Qontak WhatsApp

Sales dan Marketing: Pengertian, Tugas dan Perbedaan

Sales dan Marketing-Cover

Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui dari Sales dan Marketing!

Bagi bisnis, peran sales dan marketing sangatlah penting dalam meningkatkan penjualan dan brand awareness. Keduanya harus saling bersinergi untuk mencapai kesuksesan bisnis. Seperti dikutip Investor.id yang melaporkan penerapan strategi marketing sales efektif dapat meningkatkan penjualan hingga 400%.


Apa yang dimaksud Sales dan Marketing?

Sales dan marketing adalah dua aktivitas bisnis yang bertanggung jawab meningkatkan penjualan. Dimana tugas sales adalah menjual langsung produk atau jasa ke pelanggan. Sementara marketing bertugas mengenalkan produk (branding) sehingga pelanggan tertarik untuk membeli.

Saat ini, tugas keduanya telah berkembang menjadi lebih kompleks. Marketing sales harus berusaha memberikan pengalaman pelanggan menyenangkan untuk meningkatkan loyalitas. Tim sales harus bekerja keras menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Sementara tim marketing perlu menganalisis serta mempelajari apa pengalaman yang diharapkan oleh customer saat mereka membeli atau mencoba produk atau jasa yang dijual.


Apa Tugas Sales dan Marketing?

Sales dan marketing memiliki tanggung jawab berat untuk menjualkan produk bisnis sebanyak mungkin. Meski keduanya memiliki perannya masing-masing, namun sangat penting bagi seorang berprofesi sales marketing dalam berkomunikasi dengan orang lain menggunakan sikap dan bahasa yang santun merupakan suatu kewajiban. Terlebih sales marketing bertugas untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan. Adapun tugas sales marketing adalah sebagai berikut:

  • Menumbuhkan penasaran dan ketertarikan target pelanggan dengan mengenali karakteristik mereka dan mempromosikan produk di berbagai tempat.
  • Mengidentifikasi calon pelanggan potensial dan melakukan follow up.
  • Melakukan penjualan dan melengkapi administrasi penjualan. Hal ini sangat penting untuk melakukan analisis dalam penilaian ketepatan strategi.
  • Memberikan layanan kepuasan pelanggan untuk menciptakan loyalitas serta mengantisipasi adanya kerugian.
  • Menjalin kerjasama dengan pihak lain (partner bisnis) untuk mengembangkan bisnis lebih luas.
  • Melakukan evaluasi rutin dan menyusun strategi bisnis tingkat lanjut. Tujuannya untuk mendeteksi apabila cara-cara dan strategi penjualan tidak berhasil mencapai target.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Apa saja Perbedaan Marketing dan Sales yang wajib Pebisnis Ketahui?

Meski marketing dan sales selalu bekerja beriringan, keduanya memiliki perbedaaan. Berikut perbedaan sales dan marketing adalah

  • Sales melakukan pekerjaan dengan target waktu relatif pendek, seperti harian, mingguan hingga bulanan. Berbeda dengan marketing yang memiliki jangka waktu kerja lebih lama, bahkan hingga tahunan.
  • Apabila marketing berusaha menjangkau dan membangun relasi dengan pelanggan. Maka tugas sales adalah mengakomodasi kebutuhan pelanggan melalui produk yang bisnis tawarkan.
  • Biasanya marketing memiliki jalinan komunikasi atau hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan. Berbeda dengan sales yang hanya berhubungan dengan pelanggan untuk transaksi jual beli saja.
  • Seorang marketing harus melakukan analisis mendalam mengenai kualitas produk yang ditawarkan sebelum mulai memasarkannya. Sementara aktivitas sales lebih pada mengakomodasi pelanggan hingga mencapai transaksi jual.’

Bagaimana Cara Sales dan Marketing Bekerja Optimal?

