Qontak WhatsApp

Pengertian Pemasaran Media Sosial, Manfaat dan Strateginya

7 Strategi Media Sosial Marketing untuk Bisnis Pemula

Panduan Lengkap Pemasaran Media Sosial untuk Bisnis Anda

Media sosial telah menjadi pilihan utama bisnis sebagai media pemasaran. Bahkan beberapa platform media sosial berinovasi mendukung pemasaran media sosial. Hal ini dikarenakan media sosial marketing lebih banyak mendatangkan prospek

Lalu sebenarnya apa yang dimaksud sosial media marketing? Apa manfaatnya bagi bisnis? Bagaimana menerapkan strategi pemasaran media sosial yang menguntungkan bisnis? Semuanya akan diulas pada artikel di bawah ini.

 

Panduan Lengkap Strategi Media Sosial Marketing untuk Bisnis Anda


Apa itu Pemasaran Media Sosial?

Pemasaran media sosial adalah strategi marketing dengan memanfaatkan platform media sosial. Pemasaran melalui media sosial dinilai efektif dibandingkan metode lainnya. Pasalnya bisnis dan pelanggan langsung dapat berinteraksi untuk menyelesaikan permintaan pelanggan.

Beberapa platform sosmed bahkan menyediakan iklan berbayar untuk membantu mempromosikan produk bisnis Anda. Misalnya Facebook dan Instagram menjadi media sosial yang cukup banyak melakukan perubahan. Kedua platform ini juga mendukung aktivitas pemasaran bisnis dengan mengeluarkan fitur ads dan akun business.

Bisnis juga akan mendapatkan umpan balik baik dalam bentuk rekomendasi atau testimoni pelanggan yang merasa puas dengan produk Anda. Hal ini tentu menguntungkan bagi bisnis karena meningkatkan kredibilitas brand sekaligus konversi penjualan.


Apa Tujuan Bisnis Melakukan Pemasaran Media Sosial?

Tujuan utama pemasaran media sosial adalah memperluas jangkauan target pasar. Dengan pasar yang lebih luas, peluang untuk mendapatkan pelanggan baru lebih besar. Selain itu, masih banyak tujuam pemasaran media sosial antara lain:

1. Menjalin hubungan dengan pelanggan

Media sosial memudahkan Anda untuk menjalin hubungan pelanggan. Melalui medsos, hubungan yang terjalin lebih transparan dan interkatif layaknya dengan teman. Hal ini membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan.

2. Membangun brand awarness

Akun media sosial Anda dapat dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi terkait bisnis Anda. Misalnya dengan mengenalkan produk yang Anda jual atau kelebihan bisnis Anda dibandingkan kompetitor.

3. Promosi

Media sosial dapat Anda manfaatkan untuk mempromosikan produk yang Anda jual. Misalnya dengan menawarkan diskon eksklusif bagi pengikut platform media sosial Anda. Hal ini mampu mendorong loyalitas pelanggan Anda.

4. Publikasi

Platform media sosial dapat Anda manfaatkan sebagai media publikasi gratis yang mengenalkan produk baru Anda. Selain itu, Anda juga bisa mendorong pelanggan untuk menyebarkan informasi bisnis melalui akun media sosial mereka.

5. Market Reseacrh

Media sosial mempermudah bisnis Anda mempelajari perilaku pelanggan dan kompetitor. Hal ini memudahkan Anda memahami kebutuhan pelanggan. Hasil research tersebut dapat Anda manfaatkan untuk menyusun strategi pemasaran media sosial yang lebih efektif.


Apa Manfaat Pemasaran melalui Media Sosial bagi Bisnis?

Manfaat utama pemasaran media sosial bisnis adalah membangun brand awareness ke pasar yang lebih luas. Dimana pengguna media sosial tidak terbatas geografis. Artinya bisnis Anda yang melakukan pemasaran media sosial, audience atau target pasarnya tidak dibatasi lokasi tertentu.

