Qontak WhatsApp

Mengenal Apa itu Sales Automation, Fungsi, dan Manfaatnya

Semua Tentang Sales Automation

Tahukah Anda kalau ternyata kini proses penjualan dapat dilakukan secara otomatis dengan mudah? Proses ini dikenal dengan istilah sales automation. Seperti namanya, sales automation berfungsi untuk mengotomatiskan seluruh proses penjualan. Sehingga dapat merampingkan proses dan meningkatkan kinerja tim serta penjualan itu sendiri.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan tentang apa itu sales automation, apa saja jenisnya, dan manfaat lengkapnya di artikel berikut ini!

Image CTA for sales automation

 


Apa itu Sales Automation?

Sales automation adalah solusi penjualan yang digunakan untuk menghilangkan tugas manual yang berulang dan mengotomatiskan proses penjualan, sehingga memungkinkan tim penjualan lebih fokus untuk mengejar closing.

Implementasi otomatisasi penjualan ini dilakukan dengan sales automation tools yang dapat membuat keseluruhan aktivitas penjualan menjadi lebih efektif dan efisien, seperti penggunaan aplikasi CRM dalam sales.

Dengan demikian, tim sales dapat meningkatkan kinerja, hasil penjualan, meminimalisir terjadinya human error pada proses penjualan, menghemat waktu, tenaga, dan biaya yang dikeluarkan oleh bisnis secara keseluruhan.

Baca juga: 12 Tools Sales & Marketing Terbaik


Apa Fungsi Sales Automation?

Sales automation memiliki banyak keuntungan yang dapat diperoleh dengan memanfaatkan berbagai fungsi yang ada pada teknologi otomatisasi pemasaran. Lalu apa saja fungsi sales automation?

Berikut adalah fungsi sales automation untuk bisnis:

1. Database Management

Fungsi sales automation yang pertama adalah sebagai database management. Apabila Anda menggunakan sales automation CRM, Anda dapat menyimpan dan mengelola seluruh informasi terkait pelanggan Anda dalam satu platform terpadu.

Informasi tersebut dapat diperoleh dari riwayat interaksi dan komunikasi pelanggan, baik melalui telepon, email, aplikasi chatting, maupun media sosial lainnya.

Dengan demikian, tim sales dapat memiliki sumber data yang up to date dan menyeluruh terkait profil pelanggan di mana saja dan kapan saja dengan mudah.

2. Prospecting

Sales Automation prospecting

Fungsi otomatisasi pemasaran yang berikutnya adalah untuk melakukan prospectingProspecting sendiri merupakan tahapan pertama dalam sales pipeline CRM.

Database terkait informasi pelanggan yang telah disimpan sebelumnya dapat Anda gunakan untuk melakukan prospecting terkait target audiens atau pelanggan Anda. Sehingga Anda dapat menyasar prospek yang sesuai dengan bisnis Anda.

3. Visualisasi Penjualan dan Tiket

Kemudian, Anda juga dapat menggunakan otomatisasi pemasaran untuk memvisualisasikan dan membuat pipeline yang dapat disesuaikan untuk mengelola penjualan, proyek, dan proses apa pun.

Selain itu, Anda juga dapat memeroleh ringkasan metrik  dalam antarmuka (interface) pengguna yang intuitif. Sehingga proses penjualan dan ticketing menjadi lebih mudah dan efektif.

4. Otomatisasi Manajemen Penjualan

document-sales-automation

Dengan menggunakan otomatisasi pemasaran, sales force dapat melakukan manajemen penjualan dengan efektif dan efisien secara mudah.

Di mana tim sales dapat melihat seluruh deals yang sedang berlangsung, mengatur tanggal deadline, dan pengingat agar tidak ada deals yang terlewat.

5. Otomatisasi Dokumen dan Quotation

Fungsi berikutnya mungkin menjadi salah satu yang sangat disenangi oleh tim sales, yaitu tidak lagi melakukan entri data secara manual, karena semua proses dokumentasi dan quoatation dapat dilakukan secara otomatis oleh sistem.

Sistem kemudian akan menghasilkan dokumen yang dibutuhkan tim sales secara instan dalam bentuk dokumen template seperti spreadsheet atau word.

