Qontak WhatsApp

5 Cara Ampuh untuk Meningkatkan Repeat Order

5 Cara Membuat Repeat Order

5 Tips Meningkatkan Repeat Order Anti Gagal!

Berbisnis bukan hanya memikirkan tentang cara menjual saja, tetapi juga bagaimana membuat konsumen yang sudah membeli dapat kembali lagi untuk melakukan pembelian ulang. Istilah ini sering disebut repeat order.

Rasanya tak perlu diterangkan lagi mengapa membuat konsumen kembali lagi menjadi sangat penting bagi sebuah bisnis. Sebab konsumen yang sudah menjadi pelanggan loyal merupakan aset yang sangat berharga.

Namun membentuk konsumen menjadi pelanggan loyal tentu tak semudah membalikkan telapak tangan. Anda memerlukan strategi maupun trik jitu. Untuk itu artikel ini akan mengulas pengertian, kelebihan dan cara jitu membuat konsumen melakukan repeat order.


Apa itu Repeat Order?

Repeat order adalah proses konsumen melakukan pembelian kembali produk atau bisnis yang sama. Kondisi ini sering terjadi saat konsumen tersebut menyukai produk atau layanan yang diberikan oleh bisnis Anda.

Pada dasarnya, peristiwa ini sangat menguntungkan untuk bisnis. Selain meningkatkan penjualan, semakin banyak konsumen melakukan repeat order maka Anda bisa menghemat biaya promosi. Konsumen sudah mengetahui produk Anda tanpa perlu promosi. Mereka juga secara tidak langsung ‘membantu’ mempromosikan produk Anda dengan menyebarkannya ke kolega.


Apa Keuntungan Repeat Order untuk Bisnis?

Semakin banyak konsumen yang melakukan repeat order maka semakin banyak keuntungan yang akan bisnis Anda dapatkan. Keuntungan yang dimaksud di antaranya:

  • Menghemat biaya pemasaran
  • Meningkatkan penjualan dan pendapatan
  • Menghemat biaya operasional
  • Meningkatkan loyalitas konsumen
  • Membangun brand awareness

Bagaimana Cara untuk Meningkatkan Repeat Order

Setelah mengetahui banyak keuntungan yang akan didapatkan bisnis Anda, lantas apa saja yang harus dilakukan untuk bisa mendapatkan repeat order, mempertahankan repeat order atau meningkatkan repeat order dari konsumen terhadap toko Anda?

Nah berikut ini adalah tips jitu meningkatkan repeat order:

1. Berikan Pelayanan Terbaik

Menjalin komunikasi Repeat Order

Memberikan pelayanan terbaik sudah menjadi kewajiban bagi Anda apabila ingin konsumen kembali lagi. Memang terkesan mudah dilakukan. Tapi kenyataannya tak semudah itu.

Konsumen memiliki kepribadian yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Anda harus pastikan bahwa sudah ada Standar Operational Procedure (SOP) untuk melayani konsumen untuk setiap situasi baik terduga atau tidak. Hal ini penting Anda menjaga hubungan baik agar pelayanan Anda tidak dianggap buruk.

2. Berikan Voucher Diskon Bagi Konsumen Tertentu

Sale repeat Order

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan agar konsumen dapat kembali lagi adalah dengan memberikannya voucher diskon. Ketentuannya bisa Anda buat sendiri.

Misalkan voucher diskon akan Anda berikan kepada konsumen yang melakukan pembelian di atas Rp 100 ribu. Atau untuk 100 pelanggan pertama. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan  WhatsApp blast untuk membagikan voucher promosi kepada banyak konsumen secara cepat dan mudah.

Voucher diskon ini dapat mendorong konsumen untuk kembali lagi. Sebab pada dasarnya saat pelanggan sudah mendapatkan voucher diskon akan muncul pikiran ‘sayang’ bila tak digunakan.

3. Buat Program Promo atau Poin

Promo repeat order

Pernah Anda berpikir mengapa sebuah departemen store atau minimarket selalu dapat menjadi magnet bagi konsumen untuk datang lagi? Padahal tak jarang antara kompetitor mereka saling bersebelahan. Itu karena mereka membuat program promo atau poin yang dapat menjadi kompetisi bagi konsumen. Sehingga konsumen pun tanpa sadar akan menjadi pelanggan loyal mereka.

Hal ini pun dapat diterapkan pada bisnis Anda. Buat sistemnya dan sediakan berbagai merchant yang bernilai tinggi untuk kemudian ditukar dengan poin yang sudah dikumpulkan pelanggan. Jangan ragu untuk menyediakan merchant yang mahal sekalipun untuk poin tertinggi sebab pelanggan pasti akan terus mengejar poinnya.

4. Sediakan Berbagai Media Komunikasi

Media komunikasi Repeat Order

Di era digital saat ini, sudah menjadi keharusan bagi sebuah merek untuk memiliki akun media sosial. Hal ini karena dorongan untuk menyediakan media komunikasi bagi pelanggan. Sekalipun Customer Service (CS) telah tersedia, namun biasanya pelanggan cenderung mencoba berkomunikasi melalui media sosial terlebih dahulu. Ini karena budaya kita yang seiring berubah karena kemajuan teknologi.

Integrasikan seluruh saluran bisnis Anda dalam satu platform dengan sistem Omnichannel. Hal ini mempermudah Anda untuk mengelola dan merespon setiap permintaan pelanggan lebih cepat. Sistem Omnichannel juga menghubungkan media komunikasi (WhatsApp, Facebook, Instagram, Email, Telepon dan lainnya) dengan sistem bisnis yang bisnis Anda gunakan.

5. Terus Perbaiki Kualitas dan Berinovasi

Inovasi Repeat Order

Jangan lupakan kualitas produk Anda. Bagaimanapun kualitas menjadi komponen penilaian bagi konsumen yang berdampak pada pengambilan keputusan: apakah mereka ingin kembali lagi atau tidak. Karena itu pastikan bahwa Anda terus memperbaiki kualitas produk untuk dapat melahirkan kepuasan bagi pelanggan.

Selain itu Anda tidak boleh lupa pada inovasi. Bila produk Anda hanya monoton, maka konsumen dapat menjadi bosan. Bahkan kemungkinan terburuknya mereka dapat beralih ke kompetitor Anda yang lebih bisa berinovasi. Ingatlah bahwa bisnis bersifat fluktuatif dan tak mudah diprediksi. Anda tentu tak lupa bagaimana merek Nokia yang sempat meraja pada akhirnya harus tersisih dari pasar secara tiba-tiba karena kurangnya inovasi.

Baca juga: 12 Tools Sales & Marketing Terbaik Tahun 2021


Tingkatkan Penjualan Bisnis Anda Sekarang!

Tingkatkan Penjualan Bisnis Anda Sekarang!

Seperti yang telah dibahas, semakin banyak konsumen yang repeat order maka semakin meningkat penjualan bisnis Anda. Namun, untuk membuat konsumen repeat order tidak mudah. Bisnis harus berusaha membuat konsumen tertarik kembali membeli produk Anda lagi. Salah satunya adalah memberikan pelayanan terbaik dengan menyediakan berbagai media untuk komunikasi.

Qontak.com menyediakan aplikasi CRM terbaik di Indonesia yang terintegrasi dengan sistem Omnichannel. Aplikasi Qontak.com membantu bisnis Anda memberikan pengalaman konsisten di seluruh saluran bisnis Anda. Qontak.com telah dipercaya lebih dari 1000++ untuk mengelola sales, marketing dan customer service dalam satu platform.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

atau Mengisi Form dibawah ini:

You may also like

By