Qontak WhatsApp

12 Marketing and Sales Tools Terbaik Tahun 2022

Marketing and Sales Tools Terbaik

Rekomendasi Tools Marketing and Sales Terbaik untuk Meningkatkan Penjualan!

Di era digital saat ini, aktivitas sales dan marketing menjadi lebih efisien berkat dukungan berbagai tools. Sebab marketing and sales tools ini menyederhanakan proses pemasaran dan penjualan.

Selain itu, sales tools juga memudahkan tim pemasaran dan penjualan berkolaborasi untuk menghasilkan lebih banyak penjualan. Hal ini terbukti dengan makin banyaknya bisnis yang menggunakan marketing and sales tools.

Lalu apa saja tools marketing and sales yang terbaik bisa Anda gunakan? Dapatkan jawaban selengkapnya pada artikel dibawah ini.

12 Pilihan Marketing and Sales Tools yang bisa Anda gunakan sebagai berikut:

  1. Mekari Qontak
  2. Bit.ai
  3. Woorise
  4. Insightly
  5. Intercom
  6. EngageBay
  7. Copper
  8. Salesflare
  9. Sugar CRM
  10. Drip e-CRM
  11. Sales Screen
  12. Mailchimp

Image CTA for Marketing Sales Tools


Apa itu Marketing and Sales Tools?

Marketing and sales tools adalah perangkat digital yang digunakan bisnis untuk menyederhanakan proses pemasaran dan penjualan dengan otomatisasi . Penggunaan tools ini akan mempermudah bisnis dalam mencapai target KPI marketing dan sales.

Marketing sales tools memudahkan Anda untuk memahami kebutuhan prospek dan mengidentifikasi prospek potensial yang bisa diubah menjadi pelanggan. Dengan tools ini, tim Anda juga bisa memprediksi waktu yang tepat untuk menjangkau prospek.

Tim sales juga tidak perlu sibuk lagi menyelesaikan tugas administrasi lagi. Sebab semua akan diselesaikan secara otomatis oleh sales tools. Dengan begitu, mereka bisa fokus melakukan penjualan lebih banyak


Apa Itu Sales Tools?

Sales tools adalah perangkat digital yang digunakan oleh tim sales penjualan untuk mempermudah pekerjaan mereka. Alat ini mencakup sejumlah teknologi yang berbeda, termasuk manajemen hubungan pelanggan (CRM), intelijen penjualan dan pencarian calon pelanggan, percepatan penjualan, dan konektor dan integrasi data, untuk menyebutkan beberapa.

Sales tools membantu tenaga penjualan memahami prospek mana yang paling mungkin membeli produk atau layanan mereka, kapan harus menjangkau prospek tersebut, dan apa yang harus mereka bicarakan dengan mereka. Hal ini mampu menghemat waktu salesman dalam mengerjakan tugas administratif yang membosankan, seabagai gantinya mereka dapat fokus pada hal yang paling penting seperti: memberikan nilai bagi orang dan bisnis.

Di era saat ini, perusahaan yang menggunakan metode penjualan konvensional tidak hanya berisiko kehilangan penjualan, tetapi bahkan melihat bakat penjualan terbaik mereka meninggalkan mereka. Dikutip dari Status Penjualan LinkedIn 2021, 94% profesional penjualan mengatakan alat penjualan membantu mereka mendapatkan lebih banyak kesepakatan, menyoroti pentingnya alat penjualan.


Apa Keuntungan Menggunakan Marketing and Sales Tools?

Keuntungan utama menggunakan marketing and sales tools adalah menyelesaikan tugas administrasi berulang secara otomatis. Hal ini membuat tim lebih fokus tujuan utama menghasilkan penjualan lebih banyak.

Keuntungan lainnya yang akan bisnis dapatkan setelah menggunakan sales dan marketing sebagai berikut:

  • Menghemat anggaran yang perlu dikeluarkan untuk aktivitas Sales dan Marketing
  • Meningkatkan produktivitas tim marketing dan sales dengan mengotomatiskan tugas berulang
  • Mempermudah pengelolaan serta mengontrol proses marketing dan sales
  • Membantu memahami kebutuhan pelanggan
  • Membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan dengan menjalin komunikasi yang baik.
  • Memberikan laporan dan analisa penjualan bisnis yang lengkap, akurat dan real-time
  • Dapat meningkatkan penjualan/sales.