6. Menyesuaikan Target dan Pencapaian

Anda dapat menggunakan otomatisasi pemasaran untuk menyesuaikan target untuk tim atau anggota tim sales dan mengukur kinerja mereka berdasarkan pencapaian. Dengan demikian, Anda dapat membangun insentif dan organisasi yang dioptimalkan berdasarkan target vs. pencapaian.

7. Pelaporan dan Analisis

sales-automation-report-trend

Aplikasi CRM dapat menunjang otomatisasi pemasaran dengan memberikan laporan sales secara otomatis dan real-time. Hal ini tentu akan membantu manajer nantinya ketika memerluka analisis kinerja sales dan tim dengan cepat.

Selain itu, pelaporan ini juga dapat membantu manajer dalam membuat perencanaan berdasarkan prediksi akurat kinerja perusahaan. Laporan yang dihasilkan dapat berupa kinerja tiap individu tim sales, pendapat bulanan atau tahunan, serta tren penjualan produk.

8. Otomatisasi Sistem Pesanan Pembelian (Purchase Order System)

Sistem ini juga dapat Anda gunakan untuk mencatat pemesanan. Di mana pesanan yang tercatat akan otomatis terhubung dengan tim lain untuk segera diselesaikan.

Tak hanya itu sjaa, Anda juga dapat memantau perkembangan pesanan pelanggan pada sales pipeline dalam satu platform terpadu.

9. Membuat Jadwal Pertemuan dengan Pelanggan

Anda dapat mengatur jadwal pertemuan pelanggan dengan mudah menggunakan otomatisasi pemasaran. Ketika waktunya tiba, sistem akan mengirimkan notifikasi pengingat baik ke pelanggan maupun Anda.

Notifikasi ini dapat Anda atur untuk dikirimkan via email atau WhatsApp. Jadi Anda tidak perlu khawatir lupa pertemuan dengan pelanggan

10. Segmentasi Tim

teams-segmentation-in-sales-automation

Sales automation CRM dapat membantu manajer tim untuk melakukan segmentasi terhadap tim yang bertujuan untuk memudahkan fokus penjualan di area tertentu dan memantaunya.

Pelajari lebih banyak tentang sales automation dengan menonton video berikut ini:


Apa saja Fitur yang Dimiliki Sales Automation?

Keuntungan diatas dapat bisnis dapatkan berkat kerja dari fitur-fitur yang dimiliki oleh otomatisasi pemasaran. Fitur yang dimaksud antara lain:

  • Kostumisasi: Fitur ini memungkinkan sales automation dikustomnisasi sesuai dengan kebutuhan bisnis
  • Sistem Otomatis: fitur ini otomatis menyimpan semua data pelanggan secara otomatis dalam dalam satu platform
  • Sales pipelineMenampilkan seluruh perkembangan proses bisnis dari setiap deals atau pesanan pelanggan
  • Manajemen Tugas KPI: Menampilkan dashboard pencapaian kinerja tim dalam memenuhi target KPI secara real time
  • Kolaborasi tim internal: Dilengkapi dengan fitur yang memudahkan tim dalam bisnis untuk berkolaborasi dengan @metion, tanpa perlu berpindah aplikasi.
  • Integrasi Applicationsales automation fleksibel untuk dihubungkan dengan aplikasi yang bisnis gunakan saat ini atau akan datang.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Apa Manfaat Sales Automation bagi Bisnis?

Sales automation adalah cara terbaik untuk meningkatkan produktivitas tim penjualan Anda. Ini karena otomatisasi penjualan mampu meningkatkan penjualan, memperbaiki pendapatan, dan menghilangkan berbagai tugas manual yang menyita waktu.

Selain itu, otomatisasi penjualan juga memiliki banyak manfaat lainnya yang dapat menguntungkan bisnis. Di mana dalam penerapannya, manfaat sales automation dapat dibagi untuk perwakilan penjualan dan sales manager seperti berikut ini.

Manfaat Sales Automation untuk Perwakilan Sales

Berikut adalah manfaat sales automation yang dapat membantu tugas dan tanggung jawab perwakilan sales:

Prospecting

Sales automation yang terintegrasi dengan CRM dapat membantu Anda untuk memiliki wawasan dan perspektif yang lebih baik tentang target audiens Anda, dan siapa saja yang menjadi prospek potensial untuk bisnis Anda.

