Qontak WhatsApp

11 Skill Project Manager yang Wajib Dimiliki Manajer Proyek!

Menjadi seorang project manager bukanlah hal yang mudah. Faktanya tidak ada cara tertentu yang dapat memastikan keberhasilan suatu proyek. Oleh karena itu, seorang project manager harus memiliki kemampuan untuk dapat menghadapi dan mengatasi kendala yang tidak terprediksi dalam melakukan project management.

Project management skill adalah elemen penting yang harus dimiliki oleh seorang manager proyek. Dengan project management skill tersebut, manager dapat memimpin tim yang tergabung dalam proyek untuk selalu on track. 

Lalu apa saja skill project manager yang dimaksud? Yuk, baca penjelasan selengkapnya pada artikel di bawah ini!

11 skill project manager yang harus dimiliki oleh seorang manajer:

  1. Komunikasi Efektif
  2. Macro-management
  3. Organisasi
  4. Interpersonal
  5. Decision making
  6. Negosiasi
  7. Time management
  8. Kepemimpinan
  9. Problem solving
  10. Critical thinking
  11. Adaptasi

image cta project manager


Apa itu Project Manager?

Project manager adalah seorang yang memegang peranan penting dalam sebuah proyek untuk melakukan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan kontrol. Project manager bertanggung jawab terhadap keseluruhan scope proyek, tim, sumber daya, dan kesuksesan/keberhasilan sebuah proyek.

Selain itu, seseorang manajer proyek haruslah terorganisir, passionate, berorientasi pada tujuan, serta memahami proyek dan perannya agar proyek dan organisasi dapat berhasil. Oleh sebab itu, manajer proyek harus memiliki skill tertentu yang dapat mendukung kesuksesan proyeknya.


Skill Project Manager yang Harus Dimiliki Manajer Proyek

Skil project manager

Project management skill adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh manajer proyek. Di mana kemapuan ini salah satu penentu keberhasilan proyek yang dijalankan.

Berikut adalah 11 skill project manager yang perlu wajib dimiliki seorang manajer proyek:

1. Komunikasi Efektif

Skill project manager yang pertama adalah kemukasi yang efektif. Kurangnya komunikasi merupakan salah satu faktor kekacauan dalam proyek, sementara komunikasi yang jelas dan efektif dari seorang manajer proyek akan membangun suasana yang kolaboratif dan membantu kesuksesan sebuah proyek.

Oleh karena itu, manajer proyek harus tahu bagaimana cara membangun engagement dan mengorganisir informasi dengan baik untuk menciptakan produktivitas dalam tim.

Di sisi lain, manajer proyek dapat memanfaatkan aplikasi manajemen proyek untuk mempermudah komunikasi, kerja sama, dan pendelegasian tugas kepada anggota tim. Sehingga, pekerjaan proyek dapat berjalan dengan seefektif mungkin.

2. Macro-management

Project management skill yang kedua adalah macro-managementSkill ini memungkinkan manajer untuk melihat proyek secara keseluruhan dalam bigger picture.

Namun demikian, kebanyakan project manager terjebak dalam melakukan micro-management. Untuk itu, mereka harus dapat membangun kepercayaan dan tidak terlalu mengontrol anggota tim secara berlebih. Hal ini akan membantu mereka agar berfokus dalam melakukan manajemen workflow, bukan pada orangnya.

Efisiensi workflow merupakan landasan kesuksesan proyek. Menciptakan workflow atau alur kerja yang lancar tanpa keterlambatan dan halangan merupakan salah satu prioritas seorang project manager.

3. Organisasi

Kemudian, seorang manajer proyek juga harus memiliki kemampuan organisasi yang baik. Keterampilan organisasi di sini mengacu pada kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengelola waktu dan tugas dengan cara yang efisien. Sehingga, manajer proyek dapat bekerja secara terorganisir dan efisien.

4. Interpersonal

Tim proyek tentu terdiri dari beberapa orang, di mana setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda. Meski memiliki kepribadian yang berbeda, namun mereka semua harus akur untuk dapat menyelesaikan proyek dengan sebaik mungkin.

Di sinilah kemampuan interpersonal dibutuhkan oleh seorang manajer proyek. Keterampilan interpersonal dapat membawa hal terbaik dari tim proyek Anda dan membantu dengan resolusi konflik.

