Qontak WhatsApp

Pengertian Artificial Intelligence dan Penerapannya

Artificial Intelligence in Business

Pelajari Pengertian Artificial Intelligence dan Contoh Penerapannya pada Bisnis

Pembahasan tentang pengertian artificial intelligence atau AI memang tengah populer saat ini. Efisiensi yang dihadirkan oleh AI dapat dengan mudah menaikkan pamor dan menambah kesempatan berbisnis bagi para pemilik bisnis kecil. Bahkan, tanpa disadari, bisa jadi para pemilik bisnis kecil bahkan sudah menggunakannya.

AI sebenarnya telah tersedia dalam berbagai bentuk di kehidupan sehari-hari yang sudah kita kenal baik, seperti berbicara dengan suara otomatis dalam smartphone, melakukan chat langsung dalam web dengan customer service atau sekadar scroll timeline media sosial yang sesuai dengan interest kita.

Lalu sebenarnya apa itu Artificial Intelligence? berikut penjelasan mengenai pengertian AI, manfaat, dan contoh penerapannya dibawah.

Pengertian Artificial Intelligence

Apa itu Artificial Intelligence? Pelajari Pengertian Artificial Intelligence!

Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) adalah kemampuan digital atau robot yang dikendalikan komputer untuk melakukan tugas-tugas yang umumnya dikerjakan oleh manusia. Istilah ini sering diterapkan pada pengembangan sistem yang membutuhkan karakteristik proses intelektual manusia, seperti kemampuan untuk menalar, menemukan makna, menggeneralisasi, atau belajar dari pengalaman masa lalu.

Apa Manfaat Artificial Intelligence pada Bisnis?

Artificial intelligence memiliki beberapa manfaat terhadap bisnis. Setidaknya ada 3 manfaat AI dalam mendukung variabel penting dalam bisnis, seperti:

  • Otomatisasi Proses Bisnis
  • Memberikan Insight melalui Data Analysis
  • Hubungan dengan Pelanggan

Dari ketiga manfaat tersebut, bagaimana penerapan Artificial Intelligence pada bisnis?

Apa Saja Contoh Penerapan Artificial Intelligence pada Bisnis?

1. Media Sosial

Saat ini banyak media sosial yang telah implementasi AI. Contohnya seperti Instagram yang menggunakan AI untuk memprioritaskan posting berdasarkan relevansi, post terbaru, popularitas, dan preferensi pengguna (user).

Tidak hanya itu, implementasi AI pada media sosial Instagram juga termasuk melawan spam – mendeteksi kalimat kasar dan bahkan sebagai hiburan seperti filter pendeteksi wajah pada fitur Instagram Stories.

2. Call Center

AI Call Center

Contoh penerapan artificial intelligence pada bisnis lainnya adalah pada call center. AI pada call center dapat memberikan manfaat seperti:

  • Text to Speech: AI dapat bekerja dengan membuat teks secara otomatis dari percakapan telepon secara real-time
  • Agent Routing: AI juga dapat mengalokasikan panggilan kepada setiap agen secara otomatis dan adil
  • Dashboard dan custom report: AI dapat membantu user menampilkan laporan terperinci yang berisi interaksi antara pelanggan dengan agen.

3. Customer Service

Chatbot

Contoh implementasi Artificial Intelligence adalah dengan menggunakan Chabot pada customer service. Chatbot adalah sebuah layanan virtual dimana memanfaatkan AI untuk menyampaikan informasi layaknya chatting dengan manusia biasa. Saat ini, salah satu aplikasi yang dapat menggunakan fitur Chatbot adalah WhatsApp melalui WhatsApp Business API.

Manfaat Chatbot WA pada bisnis dapat membantu memperluas jangkauan pasar, meningkatkan produktivitas dan efisiensi, serta meningkatkan pengalaman pelanggan (customer experience). Peningkatan pengalaman pelanggan dapat menaikkan kepuasan pelanggan (customer satisfaction) yang selanjutnya berpengaruh pada peningkatan penjualan Anda. Manfaat lain dari Chatbot WA adalah membuat bisnis hemat biaya dan dapat mengumpulkan feedback dari pelanggan.

4. Penjualan/Sales

Fitur aplikasi sales Qontak.com

Contoh penerapan Artificial Intelligence pada sektor penjualan adalah dengan memanfaatkan aplikasi sales. Pada aplikasi sales, AI dapat bekerja dengan membangun analisis akurat dan real-time sehingga dapat membantu bisnis membuat keputusan yang lebih baik. Aplikasi sales juga dapat digunakan untuk monitoring aktivitas tim sales kanvas melalui fitur live GPS.

Manfaat AI lainnya dalam aplikasi sales adalah membantu integrasi dengan aplikasi lain seperti WhatsApp dan Omnichannel. Bisnis dapat mengintegrasi media sosial (Instagram, WhatsApp, Line, dan Telegram), call center, dan aplikasi sales dalam 1 platform aplikasi CRM.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

 

Dapatkan semua manfaat AI pada aplikasi CRM Qontak.com

Setelah memahami pengertian artificial intelligence beserta manfaat dan penerapannya, Anda mungkin tertarik mencari aplikasi dengan teknologi AI terbaik. Qontak.com merupakan solusi terbaik untuk Anda. Qontak.com dapat membantu bisnis baik sekala besar maupun kecil untuk memberikan semua manfaat AI diatas dalam 1 platform.

Anda dapat melakukan segala aktivitas seperti penjualan melalui aplikasi sales, customer service dengan WA Chatbot, dan call center yang terintegrasi dalam 1 aplikasi CRM Qontak.com

Qontak.com menawarkan implementasi gratis, pengaturan gratis, dan uji coba gratis selama 14 hari tanpa risiko apa pun. Klik disini untuk mencoba penawaran kami hari ini. Atau dengan mengisi form di bawah ini:

 

 

 

You may also like

By