Qontak WhatsApp

Ketahui Apa Itu Referral Marketing, Contoh, dan Strategi Penerapannya

Panduan Lengkap Referral Marketing

Semua Hal Tentang Referral Marketing yang Perlu Anda Ketahui!

Referral marketing merupakan salah satu metode pemasaran dilakukan untuk mempromosikan produk atau layanan kepada pelanggan baru dengan cara rujukan atau menggunakan referral.

Untuk informasi selengkapnya, simak pembahasan tentang apa itu referral marketing, seperti apa strategi referral marketing, dan contohnya di artikel berikut ini!

Pelajari Semua Tentang Referral Marketing!

Apa Itu Referral Marketing?

Pengertian referral marketing adalah metode pemasaran yang dilakukan dengan cara mempromosikan produk atau layanan kepada pelanggan baru berdasarkan rujukan.

Ini biasanya dia lakukan dengan memanfaatkan rekomendasi dari mulut ke mulut oleh teman, keluarga, atau kerabat.

Lebih lanjut, ini merupakan strategi komprehensif untuk mendorong pelanggan dan pendukung merek untuk secara langsung merujuk mereka ke bisnis Anda.

Umumnya rujukan tersebut sering terjadi secara spontan, namun bisnis atau perusahaan dapat memengaruhi rujukan tersebut dengan menggunakan strategi yang tepat.

Sebuah bisnis dapat dengan sengaja memulai referral marketing dengan cara mendorong pelanggan mereka untuk memberi tahu orang-orang disekitarnya tentang merek dan bisnis mereka.

Mengapa Referral Marketing Penting untuk Bisnis?

Manusia pada dasarnya merupakan makhluk sosial yang secara alami berbagi pengalaman dengan orang-orang disekitarnya, di mana pendapat pelanggan terkadang lebih dipercaya dibandingkan dengan pendapat merek itu sendiri.

Jika seorang pelanggan memiliki pengalaman yang baik, maka ia akan terhubung secara intuitif untuk memberitahu teman-temannya tentang pengalaman menyenangkan tersebut.

Begitu juga dengan pengalaman yang buruk, yang akan dibagikan kepada orang-orang sekitarnya untuk menghindarinya hal yang tidak menyenangkan terulang kembali.

Oleh karena itu, referral marketing menjadi salah satu metode pemasaran yang penting untuk bisnis. Mengingat ini memiliki dampak yang nyata bagi pelanggan dan bisnis itu sendiri.

Ini Dia Strategi Referral Marketing yang Dapat Anda Terapkan pada Bisnis Anda!

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bagi sebagian orang pendapat orang yang dikenal lebih dapat dipercaya dibandingkan dengan pendapat merek itu sendiri.

Oleh karena itu, sebagai pemilik bisnis atau marketer, Anda perlu memikirkan referral marketing strategy yang tepat untuk dapat meningkatkan rekomendasi atau rujukan pada merek bisnis Anda.

Berikut adalah beberapa strategi referral marketing yang dapat Anda terapkan dalam strategi pemasaran bisnis Anda!

1. Membuat pengalaman produk yang dapat dibagikan

Membuat pengalaman produk yang dapat dibagikan

Ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk membuat pengalaman produk yang dapat dibagikan oleh pelanggan Anda.

Salah satunya adalah dengan mendesain kemasan dan pengalaman membuka kotak yang dapat dibagikan ke media sosial, seperti Instagram, YouTube, dan TikTok. Ini mengingat ada banyak orang yang menyukai perasaan ketika mereka melakukan unboxing dan menonton konten unboxing.

Kesan pertama yang diberikan dari momen membuka produk tersebut dapat menjadi pengalaman menarik yang dapat dibagikan oleh pelanggan Anda kepada orang-orang di sekitarnya.

Kemudian pengalaman tersebut dapat menjadi referral marketing yang efektif untuk menarik minat pelanggan baru merek bisnis Anda.

2. Memberikan layanan terbaik kepada pelanggan

referral marketing - Memberikan layanan terbaik kepada pelanggan

Memberikan layanan terbaik kepada pelanggan merupakan hal wajib yang harus diberikan oleh bisnis atau perusahaan kepada pelanggan mereka.

Dengan pelayanan yang baik, pelanggan akan memiliki pengalaman berbelanja yang baik dan akan dengan senang hati untuk datang kembali.

3. Memanfaatkan kekuatan influencer dan kerja sama

Memanfaatkan kekuatan influencer dan kerja sama

Orang-orang mungkin akan mudah memercayai rekomendasi dari teman atau kerabat, namun ini mungkin berbeda dengan artis atau selebriti, di mana mereka relatif skeptis dengan pendapat yang diberikan.

Oleh karena itu, influencer menjadi alternatif yang lebih tepat bagi kebanyakan orang untuk mendapatkan rekomendasi produk yang sedang mereka cari. Mengingat memiliki kredibilitas yang diperoleh dari para pengikutnya.

Sehingga tak jarang apabila banyak merek bisnis yang melakukan kerja sama dengan influencer untuk mempromosikan merek mereka dan membagikan kode referral kepada target audiens mereka.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan kerja sama dengan merek bisnis lainnya untuk melakukan promosi silang ke basis pelanggan masing-masing.

