Qontak WhatsApp

Apa Itu Podcast Marketing? Pengertian, Manfaat, dan Strateginya

Panduan Lengkap Podcast Marketing

Podcast kini tengah menjadi salah satu konten yang banyak diminati oleh masyaraka dari berbagai kalangan. Ini karena podcast dapat memberikan orang-orang pengetahuan baru yang mungkin belum pernah mereka ketahui sebelumnya. Oleh sebab itu, tidak heran apabila podcast marketing dipilih oleh banyak perusahaan untuk memasarkan bisnis mereka.

Namun, apa itu podcast marketing? Apa manfaatnya untuk bisnis? Dan bagaimana strateginya?

Untuk mengetahuinya, yuk simak pembahasan lengkap tentang podcast marketing di bawah ini!

4 strategi podcast marketing yang efektif meningkatkan pemasaran bisnis:

  1. Kembangkan halaman arahan podcast
  2. Rekam beberapa episode podcast
  3. Gunakan influencer marketing
  4. Pertimbangkan iklan berbayar

Image CTA Omnichannel


Apa Itu Podcast Marketing?

Podcast marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan dengan cara membuat dan mendistribusikan konten audio yang unik. Umumnya, konten audio ini akan secara gratis dibagikan kepada pendengar untuk memengaruhi dan memberi tahu mereka tentang bagimana produk atau layanan bisnis Anda dan bermanfaat bagi mereka.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Predictive Marketing, Manfaat, dan Contohnya


Mengapa Podcast Marketing Penting untuk Bisnis?

Podcasting merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan keterlibatan audiens Anda dalam skala besar pada saat seperti ini. Di Amerika Serikat, hampir setengah dari populasinya mendengarkan podcast secara teratur. Sementara di Inggris, pendengar podcast meningkat 42% selama pandemi. Begitu juga di Indonesia, di mana peminat podcasting meningkat drastis dari sebelum pandemi.

Umumnya iklan di radio hanya akan berlangsung selama 15 atau 30 detik saja, namun ini berbeda dengan podcast yang dapat berlangsung mulai dari lima menit hingga satu jam lebih, yang memberikan Anda kemampuan untuk membahas lebih dalam tentang produk dan merek bisnis Anda.


Apa Manfaat Podcast Marketing?

Podcasting tidak hanya dapat membantu Anda untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan secara masif saja. Masih ada banyak manfaat podcast marketing yang dapat menguntungkan bisnis.

Berikut adalah manfaat podcast marketing untuk bisnis:


Strategi Podcast Marketing

Membuat podcast hanyalah langkah awal dalam melakukan strategi podcast marketing. Untuk mencapai kesuksesan, Anda perlu melakukannya dengan strategi yang tepat.

Berikut adalah strategi podcast marketing yang efektif untuk pemasaran bisnis Anda.

1. Kembangkan halaman arahan podcast

Kembangkan halaman arahan podcasting marketing

Untuk memberikan kenyamanan bagi pendengar, Anda dapat membuat halaman arahan podcast terpisah, yang secara khusus hanya menampilkan konten podcast yang Anda buat.

Pastikan pengguna dapat fokus mendengarkan episode podcast Anda. Di mana halaman harus berisi judul yang jelas yang mengkomunikasikan kegunaan produk Anda.

Anda juga harus menjelaskan podcast Anda dan manfaat yang akan diterima orang setelah mendengarkannya.Pastikan halaman tersebut menyertakan tautan yang berfungsi ke semua episode yang diterbitkan.

2. Rekam beberapa episode podcast

Rekam beberapa episode podcasting marketing

Jika Anda baru memulai podcast, penting untuk menyediakan lebih dari satu episode podcast kepada pendengar.

Podcast yang relevan dan menarik akan selalu mendorong orang untuk mendengarkan lebih banyak episode. Namun, ini tidak berarti Anda harus membuat terlalu banyak episode. Untuk menghindari frustrasi di antara pendengar Anda dan komentar negatif, bersiaplah dengan 3 hingga 5 episode podcast.

3. Gunakan influencer marketing

Influencer

Melakukan podcast bersamaan dengan influencer marketing bisa menjadi salah satu cara efektif untuk menarik minat dan mendorong keterlibatan pelanggan Anda. Dalam hal ini, Anda dapat meminta bantuan influencer atau ahli untuk memberikan opini mereka terkait topik yang sedang Anda bahas.

Perlu diketahui bahwasanya, influencer memiliki tingkat keahlian yang tinggi di bidang tertentu dan dapat merekomendasikan perusahaan yang kredibel. Untuk itu, Anda perlu menemukan pakar yang tepat terkait dengan topik podcast Anda

4. Pertimbangkan iklan berbayar

ads

Untuk meningkatkan traffic ke situs web podcast Anda, Anda memerlukan iklan berbayar. Anda dapat menempatkannya di media sosial atau di hasil pencarian berbayar.

Dengan demikian, audiens yang mencari informasi serupa akan menemukan iklan dan menemukan tentang podcast Anda. Sementara itu, iklan berbayar merupakan salah satu strategi yang membawa hasil nyata dalam hal lalu lintas dan basis pendengar.

Baca Juga: Mengenal Strategi Omnichannel Marketing, Manfaat dan Contohnya


Gunakan Podcast Marketing untuk Tingkatkan Pemasaran Anda!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan, podcast marketing adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan pemasaran Anda, khususnya pada masa kini. Di mana peminat dan pendengar podcast meningkat tajam dibandingkan dengan sebelum pandemi.

Selain menggunakan pemasaran podcast, Anda juga perlu melaraskan program dan kampanye pemasaran Anda di berbagai platform atau saluran bisnis lainnya. Sehingga, audiens dan pelanggan dapat terlibat lebih banyak dengan merek bisnis Anda, dan akhirnya merubah mereka menjadi pelanggan dengan loyalitas tinggi.

Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan Omnichannel sebagai pendekatan lintas saluran yang tepat untuk bisnis Anda. Mekari Qontak menyediakan Omnichannel terbaik yang dapat membantu Anda untuk mengakses seluruh saluran bisnis Anda secara mudah dalam satu platform terpadu.

Sementara itu,Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk mengotomatiskan seluruh tahapan pemasaran dan penjualan mereka. Jadi tunggu apa lagi?

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau dengan mengisi form coba gratis dibawah ini:

You may also like

By