuai dengan permintaan pasar.

– Meningkatkan Angka Penjualan

Program kemitraan yang tepat dapat membantu bisnis untuk meningkatkan angka penjualan secara signifikan. Dengan menemukan partner yang tepat dalam melakukan promosi, maka akan berdampak signifikan terhadap naiknya angka penjualan.

– Meningkatkan Keuntungan

Dengan meningkatnya proses produksi dan angka penjualan tentu saja berdampak terhadap meningkatnya keuntungan perusahaan. Secara signifikan keuntungan akan mengikuti proses tersebut jika kerja sama pemasaran dilakukan tepat sasaran.

– Mendapatkan Peluang Bisnis

Dengan penerapan partnership marketing yang tepat sasaran maka tidak dapat dipungkiri bahwa perusahaan akan memeroleh peluang bisnis baru. Manfaat ini harus dapat dimaksimalkan oleh perusahaan agar tidak kehilangan pasar mereka.

– Branding Trust

Branding trust menjadi salah satu manfaat yang cukup signifikan ketika melakukan partnership marketing. Hal ini disebabkan oleh sifat konsumen yang  cenderung lebih mempercayai brand yang dipromosikan oleh idolanya maupun influencer media sosial yang tengah naik daun. Akibatnya, brand yang dijual akan lebih dipercaya oleh konsumen secara luas.

Baca Juga: Definisi, Manfaat, dan Tahapan Marketing Funnel

Contoh Partnership Marketing

Program Partnership Mekari Qontak

Contoh partnership marketing yang sering ditemukan dalam dunia bisnis tentu saja sangat beragam. Terlebih dengan tren sistem penjualan dan pembelian saat ini yang mengedepankan kemudahan teknologi.

Salah satu contoh partnership marketing yang juga dapat dijadikan contoh adalah melalui program partnership Mekari Qontak https://www.qontak.com/id/partnership. Pada program ini dijelaskan secara rinci tentang penerapan partnership marketing demi mendapatkan keuntungan yang signifikan.

Mekari Qontak menawarkan Program Kemitraan Qontak yang dapat Anda ikuti untuk mengembangkan bisnis dan pelanggan Anda. Program ini juga menawarkan solusi lengkap end-to-end untuk tumbuh cepat dan mengotomatiskan bisnis pelanggan Anda.  Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat bermitra dengan Qontak melalui program bagi hasil kami yang menguntungkan untuk meningkatkan penjualan anda.

Selain Program Kemitraan Qontak, masih ada beberapa contoh pemasaran kemitraan lainnya yang dapat Anda jadikan acuan.

Berikut beberapa contoh partnership marketing lainnya:

1.  Apple dan Starbucks

Dua perusahaan ternama Amerika ini saling berkolaborasi dalam meningkatkan penjualan mereka. Triknya cukup sederhana, di mana pengguna Apple akan mendapatkan free access ke fitur iTunes music ketika melakukan pembelian di Starbucks.

2. GoPro dan Red Bull

Partnership marketing juga terjadi pada perusahaan kamera portable GoPro dan minuman isotonic Red Bull. Mereka menggunakan atlet yang minum Red Bull dan melakukan berbagai atraksi menantang. Kemudian merekamnya melalui GoPro.

3. Burger King dan McDonald’s

Kerja sama yang dilakukan Burger King dan McDonald’s di sekitar 2019 cukup mengejutkan banyak pihak. Pada kolaborasi ini terjadi di Argentina di mana dalam sehari semua produk Whopper di Burger King ditarik dan konsumen disarankan untuk membeli Big Mac dari McDonald’s.

Dalam strategi pemasaran tersebut juga diketahui bahwa setiap pembelian Big Mac di Burger King diberlakukan bentuk donasi kampanye sosial untuk anak-anak penderita kanker.

Tips Partnership Marketing yang Efektif untuk Bisnis!

Sebelum memutuskan untuk menerapkan strategi partnership marketing, berikut beberapa tips yang bermanfaat untuk dipahami pelaku usaha.

  • Mencari partner yang mampu saling memberikan solusi atas kunci meningkatnya penjualan
  • Mencari partner yang memiliki jaringan luas untuk menjaring konsumen dengan mudah dan cepat
  • Bersama-sama memiliki tujuan yang sama dalam mencapai peningkatan penjualan
  • Fokus pada tujuan utama
  • Menerapkan sistem transparansi penjualan dengan mengedepankan kekuatan masing-masing untuk satu tujuan peningkatan penjualan
  • Identifikasi peluang yang muncul
  • Memahami perbedaan kekuatan dari dua pelaku usaha untuk menciptakan tujuan yang sama
  • Pastikan bahwa dua pelaku usaha memiliki keuntungan yang sama
  • Lakukan komunikasi yang jelas dan tegas sehingga tidak menimbulkan salah persepsi dari masing-masing pihak
  • Carilah partner untuk tujuan jangka panjang
  • Tingkatkan jangkaun pelanggan dengan rutin mengirim pesan blast berisi promosi atau informasi penting lainnya.

Terapkan Partnership Marketing pada Bisnis Anda Sekarang Juga!

Logo Mekari Qontak

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa partnership marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang dilakukan dengan cara melibatkan dua pelaku usaha. Adapun tujuan dari kerja sama itu sendiri ialah untuk mencapai target pemasaran, penjualan, atau pendapatan yang disepakati bersama.

Selain menggunakan partnership marketing, Anda juga dapat memaksimalkan pemasaran dan penjualan Anda dengan menggunakan aplikasi omnichannel CRM terbaik dari Mekari Qontak.

Dengan menggunakan omnichannel CRM Mekari Qontak, Anda dapat mengotomatiskan dan merampingkan seluruh proses pemasaran dan penjualan Anda dengan mudah. Tidak hanya itu saja, omnichannel CRM Mekari Qontak juga dilengkapi dengan berbagai canggih yang dapat memaksimalkan kinerja tim dan bisnis Anda.

Sementara itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk membantu mengelola pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan mereka.  Mekari Qontak telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, coba demo gratis aplikasi Omnichannel CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari!

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau dengan mengisi form coba gratis dibawah ini:

 

0 comments

By