Selain poin tersebut, masih ada manfaat bisnis mengimplementasikan sosial media marketing, diantaranya:

  • Promosi bisa dilakukan reguler atau terus menerus, baik berbayar maupun gratis.
  • Membangun kredibilitas brand Anda dengan semakin banyaknya interaksi bisnis dengan pelanggan
  • Mendatangkan lebih banyak leads atau prospek dengan cara lebih mudah
  • Meningkatkan konversi penjualan dan pendapatan bisnis
  • Ekonomis atau lebih murah dibandingkan promosi konvensional
  • Menjalin hubungan lebih baik dengan pelanggan.

Apa saja Jenis-Jenis Media Sosial yang Digunakan untuk Marketing?

Seiring dengan perkembangan digital, banyak platform media sosial yang ditawarkan. Namun tidak semua media sosial memiliki engagement cukup sebagai media pemasaran. Diantara banyaknya platform media sosial, terdapat beberapa yang populer digunakan bisnis untuk melakukan pemasar seperti berikut:

– FacebookFacebook-Pemasaran Media Sosial

Popularitas Facebook tidak perlu diragukan lagi. Dengan pengguna lebih dari 2,38 miliar, aplikasi ini sangat cocok digunakan sebagai media pemasaran bain untuk bisnis kecil maupun besar. Facebook juga didukung fitur-fitur terbaik seperti berbagi konten promosi, interaksi langsung dengan pelanggan, iklan berbayar dan lainnya. Fitur tersebut akan mempermudah Anda untuk melakukan pemasaran.

– InstagramInstagram-Pemasaran Media Sosial

Pengguna instagram beberapa tahun terakhir terus meningkat.  Menyadari platformnya diminati untuk media promosi, instagram meluncurkan fitur pendukung seperti instagram shopping, ads, Live, IGTV dan banyak lagi. Fitur-fitur tersebut dapat dimanfaatkan bisnis untuk menarik lebih banyak prospek dan menjalin hubungan dekat dengan pelanggan.

– YouTube

youtube_Pemasaran Sosial Media

Youtube menjadi platform media sosial populer selanjutnya. Dimana bisnis dapat memanfaatkan konten video untuk membangun brand awareness dengan membagikan atau mengupload konten video. Bisnis juga bisa beriklan pada kreator yang memiliki engagement tinggi atau melalui Youtube ads. Bahkan Anda dapat melakukan Youtube live yang merupakan layanan streaming langsung untuk berkomunikasi dengan pelanggan

– Twitter

Twitte-Pemasaran Media sosial

Twitter masih menjadi primadona di kalangan pengguna sosial media, terutama bisnis. Meski dibatasi 280 karakter dalam satu cuitan, percakapan terkait keuangan dan bisnis di Twitter meningkat hingga 133% dari tahun ke tahun. Hal ini tentu peluang bagi bisnis untuk menarik perhatian prospek atau pelanggan baru. Bahkan jika Twitter dimanfaatkan baik dapat menguntungkan bisnis seperti yang dilakukan Indihome menanggapi keluhan pelanggan dan bagaimana mereka memproyeksikan citra merek mereka.

– LinkedIn

linkedin

LinkedIn menjadi media sosial marketing yang paling diminati B2B (Business to Business). Melalui medsos ini dapat mengembangkan bisnisnya. Sementara, kebanyakan B2C (Business to Customer) memanfaatkan LinkedIn untuk mencari pekerja atau karyawan. Dimana sebagian pencari pekerjaan akan menampilkan keahlian atau portofolio mereka pada laman LinkedIn.


8 Strategi Pemasaran Melalui Sosial Media untuk Bisnis

Setiap bisnis pasti ingin mencapai kesuksesan dalam pemasaran, sehingga tercapai target KPI marketing. Begitu juga dalam sosial media marketing. Berikut 8 strategi pemasaran media sosial dijamin berhasil mendatangkan pelanggan adalah

1. Kenali target pasar Anda

Sebelum menentukan strategi pemasaran media sosial, sangat penting bagi Anda untuk memahami pasar yang akan Anda ditargetkan. Misalnya terkait selera, kebiasaan, kebutuhan dan lainnya untuk dijadikan tolak ukur apa sesuai dengan produk yang Anda tawarkan. Selain itu, juga mempermudah Anda membuat konten menarik untuk mendapatkan engagement yang lebih besar.