5. Decision making

Salah satu peran manajer proyek adalah sebagai pengambil keputusan atau decision maker. Pengambilan keputusan akan semakin mudah jika memiliki argumentasi berupa data yang melandasi keputusan yang diambil.

Penggunaan aplikasi manajemen proyek dapat membantu penyimpanan data sehingga memudahkan dalam mengakses berbagai dokumen yang diperlukan. Beberapa aplikasi manajemen proyek bahkan dapat memberikan report atau laporan dalam bentuk grafik untuk mempermudah analisis dan pengambilan keputusan.

6. Negosiasi

Dalam manajemen proyek, negosiasi merupakan keterampilan penting untuk melakukan resolusi konflik dan manajemen pemangku kepentingan. Misalnya, Anda mungkin akan mendapatkan tuntutan dari pemangku kepentingan yang dapat memengaruhi ruang lingkup proyek.

Dalam hal ini, Anda harus melakukan negosiasi dan memberi mereka dorongan secara diplomatis, sehingga semua pemangku kepentingan proyek merasa mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan.

7. Time management

Skill project manager berikutnya adalah keterampilan manajemen waktu. Mengingat manajemen proyek adalah tentang memenuhi tenggat waktu dan mendapatkan kiriman Anda tepat waktu. Untuk itu, manajer proyek harus ahli dalam mengatur waktu mereka, waktu tim mereka, dan waktu keseluruhan proyek.

8. Kepemimpinan

Sebagai project manager, Anda bertanggung jawab tidak hanya untuk keberhasilan proyek, tetapi Anda juga bertanggung jawab dengan tim Anda. Oleh sebab itu, Anda harus menjadi pemimpin yang menerapkan keterampilan kepemimpinan untuk membimbing dan memotivasi anggota tim untuk mencapai tujuan mereka.

9. Problem solving

Problem solving adalah skill project manager yang wajib dimiliki selanjutnya. Memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah berarti meningkatkan potensi kesuksesan proyek Anda.

Dalam hal ini, Anda dapat memikirkan masalah sebagai teka-teki yang harus Anda pecahkan, dan ada banyak alat pemecahan masalah di luar sana untuk membantu Anda di sepanjang jalan menyelesaikan masalah proyek Anda.

10. Critical thinking

Berpikir kritis adalah tentang tidak menerima semua yang Anda dengar tetapi meluangkan waktu untuk memahami masalah dan melakukan penelitian yang mengarah pada keputusan yang tepat. Seorang pemikir kritis lebih mungkin untuk menyelesaikan rintangan yang harus dilalui setiap proyek.

11. Adaptasi

Perubahan adalah hal yang konstan dalam manajemen proyek. Oleh sebab itu, menjadi fleksibel dengan mudah beradaptasi adalah hal yang dapat membuat proyek Anda tetap berjalan dengan layak.

Jika Anda tidak mau beradaptasi maka proyek Anda kemungkinan besar akan menderita. Tentu saja, Anda harus memiliki kebijaksanaan untuk mengetahui kapan kemampuan beradaptasi melayani proyek dan kapan Anda harus mempertahankan apa yang Anda miliki dan mendorongnya.


Dapatkan Tools Terbaik untuk Membantu Project Manager Anda Sekarang!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Itu dia 11 skill project manager yang wajib dimiliki oleh seorang manajer proyek. Namun, memiliki keterampilan di atas saja tidak cukup untuk memaksimalkan manajemen proyek Anda. Untuk itu, Anda membutuhkan aplikasi manajemen proyek yang dapat membantu Anda menyelesaikan proyek dengan sebaik mungkin.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM terbaik yang dapat Anda gunakan sebagai aplikasi project management yang mampu membantu proses penyelesaian proyek Anda dengan semaksimal dan seefektif mungkin. Aplikasi CRM Qontak dilengkapi dengan fitur manajemen deal, proyek, dan proses, serta dashboard laporan canggih yang dapat memberikan laporan proyek Anda secara otomatis.

Sementara itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk membantu mereka melakukan manajemen proyek dan meningkatkan bisnis secara maksimal. Jadi tunggu apa lagi?

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS dibawah ini:

You may also like

By