Baca juga: Strategi Pemasaran: 12 Strategi Marketing Wajib Coba!


Apa saja Katagori Sales Tools?

Berikut beberapa katagori sales tools yang banyak bisnis gunakan adalah

1. Aplikasi CRM

Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) merupakan sistem digital yang dirancang untuk mengelola hubungan pelanggan. Jenis sales tools ini paling banyak digunakan bisnis saat ini. Alasanya CRM memiliki banyak kelebih seperti meningkatkan customer retation, memprediksi tren pasar, dan mengotomatiskan saluran komunikasi.

Pelajari lebih jauh mengenai aplikasi CRM dengan menonton video dibawah ini:

2. Sales intelligence

Sales intelligence merupakan sebuah teknologi yang mempermudah bisnis menemukan, melacak serta memahami pelanggan baru. Dimana katagori sales tools ini memberikan bisnis informasi pelanggan berharga dari data yang dikumpulkan seperti demografi, teknografi, dan buying signals.

3. Sales analytics

Sales analytics sangat dibutuhan pelaku bisnis untuk membuat laporan penjualan secara otomatis. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi membuat laporan penjualan manual. Kelebihan sales analytics ini laporan yang dibuat dapat diakses secara real time.

4. Software Video Conferencing

Jenis sales tools ini memperlancar komunikasi Anda dengan prospek tanpa harus bertemu langsung. Selain dengan prospek, software video conferencing juga bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan para remote worker atau pemangku kepentingan lainnya.

5. Account Based Marketing software (ABM)

ABM software mengkolaborasikan keperluan pemasaran dan penjualan. Software ini juga membantu mengidentifikasi akun traget yang berkualitas untuk mendapatkan prospek potensial. Dengan begitu, bisnis bisa lebih mudah dalam menerapkan strategi penjualan yang lebih baik.

6. Software Customer Service

Software customer service tidak hanya dibutuhkan untuk melayani pelanggan. Ternyata penjualan juga membutuhkan customer service. Dimana melalui aplikasi CS ini seperti helpdesk, live chat dan sosial media bisa dimaksimalkan untuk melakukan penjualan.

7. Data connector and integration tools

Di era digital ini, semakin banyak tools fantastis yang dapat membantu mempermudah kinerja bisnis. Kelemahan tools tersebut umunya adalah alat tersebut seringkali independen atau tidak mudah diakses dari satu sistem. Disinilah data connector and integration tools berguna.

Data connector adalah alat yang menghubungkan sistem yang berbeda sehingga data dapat disingkronkan secara otomatis dan dapat diakses dari satu platform.

Integration tools menggabungkan data dari sumber yang berbeda ke dalam satu sistem, bukan hanya memungkinkan pergerakan data antar sistem.

8. E-signature and document tracking

E-signature and document tracking adalah perangkat lunak pelacakan dokumen memberi pengguna kemampuan untuk mengumpulkan tanda tangan secara aman pada catatan elektronik, seperti kontrak penjualan dan proposal.

Aplikasi jenis ini membantu merampingkan tugas-tugas administratif dan mengurangi overhead. Manfaat tambahan dari E-signature adalah memungkinkan kantor tanpa kertas. Banyaknya ruang yang digunakan oleh dokumen dan file kertas bermasalah di beberapa tingkatan.

Sebagian besar platform E-signature and document tracking memberi pengguna tanggal penting yang memperbarui kontrak, seperti tanggal batas perpanjangan kontrak. Aplikasi ini juga mengelola kontrak secara elektronik dan mengotomatisasi manajemen kontrak. Banyak vendor berintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga seperti CRM.

9. CPQ

Configure, price, quote (CPQ) software membantu Anda mengotomatisasi proses penawaran. Aplikasi ini juga mempercepat proses penjualan sekaligus meningkatkan akurasi penawaran dan hubungan pelanggan.

Seiring dengan berkembangnya perusahaan, semakin sulit untuk mengelola harga produk, mengidentifikasi peluang penjualan yang bagus, dan melacak penawaran pesaing Anda. Perwakilan penjualan yang tidak diberikan informasi terbaru tentang produk, menyebabkan hilangnya peluang untuk menjual.