2. Pilih platform media sosial yang akan digunakan

Tentukan platform mana yang akan Anda gunakan sebagai media marketing. Pilihlah platform sesuai dengan kebutuhan strategi pemasaran media sosial Anda. Misalnya Anda ingin menargetkan kaum milenial, platform yang cocok digunakan adalah Instagram. Disana Anda bisa membuat konten marketing yang dikemas relevan mungkin.

3. Buatlah konten marketing yang menarik

Konten yang Anda buat harus bisa meningkatkan engagement dan sharing. Buatlah konten yang mampu membuat leads merasa membutuhkan produk yang Anda tawarkan. Dengan begitu, mereka akan mempertimbangkan untuk membeli produk Anda. Caranya Anda bisa mencari tahu apa yang dibutuhkan pelanggan melalui aktivitas mereka di sosmed.

4. Buatlah Gambar yang Baik dan Menarik

Penggunaan gambar yang menarik akan dapat menarik perhatian pelanggan dengan cepat. Gambar bisa kamu gunakan ketika membuat gambaran bisnis dan siapa saja orang-orang yang ada dibelakangnya. Selain itu, kamu juga dapat menggunakannya untuk mengedukasi pelanggan serta membuat informasi menjadi mudah dicerna bagi pelanggan.

5. Agendakan kapan Anda akan memposting konten

Waktu menjadi salah satu faktor penting keberhasilan strategi pemasaran media sosial. Pilihlah waktu dimana pengguna aktif membuka sosial media. Misalnya saat mereka tidak bekerja seperti jam berangkat, istirahat atau pulang kerja. Tujuannya agar konten Anda dilihat mereka tanpa tertutup dari konten pengguna lainnya.

6. Manfaatkan iklan berbayar

Meski Anda bisa melakukan pemasaran media sosial secara gratis, tapi tidak ada salahnya untuk memasang iklan berbayar. Hal ini akan memperluas jangkauan pasar, membangun brand awareness dan meningkatkan traffic. Sebab biasanya jangkauan pemasaran organik sangatlah terbatas. Rencanakan dan tentukan anggaran yang akan Anda keluarkan untuk beriklan sebaik mungkin.

7. Gunakan omnichannel

Omnichannel-Strategi pemasaran media sosial

Seperti yang diketahui, terdapat berbagai jenis media sosial yang bisa Anda gunakan untuk kampanye. Untuk mendapatkan hasil optimal, sebagian bisnis menggunakan lebih dari satu media sosial. Hal ini tentu sangat sulit untuk mengelola semua. Jangan sampai interaksi pelanggan terabaikan, karena sibuk mengurusi satu sosmed.

Omnichannel menjadi solusi tepat untuk Anda yang menggunakan banyak sosmed. Sebab Omnichannel dapat menghubungkan beberapa sosial media dalam satu platform terpadu. Jadi, Anda tidak perlu takut lagi kehilangan interaksi pelanggan.

8. Pantau, ukur dan evaluasi

Keberhasilan strategi pemasaran media sosial Anda tidak bisa diketahui, apabila Anda tidak memantau secara berkala. Evaluasi dengan melihat poin mana yang tidak bekerja efektif. Sebagai gantinya, perbaiki atau memodifikasi dengan pendekatan baru hingga mencapai target yang Anda inginkan.

Rekomendasi: 8 Aplikasi Pendukung Sales dan Marketing Bisnis dan 10 Aplikasi Marketing Terbaik, No. 1 Wajib Dimiliki!


Prediksi Tren Pemasaran Media Sosial di Tahun 2022

Tahun 2021 telah berakhir. Banyak pelajaran yang bisa dipelajari dari trend media sosial 2021. Saat ini banyak bisnis mulai menyusun strategi pemasaran untuk tahun 2022. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui prediksi tren pemasaran yang akan populer pada tahun 2022, diantaranya sebagai berikut:

– Insta Story yang Dapat Tingkatkan Popularitas

Saat ini Instagram telah berhasil menggeser kepopuleran SnapChat dalam hal story. Semenjak meluncurkan fitur terbarunya, yakni Insta Story, kepopuleran platform ini pun kian meninggi. Bahkan dari beberapa data yang dihimpun ada sekitar 200 juta orang menggunakan Instastory setiap bulannya.

