Qontak WhatsApp

12 Sales Enablement Tools yang Wajib Dimiliki Bisnis

12 Sales Enablement Tools yang Wajib Dimiliki Bisnis

Apa saja Sales Enablement Tools Terbaik untuk Bisnis?

Sebagai pelaku bisnis, mungkin Anda menyadari bahwa banyak waktu tim penjualan Anda dihabiskan untuk tugas berulang. Hal ini tentu tidak efektif, karena bisa menghilangkan kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak kesepakatan. Solusi terbaik untuk masalah ini adalah dengan menggunakan sales enablement tools.

Sales enablement software mampu menyederhanakan proses bisnis dengan mengotomatiskan tugas berulang. Hal ini menghemat waktu tim penjualan, sehingga mereka bisa fokus untuk melakukan close deal.

Sebenarnya ada banyak jenis sales enablement tools yang Anda bisa gunakan. Dimana setiap software yang ditawarkan tentu memiliki kelebihannya masing-masing. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas mengenai jenis-jenis sales enablement tools dan kami juga memberikan rekomendasi sales enablement software terbaik yang bisa Anda gunakan.

12 Sales enablement tools yang bisa bisnis gunakan adalah

  1. Qontak.com
  2. Ambition
  3. Emissary
  4. Cloze
  5. Boomerang
  6. Datanyze
  7. Fision
  8. MindTickle
  9. SharePoint
  10. Level Eleven
  11. Templafy
  12. SPOTIO

Apa itu Sales Enablement Tools?

Sales enablement tools adalah sistem yang mendukung proses penjualan yang lebih efektif atau efisien. Aplikasi ini menyederhanakan proses bisnis sehingga membantu tim penjualan untuk mencapai target mereka.

Bisnis juga dapat melacak semua aktivitas penjualan, untuk mengetahui apakah strategi yang berhasil dan apa yang tidak. Dengan sales enablement software yang tepat, analisis pemasaran, konten, dan penjualan Anda mudah ditemukan dan dilacak.

Mengapa Sales Enablement Tools Penting?

Sebagian besar pelanggan tidak percaya bahwa perwakilan penjualan memahami kebutuhan mereka. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya dari konten marketing yang bisnis promosikan tidak menunjukan solusi kebutuhan pelanggan. Maka dari itu, konten tersebut jarang bisa mendatangkan simpati pelanggan.

Hal tersebut tidak akan terjadi apabila bisnis berinvestasi pada alat pendukung penjualan seperti sales enablement platforms. Penelitian dari Brainshark menunjukkan lebih dari 2/3 perusahaan yang berinvestasi dalam teknologi pembelajaran dan enablement sales menyadari ROI yang positif. Sementara, perusahaan yang gagal berinvestasi dalam teknologi enablement sales mengalami penurunan 12% dalam pencapaian tujuan penjualan.

Hampir dua pertiga perusahaan yang telah merintis platform enablement sales dan melihat ROI positif mengaitkan kesuksesan dengan perangkat lunak; menurut sebuah studi oleh CSO Insights, 62% organisasi melihat tools sebagai investasi prioritas utama dalam enablement sales.

Melihat hasil penelitian tersebut, bagi bisnis yang ingin meningkatkan penjualan sangat disarankan untuk mulai menggunakan b2b sales enablement tools.

Apa saja Jenis-Jenis Sales Enablement Tools?

Ada banyak pilihan sales enablement tools yang bisa Anda temukan di pasaran. Setidaknya ada 7 jenis utama sales enablement software, seperti berikut:

– Sales Content Management

Pelanggan saat ini menginginkan konten hebat yang memberikan wawasan relevan tentang tantangan sebuah bisnis. Sayangnya untuk menghasilkan konten tersebut tidaklah mudah. Itu sebabnya statistik mengungkapkan rata-rata 80% konten yang dihasilkan pemasaran tidak digunakan oleh tim penjualan.

Mungkin Anda perlu menggunakan sales content management untuk mengatur, menemukan, dan mempromosikan produk penjualan dengan tepat. Hal ini termasuk membantu tim marketing memanfaatkan konten secara efektif. Misalnya mengidentifikasi konten mana yang paling cocok untuk situasi tertentu, dan melacak bagaimana prospek dan pelanggan terlibat dengan konten.

– Video Coaching and Practice

Sebuah penelitian mengungkapkan sekitar 79% pelanggan berpendapat bahwa sangat penting untuk berinteraksi dengan tenaga penjualan yang terpercaya. Namun sebagian besar bisnis kekurangan waktu dan salesman yang terampil dalam menyampaikan nilai-nilai produk ke pelanggan.