– Melakukan kontak dan membuat kesepakatan

Menambahkan kontak secara manual bisa menjadi hal merepotkan dan memakan banyak waktu serta tenaga. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi, karena sales automation dapat membantu Anda untuk menambahkan kontak dan membuat kesepakatan secara otomatis.

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat memantau dan mengelola setiap kesepakatan yang masuk secara efektif dan optimal. Sehingga, pekerjaan dan alur penjualan Anda dapat berjalan dengan sebaik mungkin.

– Email template

Membuat email penjualan ke banyak pelanggan tentu menjadi hal yang melelahkan, terlebih ketika Anda harus mengetik semuanya secara satu persatu. Namun ini tidak akan terjadi lagi apabila Anda menggunakan sales automation.

Otomatisasi penjualan memungkinkan Anda untuk menggunakan templat email secara mudah dan cepar. Sehingga, Anda dapat bekerja secara efesien dan fokus pada tugas lain yang lebih penting.

– Penjadwalan rapat

Proses menjadwalkan rapat dengan calon pelanggan dapat terasa melelahkan, khususnya ketika Anda mengirim lebih dari satu tanggal dan waktu, namun mereka kembali dengan tanggal dan waktu yang berbeda, dan terus berlanjut sehingga pekerjaan Anda menjadi tidak efisien.

Otomatisai penjualan memungkinkan Anda untuk untuk melakukan penjadwalan rapat secara mudah dan cepat. Anda hanya perlu menautkan prospek pada jadwal Anda, kemudian mereka dapat memilih waktu yang sesuai untuk mereka.

– Outbound sales call

Mencatat seluruh percakapan dalam panggilan penjualan bisa menjadi tugas yang merepotkan, terlebih ketika Anda memiliki banyak panggilan telepon yang harus dilakukan.

Namun, kini Anda dapat menggunakan solusi sales automation yang dilengkapi dengan alat kecerdasan percakapan yang mampu membuat ringkasan terkait semua panggilan Anda, baik yang ditranskripsi maupun dianalisis secara mudah.

Manfaat Sales Automation untuk Manajar Sales

Berikut adalah manfaat sales automation untuk sales manager:

– Pelaporan

Dengan menggunakan sales automation, manajer penjualan dapat membuat laporan dan analisis dengan mudah dan cepat secara otomatis. Jadi, manajer dapat membagi waktu untuk fokus pada pekerjaan yang lebih penting.

– Lead rotation

Menetapkan prospek secara manual akan membutuhkan waktu yang cukup banyak. Namun, ini tidak akan terjadi lagi apabila Anda menggunakan sales automation.

Di mana solusi penjualan tersebut dapat bekerja sebagai auto rotator dan membantu Anda untuk menetapkan prospek berdasarkan wilayah geografis, ukuran perusahaan, vertikal, atau kombinasi kriteria tertentu.

– Lead scoring

Otomatisasi penjualan dapat membantu manajer penjualan untuk melakukan penilaian lead atau prospek secara otomatis menggunaakan data demografis dan perilaku yang tersimpan dalam database terpusat.

Di mana data tersebut akan menentukan seberapa berkualitas prospek, sehingga tenaga penjualan tahu persis prospek mana yang harus diprioritaskan.


Gunakan Sales Automation untuk Meningkatkan Penjualan Anda Sekarang!

Aplikasi CRM Qontak

Salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk melakukan sales automation adalah aplikasi CRM. Dengan menggunakan aplikasi CRM, Anda dapat mengotomatiskan penjualan Anda dengan berbagai fitur canggih yang memudahkan semua tahapan bisnis Anda.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM yang dapat Anda gunakan untuk otomatisasi penjualan Anda. Aplikasi CRM Qontak mendukung otomatisasi penjualan, seperti pelaporan dan analisis, otomatisasi dokumen, dan manajemen sales pipeline.

Sementara itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk mengotomatiskan seluruh tahapan penjualan mereka. Tak hanya itu saja, Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Yuk, coba demo untuk lebih tahu tentang aplikasi CRM Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau dengan mengisi form coba gratis dibawah ini:

You may also like

By