Qontak WhatsApp

Apa Perbedaan CRM dan SCM? Begini Penjelasannya!

Mengenal Perbedaan CRM dan SCM

Selama dekade terakhir, solusi manajemen bisnis seperti CRM dan SCM sangat digandrungi oleh para pelaku bisnis karena kemampuannya untuk membantu proses bisnis. Meskipun sama-sama berfungsi sebagai solusi manajemen bisnis, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Lalu, apa perbedaan CRM dan SCM?

Untuk mengetahuinya, yuk simak penjelasan tentang perbedaan CRM dan SCM di artikel berikut ini!

3 perbedaan utama CRM dan SCM:

  1. Manajemen Pelanggan Vs Manajemen Produk
  2. Mendorong Penjualan Vs Menyelesaikan Penjualan
  3. Menghasilkan Pendapatan Vs Penyederhanaan Biaya 

mau coba aplikasi crm terbaik


Customer Relationship Management (CRM)

CRM adalah sistem yang digunakan untuk mengelola hubungan pelanggan bisnis secara keseluruhan, termasuk penjualan dan pemasaran.

Semua departemen dapat menggunakan database yang sama untuk merekam interaksi mereka dengan pelanggan dan menghilangkan adanya upaya duplikat.

Dengan demikian, bisnis dapat menggunakan CRM untuk meningkatkan hubungan pelanggan dan mendorong pertumbuhan penjualan.

Baca Juga: Apa itu CRM? Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Tahapannya


Supply Chain Management (SCM)

SCM adalah alat yang digunakan untuk melacak dan menjalankan proses perusahaan, termasuk desain, pengadaan, manufaktur, produksi, distribusi, penjualan, dan pemenuhan pesanan.

Tujuan dari penggunaan SCM adalah mengurangi biaya dan risiko perusahaan dalam hal-hal seperti memiliki terlalu banyak atau terlalu sedikit persediaan.

Sementara itu, software SCM dapat digunakan di sebagian besar departemen, mulai dari akuntansi dan layanan pelanggan hingga manufaktur dan pengiriman.


Apa Perbedaan CRM dan SCM?

CRM dan SCM keduanya sama-sama dapat membantu bisnis dalam memudahkan proses manajemen bisnis, sehingga dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Namun, apa perbedaan antara CRM dan SCM?

Berikut adalah beberapa perbedaan CRM dan SCM yang perlu diketahui bisnis sebelum memutuskan menggunakannya.

1. Manajemen Pelanggan Vs Manajemen Produk

CRM dapat membantu bisnis dalam menerapkan strategi pemasaran untuk mendapatkan dan memelihara hubungan pelanggan.

Tidak hanya itu saja, bisnis juga dapat mengintegrasikan aplikasi CRM dengan sistem bisnis lainnya seperti Omnichannel dalam satu platform terpadu.

Dengan demikian, bisnis dapat mengelola hubungan pelanggan secara maksimal dan efisien di berbagai saluran berbeda secara bersamaan.

Apabila CRM berfungsi untuk manajemen pelanggan, maka ini berbeda dengan SCM yang berfungsi untuk manajemen produk, seperti mengelola pengiriman produk dan layanan.

Platform SCM akan mengumpulkan data rantai pasokan dan menggunakannya untuk sales forecast dan melacak inventaris produk serta lokasi penjualan secara real-time.

Pendekatan berbasis data ke SCM ini membantu organisasi mengelola pemeriksaan inventaris, informasi logistik, tanggal pengiriman, dan kontrol pasokan produk secara mudah.

2. Mendorong Penjualan Vs Menyelesaikan Penjualan

Apabila aplikasi CRM dapat membantu bisnis untuk mendorong penjualan baru, maka SCM akan fokus pada peningkatan proses penjualan.

Dalam hal ini, platform SCM dapat mempercepat waktu pengiriman produk, mengatasi kemacetan, dan mengotomatiskan proses rantai pasokan.

3. Menghasilkan Pendapatan Vs Penyederhanaan Biaya

Secara umum, perusahaan akan menggunakan CRM untuk menciptakan lebih banyak peluang penjualan dan pendapatan.

Namun ini berbeda dengan SCM yang membantu perusahaan untuk menyederhanakan rantai pasokan, sehingga dapat mengurangi biaya dan mengirimkan produk dengan tepat waktu.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis CRM pada Bisnis


CRM Vs SCM, Sesuaikan dengan Kebutuhan Bisnis Anda!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Itu dia perbedaan CRM dan SCM yang perlu Anda ketahui. Untuk menentukan platform mana yang paling tepat, Anda perlu memahami terlebih dahulu jenis dan struktur perusahaan Anda. Apakah perusahaan Anda membutuhkan CRM, SCM, atau bahkan keduanya?

Perusahaan dengan pasar yang kompetitif umumnya akan membutuhkan platform CRM untuk mempertahankan banyak hubungan pelanggan dan memperluas jangkauan pasarnya. Sehingga, bisnis nantinya dapat memperoleh return on investment (ROI) yang maksimal.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM terbaik yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan kinerja dan perkembangan bisnis Anda secara keseluruhan. Aplikasi CRM tidak hanya dilengkapi dengan fitur pendukung hubungan pelanggan, tetapi juga berbagai fitur canggih yang dapat memaksimalkan perkembangan bisnis Anda.

Sementara itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk membantu mengelola pemasaran, penjualan, dan hubungan pelanggan mereka. Tidak hanya itu, Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, COBA DEMO Aplikasi CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari!

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau dengan mengisi form coba gratis dibawah ini:

0 comments

By