10. Customer success

Customer success digunakan oleh bisnis untuk memastikan pelanggan mencapai puas saat mereka menggunakan produk atau layanan bisnis. Oleh karena itu, bisnis harus mampu mengoptimalkan hubungan pelanggan untuk mencapai kepuasan tersebut.

Aplikasi customer success memberi bisnis analisis terperinci tentang perilaku masa lalu pelanggan dan “health score” yang memperkirakan tingkat kepuasan mereka. Selain itu, customer success akan membantu bisnis membangun atau mengidentifikasi profil pelanggan, menyimpan data pelanggan dan memprediksi perilaku pelanggan di masa depan.


12 Rekomendasi Marketing and Sales Tools Terbaik Tahun 2022

1. Mekari Qontak

Logo Mekari Qontak

Mekari Qontak menawarkan aplikasi CRM terbaik di Indonesia yang dapat mengotomatiskan marketing dan sales. Aplikasi CRM Qontak terintegrasi dengan sistem Omnichannel. Dengan begitu, Anda dapat berkomunikasi lancar dengan pelanggan diberbagai saluran untuk melakukan penjualan.

Fitur yang dimiliki Qontak di ataranya:

  • Kustomisasi aplikasi sales secara instan untuk memenuhi kebutuhan proses dan mengelola bisnis Anda dengan baik
  • Melacak kinerja tim lapangan menggunakan matrik khusus untuk meningkatkan penjualan atau operasional bisnis
  • Dashboard dengan report yang dapat dikustomisasi
  • Memakai program sales melalui mobile App yang dapat digunakan dengan atau tanpa jaringan internet ( live GPS offline)
  • Terintegrasi dengan WhatsApp & Omnichannel
  • Aplikasi order barang yang mudah digunakan
  • Task management membantu tim sales dan marketing untuk bekerja secara teratur dan sesuai arahan
  • Dokumen otomatis untuk salesman

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

2. Bit.ai

Bit.ai-Marketing-and-sales-tools

Bit.ai adalah tools kolaborasi yang digunakan tim marketing dan sales untuk membuat dan mengatur semua strategi bisnis. Melalui Bit.ai, Anda dapat melacak tingkat keterlibatan prospek pada kampanye, seberapa sering mereka melihatnya, dan banyak lagi. Informasi ini memungkinkan tim untuk meningkatkan kualitas kampanye Anda yang dibagikan untuk menarik lebih banyak prospek menjadi pelanggan.

Fitur yang ditawarkan Bit.ai, meliputi:

  • Access Controls/Permissions
  • Archiving & Retention
  • Collaboration Tools
  • Contact Management
  • Content Library
  • Content Management
  • Document Management

3. Woorise

Woorise-Marketing-and-sales-tools

Woorise membantu bisnis kecil terhubung dengan audiens, mengumpulkan prospek, dan mendapatkan close deal. Dengan Woorise, Anda dapat membuat berbagai kampanye interaktif seperti survei pemasaran, mengumpulkan feedback, mengumpulkan pembayaran dan langganan, dan banyak lagi. Woorise terintegrasi dengan platform pemasaran populer seperti Aweber, ActiveCampaign, Google Analytics, Bitly, dan banyak lagi.

Fitur yang dimiliki Woorise seperti berikut:

  • Awards Management
  • Entrant Management
  • Forms Management
  • Social Media Management
  • Social Promotion
  • Sweepstakes
  • Timeline Management

4. Insightly

software-crm-insightly

Insightly didukung dasbor yang berfungsi dengan baik untuk memecah data yang ingin Anda lacak. Dashboard ini juga menyediakan tampilan dalam format visual, sehingga memudahkan untuk kinerja tim penjualan menindaklanjuti prospek. Insightly juga memiliki fitur business intelligence yang dapat membantu Anda membuat visualisasi data Anda sendiri.

Fitur yang ditawarkan oleh Insightly adalah

  • Reporting
  • Dashboards
  • Forecasting
  • Contact & Account Management

 5. Intercom

Live-Chat-Widget-Intercom

Intercom merupakan tools yang dapat digunakan untuk menangani semua hal yang berkaitan dengan permintaan prospek dan pelanggan. Tools ini fokus menyelesaikan permintaan pelanggan berdasarkan pada tahapan sales funnel. Intercom juga mampu mengidentifikasi akun prospek yang muncul di situs web Anda dan langsung diarahkan ke tim marketing untuk di follow up.

