Qontak WhatsApp

Membangun Personal Branding di Era Digital

Membangun Personal Branding di Era Digital

Pentingnya personal branding pada sebuah produk merupakan hal yang harus diperhatikan oleh para pebisnis. Sering kali banyak pebisnis kurang memahami dengan baik apa itu personal branding.

Sehingga pada saat harus bersaing dengan produk sejenis, akhirnya produk tenggelam dan kalah persaingan. Apalagi di era digital sekarang ini, dimana membangun hal tersebut menjadi makin mudah. Banyak bisnis memanfaatkan media digital sebagai salah satu langkahnya.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan lengkap tentang personal branding di bawah ini!

Cara mudah membangun personal branding untuk bisnis:

  1. Mengetahui Jati Diri Bisnis
  2. Menentukan Tujuan
  3. Menjaga Konsistensi Produk
  4. Membuat Konten Menarik Sesuai Visi Misi Bisnis
  5. Memperluas Jaringan dan Relasi

Image CTA for personal branding

Apa Itu Personal Branding?

Personal branding adalah upaya bisnis dalam mencitrakan usahanya kepada konsumen agar dapat dinilai oleh konsumen maupun masyarakat luas. Sehingga konsumen dapat segera mengenali dengan mudah terhadap sebuah brand tertentu.

Di sisi lain personal branding adalah hal yang harus benar-benar direncanakan dengan seksama dalam menjalankan bisnis. Dengan cara membangun personal branding yang tepat, diharapkan bisnis mampu terus bertahan bahkan cenderung meningkat.

Apa Tujuan Personal Branding?

Ada beberapa tujuan yang umumnya ingin dicapai dengan melakukan personal branding. Beberapa tujuan yang cukup umum untuk dicapai yaitu seperti berikut ini.

– Menunjukkan Keunggulan Produk

Melalui hal ini, sebenarnya merupakan cara untuk menunjukkan seperti apa kelebihan atau keunggulan sebuah produk. Sehingga hal tersebut dapat dinilai oleh konsumen yang mengincar produk tersebut.

Dengan kata lain personal branding ini memiliki tujuan untuk memberikan informasi terkait kelebihan serta keunggulan produk tersebut pada masyarakat atau target konsumennya.

– Lebih Dikenal Masyarakat

Berkat aktivitas ini maka nantinya bisnis atau produk akan jauh lebih dikenal oleh masyarakat. Terutama oleh para calon konsumen, akan lebih mudah untuk diketahui dan dilihat oleh para target konsumen.

– Memiliki Ciri Khas Tersendiri

Personal branding juga memiliki tujuan untuk memberikan ciri khas tersendiri pada produk yang bersangkutan. Setiap produk bisa saja memiliki manfaat yang sama, namun belum tentu memiliki ciri khas yang serupa.

Sehingga dengan adanya hal ini, maka ciri khas sebuah produk atau bisnis akan lebih mudah terlihat atau dimunculkan.

Apa Manfaat Personal Branding bagi Bisnis?

Bukan hanya memiliki tujuan, tapi melakukan personal branding pada sebuah bisnis juga mampu mendatangkan sejumlah manfaat. Terutama pada bisnis yang dijalankan. Sehingga ini merupakan hal yang penting diperhatikan bagi para pengusaha dan pebisnis yang ingin sukses.

Berkat adanya hal tersebut, berikut ini manfaat yang bisa diperoleh atau didapatkan.

1. Media untuk Memperoleh Peningkatan Pendapatan

Media untuk Memperoleh Peningkatan Pendapatan

Manfaat pertama yaitu untuk membantu meningkatkan peningkatan pendapatan. Saat produk dikenal lebih baik olah target konsumen, maka ketertarikan konsumen juga akan meningkat.

Sehingga dengan demikian maka pendapatan juga akan makin meningkat dan bisnis akan berkembang menjadi lebih besar.

2. Mengembangkan Ciri Khas Produk

Mengembangkan Ciri Khas Produk

Personal branding juga memberikan manfaat untuk dapat mengembangkan ciri khas sebuah produk secara efektif dan optimal. Dengan aktivitas ini maka produk dapat menunjukkan apa yang menjadi ciri khasnya dan mengembangkan hal tersebut untuk dapat menjadi kelebihan yang menarik.

3. Mengungguli Kompetitor

Mengungguli Kompetitor

Manfaat lain yang bisa didapatkan yaitu membantu untuk menjadikan produk lebih unggul dari kompetitor sejenis. Sehingga saat disejajarkan dengan produk serupa di pasaran akan lebih mudah dikenali dan membuat konsumen lebih tertarik untuk mendapatkannya.

Baca Juga: Apa Itu Diferensiasi Produk? Definisi, Manfaat, dan Strategi

Apa Pentingnya Personal Branding bagi Bisnis?