Untuk meminimalisir kesalahan dalam menyampaikan kelebihan produk, sebagian bisnis dibantu dengan video coaching and practice. Tools ini memungkinkan tim penjualan untuk mempelajari detail produk yang bisnis tawarkan sebelum berhadapan langsung dengan pelanggan. Kemudian manajer akan memberikan penilaian dan pembinaan individual berdasarkan kinerja mereka. .

– Sales Engagement

Sales engagement platforms mampu mengelola, mengukur, dan mengoptimalkan salesman berinteraksi dengan pelanggan Anda. Tujuannya untuk meningkatkan dan merampingkan semua cara salesman berkomunikasi dengan prospek melalui email, telepon, sosial, dll. Selain itu memberikan data yang dapat ditindaklanjuti melalui seluler mana yang paling efektif. Hal ini memungkinkan tim penjualan menghemat waktu untuk mengubah lebih banyak prospek menjadi pelanggan.

Misalnya, jika sebuah perusahaan baru saja merilis produk baru, SDR dan eksekutif akun dapat menggunakan sales engagement untuk membuat template email yang kemudian dapat secara otomatis dikirim ke list prospek. Aplikasi ini juga memungkinkan perwakilan untuk melacak berapa banyak email terbaca dan diklik untuk mereplikasi template paling efektif di masa mendatang,

– Sales Intelligence

Perkembangan penjualan saat ini, banyak pelanggan yang menyukai pesan marketing yang dipersonalisasi. Untuk hal tersebut, bisnis perlu memahami menemukan atau melacak informasi prospek atau pelanggan. Hal ini bisa Anda lakukan dengan sales intelligence.

Jenis sales enablement platform ini dapat mengidentifikasi prospek ideal, memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang apa yang mereka cari, dan mengetahui kapan harus melibatkan mereka berdasarkan data seperti ukuran dan pendapatan perusahaan, jabatan, struktur organisasi/pelaporan, lokasi, sinyal pembelian, riwayat pembelian, dan filter data berguna lainnya.

Selain itu, dengan sales intelligence juga tim penjualan dan pemasaran untuk menemukan informasi kontak yang akurat untuk prospek baru, memperbarui catatan untuk prospek yang ada, membuat daftar khusus untuk mempersempit cakupan pencarian, dan mengungkap wawasan dengan menyortir prospek berdasarkan buyer persona.

– Account dan Opportunity

Salesman memerlukan pemahaman yang kuat tentang faktor yang mempengaruhi peluang penjualan yang kompleks, seperti tren industri terkini, tujuan pembeli, dan ancaman persaingan. Tetapi untuk menyusun rencana akun yang efektif membutuhkan pemahaman yang kuat tentang detail utama dan kemampuan untuk mencocokkan informasi yang tepat dengan peluang yang tepat. Hal ini juga membutuhkan waktu relatif lama.

Teknologi account dan opportunity membantu Anda memastikan salesman memiliki roadmap untuk menangkap peluang pendapatan, dan membangun strategi akun. Dengan begitu, Anda akan memiliki proses penjualan yang lebih terorganisir dan lancar yang membantu salesman meningkatkan peluang dan mengidentifikasi akun berpotensi tinggi.

– CRM

CRM (customer relationship management) membantu mengelola dan mengatur hubungan dan interaksi pelanggan. Mulai dari mengukur data pelanggan utama dan hasil penjualan melalui laporan dasbor khusus, hingga berfungsi sebagai jangkar integrasi untuk alat pemberdayaan penjualan lainnya di tumpukan teknologi Anda. Tim pemasaran juga dapat menggunakan CRM untuk perencanaan dan pelaksanaan kampanye.

Selain berfungsi sebagai “sistem pencatatan” untuk tim penjualan, CRM juga memungkinkan Anda untuk melacak KPI yang terkait dengan inisiatif pemberdayaan penjualan utama. Misalnya, jika Anda mencoba meningkatkan produktivitas, Anda dapat bermitra dengan operasi penjualan untuk melacak produktivitas run-rate atau tingkat konversi untuk perwakilan yang sepenuhnya siap di CRM.

– Sales Management

CRM sangat penting untuk menangani data penjualan Anda (dan memastikannya akurat). Tapi itu tidak memberi tahu perwakilan atau manajer bagaimana menerapkan data itu dalam konteks proses penjualan organisasi.