Fitur yang ditawarkan Intercom, meliputi:

  • Website conversion
  • Multiple team inboxes
  • Automatic meeting booking
  • Conversation routing rules
  • Account-based assignments
  • Revenue and performance reporting

6. EngageBay

engagebay-marketing-and-sales-tools

EngageBay adalah sebuah tools marketing dan penjualan yang terintegrasi dengan sistem CRM. Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi EngageBay memiliki sistem berbasis cloud sehingga memudahkan bisnis membangun hubungan yang baik dengan pelanggan dari mana saja dan kapan saja.

Fitur yang dimiliki EngageBay, di antaranya:

  • Email
  • Halaman panduan
  • Obrolan langsung/ helpdesk
  • Manajemen tiket
  • Penjadwalan meeting
  • Manajemen kontak

7. Copper

Copper

Copper menyediakan aplikasi marketing dan sales yang membantu bisnis mengelola kontak, penawaran, email, file dan lainnya dalam satu panel. Aplikasi ini juga menyediakan laporan analisis yang memudahkan dalam memantau pendapatan penjualan dan aktivitas prospek baru. Hampir semua alur penjualan dan pemasaran diselesaikan secara otomatis oleh Copper untuk meningkatkan produktivitas bisnis Anda.

Fitur Copper sebagai berikut:

  • Manajemen sales
  • Sales funnel
  • Laporan analisis
  • Manajemen pipeline

8. Salesflare

salesflare-marketing-and-sales-tools

Salesflare merupakan tools CRM yang telah banyak digunakan bisnis untuk mengotomatiskan sebagian kerja tim sales dan marketing. Sebab Aplikasi Salesflare memiliki fitur otomatisasi entri data yang diperoleh dari profil sosial, e-mail, kalender, telepon, database perusahaan, serta tanda tangan email profesional. Salesflare juga memiliki pelacakan e-mail bawaan, serta mampu untuk mengirim e-mail pribadi dalam skala besar, dan sebagainya.

Fitur yang dimiliki Salesflare sebagai berikut:

  • Auto-Responders
  • Campaign Management
  • Collaboration Tools
  • Contact Database
  • Contact Management
  • Content Management

9. Sugar CRM

Sugar-CRM

Sugar CRM menyediakan tools CRM yang mampu mengotomatisasikan kinerja sales, marketing, dan customer service. Aplikasi Sugar CRM mengumpulkan data pelanggan ke satu sistem terpadu. Hal ini memudahkan bisnis dalam mengelola kontak prospek/pelanggan, kontrak, komunikasi dan pelaporan, sehingga mampu mendorong pendapatan, meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya penjualan.

Fitur yang ditawarkan Sugar CRM, di antaranya:

  • Otomatisasi pemasaran
  • Customer support
  • Otomatisasi sales force
  • Laporan analisis penjualan

10. Drip e-CRM

Drip

Drip e-CRM adalah tools digital marketing yang memfokuskan kinerja aplikasinya pada dua hal. Pertama adalah drip marketing, yaitu dimana prospek potensial akan memperoleh kembali atau diingatkan tentang suatu merek/brand melalui rangkaian e-mail notifikasi yang terjadwal. Kedua, notifikasi peringatan akan muncul pada platform e-commerce pelanggan yang terhubung Drip e-CRM Anda.

Fitur yang dimiliki Drip e-CRM adalah

  • Massive Native Integration
  • Diverse Tags, Custom Fields, and Events
  • Automated Workflows
  • Content Customization
  • Custom Visual Data

11. Sales Screen

Sales-Screen-marketing-and-sales-tools

Sales Screen menyediakan sistem CRM yang digunakan juga sebagai perangkat Marketing dan Sales. Aplikasi memudahkan tim sales dan marketing berkolaborasi. Sales Screen menawarkan alat untuk membantu Anda memantau kinerja tim, dan memberikan sebuah reward karyawan berprestasi dengan menampilkan pencapaian mereka ke seluruh layar di kantor.