Personal branding adalah hal yang sangat penting, terutama di masa sekarang ini. Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan saat melakukan hal tersebut semaksimal mungkin dalam bisnis. Beberapa hal yang mendasari pentingnya hal ini antara lain yaitu sebagai berikut.

– Membangun Kredibilitas Produk

Berkat melakukan hal tersebut, tentu saja dapat membantu untuk membangun kredibilitas produk yang lebih baik di mata konsumen. Sangat penting memastikan bahwa bisnis yang Anda kelola berkualitas dan memiliki kredibilitas yang tinggi.

Menonjolkan kelebihan produk merupakan salah satu langkah efektif yang bisa mendukung hal ini via personal branding. Saat kredibilitas bisnis terjaga dengan maksimal, otomatis konsumen akan terus percaya kepada produk tersebut. Sehingga tidak akan beralih pada produk lainnya.

– Mengembangkan Kepercayaan Konsumen

Adanya personal branding juga merupakan langkah yang tepat untuk membantu mengembangkan kepercayaan konsumen terhadap produk maupun jasa yang ditawarkan.

Apalagi saat ini persaingan semakin tinggi dan kompetitor semakin beragam. Sehingga berkat jati diri yang unik dan berbeda, tentu akan lebih mudah untuk konsumen tetap mempercayai produk tersebut.

Dengan demikian keinginan atau pikiran untuk beralih pada produk sejenis lainnya bisa dihindari.

– Menunjukkan Esensi dan Jati Diri Bisnis

Manfaat lain yang bisa didapatkan yaitu menunjukkan seperti apa esensi serta jati diri bisnis yang sesungguhnya kepada masyarakat secara luas.

Selain itu, hal ini juga membantu memberikan gambaran yang lebih spesifik kepada para konsumen tentang seperti apa sebenarnya bisnis yang dijalankan melalui produk dan jasa atau layanan yang ditawarkan.

Sehingga dengan demikian maka konsumen dapat menilai bagaimana rupa dan jati diri bisnis tersebut secara umum. Yang mana hal ini mempermudah konsumen untuk mengenali bisnis secara langsung.

Contoh Personal Branding

Adapun contoh personal branding ini cukup banyak, terutama di era digital sekarang ini. Bila melihat di masa yang lalu, hal ini bisa dikenali dari julukan untuk seseorang. Misalnya saja Raden Ajeng Kartini dikenal sebagai pahlawan emansipasi wanita.

Nah, contoh personal branding ini juga bisa diterapkan pada bisnis yang dikelola. Misalnya yaitu yang dilakukan oleh produk milik Nike, sepatu olahraga yang ternama di dunia.

Dengan bantuan media digital seperti Twitter, Nike melakukan terobosan merespon konsumen setiap saat. Sehingga hal ini membantu produk tersebut menjadi lebih dikenal secara luas.

Contoh personal branding berikutnya yang ada di dalam negeri yaitu e-commerce Shopee. E-commerce ini identik dengan warna oranye. Sehingga bahkan ada banyak yang menjulukinya sebagai e-commerce oranye. Baik di media seperti Instagram, Twitter, maupun media sosial yang lain, Shopee selalu konsisten memakai warna dasar tersebut.

Bagaimana Cara Membangun Personal Branding?

Untuk dapat membuat personal branding yang menarik, tentu saja diperlukan cara membangun personal branding yang efektif. Di era masa kini, dimana semua hal dapat dilakukan dengan langkah mudah via digital, tentu saja ada banyak cara yang menarik.

Beberapa cara membangun personal branding khususnya via teknologi digital antara lain sebagai berikut:

1. Mengetahui Jati Diri Bisnis

Pertama, tentu saja penting untuk mengetahui seperti apa jati diri bisnis yang sesungguhnya. Mulai dengan mengenali apa yang menjadi inti dari bisnis yang dikelola untuk dapat merefleksikan bisnis tersebut kepada para konsumen dan masyarakat umum.

Hal ini bisa dilakukan dengan membuat beberapa daftar pertanyaan terkait bisnis yang dijalankan. Seperti misalnya pertanyaan berikut ini.

  • Apa motivasi bisnis yang sedang dikelola?
  • Seperti apa peranan bisnis Anda di tengah-tengah masyarakat saat ini?
  • Apa kelebihan yang dapat dilihat dari bisnis Anda dibandingkan bisnis serupa lainnya?

Serta masih banyak lagi beberapa pertanyaan sepele yang mampu membuat Anda mengenali bagaimana bisnis yang dijalankan sebenarnya. Sehingga dari sini akan lebih mudah mengetahui bagaimana nanti Anda akan membawa bisnis tersebut ke depan konsumen.

2. Menentukan Tujuan

Tentukan tujuan terlebih dahulu, membangun personal branding akan terasa lebih mudah saat Anda mengetahui apa tujuan bisnis Anda. Oleh karena itu, buat daftar tujuan dari bisnis yang sedang dikelola.