Terdapat empat tips untuk mendukung sales dan marketing bekerja optimal:

1. Lakukan review performa bisnis Anda setahun belakangan, dan sesuaikan di area-area yang butuh perbaikan

Sales dan Marketing -1

Adakah perubahan besar pada jumlah penjualan dari tahun sebelumnya? Apakah ada layanan bisnis yang perlu dihilangkan atau digantikan dengan layanan yang baru? Adakah budaya baru yang diterapkan dalam bisnis yang Anda wakili tersebut? Setelah menentukan hal-hal tersebut, lakukan penyesuaian dan adaptasi terhadap performa yang sudah lalu demi menjadi bagian dari strategi serangan untuk tahun yang baru ini.

2. Lakukan pembaharuan dan peningkatan pada perusahaan

Sales dan Marketing - 2

Meski ini bukanlah tugas Anda sebagai seorang salesperson, namun Anda dapat ambil bagian dalam menentukan arahan branding produk saat Anda dimintai pendapat, mengingat adalah yang mengerti mengenai karakteristik target market yang setiap hari Anda temui. Lakukan penyesuaian alur penjualan dengan mengutamakan customer experience.

Di era digital seperti ini, para pengguna brand Anda sudah semakin pandai dan sangat mungkin melakukan riset terlebih dahulu mengenai perusahaan Anda lewat internet. Pelanggan yang tertarik dengan produk Anda, mungkin saja menghubungi bisnis langsung dari media sosial. Tugas Anda adalah merespon mereka dengan cepat dan tepat. Salah satu cara yang banyak digunakan bisnis untuk merespon pelanggan cepat adalah dengan menyediakan Chatbot pada media sosial atau website bisnis. Chatbot akan menjawab setiap pesan pelanggan secara otomatis. Hal ini akan meringankan tugas tim sales marketing.

3. Meningkatkan brand awareness di dunia digital

Sales dan Marketing - 3

Percuma saja jika visi dan misi perusahaan yang Anda wakili spektakuler, namun bisnis tersebut melewatkan kesempatan untuk ditemukan oleh audiens yang tepat dan memang membutuhkan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, Anda membutuhkan konten yang baik dan memicu orang yang membacanya untuk melakukan share secara online. Mulailah memperbaiki tim penyedia konten yang berkaitan dengan brand yang Anda wakili dan perbaiki kehadiran online brand Anda di ranah media sosial secara lebih teratur. Sebab media sosial menjadi pasar besar yang paling diminati saat ini. Bahkan penjualan produk lewat medsos tembus Rp344 Triliun di AS seperti dikutip dari CNNIndonesia.

4. Mengidentifikasi customer potensial

Selalulah mencari cara baru yang unik untuk mempromosikan brand Anda. Beranilah mencoba hal-hal yang tidak pernah dicoba oleh kompetitor Anda sebelumnya untuk membuat publik mengingat produk Anda. Bergabunglah dengan seminar yang satu industri dengan bisnis yang Anda wakili, konferensi atau event networking yang dapat membuat Anda bertemu dengan orang-orang potensial yang ingin bekerja sama dengan Anda.


Tingkatkan Sales dan Marketing Anda dengan Aplikasi CRM Terbaik Sekarang!

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, peran marketing sales sangat penting untuk peningkatan penjualan serta pendapatan bisnis Anda. Oleh karena itu, penting juga bagi Anda untuk memantau aktivitas keduanya agar tidak keluar jalur yang telah ditentukan. Salah satu tools yang telah banyak dipercaya bisnis untuk memantau karyawan adalah aplikasi CRM Qontak.com.

Aplikasi CRM Qontak.com menawarkan tools yang dibutuhkan oleh sales dan marketing. Fitur yang ada pada Aplikasi CRM Qontak.com memudahkan marketing dan sales berkolaborasi untuk meningkatkan penjualan. Selain itu, Anda juga lebih mudah memantau dan melacak semua aktivitas yang mereka kerjakan hanya dari satu platform.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

You may also like

By