Sementara sales management membantu manajer penjualan mengarahkan tim yang mereka kelola dengan lebih baik dengan melacak KPI dan tingkat aktivitas serta meningkatkan akurasi perkiraan jalur penjualan.

Solusi ini menawarkan dasbor real time yang mengubah data mentah menjadi wawasan yang dapat ditindaklanjuti seputar kinerja perwakilan dan tim individu. Mereka juga memanfaatkan AI untuk memproyeksikan kinerja penjualan triwulanan dan merekomendasikan tindakan untuk mengambil peluang penjualan tertentu menggunakan fitur seperti pengambilan data CRM otomatis.

12 Sales Enablement Tools yang Wajib Dimiliki Bisnis

1. Qontak.com

qontak-Sales Enablement Tools

Qontak.com merupakan aplikasi CRM terbaik di Indonesia. Aplikasi ini mampu mengelola semua interaksi dengan pelanggan mulai dari pemasaran, penjualan hingga customer service. Semua informasi yang didapatkan dapat Anda lihat dalam satu dashboard interaktif yang mudah dipahami. Qontak.com juga mendukung sistem omnichannel CRM yang bisa dihubungkan dengan berbagai aplikasi bisnis.

Keunggulan Qontak.com antara lain:

  • Kustomisasi aplikasi secara instan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.
  • Monitoring matriks KPI dan tugas untuk meningkatkan penjualan atau operasional bisnis Anda.
  • Dashboard canggih yang menampilkan laporan analitik terperinci berdasarkan pengguna, tim, jangka waktu dan lainnya.
  • Dapat diakses via mobile Apps yang bisa digunakan dengan atau tanpa jaringan internet (live GPS offline).
  • Terintegrasi dengan Omnichannel dan WhatsApp.
  • Mengambil dan melacak semua orderan dari tim sales & customer service yang masuk setiap hari
    Otomatisasi dokumen untuk salesman

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

2. Ambition

ambition-Sales Enablement Tools

Ambition adalah sales enablement platforms yang melacak kinerja dengan visual yang interaktif. Aplikasi ini cocok untuk Anda yang ingin meningkatkan kinerja tim penjualan secara langsung dan jarak jauh. Ambition juha membantu manajer penjualan untuk memperlancar proses orientasi dan mempersonalisasi pelatihan, sehingga menghasilkan tenaga penjualan yang lebih berpengalaman. Selain pelatihan penjualan, Ambition juga mendukung integrasi CRM, alat komunikasi, dan bahkan dialer.

3. Emissary

Emissary-Sales Enablement Tools

Emissary dilengkapi dengan teknologi AI untuk menghubungkan bisnis Anda dengan banyak pakar sales dan marketing. Setelah Anda memiliki akses ke jaringan Emissary, Anda bisa mendapatkan saran real-time dari eksekutif tingkat tinggi langsung dari setiap industri. Mereka akan memberitahu Anda cara berpikir para pemimpin dan cara yang tepat untuk menutup kesepakatan. Jika tenaga penjualan Anda pernah mengeluh “Saya hanya berharap saya tahu apa yang mereka pikirkan,” Emissary adalah pilihan tepat untuk Anda.

4. Cloze

Cloze-Sales Enablement Tools

Jika Anda sering berkomunikasi dengan pelanggan yang sama di berbagai platform, seperti email, media sosial, dan LinkedIn, Cloze akan membantu Anda. Cloze mampu menarik semua interaksi pelanggan Anda ke dalam satu platforms yang mudah dinavigasi. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan gambaran umum tentang hubungan Anda dengan pelanggan. Hal ini menghilangkan kebutuhan untuk entri data, mendorong Anda untuk menindaklanjuti pelanggan berdasarkan pandangan holistik dari komunikasi Anda. Selain itu, Anda juga dapat melacak dokumen yang telah diberikan ke pelanggan.

5. Boomerang

Boomerang

Boomerang mendorong Anda membuat email marketing lebih efektif. Aplikasi ini memberikan data dan analitik tentang apa yang membuat orang paling mungkin membuka email mereka, memaksimalkan peluang Anda untuk merespons. Selain itu, mengawasi pola respons dengan otomatisasi yang mengirim ulang email pada saat mereka cenderung merespons. Selain template email marketing, Boomerang terintegrasi dengan kalender bawaan, Google Suite dan Outlook.