Melihat kepopuleran Insta Story, tak sedikit merek-merek ternama mulai menjajalnya sebagai sarana pemasaran. Hal ini tentu akan berpengaruh pada tren media sosial di 2018 nanti. Apalagi fitur serupa juga telah diadopsi oleh Facebook. Ini berarti, merek yang ingin kepopulerannya meningkat harus bisa meluangkan waktu untuk memahami dan bergabung bersama pelanggan di Insta Story.

– Fokus pada Generasi Z

Tahun 2022 sudah bukan lagi masanya Milenial, tetapi memasuki era baru, yaitu Generasi Z. Berdasarkan dari berbagai studi, Generasi Z akan mulai menjadi konsumen potensial berharga di tahun 2022. Usia produktif yang mulai masuk angkatan kerja dan tentu berpotensi meningkatkan daya beli.

Beberapa penelitian mengenai kegemaran, pandangan politik, ekonomi hingga ketertarikan para Generasi Z sudah banyak beredar. Anda perlu mencari informasi tersebut untuk bisa lebih mengenal Generasi Z. Dua platform media sosial yang kemungkinan digemari oleh Generasi Z adalah SnapChat dan Instagram.

– Influencer Media Sosial Masih Jadi Pilihan Tepat

Merek-merek besar masih banyak memilih investasi marketing melalui influencer media sosial. Pasalnya, strategi dengan menggunakan influencer media sosial dipercaya lebih ampuh untuk meningkatkan keterlibatan konsumen potensial di media sosial.

Di tahun 2022 nanti diprediksi banyak merek akan banyak merangkul influencer media sosial sebagai upaya terhubung dengan konsumen potensial.

– Perbanyak Konten Live Streaming

Media sosial telah membawa banyak perubahan pada cara konsumen melihat sebuah merek. Keterlibatan pelanggan dalam pemasaran sebuah merek bisa sangat berpengaruh pada popularitas merek. Sebab pelanggan akan merasa semakin dekat dan menjadi bagian dari perjalanan merek itu sendiri.

Inilah yang terjadi seiring semakin menariknya konten live streaming bagi para pelanggan. Berbagai kegiatan yang dilakukan merek dapat langsung dibagikan kepada pelanggan saat itu juga.

Di tahun 2022 juga diprediksi akan banyak merek mulai menyadari kekuatan live streaming. Sehingga akan memasukkannya ke dalam strategi media sosial. Sebab itu, lebih baik segera terjun dalam strategi konten live streaming ini sebelum lebih banyak lagi yang menyadari kekuatannya.

– Aplikasi Chatting

Di samping platform media sosial  (Facebook, Instagram dan Twitter), ada lagi salah satu platform yang perlu diperhatikan, yaitu aplikasi chatting. Aplikasi chatting juga telah berperan sebagai media sosial bagi banyak merek di tahun 2021 ini. Salah satunya yang paling dominan adalah WhatsApp. Tak ayal, aplikasi chatting perlu menjadi perhatian di tahun 2022.

Dengan memanfaatkan betul aplikasi chatting, diprediksi akan semakin mendekatkan merek dengan pelanggan. Pasalnya, sudah banyak fitur yang tersedia di sana, seperti kecerdasan buatan, asisten suara dan chatbots yang membuat pelanggan merasakan pengalaman berbelanja pribadi.


Optimalkan Pemasaran Media Sosial Anda Sekarang!

Omnichannel Communications Qontak.com

Media sosial marketing sangat dibutuhkan di era digital saat ini. Strategi pemasaran ini membantu bisnis memperluas pasar serta membangun brand awareness. Namun untuk menjalankannya tidaklah mudah, Anda perlu memantau secara berkala aktivitas pemasran di sosial media.

Omnichannel adalah solusi tepat untuk bisnis mengawasi seluruh aktivitas marketing. Sistem ini mampu menghubungkan beberapa aplikasi media sosial dalam satu platform terpadu. Hal ini memudahkan Anda dalam memantau aktivitas pemasaran.

Qontak.com menyediakan Omnichannel CRM terbaik di Indonesia. Omnichannel Qontak.com mudah diintegrasikan dengan beberapa sosial media dan aplikasi lainnya (Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, WhatsApp, email dan lainnya. Qontak.com juga didukung dengan fitur canggih yang akan mempermudah Anda mengelola pemasaran lebih efisien dan efektif.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

You may also like

By