Ketahui dengan pasti apa saja yang akan diraih dari bisnis tersebut. Termasuk seperti apa target yang diinginkan dari bisnis ini.

3. Menjaga Konsistensi Produk

Jangan lupa untuk tetap menjaga konsistensi produk yang ditawarkan pada bisnis. Hal ini sangat penting untuk meyakinkan konsumen bahwa bisnis yang dikelola tetap sama dari awal hingga akhir.

Konsistensi membantu konsumen untuk tetap mempercayai bisnis Anda sepenuhnya. Meskipun terdapat banyak kompetitor sejenis namun pastinya bisnis lebih bertahan dengan adanya konsistensi penuh dalam menjalankan bisnis tersebut.

4. Membuat Konten Menarik Sesuai Visi Misi Bisnis

Setelah mengetahui berbagai hal penting di atas, kini saatnya membuat konten yang menarik sesuai dengan visi dan misi bisnis Anda. Gunakan berbagai media digital yang ada saat ini untuk memaksimalkan hal tersebut.

Misalnya melalui media sosial seperti Facebook atau Instagram, ataupun dengan mengunggah video YouTube yang menarik.

5. Memperluas Jaringan dan Relasi

Tidak lupa juga perluas jaringan bisnis dan relasi yang ada. Sehingga bisnis mampu berkembang lebih besar dari yang sebelumnya. Memperluas jaringan juga dapat membantu meningkatkan konversi bisnis.

Oleh sebab itu, perbanyak relasi dan dapatkan jaringan bisnis yang lebih optimal dari hal tersebut.

Bagaimana Cara Meningkatkan Personal Branding?

Tidak terbatas pada membangun saja, namun meningkatkan personal branding adalah hal selanjutnya yang tidak kalah penting. Maka dari itu para pebisnis harus memahami hal tersebut dengan baik.

Jika tidak maka hal ini tidak dapat meningkat secara optimal. Adapun langkah dan cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hal ini adalah sebagai berikut:

– Pilih citra yang ingin dikembangkan dengan tepat

Mengembangkan keunggulan akan sulit dilakukan tanpa mengetahui mana citra yang ingin ditunjukkan pada konsumen secara optimal. Maka dari itu mulai saja dengan memilih citra yang ingin ditunjukkan tersebut. Sehingga akan lebih mudah melakukan langkah selanjutnya.

– Mengembangkan keunggulan produk

Ini adalah cara awal yang dapat dilakukan untuk memastikan personal branding yang berkembang. Oleh karena itu pastikan mengetahui dengan baik dimana letak kelebihan produk dibandingkan produk sejenis lainnya. Dari sini maka pebisnis mampu mengembangkan keunggulannya dan otomatis membantu meningkatkan personal branding secara lebih optimal.

– Tampilkan lebih banyak portofolio dan kesuksesan produk di pasaran

Masyarakat serta target konsumen lebih menyukai untuk memilih produk yang berhasil. Maka dari itu semakin banyak keberhasilan produk yang ditunjukkan maka makin besar kemungkinan produk disukai oleh target konsumen.

– Gunakan banyak media

Jangan terpaku pada satu media saja. Namun pilih banyak media untuk menunjukkan keunggulan produk. Dengan demikian sasaran dan target konsumen akan lebih luas dan keberhasilan personal branding akan lebih meningkat.

Baca Juga: Return on Investment (ROI), Manfaat, dan Cara Menghitungnya

Bangun dan Tingkatkan Personal Branding Bisnis Anda Sekarang!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Dari pembahasan di atas dapat dipahami betapa pentingnya personal branding yang harus dibangun oleh pebisnis di masa sekarang. Terutama di era digital sekarang ini dimana ada banyak cara efektif untuk meningkatkan hal tersebut.

Sehingga nantinya meskipun banyak bisnis serupa muncul menjadi pesaing, namun bisnis yang dikelola tidak akan tenggelam. Sebaliknya, bisnis tetap berjalan lancar dan bahkan mengalami peningkatan.

Selain menggunakan personal branding, Anda juga dapat meningkatkan bisnis Anda dengan mengotomatiskan dan merampingkan seluruh tahapan proses bisnis Anda. Salah satu carany dengan menggunakan aplikasi CRM yang terintegrasi dengan Omnichannel dari Mekari Qontak.

Omnichannel CRM Mekari Qontak dapat membantu Anda untuk mengotomatiskan dan meningkatkan pemasaran, layanan pelanggan, dan penjualan secara mudah dalam satu platform terpadu.

Sementara itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk membantu mereka meningkatkan tahapan bisnis secara keseluruhan. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi?Yuk, coba demo Aplikasi CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau dengan mengisi form coba gratis di bawah ini:

0 comments

By