6. Datanyze

Datanyze-Sales Enablement Tools

Datanyze menawarkan sistem unik yang dapat memindai informasi publik pelanggan, termasuk situs web yang mereka kunjungi dan memberi Anda kualifikasi penting dan informasi yang relevan. Beberapa informasi yang disertakan adalah pendapatan tahunan, jumlah karyawan, dan solusi yang ada. Informasi tersebut sangat dibutuhkan tim penjual B2B yang melakukan banyak penelitian.

7. Fision

Fision-Sales Enablement Tools

Sebagai sales enablement tools all-in-one, Fashion memungkinkan Anda untuk mengirimkan banyak kampanye dari satu dasbor terpusat. Dengan begitu, salesman memiliki kendali atas siapa, bagaimana, dan kapan mereka mengirimkan konten dan presentasi, sementara marketer mengawasi branding. Jika semua data ini digabungkan ke dalam platform analitik terperinci, membuatnya mudah untuk mengetahui apa yang berhasil dan untuk siapa.

8. MindTickle

MindTickle

MindTickle dirancang untuk memberikan kemudahan dalam pelatihan dan pelacakan. Software ini memungkinkan admin untuk memublikasikan pelatihan singkat yang mudah dicerna. Setelah perwakilan penjualan menyelesaikannya melalui aplikasi seluler, hasilnya bisa dipublikasikan ke dasbor internal untuk memudahkan dalam menganalisis kinerja mereka.

9. SharePoint

SharePoint-Sales Enablement Tools

Untuk perusahaan yang sudah bekerja dengan sistem Microsoft, SharePoint adalah pelengkap ideal untuk perangkat lunak Anda yang sudah ada. Tersedia sebagai bagian dari bundel Office 365 atau sebagai produk mandiri, SharePoint memungkinkan Anda membuat dan mengurutkan konten. Ini bagus untuk kesiapan penjualan, dan fitur wiki memungkinkan tim pemasaran berkolaborasi dalam pelatihan dan proposal.

10. Level Eleven

leveleleven

Level Eleven sistem manajemen penjualan yang terutama berfokus pada manajemen aktivitas dan memberikan insight kepada tim penjualan tentang pola perilaku dan strategi penjualan yang mengarah pada closing. Aplikasi ini memungkinkan Anda dapat membuat kompetisi internal yang sesuai dengan pola kerja pada tim Anda – mulai dari tugas biasa seperti data entry dan mendapatkan poin hadiah, dasbor penjualan, dan banyak lagi.

11. Templafy

Templafy-Sales Enablement Tools

Templafy menyediakan arsip template brand yang telah disetujui sebelumnya bisa digunakan berulang. Hal ini memudahkan tim penjualan Anda untuk membuat atau menemukan konten yang tepat pada waktu yang tepat.

12. SPOTIO

SPOTIO-Sales Enablement Tools

SPOTIO adalah sales intelligence yang membantu manajer membuat daftar prospek untuk tim penjualan dalam hitungan detik. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menentukan wilayah geografis. Dengan begitu, tim penjualan dapat dengan cepat membuat profil pelanggan yang ideal dengan menambang dan menyortir lebih dari 50 titik data yang berbeda seperti pendapatan, kapasitas kredit, luas ruangan, usia rumah, dll.

Rekomendasi: 15 Aplikasi Pendukung Sales dan Marketing Terbaik

Pilih Sales Enablement Tools Terbaik Sekarang!

Aplikasi-CRM-Qontak-1

Ada berbagai jenis sales enablement software dipasaran yang bisa bisnis manfaatkan. Untuk mulai menggunakan sales enablement tools yang tepat, ada faktor terpenting yang perlu dipertimbangkan seperti strategi bisnis Anda. Sebab tools yang paling komprehensif mungkin tidak selalu yang terbaik.

Misalnya Anda membutuhkan solusi all in one yang tidak hanya untuk mengelola penjualan Anda, tapi juga bisa mengatur pemasaran dan layanan pelanggan. Maka aplikasi CRM bisa menjadi pilihan tepat. Terlebih aplikasi ini relatif mudah diintegrasikan dengan sistem lainnya yang mungkin bisnis Anda gunakan sekarang atau dimasa mendatang.

Salah satu penyedia aplikasi CRM nomor #1 di Indonesia adalah Qontak.com. Aplikasi Qontak.com dapat di kustomisasi sesuai kebutuhan bisnis Anda, termasuk dihubungkan dengan berbagai platform seperti live chat, telepon, WhatsApp, email dan lainnya. Terpenting Qontak.com telah dipercaya lebih dari 3000 perusahaan untuk meningkatkan produktivitas dan penjualan mereka.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

0 comments

By