Fitur yang ditawarkan Sales Screen, di antaranya:

  • Track performance real time
  • Real time sales competitions
  • Sales contests
  • Gamification
  • Integration dengan aplikasi lainnya

12. Mailchimp

Mailchimp

Mailchimp merupakan tool marketing yang membantu bisnis menjalankan aktivitas pemasaran yang efektif melalui e-mail. Aplikasi Mailchimp akan mengumpulkan dan mengelola data, kemudian mengubahnya menjadi pesan yang dipersonalisasi. Hal ini untuk mengoptimalkan promosi atau kampanye dalam berbagai saluran bisnis.

Fitur yang dimiliki Mailchimp, meliputi:

  • Marketing CRM
  • Creative Assistant
  • Website Builder
  • Mailchimp Domain
  • Forms & Landing Pages

Rekomendasi aplikasi marketing, baca: Aplikasi untuk Marketing: 6 Pilihan Terbaik bagi Bisnis!


Bagaimana Cara Memilih Sales Tools yang Tepat?

Memilih sales tools yang tepat dapat menjadi proses yang mudah jika Anda menggunakan kerangka kerja yang tepat untuk memandu pilihan Anda. Kerangka kerja ini dapat berupa beberapa pernyataan yang mengingatkan Anda apa yang harus dan tidak boleh dilakukan oleh alat.

Misalnya, tools akan membantu Anda mencapai tujuan seperti meningkatkan produktivitas, tetapi seharusnya tidak menciptakan lebih banyak pekerjaan bagi repetisi yang menggunakannya. Penjelasan selengkapnya dapat dilihat pada tabel dibawah ini:

Sales tools seharusnya: Sales tools tidak seharusnya:
  • Menjadikan data Anda lebih mudah diakses dan ditindaklanjuti
  • Kolaborasi bersama tanpa integrasi yang rumit
  • Tingkatkan produktivitas dengan mengotomatiskan tugas yang berulang
  • Mempermudah untuk merekrut, melatih, dan mengelola tim penjualan
  • Angkat metrik utama seperti kecepatan prospek dan penutupan langka
  • Membuat lebih banyak pertanyaan daripada jawaban
  • Memerlukan banyak waktu pengembangan dan admin
  • Buat pekerjaan tenaga penjualan lebih sibuk
  • Buat tugas sederhana lebih sulit untuk diselesaikan
  • Memerlukan investasi waktu tanpa memberikan pengembalian finansial

Selain itu, Anda juga perlu mepertimbangkan hal-hal berikut sebelum memilih sales tools terbaik untuk bisnis Anda, yaitu:

  • Dilengkapi sistem yang mampu mengotomatiskan tugas berulang seperti prospek yang memenuhi syarat dengan menggunakan chatbot untuk secara otomatis melibatkan pengunjung situs web bernilai tinggi.
  • Didukung fitur yang mampu mempercepat siklus penjualan Anda dengan menggunakan obrolan langsung, alih-alih email atau telepon, untuk berbicara dengan prospek saat mereka paling terlibat – di situs web Anda.
  • Memiliki fitur yang bisa membantu tim penjualan dalam proses pembelian dengan menggunakan alat pengayaan data seperti Clearbit untuk mengisi informasi yang relevan tentang prospek Anda dan perusahaan mereka.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!


Miliki Marketing and Sales Tools Terbaik Sekarang!

Sales-CRM-Qontak.com_

Marketing and sales tools merupakan teknologi digital yang dibutuhkan bisnis saat ini. Terlebih di era persaingan ketat sekarang, bisnis ditutut harus serba cepat termasuk dalam memenangkan pemasaran dan penjualan. Sayangnya tidak semua marketing and sales tools yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Marketing and sales tools terbaik di Indonesia dapat Anda peroleh melalui Mekari Qontak. Tools Qontak memiliki fitur lengkap yang mudah digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda dengan harga terjangkau.

Selain itu, Anda juga dapat mengintegrasikan tools Qontak dengan WhatsApp API dan fitur WhtasApp blast untuk mempermudah serta memaksimalkan penjualan bisnis Anda.

Qontak telah berpengalaman membantu lebih dari + 3000 perusahaan untuk meningkatkan penjualan, marketing dan customer service lebih baik. Anda juga tidak perlu ragu, sebab Qontak telah telah tersertifikasi ISO 27001 yang menjamin keamanan informasi data pelanggan Anda.

Jadi tunggu apalagi coba gratis sales tools gratis selama 14 hari  dengan mengisi form coba gratis dibawah ini:

You may also like

0 comments

By