Strategi ini melibatkan setiap bisnis yang menawarkan diskon atau insentif lain kepada pelanggan dari perusahaan yang merekomendasikan.

4. Membuat konten viral

referral marketing - Membuat konten viral

Konten viral adalah salah satu strategi pemasaran yang menguntungkan apabila digunakan dengan tepat.

Anda dapat mencoba membuat konten viral atau viral marketing untuk menarik perhatian dan minat audiens kepada merek bisnis Anda. Hal ini dapat meningkatkan brand awareness dan penjualan bisnis Anda.

5. Mengimplementasikan program referral

Mengimplementasikan program referral

Apakah Anda pernah mendengar istilah program referral? Ini merupakan program yang disengaja dan dibuat secara sistematis mendorong pelanggan Anda untuk merekomendasikan merek bisnis Anda kepada orang lain.

Program ini biasanya dilakukan dengan cara memberikan insentif kepada pelanggan yang menyebarkan berita atau membuat teman mereka membeli dari toko Anda.

Adapun beberapa program referral yang dapat Anda gunakan antara lain:

  • One Way Incentives: Memberikan insentif kepada pemberi atau penerima referral untuk setiap aktivitas promosi atau program yang dilakukan.
  • Two Way Incentives: Memberikan insentif kepada pemberi dan penerima secara bersamaan ketika penerima berhasil melakukan aktivitas promosi yang diberikan.
  • Leaderboard Reward: Program ini menggunakan sistem peringkat untuk memberikan insentif kepada referrer, di mana referrer akan diminta untuk melakukan aktivitas tertentu guna meningkatkan peringkat.
  • Milestone Reward: Program ini mendorong referrer untuk membagikan rekomendasi secara berkala, dengan tujuan untuk mencapai level aktivitas tertentu dan mendapatkan insentif yang diinginkan.

Contoh Referral Marketing yang Perlu Anda Ketahui!

Untuk membantu Anda memahami apa itu referral marketing dan bagaimana penerapannya pada bisnis, berikut kami berikan beberapa contoh yang relevan.

– ZALORA Community Influencer Program

Platform fashion online ZALORA menggunakan referral marketing dengan cara menawarkan program komunitas yang ditujukan untuk influencer atau Anda yang memiliki followers Instagram yang cukup banyak.

Program tersebut pun terbilang mudah untuk dilakukan. Di mana influencer yang ingin bergabung diminta untuk membuat akun ZALORA, kemudian memilih komisi yang diinginkan (7% ZALORA cashback atau 5% tunai).

Lalu mereka akan diberikan link dan diminta untuk merekomendasikan ZALORA melalui link tersebut. Setelah itu influencer yang bergabung akan mendapatkan komisi sesuai yang dipilih dari setiap pembelian yang berhasil dilakukan menggunakan link tersebut.

– Ajaib Investasi

Berbeda dengan program referral yang ditawarkan oleh ZALORA, Anda tidak perlu menjadi seorang influencer untuk dapat mengikuti program yang ditawarkan oleh Ajaib Investasi.

Ajaib menawarkan program referral yang mudah untuk dilakukan, yaitu hanya dengan membagikan kode referral kepada pengguna baru. Program ini merupakan two way incentives atau win-win solution bagi pemberi dan penerima referral.

Dalam hal ini, referrer akan diminta untuk mengajak temannya untuk mendaftar akun di Ajaib, lalu mengingatkan mereka untuk melakukan registrasi dan investasi.

Apabila teman tersebut berhasil menyelesaikan investasi, referrer akan memeroleh koin yang dapat ditukarkan dengan berbagai jenis saham.

Sementara itu, penerima referral juga akan mendapatkan hadiah saham dari transaksi pertama yang mereka lakukan.

Pahami Referral Marketing dan Tingkatkan Penjualan Anda!

Qontak.com_Program Kemitraan Qontak

Referral marketing merupakan pemasaran yang dilakukan dengan cara mempromosikan produk atau layanan kepada pelanggan baru berdasarkan rekomendasi atau referral.

Ini  merupakan strategi komprehensif untuk mendorong pelanggan dan pendukung merek untuk secara langsung merujuk mereka ke bisnis Anda.

Dalam penerapannya, ada berbagai strategi referral marketing yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan Anda. Salah satunya adalah dengan melakukan kerja sama dengan bisnis pendukung seperti Qontak by Mekari.

Qontak by Mekari menawarkan Program Kemitraan Qontak, yang dapat Anda ikuti untuk mengembangkan bisnis dan pelanggan Anda. Program ini juga menawarkan solusi lengkap End-to-End untuk tumbuh cepat dan mengotomatiskan bisnis pelanggan Anda.

Anda dapat bermitra dengan Qontak melalui program bagi hasil kami yang menguntungkan untuk meningkatkan penjualan anda. Sementara itu, Qontak by Mekari telah dipercaya lebih dari 1000+ perusahaan terkemuka untuk membantu mengelola hubungan bisnisnya secara efisien dan efektif.

Jadi tunggu apa lagi? Mulai bermitra dengan Qontak atau konsultasikan kebutuhan bisnis Anda bersama tim support Qontak by Mekari.

Hubungi Qontak by Mekari sekarang atau dengan mengisi form coba gratis dibawah ini:

0 comments

By