Qontak WhatsApp

Penyesuaian dalam Menghadapi Perubahan Jumlah Karyawan

Leadership in Growing Company

Dalam membangun perusahaan dan bisnis, terjadinya peningkatan jumlah karyawan merupakan suatu pencapaian yang patut dirayakan. Seiring dengan semakin melebarnya cakupan bisnis Anda, Anda akan secara otomatis memerlukan lebih banyak tenaga pekerja. Saat hal ini terjadi, tantangan baru yang kemudian muncul adalah adaptasi perusahaan untuk mengakomodasi kebutuhan jumlah baru di dalam perusahaan. Tanggung jawab pun semakin bertambah. Sebagai pemimpin dari sebuah tim, jelas Anda harus segera menyesuaikan diri dengan perubahan dan pertumbuhan yang terjadi ini. Beberapa di antaranya yang penting meliputi:

  1. Mempertahankan kultur perusahaan yang positif dan mengontrol perubahannya

Hal tersulit untuk dilakukan ketika perusahaan berkembang pesat adalah mempertahankan kultur yang dibangun sejak awal. Menentukan kultur yang kemudian secara terus-menerus disosialisasikan merupakan salah satu cara untuk menjaga konsistensi hal ini dari hari pertama Anda membentuk tim. Ketika tim semakin bertambah dan kedekatan antara satu dengan yang lain semakin sulit dipertahankan, Anda dapat menciptakan tradisi di mana ada stabilitas yang terjaga meski perubahan terus-menerus bertambah. Dengan tradisi, spirit dan nilai-nilai di awal terbentuknya bisnis akan tetap terjaga. Tradisi yang dimaksudkan dapat berupa merayakan ulang tahun salah satu anggota tim, mengadakan minggu khusus untuk membahas inovasi dan kreasi, atau menjadi sukarelawan untuk aksi sosial.

Leadership in Growing Company
Sumber Gambar: johnmaxwell.com
  1. Membangun proses dengan menentukannya, mencoba kembali jika gagal dan memperbaikinya

Dalam tim yang berjumlah dua hingga lima orang, Anda dapat dengan mudah mengirimkan email massal ke seluruh tim Anda. Namun, ketika jumlahnya bertambah menjadi lebih dari lima orang, cara ini tidak lagi efektif dan sama sekali tidak efisien. Anda harus menentukan proses berkomunikasi seperti apa yang hendak Anda ikuti dan cara mengorganisir seperti apa yang ingin Anda ikuti dari awal. Awalnya memang tidak nyaman, namun penyesuaian yang terus-menerus hingga menemukan metode yang tepat akan bermanfaat dalam jangka panjang. Investasikan dari awal dana Anda untuk proses yang memudahkan distribusi informasi dan komunikasi dalam tim dan keluar untuk keperluan bisnis yang terus berkembang.

Leadership in Growing Company
Sumber Gambar: bathroom-faucet-reviews.com
  1. Belajarlah untuk melepaskan

Biasanya, masalah ini dihadapi oleh pendiri atau CEO dari suatu perusahaan. Saat jumlah karyawan masih minim, menjadi orang yang memikirkan segala sesuatu dan menemukan jalan keluarnya merupakan peran utama seorang pendiri bisnis. Namun, saat jumlah orang di perusahaan bertambah, Anda harus rela melepaskan beberapa peran sekaligus yang dulunya Anda tangani sendiri. Anda harus bersandar dan berkolaborasi dengan orang lain. Ketahuilah kapan Anda harus melakukan hal ini agar Anda tidak melewatkan momentum yang krusial dalam bisnis Anda.

Sebuah quotes dari Tom Peters mengatakan bahwa manajemen adalah persoalan mengatur dan memberitahukan, sementara kepemimpinan adalah persoalan mengayomi dan memberdayakan. Jangan sampai Anda melewatkan kesempatan untuk menelurkan pemimpin-pemimpin baru dari mereka yang bergabung dengan Anda, karena itulah nilai yang paling berharga dari sebuah perusahaan.

You may also like

By